Bisnis

Limited Edition Sebagai Strategi Penjualan Bisnis

limited edition

Untuk menarik pelanggan, sebuah bisnis bisa menggunakan berbagai macam strategi penjualan. Salah satunya adalah dengan menerapkan strategi limited edition. Bagi Anda pemilik bisnis yang ingin meningkatkan merek, Anda bisa menggunakan strategi ini. Berbicara mengenai dasar-dasar ekonomi, kelangkaan dari sebuah barang bisa mengakibatkan permintaan yang tinggi dan nilai yang bertambah pada barang tersebut. Sederhananya, limited edition bisa kita analogikan seperti itu. 

Nah, seperti apa itu limited edition? Yuk simak artikel berikut ini untuk informasi selengkapnya.

Baca Juga : Mengenal Cashback Marketing, Keuntungan dan Strateginya

Pengertian Limited Edition

Secara terminologi, limited edition adalah barang yang diproduksi secara terbatas atau dalam jumlah yang hanya sedikit. Seringkali kita menyebutnya dengan istilah edisi terbatas. Untuk Anda yang suka berbelanja seperti sepatu, tas, atau produk yang lainnya, mungkin Anda sering menemui barang-barang limited edition. Pada umumnya, produk limited edition memiliki harga yang lebih mahal dan hanya dijual pada waktu terbatas. 

Limited edition tidak hanya bisa digunakan untuk produk-produk, tapi juga dapat diimplementasikan pada bisnis makanan atau kafe. Seperti contoh sebuah restoran memberi promosi hanya pada 50 pelanggan pertama. Hal inilah yang membuat merek menjadi lebih bernilai, dan membuat pembeli ingin menjadi 50 pelanggan pertama tersebut. 

Contoh Barang Limited Edition

Salah satu contoh barang limited edition yang sering kita jumpai adalah mobil. Mungkin Anda sering menjumpai komunitas penyuka mobil-mobil antik yang harganya cukup fantastis. Seperti yang kita ketahui mobil antik semakin lama akan menjadi langka, dan hal inilah yang membuat penyuka mobil antik mengoleksi barang tersebut. Karena yang menggunakan juga jarang, maka mobil antik ini memiliki harga yang mahal. 

Baca Juga : 5 Tujuan Promosi Produk, Simak Strategi Memulai Bisnis ini!

Selain itu, contoh barang limited edition adalah tas. Saat ini, banyak merek tas yang menawarkan barang-barang limited edition. Harganya pun juga tidak main-main, bisa sampai ratusan juta untuk satu tas. Banyak dari kalangan artis atau yang lainnya berlomba-lomba untuk memiliki tas limited edition, sebab tidak semua orang bisa punya barang limited edition tersebut. Sebut saja merek Hermes, yang menawarkan tas limited edition dengan harga 800 jutaan. Sangat fantastis bukan?

Apakah Limited Edition Sebagai Strategi Bisnis?

Limited edition atau edisi terbatas, bisa dikatakan sebagai sebuah strategi manajemen pemasaran, yang berarti memberikan produk sesuatu yang baru dan sebelumnya tidak terlihat pada edisi reguler. Strategi bisnis ini membuat produk menjadi eksklusif, sebab barang hanya akan tersedia dalam waktu singkat atau hanya dalam jumlah yang terbatas. 

Istilah dari limited edition ini sendiri berasal dari industri penerbitan dimana salinan buku dalam jumlah terbatas dicetak dengan cetakan berkualitas tinggi, serta dijual dengan harga yang premium. Walaupun edisi terbatas ini dijual dengan harga yang cukup mahal, kini sudah banyak industri yang menerapkan strategi bisnis ini tanpa harga premium. Contoh industri yang menggunakan strategi pemasaran limited edition adalah produk gaya hidup mewah seperti jam tangan, pakaian desainer, dan lain-lain. 

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Strategi Mobile Marketing dan Kelebihannya

Aturan Menerapkan Limited Edition

Berikut adalah beberapa aturan bagi Anda yang ingin menerapkan strategi limited edition pada bisnis, yaitu antara lain:

  • Limited edition hadir untuk mendorong keinginan dan menunjukkan sisi berbeda dari sebuah merek. Inilah momen merek untuk terhubung bersama konsumen dengan cara yang baru dan menarik.
  • Strategi ini harus didorong oleh ide besar yang otentik dan sesuai dengan keinginan jangka panjang merek.
  • Kolaborasi merek yang sukses harus didasarkan kepada kesesuaian yang baik dan menyatukan kekuatan masing-masing pihak untuk menawarkan pengalaman baru yang kuat bagi konsumen. 
  • Limited edition haruslah penuh kreativitas dan ide ide segar. 

Nah, demikianlah ulasan kali ini mengenai limited edition sebagai strategi bisnis. Konsep edisi terbatas bisa Anda gunakan untuk meningkatkan value pada produk dan merek. Jadi, apakah Anda tertarik dengan limited edition dan berencana untuk menerapkan strategi bisnis ini? Semoga sukses ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *