Bisnis

7 Strategi Pemasaran Online Untuk Bisnis yang Efektif

Strategi Pemasaran Online

Di era dimana internet belum begitu dikenal masyarakat luas, bisnis dipromosikan dengan cara tradisional. Misalkan saja melalui iklan di koran, televisi ataupun brosur. Kini, dengan adanya teknologi internet yang canggih, kebanyakan orang sudah beralih ke platform digital. Ini berarti masyarakat saat ini lebih tertarik untuk mencari informasi secara online, yang tentunya diupdate secara real time. 

Nah, dengan adanya kemajuan internet yang canggih, bisnis dapat dipromosikan secara digital. Selain efisien, dengan strategi pemasaran online yang tepat, bisnis dapat menghemat pengeluaran dengan digital marketing. Untuk Anda yang menjalankan bisnis online, berikut adalah strategi pemasaran online yang perlu diketahui. Yuk simak!

Apa yang Dimaksud dengan Strategi Pemasaran Online?

Strategi pemasaran online, atau yang biasa kita sebut dengan digital marketing adalah sebuah promosi merek agar terhubung dengan pelanggan potensial menggunakan internet serta bentuk komunikasi digital lainnya, seperti yang dilansir dari MailChimp. Strategi pemasaran online tidak hanya melalui email, media sosial, dan iklan berbasis web, namun juga pesan teks dan multimedia sebagai saluran pemasaran. 

Dengan melihat survei dari WeAreSocial, pengguna dari internet dari Indonesia tahun 2022 adalah sebanyak 204 juta lebih. Dalam segi media sosial, terdapat sebanyak 191 juta lebih orang yang memiliki media sosial. Dengan adanya statistik seperti ini, tidak diragukan lagi bahwa pebisnis online perlu membekali ilmu untuk menguasai strategi pemasaran online. 

Pentingnya Strategi Pemasaran Online pada Bisnis

Lalu, apa sih pentingnya strategi pemasaran online bagi bisnis itu sendiri? Yuk lihat apa saja!

1. Daya Saing Bisnis Kecil Bertambah

Pentingnya strategi pemasaran online adalah daya saing bisnis kecil yang bertambah. Walaupun bisnis Anda kecil, Anda pun juga bisa bersaing dengan bisnis di luar sana yang sudah besar. Sebab dengan digital marketing, Anda dapat menjangkau audiens sebanyak mungkin, yang tentunya sesuai dengan target pasar Anda. Jadi, Anda tidak perlu berkecil hati ya dengan saingan Anda.

2. Biaya Lebih Rendah

Bayangkan jika Anda melakukan promosi bisnis dengan metode tradisional? Tentunya akan memakan biaya yang cukup besar. Misalkan saja iklan televisi, atau brosur yang perlu dicetak. Pastinya cost yang dikeluarkan akan banyak dan membuang-buang kertas. Nah, apabila Anda menggunakan strategi pemasaran online, biaya lebih rendah sebab Anda bisa membuat budget iklan sesuai dengan kemampuan saat ini. 

Baca Juga : Hal-hal Mengenai Strategi Distribusi yang Perlu Diketahui

3. Jangkauan Audiensnya Luas

Dengan adanya strategi pemasaran secara online, Anda bisa mendapatkan jangkauan audiens yang lebih luas. Seperti yang kita ketahui bahwa internet tidak ada batas tempat dan dapat digunakan 24 jam sehari. Oleh sebab itu, audiens Anda bisa dari mana saja, bahkan Anda bisa menjangkau audiens sampai luar negeri. Itulah mengapa digital marketing perlu dimanfaatkan oleh bisnis. 

4. Pendekatannya Lebih Personal

Pentingnya strategi pemasaran online adalah pendekatannya lebih personal. Misalkan saja Anda akan membuat iklan secara online. Di situlah Anda bisa membuat konten sesuai dengan target iklan Anda, dan memasukkan pesan yang dipersonalisasi untuk menjangkau audiens target Anda. Selain itu, dengan menggunakan media sosial, Anda juga dapat berinteraksi langsung dengan pelanggan. Contohnya bisa menjawab pesan mereka, atau menjawab kolom komentar di postingan. 

5. Hasil Pemasaran Lebih Terukur

Pentingya strategi pemasaran online yang selanjutnya adalah adanya hasil pemasaran yang lebih terukur. Setiap dari platform online yang kita gunakan, biasanya terdapat statistik yang bis akita baca. Misalkan saja berapa orang yang sudah klik postingan kita, dan berapa jumlah audiens yang telah kita jangkau. Dengan adanya hasil yang bisa diukur, bisnis dapat melakukan evaluasi untuk kedepannya. 

Langkah Strategi Pemasaran Online

Nah, untuk Anda yang tertarik untuk melakukan strategi pemasaran online, berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti, yaitu sebagai berikut;

1. Riset

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk langkah strategi pemasaran online adalah dengan riset. Dengan melakukan riset, Anda akan tahu siapa saja target audiens Anda, pasar, serta kompetitor-kompetitor yang akan Anda hadapi nantinya. Contoh untuk langkah strategi pemasaran online ini yaitu dengan mengadakan survei di media sosial bisnis Anda. 

2. Tentukan Sistem dan Strategi

Langkah selanjutnya dalam strategi pemasaran online adalah menentukan sistem serta strategi yang Anda pilih. Saat ini, sudah beragam pilihan digital marketing yang bisa Anda terapkan. Misalkan saja mobile marketing, affiliate marketing, dan lain-lain. Ini dapat Anda tentukan dengan menyesuaikan kebutuhan bisnis Anda. 

Bisnis online

3. Buat Konten Marketing

Strategi pemasaran online tidak akan jalan tanpa adanya konten. Oleh sebab itu, setelah menentukan sistem dan strategi pemasaran, Anda bisa memulai untuk membuat konten. Anda perlu memikirkan konten yang kreatif serta sesuai dengan target bisnis Anda. Bisa dengan video, artikel, ataupun foto yang bisa Anda gunakan untuk keperluan iklan, konten, dan lain-lain. 

4. Manfaatkan Platform

Saat ini, sudah banyak platform yang bisa Anda gunakan untuk strategi pemasaran online, berikut adalah di antaranya;

Meta Ads

Salah satu platform yang bisa Anda manfaatkan untuk bisnis Anda adalah Meta Ads. Kini, terdapat berbagai platform Meta yang biasa gunakan seperti Facebook, Instagram, atau bahkan WhatsApp. Dengan Meta Ads, Anda bisa beriklan dan mempromosikan usaha Anda di Facebook. Caranya cukup sederhana, yang terpenting Anda memiliki akun Facebook Business Page terlebih dahulu. 

Google Ads

Platform selanjutnya yang bisa Anda manfaatkan untuk strategi pemasaran online adalah Google Ads. Siapa yang tidak tahu Google, sang mesin pencari? Melansir dari Website Rating, sembilan dari sepuluh pengguna menggunakan Google sebagai mesin pencari mereka di seluruh dunia, lho! Oleh sebab itu, manfaatkan semaksimal mungkin Google Ads ini untuk mempromosikan bisnis Anda. 

HubSpot

Platform selanjutnya adalah HubSpot, yang merupakan salah satu platform CRM untuk bekerja sama dengan seluruh karyawan, misalkan untuk marketing, penjualan, sampai dengan customer service. Selain itu, banyak fitur dari HubSpot yang dapat memudahkan bisnis, seperti Marketing Hub, yang berfungsi untuk tools sosial media, evaluasi bisnis dan yang lain sebagainya. 

Baca Juga : Jenis dan Faktor dalam Menentukan Strategi Harga Produk

5. Buat Website

Langkah untuk strategi pemasaran online yang selanjutnya adalah dengan membuat website. Memiliki website sangatlah penting bagi bisnis, sebab di situlah berbagai informasi dapat Anda suguhkan kepada pelanggan maupun calon pelanggan. Selain itu, Anda bisa menambahkan informasi produk secara lengkap, agar pembeli Anda dapat mengenali bisnis Anda. 

6. Gunakan Komponen dalam Marketing Online  

Nah, selanjutnya yaitu menggunakan komponen-komponen lain dalam marketing online, yaitu;

Pay per Click Advertising (PPC)

Pernahkah Anda mendengar istilah Pay per Click Advertising? Inilah salah satu komponen dalam marketing online yang dapat membantu strategi pemasaran online Anda. PPC adalah model marketing dimana pengiklan akan membayar, setiap kali audiens mengklik salah satu iklan yang dijalankan. 

Tools Analisis Marketing

Komponen marketing online yang berikutnya adalah tools analisis marketing, yaitu alat yang memungkinkan Anda untuk bisa memantau, riset, dan memikirkan strategi yang efisien untuk dapat meningkatkan penjualan nantinya. Terdapat banyak platform yang bisa Anda gunakan contohnya seperti Google Analytics, MixPanel, Ruler Analytics, dan SEMrush. 

Social Media Marketing

Selain komponen marketing online di atas, Anda juga bisa manfaatkan social media marketing. Promosikan usaha Anda melalui berbagai platform sosial media yang beredar saat ini seperti Facebook, Instagram dan yang lain-lainnya. Dengan sosial media, Anda bisa meningkatkan brand awareness dari bisnis Anda. Untuk itu, ciptakan konten menarik yang sesuai dengan target pasar Anda. 

Baca Juga : 12 Strategi Jualan Online Bagi Pemula yang Jitu

Search Engine Optimization

Search Engine Optimization atau disingkat SEO merupakan sebuah teknik yang digunakan untuk mengoptimasi website dan membuat halaman website ada di halaman pertama mesin pencari. SEO ini berfokus pada kata kunci yang dicari oleh pengguna, oleh sebab itu terapkan SEO yang tepat untuk bisnis Anda. 

7. Terapkan Metode Pembayaran yang Beragam

Langkah selanjutnya untuk strategi pemasaran online yang sukses adalah dengan menerapkan metode pembayaran yang beragam. Seperti yang telah kita ketahui, bahwa kini masyarakat lebih suka cashless dan lebih menyukai bisnis online yang menawarkan metode pembayaran yang bervariatif. Misal, terapkan metode transfer, COD, virtual account dan yang lain sebagainya. Demikianlah pembahasan kali ini mengenai 7 strategi pemasaran online untuk bisnis yang efektif. Untuk Anda yang seller, atau pebisnis online, gabung bersama kami di Sahabat Satria  untuk mendapatkan manfaat website toko online gratis. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan menginspirasi bagi bisnis Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *