Finance

Langkah Membuat Laporan Stok Barang Untuk Bisnis

Laporan Stok Barang

Laporan stok barang merupakan salah satu dokumen yang perlu dibuat secara teliti dan akurat. Sebab, bisnis pada umumnya, apalagi ritel membutuhkan laporan ini untuk memantau aset bisnisnya, yang nantinya akan menjadi keuntungan bagi sebuah perusahaan. Laporan stok barang tidak hanya bermanfaat untuk perusahaan ritel, namun juga memudahkan bisins skala kecil. 

Akan tetapi, banyak dari bisnis skala kecil ini tidak melacak stok barang mereka, dan masih menggunakan metode manual untuk mencatat stok barang. Hal ini tentunya membuat bisnis dapat rentan terhadap laporan stok barang yang tidak akurat. Meski saja tidak terlalu signifikan, namun data laporan stok barang bisa menjadi dasar untuk keputusan bisnis. 

Lalu, bagaimana langkah membuat laporan stok barang? Yuk simak artikel di bawah ini untuk informasi selengkapnya.

Apa yang dimaksud dengan Laporan Stok Barang?

Laporan stok barang adalah ringkasan stok ritel atau bisnis yang ada. Di dalamnya terdapat detail-detail seperti berapa banyak barang yang dimiliki bisnis, produk apa yang paling cepat terjual, kinerja kategori, dan informasi lainnya mengenai status serta kinerja inventaris. Dengan adanya laporan stok barang ini, bisnis dapat memastikan bahwa rak selalu penuh dengan produk-produk terlaris dan juga menghindari kehabisan stok. 

Ada berbagai jenis laporan stok barang untuk bisnis, oleh sebab itu Anda bisa menyesuaikan pada kebutuhan dan tujuan bisnis Anda. Sangat penting bagi Anda untuk selalu mengevaluasi laporan stok barang untuk bisa mendapatkan pandangan yang jelas mengenai setiap aspek bisnis Anda.

Baca Juga : 6 Tips Cara Mengatur Stok Barang Usaha Anda

Manfaat Laporan Stok Barang

Lantas apa saja manfaat dari laporan stok barang untuk bisnis? Berikut adalah manfaat-manfaatnya;

1. Mencocokkan Jumlah Barang

Manfaat dari laporan stok barang yang pertama adalah untuk mencocokkan jumlah barang yang ada. Dengan jumlah barang yang cocok, nantinya akan memudahkan bisnis untuk membuat laporan pembukuan. Oleh sebab itu, penting untuk cek laporan stok barang secara berkala. 

2. Menghindari Kehabisan Stok

Manfaat laporan stok barang yang selanjutnya adalah untuk menghindari kejadian kehabisan stok. Seiring dengan pertumbuhan bisnis, perusahaan Anda tentunya akan memerlukan lebih banyak inventaris dibandingkan sebelumnya. Jika Anda kehabisan barang, Anda gagal untuk memiliki persediaan yang cukup untuk menyenangkan para pelanggan Anda. Oleh sebab itu, laporan stok barang penting untuk mengantisipasi kemungkinan adanya fluktuasi permintaan. 

3. Tetap Terorganisir

Manfaat berikutnya laporan stok barang adalah agar persediaan barang tetap dalam pergerakan yang konsisten. Oleh karena itu, bisnis yang kehilangan jejak inventaris bisa menyebabkan penjual kehilangan beberapa produk ataupun penjualan, yang berakibat pada sulitnya menemukan barang. Laporan stok barang ini memecahkan akar masalah ini karena dapat membantu bisnis melacak inventaris serta data data yang terkait. 

4. Untuk Evaluasi Kinerja Stok

Manfaat laporan stok barang yaitu untuk mengevaluasi kinerja inventaris. Laporan stok barang ini memungkinkan bisnis untuk mengetahui produk apa saja yang terjual, mana yang paling cepat dan barang apa yang membutuhkan waktu lebih untuk terjual. Dengan analisis tersebut, bisnis bisa mengalokasikan ruang gudang secara efisien untuk mengakses stok yang terjual paling cepat. 

5. Perencanaan Jangka Panjang

Dengan adanya laporan stok barang, bisnis bisa mengetahui perencanaan jangka panjang. Khususnya, untuk menganalisis data kinerja stok barang yang sebelumnya dan untuk mempelajari pola setiap item barang yang memungkinkan Anda membuat rencana untuk jumlah, opsi penyimpanan, dan mekanisme distribusi di masa mendatang. 

Mengapa perlu membuat Laporan Stok Barang?

Laporan stok barang tidak hanya bermanfaat untuk mengetahui berapa banyak jumlah stok barang yang tersedia, namun juga untuk memastikan keseimbangan antara stok yang masuk dan stok yang sudah habis. Dengan memiliki sistem manajemen stok barang yang baik, artinya bisnis bisa menghindari kelebihan stok bisnis, yang berujung pada pencegahan biaya tambahan, apalagi jika permintaan sedang menurun. 

Langkah-langkah membuat Laporan Stok Barang

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat laporan stok barang untuk bisnis Anda, yaitu sebagai berikut;

1. Siapkan Data

Cara membuat laporan stok barang yang pertama adalah dengan menyiapkan data terlebih dahulu. Cantumkan setiap item barang dalam inventaris Anda, adapun informasi yang perlu dicatat yaitu;

  • Stok yang tersedia
  • Lokasi stok
  • Varian yang tersedia
  • Nomor SKU
  • Harga
  • Jumlah unit 

2. Tetapkan Timeframe

Cara membuat laporan stok barang yang selanjutnya adalah dengan menetapkan timeframe. Pastikan Anda mengambil semua data dari jangka waktu yang sama. Selain itu, Anda juga bisa melihat metrik pelaporan stok barang Anda per kuartal atau per hari. Di saat Anda sedang membandingkan periode, Anda juga perlu mengingat tren belanja musimnya. 

3. Pilih Laporan Untuk Dijalankan

Apabila Anda sudah memiliki data serta rentang tanggal, Anda bisa memiliki laporan yang ingin Anda jalani. Misalkan saja, laporan performa inventaris dapat membantu bisnis memahami perubahan pada produk dengan performa terbaik dan terburuk. Sedangkan laporan penyusutan dapat membantu mengungkap perubahan penyusutan. 

Baca Juga : Ketahui Cara Melakukan Stock Opname, Simak Langkahnya!

4. Jalankan Laporan Anda

Terakhir, yaitu jalankan laporan Anda. Cari stok barang yang positif dan negatif serta tren penjualan dalam laporan Anda. Misalkan saja, apabila Anda melihat produk baru terjual dengan cepat, Anda sebaiknya melakukan pemesanan ulang yang lebih tinggi daripada yang Anda lakukan untuk produk yang terjual lebih lambat. 

Contoh Laporan Stok Barang

Product inventory analysis report with total requests

Contoh Laporan Stok Barang

Di atas merupakan salah satu contoh laporan stok barang dengan total permintaan. Anda bisa memulai dengan ikhtisar stok barang, nilai inventaris, perputaran inventaris, biaya tenaga kerja serta produk yang paling banyak diminta dalam laporan stok barang Anda. Gunakan grafik batang untuk memudahkan orang dalam membacanya. 

Manajemen Gudang SAP Express

Untuk Anda yang mungkin belum memiliki gudang sendiri, Anda bisa memanfaatkan sewa gudang online dari SAP Express. Ini bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda, sebab Anda tidak perlu memikirkan biaya pembangunan gedung yang cukup mahal. Anda tinggal menyewa gudang, dan serahkan pada SAP Express yang akan mengontrol stok barang Anda secara profesional. Demikianlah ulasan kali ini mengenai langkah membuat laporan stok barang untuk bisnis Anda. Semoga artikel di atas dapat menginspirasi dan bermanfaat bagi Anda. Hubungi kami lebih lanjut untuk informasi mengenai warehouse & fulfilment.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *