Bisnis

Mengupas Kelebihan dan Kekurangan Pre Order dalam Berbisnis

kelebihan dan kekurangan pre order

Dalam beberapa tahun terakhir, dunia bisnis telah mengalami perubahan besar, terutama seiring dengan berkembangnya pemasaran dan perdagangan online. Metode penjualan yang semakin digemari dalam lingkup bisnis adalah metode pemesanan sebelumnya atau pre order. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan pre order dalam dunia bisnis. Namun, pertanyaan mendasar adalah apakah metode ini sungguh-sungguh menguntungkan? Ayo kita cari tahu jawabannya bersama.

Alasan Melakukan Pre Order

Konsep pre order ada karena adanya estimasi waktu antara pemesanan dan pengiriman produk kepada pelanggan. Batas waktu yang ditentukan oleh penjual sangat beragam, tergantung pada jenis produk yang dijual. Contoh pre order adalah produk makanan, yang biasanya batas waktu ini hanya beberapa hari.

Namun, untuk pre order produk non-makanan, jangka waktu antara pesanan dan pengiriman kepada pelanggan dapat berkisar antara 2 hingga 3 minggu. Manfaat dari preorder ini dianggap sangat positif karena kemudahan dan efisiensi yang diberikannya. Bagi penjual, melalui penerapan sistem pre order ini, mereka dapat menyediakan produk yang sesuai dengan jumlah pesanan pelanggan. Baca ulasan di bawah ini mengenai kelebihan dan kekurangan pre order. 

Baca Juga : Pentingnya Desain Kemasan Produk Untuk Menarik Minat Konsumen

Keunggulan Pre-order

Mengapa pre order begitu menarik? Berikut adalah beberapa kelebihan dari pre order. Yuk simak!

1. Penjual Dapat Menawarkan Banyak Pilihan Produk

Kelebihan pre order adalah ketersediaan berbagai pilihan produk yang dapat disajikan oleh penjual kepada calon konsumen. Dengan beragamnya opsi produk yang dapat diperkenalkan oleh penjual, ini akan memberikan keuntungan besar bagi calon pembeli dengan memberikan alternatif yang luas terhadap produk yang ingin mereka peroleh.

Perbedaan utama dalam keunggulan sistem pre order terletak pada fakta bahwa hal ini berbeda dari sistem persediaan ready stock. Walaupun terdapat berbagai varian produk yang dapat dipresentasikan, penjual akan bebas dari kekhawatiran akan terjadinya situasi dimana produk tidak terjual habis.

2. Produk Jualan 100% Laku

Bagi siapa saja yang menggunakan penjualan pre order (PO), tidak perlu khawatir tentang sisa barang dagangan yang tidak terjual. Kelebihan pre order adalah bahwa apa pun yang Anda tawarkan kepada calon pembeli pasti akan terjual habis dan tidak menyisakan barang yang tidak terjual.

Hal ini karena dalam sistem pre-order, penjual hanya akan menyediakan barang yang telah dibeli oleh calon pembeli sebelumnya. Dengan demikian, tidak ada lagi konsep produk yang terbuang percuma dalam model bisnis semacam ini. Jika semua produk Anda terjual habis, maka keuntungan dari usaha Anda juga akan semakin terlihat jelas.

3. Tidak Ada Penumpukan Stok

Selanjutnya, kelebihan pre order adalah tidak menumpuknya produk atau stok barang yang Anda jual. Sebagaimana dijelaskan pada poin sebelumnya, sistem pre order akan memastikan bahwa semua produk yang Anda jual terjual habis dengan 100% tingkat penjualan. Dengan demikian, situasi penumpukan stok atau produk yang terbengkalai tanpa tujuan akan dihindari dengan efektif.

4. Tidak Perlu Modal Besar

Keunggulan berikutnya adalah bahwa dalam penerapannya, Anda tidak memerlukan modal yang besar. Bahkan, Anda bisa berbisnis tanpa investasi awal sama sekali jika menerapkan sistem pre order. Pasalnya,  pembeli pada umumnya membayar uang muka atau membayar seluruh harga produk sejak awal.

Situasi ini tentu sangat menguntungkan bagi Anda atau siapa pun yang ingin memulai usaha baru namun terbentur oleh keterbatasan modal awal. Dalam hal ini, hal pertama yang Anda perlukan dalam menerapkan sistem pre-order adalah niat dan tekad yang kuat untuk membangun bisnis secara bertahap.

Bisnis online

5. Risiko Kerugian Hampir Tidak Ada

Kelebihan pre order yang selanjutnya adalah tidak membutuhkan modal besar dan setiap produk akan terjual habis. Situasi ini akan menghasilkan risiko kerugian yang minim dalam pengembangan bisnis Anda. Oleh sebab itu, bagi Anda yang masih pemula dalam dunia bisnis, cara pre order bisa menjadi salah satu pilihan terbaik bagi Anda. 

6. Konsumen Dapat Memesan Produk Tertentu

Berbeda dengan model penjualan konvensional yang tergantung pada ketersediaan stok, salah satu kelebihan berikutnya dari pre order adalah bahwa konsumen memiliki fleksibilitas untuk menyesuaikan produk sesuai dengan kebutuhan mereka tanpa harus terbatas oleh stok yang ada.

Kekurangan Pre-order

Seperti layaknya setiap metode pembelian, pre order memiliki kekurangan yang perlu diperhatikan, yaitu sebagai berikut:

1. Pembeli Perlu Menunggu Produk Siap/Jadi

Kelemahan pertama dari pre order adalah kebutuhan bagi pembeli untuk bersabar dan menanti hingga barang tiba setelah melakukan pemesanan. Kekurangan pre order ini mungkin lebih sedikit terasa oleh penjual, tetapi sangat dirasakan oleh para pelanggan. Sejak awal pemesanan dibuka, pembeli harus bersabar menunggu periode yang cukup lama, mulai dari waktu pemesanan ditutup, barang diproduksi atau dipesan, dan akhirnya sampai pada saat pengiriman.

Baca Juga : Daftar Supplier Dropship Terpercaya Untuk Bisnis Anda Tanpa Modal!

2. Adanya Kemungkinan Stok Habis

Kadang-kadang, hal yang menjengkelkan ketika membeli barang melalui sistem pre order adalah mendapati bahwa pesanan yang kita lakukan ternyata telah kehabisan stok. Kekurangan pre order ini sering kali berasal dari pihak reseller atau pemasok. Jika situasinya telah mencapai tahap ini, maka penjual perlu mengembalikan uang yang telah dibayarkan oleh konsumen.

3. Adanya Potensi Kecewa dengan Produk Aslinya

Salah satu kekurangan pre order berikutnya adalah risiko merasa kecewa setelah produk diterima. Saat melakukan pemesanan, seringkali kita memiliki harapan barang sesuai dengan ekspektasi. Namun, karena tidak dapat melihat secara langsung seperti saat membeli produk di toko fisik, pembeli seringkali merasa kecewa setelah melihat produk tersebut secara langsung.

Demikianlah ulasan kali ini mengenai kelebihan dan kekurangan pre order dalam berbisnis. Pahami sistem pre order ini untuk memaksimalkan bisnis Anda. Untuk mendorong usaha Anda, pastikan Anda memilih jasa pengiriman yang tepat seperti layanan Last Mile Delivery dari SAP Express. Hubungi kami untuk info seputar layanan ini. Semoga bermanfaat ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *