Bisnis

Cara Promosi Makanan yang Meningkatkan Daya Tarik Pelanggan

cara promosi makanan

Dalam menjalani bisnis kuliner, cara promosi makanan tentu menjadi suatu ilmu yang akan sangat diperlukan. Sebab pada faktanya, dalam menjalankan suatu usaha, baik secara online maupun offline di bidang apapun itu butuh penerapan eksekusi dan strategi. Tanpa terkecuali usaha makanan online yang juga perlu the power of marketing agar produk jualan mampu bersaing di pasaran.

Cara memasarkan produk makanan online tersebut setidaknya harus memenuhi standar ketentuan dari ilmu marketingnya sendiri. Sehingga sasaran promosi tepat dengan pasar dan audiens yang pasti berpeluang lebih mudah mendapat atensi. Namun, tahukah kamu bagaimana caranya? Simak pembahasan selengkapnya di sini!

Cara Promosi Makanan Online yang Efektif 

Sebagaimana yang telah kamu tahu bahwa untuk meraih kesuksesan usaha salah-satunya memerlukan strategi tepat. Terutama pada metode promosi dan pemasaran produk, khususnya bagi  bisnis kuliner yang termasuk memiliki masa expired barang lebih cepat dibanding usaha lain. Jadi, cara promosi makanan online yang efektif dapat kamu coba dengan beberapa opsi berikut :

Baca Juga : 12 Ide Jualan Makanan Online yang Kreatif dan Menguntungkan

1. Tampilkan Foto Produk yang Menarik

Gambar atau foto produk merupakan bagian dari visual cara promosi makanan online yang dapat membuat calon pelanggan merasa tergoda untuk mengetahui lebih lanjut. Goalsnya tentu membuat calon pelanggan berniat atau langsung membeli produk. Oleh karena itu, pastikan kamu mengatur tampilan gambar dengan pencahayaan yang baik sehingga makanan terlihat segar dan lezat.

Selain itu, gunakan latar belakang yang sederhana agar fokus gambar tetap mengarah pada produk makanan dan tidak terpecah. Sementara untuk menciptakan hasil gambar yang estetik dan menarik mainkan komposisi dan warna. Terlebih ketika take pengambilan gambar dari berbagai sudut untuk menampilkan detail hasil tekstur makanan.

Cara promosi produk makanan dengan menunjukkan tampilan gambar yang berkualitas tinggi secara tidak langsung juga akan meningkatkan citra brand. Pasalnya kualitas gambar yang baik lebih berpotensi membuat calon pelanggan segera mencoba makanan tersebut.

2. Buat Deskripsi Produk yang Menarik

Membuat deskripsi yang menarik bisa jadi cara memasarkan produk makanan rumahan. Tulis deskripsi dengan kata-kata yang menggugah selera, sehingga calon konsumen akan merasa tertarik untuk mencicipi. Contohnya, “Kue ini terbuat dari tepung pilihan yang dibuat dengan penuh cinta secara handmade oleh mamah untuk menghadirkan cita rasa terbaik.”

Hadirkan juga kata-kata yang menggambarkan tekstur, aroma, dan penampilan makanan secara jelas. Selain menjelaskan bagaimana produk tersebut cocok untuk berbagai acara. Seperti event party atau kumpul bersama keluarga maupun teman-teman. 

Menulis deskripsi produk yang naratif sekaligus persuasif tentu jadi nilai plus dari kata-kata promosi makanan rumahan. Dimana kata-kata itu akan membuat calon pelanggan potensial merasa lapar dan tertarik untuk segera memesan mencicipi.

3. Lakukan Branding dengan Kemasan yang Menarik

Cara promosi makanan di sosmed agar lebih mudah dikenali bisa dengan melakukan branding kemasan yang menarik. Pasalnya kemasan merupakan hal pertama yang akan dilihat atau dinilai calon konsumen. Pastikan kamu membuat desain kemasan produk yang memang mencerminkan identitas brand, meliputi logo dan warna khas. 

Selain memperhatikan kemasan yang praktis, estetis dan mencolok. Membranding kemasan termasuk cara membuat promosi makanan yang menjadi bagian dari strategi. Dalam memberi pengalaman atau penilaian yang positif bagi calon konsumen saat pertama kali melihat produk kamu. Berdasarkan tujuan untuk dapat meningkatkan daya tarik produk. 

4. Manfaatkan Media Sosial untuk Promosi

Cara memasarkan produk makanan secara online yang tidak dapat kamu remehkan saat ini adalah pemanfaatan platform media sosial. Alasannya karena, media sosial sekarang sudah cukup mempunyai power yang dapat mempengaruhi suatu rebranding suatu usaha seperti kuliner. Adapun cara efektif untuk mempromosikan produk makanan di media sosial antara lain :

  • Membuat konten video dan foto yang menarik berkaitan dengan produk makanan
  • Memastikan desain sosial media toko kamu menarik dan relevan dengan produk yang ditawarkan
  • Melakukan interaksi dengan audiens, seperti aktif membalas komentar dan pertanyaan, adanya give away dan lain-lain
  • Memanfaatkan fitur live streaming di media sosial tertentu 

Cara promosi makanan di sosmed tersebut dapat kamu maksimalkan sesuai kebutuhan. Contohnya mengupload konten promosi yang sama di beberapa media sosial kamu pribadi selain akun khusus untuk toko. 

5. Lakukan Strategi Buzz Marketing

Buzz Marketing strategi pemasaran yang menggunakan Word of Mouth sebagai upaya komunikasi promosi. Cara kerjanya yaitu dengan mengidentifikasi individu atau kelompok lalu menyuruh mereka untuk mencoba dan lakukan tester ulasan produk. Sehingga dapat memberi pengaruh pada peningkatan brand awareness dan popularitas produk. 

Apalagi ada kata-kata cara promosi makanan yang menciptakan efek domino dari buzz marketing. Dimana akan ada banyak orang yang berpotensi menjadi lebih tertarik pada produk tersebut. Misalnya, kata “Diskon harga 20% untuk pembelian ayam panggang keju dua porsi.”

6. Lakukan Endorsement dengan Influencer

Melakukan endorsement dengan para influencer untuk mempromosikan produk di zaman sekarang bukan sesuatu yang aneh lagi. Khususnya cara promosi makanan di instagram yang tentu bisa kamu adaptasi menjadi salah-satu strategi pemasaran. Melalui kolaborasi bersama individu berpengaruh di media sosial (influencer) dengan tujuan promosi produk makanan.

Pilih influencer yang memiliki audiens paling relevan dengan penawaran produk kamu. Caranya pastikan kamu memeriksa track record style influencer tersebut, lalu tawarkan produk itu untuk dibuat konten promosi sesuai kesepakatan. Sehingga mampu memberikan eksposur terhadap produk selain mempengaruhi pengikutnya untuk segera mencoba.

Adapun contoh kalimat promosi makanan di sosmed yang bisa kamu gunakan yaitu, “Ceriakan harimu bersama Kitkat (nama produk makanan), enaknya bikin nagih”. Endorsement secara umum masih jadi cara yang efektif untuk membangun kepercayaan konsumen dan meningkatkan popularitas suatu produk seperti makanan.

7. Pasang Iklan di Media Sosial

Memasang iklan di media sosial termasuk cara memasarkan produk makanan rumahan yang tidak jarang digunakan dalam strategi pemasaran. Hal ini karena, iklan cukup mempunyai power yang bisa mempengaruhi audiens berdasarkan target kriteria calon konsumen produk kamu. Sesuai data demografi dan psiko analisis yang telah disetting terlebih dahulu.

Bisnis online

8. Tampilkan Review Pelanggan yang Positif

Cara promosi makanan yang menarik juga bisa dengan menampilkan review atau ulasan positif dari pelanggan. Ada beberapa tahapan untuk mendapat ulasan yang tentu bisa kamu pelajari hingga digunakan dalam strategi marketing, yaitu :

  • Tulis bagian minta ulasan kepada pelanggan yang sudah mencoba produk kamu dan mintalah review terbaik
  • Promosikan ulasan positif dengan membagikan hasil review di media sosial atau platform jualan seperti Shopee Food, Grab Food, dan lain-lain
  • Berikan reward berupa insentif untuk mendorong lebih banyak ulasan
  • Tanggapi semua review dengan ramah baik yang positif maupun negatif

9. Jual Produk Makanan di Marketplace

Platform marketplace merupakan media yang tepat untuk dijadikan tempat dari cara memasarkan produk makanan online. Oleh karena itu, memanfaatkan platform marketplace seperti Shopee Food dan lainnya bisa dikatakan wajib kamu coba. Setelahnya pastikan kamu menerapkan beberapa strategi marketing seperti :

  • Melengkapi katalog produk
  • Mengisi deskripsi produk secara jelas meliputi informas kandungan, rasa, dan manfaat
  • Pasang tarif yang kompetitif untuk menarik perhatian calon pembeli
  • Menggunakan promosi reguler pada fituri dan diskon di marketplace untuk meningkatkan eksposur produk
  • Usahakan mendapat ulasan positif untuk ditampilkan
  • Pastikan pengiriman cepat dan aman 
  • Jaga ketersediaan stok secara konsisten

10. Lakukan Riset dan Terus Kembangkan Strategi Promosi

Lakukan riset dan terus kembangkan strategi promosi dalam kiat cara memasarkan produk makanan di instagram. Tujuannya agar penjualan produk makanan kamu terus meningkat, dan tidak stuck pada satu keadaan. Kamu perlu melakukan evaluasi dalam rentang waktu tertentu berdasarkan :

  • Analisis pasar yang membuat kamu mengetahui kondisi trend produk makanan terbaru
  • Pembaruan menu sesuai hasil riset Pemasaran digital dengan memanfaatkan media 
  • Umpan balik pelanggan dengan mendengar masukan dari customer untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan
  • Konsistensi dalam riset dan pengembangan strategi agar kualitas produk serta penjualan terus berlanjut

11. Gunakan Kata-Kata Promosi yang Menarik

Cara promosi makanan di wa bisa dengan menggunakan kata-kata yang menarik. Rulesnya gunakan kata-kata yang bisa membangkitkan indera perasa seperti lezat, gurih atau segar. Kemudian tambahkan penjelasan mengenai keunikan makanan, misal resep turun-temurun. Selain itu, tawarkan benefit kata “free delivery” atau “diskon khusus hari ini”.

Baru ajak audiens untuk bertindak dengan frasa “pesan sekarang” atau “stok terbatas”. Jangan lupa tampilkan visual menarik dari makanan tersebut di media sosial untuk mendukung kata-kata promosi. Sehingga menciptakan kesan yang memikat bagi calon pelanggan produk makanan kamu.

12. Ajak Interaksi Audiens dalam Konten Promosi

Mengajak interaksi audiens dalam konten promosi dapat meningkatkan daya tarik produk. Pasalnya calon konsumen akan merasa dihargai, jadi cara promosi makanan di fb bisa kamu pakai dengan trik interaksi ini. Contohnya dengan pertanyaan yang membangkitkan rasa penasaran atau nostalgia. Seperti, “Coba siapa disini yang kangen dengan rasa soto khas Lamongan?”

13. Tampilkan Review Pelanggan yang Positif

Menampilkan review pelanggan yang positif tidak hanya menunjukkan keunggulan produk. Melainkan secara tidak langsung sedang membangun kepercayaan dengan calon konsumen yang berpotensi. Sebab, review bisa memberikan insight berharga bagi calon konsumen yang sedang mencari referensi sebelum memutuskan membeli.

Baca Juga : 12 Ide Jualan Makanan Ringan yang Cepat Laku!

14. Buat Kampanye Hashtag yang Spesifik

Slogan promosi makanan melalui metode hashtag atau tagline dapat memudahkan konsumen untuk mengikuti tren dan berpartisipasi dalam diskusi online. Dalam membangun interaksi yang menciptakan suatu konten user-generated autentik. Dimana hasilnya tentu akan menambah daya tarik dan meningkatkan kredibilitas produk makanan kamu di mata konsumen.

Misalnya hashtag

#Makan Bersama[Brandi Kamu] atau #Selera Satu Kenangan[BandKamu]

15. Ikuti Event Kuliner Online

Cara memasarkan produk makanan yang terakhir pada pembahasan kali ini adalah dengan ikut berpartisipasi dalam event kuliner online. Mulai dari webinar kuliner, festival makanan virtual, hingga kelas memasak online. Kamu dapat menunjukkan kualitas dan keunikan produk makanan pribadimu.

Sehingga menciptakan kesempatan untuk berinteraksi bersama konsumen  potensial. Melalui demonstrasi cara terbaik menikmati sajian kami.
Kelima belas cara promosi makanan online ini tentu dapat dipelajari oleh siapapun, terutama kamu. Namun, pastikan terlebih dahulu kamu memahami tester pasar produk makananmu. Apakah cocok dengan strategi tersebut atau tidak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *