Bisnis

Serba-serbi Mengenai Hashtag Instagram dan Kegunaannya

hashtag instagram

Instagram adalah salah satu platform berbagi foto dan video, yang cukup terkenal di Indonesia. Melansir dari laman Data Indonesia, pengguna Instagram sudah mencapai 109,3 juta per April 2023. Sungguh angka yang tidak sedikit ya? Nah, dengan melihat data tersebut, Anda bisa menggunakan kesempatan ini untuk melakukan promosi di Instagram. Salah satunya adalah melalui hashtag Instagram. 

Nah, lantas apa kegunaan hashtag Instagram ini untuk bisnis Anda? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Apa yang disebut Hashtag?

Melansir dari laman Hootsuite, Instagram hashtag adalah kombinasi huruf, angka, atau emoji yang diawali dengan simbol #, misalkan saja (#NoFilter). Hashtag Instagram ini digunakan untuk mengkategorikan atau melabeli konten dan membuatnya lebih mudah untuk ditemukan. Menurut Earth Web, sejak Instagram diluncurkan pada tahun 2010, sudah ada lebih dari 50 miliar foto dan video diposting di platform tersebut. 

Dengan adanya hashtag Instagram ini, Anda bisa mencari foto atau video secara lebih spesifik, sebab sangat sulit untuk mencari konten begitu banyak tanpa hashtag Instagram. Misalkan saja Anda ingin mencari konten mengenai make up pernikahan, Anda bisa memasukkan hashtag keyword dengan (#MakeUpWedding) dan keyword lainnya yang Anda sukai. 

Baca Juga: Begini Cara Membuat Linktree di Bio Instagram, Wajib Tahu!

Jenis-jenis Hashtag pada Instagram

Berikut adalah jenis-jenis hashtag Instagram yang perlu Anda pahami, yaitu sebagai berikut:

  • Hashtag produk atau layanan: Bisnis menggunakan hashtag produk untuk posting yang berhubungan dengan penawaran produk dan layanan mereka, biasanya ini bersifat umum. 
  • Hashtag Instagram khusus industri: Hashtag ini digunakan untuk menunjukkan pekerjaan lebih spesifik daripada hashtag produk atau layanan.
  • Hashtag Instagram bermerek: Tagar bermerek inii membantu Anda membangun komunitas khusus seputar merek atau bisnis Anda. Bisa juga berbentuk slogan, atau nama produk tertentu Anda. 
  • Hashtag Instagram kampanye: Apabila Anda membuat iklan bersponsor, Anda bisa menggunakan hashtag Instagram unik untuk melacak aktivitas yang berhubungan dengan kampanye iklan Anda. 
  • Hashtag Instagram acara atau konferensi: Anda sebagai pebisnis, Anda bisa menggunakan hashtag ini untuk menambah percakapan yang berkaitan dengan acara atau konferensi industri tertentu. 
  • Hashtag Instagram lokasi: Tagar ini bagus untuk menargetkan calon pengguna atau pembeli di wilayah Anda. 

Manfaat Hashtag Instagram

Manfaat hashtag di Instagram adalah untuk meningkatkan exposure serta penemuan bisnis Anda. Mengklik hashtag Instagram dapat mengarah ke galeri posting teratas serta posting terbaru yang menggunakan hashtag tersebut. Dari sana lah Anda pengguna bisa menjelajahi semua kiriman terkait hashtag, dan ini cara yang bagus bagi orang yang tertarik dengan topik tertentu. 

Manfaat hashtag Instagram yang selanjutnya adalah analisis pesaing. Dengan hashtag Instagram ini, Anda bisa menganalisis pangsa suara Anda di media sosial. Mungkin saja Anda dan pesaing memiliki hashtag yang tumpang tindih, dan terutama jika itu adalah hashtag industri dan lokal. 

Tips Memaksimalkan Hashtag Instagram

Berikut adalah beberapa kegunaan dari hashtag Instagram, yaitu antara lain;

1. Hashtag Instagram yang Relevan

Nah, untuk Anda pebisnis yang ingin memaksimalkan usaha Anda dan agar postingan Anda terkait bisnis dapat menjangkau audiens, pastikan Anda menggunakan hashtag Instagram yang relevan. Misalkan saja Anda menjual produk kecantikan skincare di wilayah Bekasi, Anda bisa menambahkan hashtag Instagram #Skincare #Bekasi. Dengan begitu pengguna Anda dapat melihat postingan Anda. 

2. Sesuaikan Jumlah Hashtag

Tips selanjutnya dalam memaksimalkan hashtag Instagram adalah sesuaikan jumlah hashtag pada postingan Anda. Melansir dari laman Hootsuite, untuk hasil yang terbaik, batasi diri Anda hingga 3 sampai dengan 5 hashtag Instagram (story, atau reels). Secara teknis sendiri, Anda bisa memposting sampai 30 hashtag, namun Instagram hashtag yang terlalu banyak akan terlihat seperti spam. 

3. Gunakan Branded Hashtag

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya mengenai jenis-jenis hashtag Instagram, terdapat jenis branded hashtag. Untuk memaksimalkan hashtag Instagram, Anda bisa menggunakan branded hashtag, yang bisa terkait dengan merek atau kampanye Anda. Ini bisa menjadi cara yang terbaik untuk mendorong komunitas di sekitar merek Anda. 

Baca Juga: Cara Jualan di Instagram yang Efektif Mendatangkan Cuan

4. Letakkan Hashtag Instagram di Profil

Tips selanjutnya dari memaksimalkan hashtag Instagram adalah meletakkan hashtag di profil akun Anda. Pada bio profil Instagram, Anda bisa menambahkan hashtag brand atau kampanye Anda sehingga pengguna atau calon pembeli bisa mengklik hashtag tersebut. Dengan begitu, audiens akan lebih mengenal brand Anda. 

5. Sesuaikan dengan Trending Topic

Seringkali trending topic pada Instagram berubah-ubah seiring dengan waktu. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui bagaimana cara riset apa yang sedang tren. Setelah itu, Anda dapat sesuaikan dengan hashtag Instagram Anda. Misalkan pada hari buruh, Anda bisa membuat konten selamat hari buruh, dan menambahkan hashtag #HariBuruh pada postingan Anda pada hari itu. 

6. Post pada Waktu yang Tepat

Tips berikutnya dalam memaksimalkan hashtag Instagram adalah dengan post pada waktu yang tepat. Melansir dari data Sprout, waktu terbaik untuk post di Instagram adalah hari senin, selasa, dan jumat antara jam 9 pagi sampai 1 siang. Nah, mungkin Anda bisa mengikuti rekomendasi waktu terbaik ini untuk post di Instagram. 

7. Evaluasi kembali Hashtag

Hashtag perlu dilakukan evaluasi secara berkala untuk menentukan apakah hashtag Instagram Anda selama ini berjalan secara baik atau tidak. Hal ini juga bisa dipengaruhi oleh tren-tren tertentu yang suka berubah, oleh sebab itu Anda perlu up to date mengenai apa yang sedang hangat dibicarakan di Instagram. Namun, pastikan hashtag tersebut sesuai dengan postingan Anda ya!Demikianlah ulasan kali ini mengenai serba-serbi hashtag Instagram dan kegunaannya untuk bisnis Anda. Riset hashtag Instagram, untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Untuk Anda yang mungkin belum memiliki website toko online, Anda bisa bergabung bersama Sahabat Satria, dan dapatkan website gratis dari SAP Express. Semoga bermanfaat ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *