Bisnis

5 Ide Bisnis Ramah Lingkungan yang Layak Dicoba, Pebisnis Wajib Tahu!

Bisnis ramah lingkungan makin dilirik oleh para pebisnis masa kini. Pasalnya, bisnis masa kini tidak hanya fokus pada keuntungan saja, melainkan juga berorientasi pada lingkungan. Bisnis ramah lingkungan atau green business merupakan bisnis yang fokus pada pengurangan dampak lingkungan, artinya bisnis tidak boleh menimbulkan dampak yang buruk bagi lingkungan.  Salah satu caranya adalah dengan melakukan […]

Read More
Bisnis Digital Marketing

Memajukan Bisnis Anda dengan Iklan Google Ads

Sebagai perusahaan multinasional, Google menawarkan berbagai layanan seperti mesin pencarian, email, dan yang lain-lainnya. Bahkan, bagi Anda yang memiliki bisnis, Anda bisa memanfaatkan salah satu layanannya, yaitu Google Ads. Dengan ini, Anda dapat mengiklankan bisnis sehingga penjualan Anda bisa meningkat. Lantas, bagaimana cara untuk mendaftarkan iklan di Google Ads? Simak ulasan selengkapnya berikut ini! Apa […]

Read More
Bisnis

Pengertian, Jenis, dan Perbedaan Kemasan Tersier

Kemasan adalah lapisan yang berfungsi untuk melindungi sebuah produk, terutama dalam pengiriman. Tapi tahukah Anda, bahwa kemasan terbagi menjadi tiga, yakni primer, sekunder, dan tersier.  Di artikel ini, kita akan fokus membahas tentang kemasan tersier tanpa menyampingkan kemasan primer dan sekunder. Oleh karena itu, mari kita bahas tentang kemasan tersier, mulai dari pengertian, jenis, tujuan, […]

Read More
Bisnis

Apa Itu White Label? Ini Penjelasan Mengenai Definisi Hingga Fungsinya

Apabila Anda berencana menjalankan sebuah bisnis, maka penggunaan white label adalah hal yang bisa dipertimbangkan. Biasanya, white label dipilih oleh para pelaku bisnis ritel sebagai cara dalam merintis usaha. Selain mempermudah branding, konsep ini juga akan membantu Anda mengembangkan bisnis dengan cepat dan minim biaya.  Namun, sebetulnya tahukah Anda apa itu white label? Untuk mengetahuinya, yuk simak […]

Read More
Bisnis Marketing

Memahami Apa itu Market Size dan Metodenya

Pernahkah Anda mendengar yang namanya istilah market size? Bagi Anda pemilik bisnis, penting untuk mengetahui cara mengembangkan market size. Pasalnya, tujuan dari menentukan market size salah satunya adalah untuk meningkatkan investasi. Nah, seperti apa itu market size dan bagaimana cara mengembangkan market size untuk bisnis? Simak ulasan selengkapnya berikut ini mengenai market size.  Pengertian Market […]

Read More
Bisnis

Analisis SWOT Pada Bisnis Online yang Perlu Anda Ketahui

Anda mungkin sering mendengar istilah SWOT, yaitu abreviasi dari Strength, Weakness, Opportunity, dan Threats. Analisis SWOT ini bisa dilakukan untuk bisnis maupun untuk mengukur diri sendiri. Bagi bisnis, SWOT perlu dianalisis untuk mengetahui risiko yang sekiranya bisa ditemui di kemudian hari. Dengan begitu, pemilik bisnis bisa melakukan strategi menghindari risiko ini.  Lantas bagaimana cara melakukan […]

Read More
Bisnis Digital Marketing Marketing

Mengenal Analisis Pesaing demi Kemajuan Bisnis

Menghadapi persaingan di pasar sebagai pengusaha merupakan hal biasa apapun jenis bisnisnya, untuk mengungguli para kompetitor, analisis pesaing adalah jawaban yang dibutuhkan. Persaingan yang kompetitif menandakan adanya permintaan dan penawaran pasar yang menyebabkan fluktuasi harga dan permintaan produk dari konsumen. Karena persaingan dan minat dari pasar yang bernilai, hal tersebut menunjukkan bahwa produk layak dijual […]

Read More
Bisnis

Begini Cara Mengatasi Komplain Pelanggan dengan Baik dan Contohnya

Bagi Anda yang memiliki usaha atau bekerja sebagai staff pelayanan pelanggan pasti sudah tidak asing dengan komplain pelanggan. Kondisi ini biasanya terjadi jika pelanggan mendapatkan pelayanan atau produk yang tidak sesuai dengan keinginannya. Dalam sebuah bisnis, komplain yang diberikan oleh pelanggan bisa menjad feedback bagi perusahaan agar berkembang lebih baik lagi. Maka dari itu, menangani […]

Read More
Bisnis

Ternyata Ini Fungsi Barcode Kemasan pada Produk, Sudah Tahu?

Saat membeli sebuah produk, Anda pasti kerap menemukan barcode kemasan yang tertera pada bungkus produk tersebut. Barcode kemasan tersebut berupa kode tertentu dengan garis panjang lurus yang sulit dipahami oleh masyarakat awam. Ya, kode tersebut memang hanya terbaca oleh komputer saja. Nah, barcode kemasan ternyata menjadi hal yang wajib ada dan dicantumkan dalam kemasan sebuah […]

Read More
Bisnis

Apa Itu Relasi Bisnis, Jenis, dan Manfaatnya? Pebisnis Wajib Tahu!

Salah satu cara untuk sukses dalam berbisnis adalah dengan membangun sebuah relasi bisnis. Relasi bisnis akan memudahkan Anda dalam memperjuangkan bisnis Anda, karena dapat membangun sinergi bersama. Lain halnya ketika Anda hanya sendirian saat terjun ke bisnis, maka akan lebih sulit dalam menghadapi segala problematika dalam dunia bisnis. Lantas apa sebenarnya relasi bisnis itu? Nah, […]

Read More