Bisnis

Cara Menawarkan Produk secara Kreatif untuk Meningkatkan Penjualan

cara menawarkan produk

Menawarkan produk memang menjadi salah satu hal penting untuk keberlangsungan sebuah bisnis. Pasalnya, baik buruknya dalam penyampaian saat menawarkan barang atau jasa kepada konsumen menjadi penentu. Apakah konsumen mau membeli barang tersebut ataukah tidak. Sehingga hal ini penting untuk diperhatikan. 

Cara Menawarkan Produk Ke Konsumen

Cara bicara menawarkan produk kepada konsumen biasanya dilakukan dengan cara persuasif sehingga dapat memikat banyak orang. Namun, sebelum itu memang segala bentuk penawaran atau promosi akan dilakukan sesuai dengan target market perusahaan. Untuk lebih memahami mengenai cara-cara dalam menawarkan produk, simaklah informasi berikut ini!

Baca Juga : 5 Cara Riset Produk Terlaris Melalui Internet

1.  Menawarkan promo yang menarik

Siapa sih yang tidak promo, sepertinya hampir semua orang menyukai hal ini. Terutama jika promo yang dilangsungkan memang besar-besaran dan produk tersebut jarang mengadakan promo. Tidak jarang hal ini malah akan membuat kalap belanja siapa saja yang melihatnya.

· Promo tersebut seperti potongan harga, garansi spesial yang diberikan toko, hingga pada voucher belanja  yang nantinya dapat kamu gunakan. Selain itu, ada juga beberapa jenis promo yang biasanya ditawarkan diantaranya adalah sebagai berikut!

· Gratis ongkir: Promo ini menawarkan produk yang jika konsumen membelinya, maka biaya kirimnya ditanggung oleh perusahan. Sehingga konsumen tidak perlu lagi membayar biaya ongkirnya.

· Beli satu gratis satu: Setiap konsumen membeli satu produk, make a akan diberikan produk yang sama. Sehingga total produk yang dimiliki konsumen jika membeli satu barang adalah dua.

· Pengurangan harga: Untuk pengurangan harga ini sendiri yaitu berupa potongan harga untuk suatu barang. Misalnya, kamu membeli barang A seharga Rp 500.000 dan mendapatkan potongan sebanyak RP 150.000 maka yang perlu dibayar adalah Rp 350.000 saja.  Kata-kata cara menawarkan produk, “ Beli sekarang dan dapatkan potongan hingga Rp 150.000 per item”

· Bundling: Menjual produk dengan satu bundel atau satu paket dengan jauh lebih murah daripada harga satuan.

· Diskon dengan persentase: Seberat ini sama dengan promo pengurangan harga. Hanya saja, ini lebih fokus pada hitungan persentase. Biasanya yang banyak dipasang untuk menarik konsumen penjualan menggunakan diskon 30%, 50%, bahkan 70%.

2.      Menggunakan bahasa  yang mudah untuk dipahami

Cara menawarkan produk ke konsumen secara langsung  yaitu dengan tidak menyamaratakan monumen. Pasalnya, jika terus begitu, maka akan menimbulkan kesalahpahaman mengenai informasi produk yang akan disampaikan nantinya.  Ada yang telah mengetahui semua kandungan dalam produk beserta dengan manfaatnya.

 Namun, ada juga yang belum memahaminya sedalam itu. Dengan begitu, penting dalam  menyampaikan informasi dengan bahasa yang mudah dipahami oleh target market. Selain itu, usahakan pola untuk membuat produk menjadi solusi atas masalah yang mereka hadapi selama ini .

3.      Menggunakan Email Marketing

Cara menawarkan produk kepada konsumen memang tidak hanya sebatas offline maupun melalui ads saja, tetapi juga dapat berupa mengirimkan email kepada masing-masing target market. Dimana sebelumnya mereka telah memberikan alamat emailnya. 

Anda dapat mencerahkan promo bebas ongkir, voucher belanja, dan lain sebagainya. Dimana nantinya para target market merasa tertarik kepada produk yang Anda tawarkan. Bahkan bisa jadi, nantinya Anda mengarahkan kepada website perusahaan untuk memungkinkan konsumen mencari tahu produk lebih jauh lagi.  

4.      Pahami yang Diinginkan oleh Konsumen

Hal yang perlu Anda perhatikan dalam tata cara menawarkan produk online kepada konsumen adalah dengan memahami apa yang diinginkan oleh target market. Sehingga nantinya, Anda dapat menyesuaikannya dengan produk yang  nantinya ditawarkan kepada konsumen.

Baik dari segi kemasan hingga promo yang mereka butuhkan. Dengan begitu, penawaran yang hendak dilakukan akan dirasa cocok untuk mereka ambil sebagai solusi bagi permasalahan yang mereka hadapi.

Bisnis online

5.      Menunjukan Testimoni dari Konsumen

Untuk membuat konsumen merasa yakin dengan  produk yang Anda tawarkan, maka penting untuk mengetahui cara menawarkan produk ke customer. Salah satunya yaitu dengan menunjukkan hasil testimoni dari konsumen yang dulu pernah menggunakan produk yang Anda jual. Hal ini pun dapat menarik perhatian sekaligus kepercayaan masyarakat terutama target market yang kamu sasar.

Sehingga yang tadinya merasa ragu-ragu terhadap produk yang kamu tawarkan akan mulai percaya terhadap produk yang kamu tawarkan. Dengan begitu, mereka pun tidak akan segan untuk membeli produk usaha yang kamu keloa. Testimoni ini dapat kamu update melalui website usaha atau sosial media .

6. Memberikan Sampel Gratis atau Giveaway

Cara menawarkan produk makanan ke konsumen yaitu dengan memberikan sampel untuk mengetahui bagaimana kualitas dari produk yang Anda tawarkan. Hal ini juga dapat dilakukan untuk produk make up, parfum, makanan, dan minuman.  Sehingga jika Anda menjual produk-produk elektronik sepertinya terbilang cukup sulit untuk memberikan sample.

Jika memang tidak memungkinkan, contoh cara menawarkan produk ke konsumen  yaitu dengan Anda dapat memberikan giveaway untuk  menarik perhatian konsumen. Namun, perlu diingat meskipun giveaway, pastikan hadiah yang diberikan memang lah memiliki kualitas yang bagus. Sehingga konsumen merasa percaya kalau Anda memang peduli terhadap target market.

7.  Melakukan promosi dengan menggunakan jasa influencer

Cara menawarkan produk agar konsumen tertarik yaitu dengan menggunakan pengaruh dari influencer untuk  meningkatkan visibilitas. Dimana banyak pengusaha yang merasa terbantu karena kehadiran influencer untuk mempengaruhi target market. Semakin banyak  pengikut setia dari influencer maka  semakin tinggi pula peluang produk yang Anda pasarkan laku.

Meskipun begitu, Anda harus hati-hati dalam memilih influencer karena bukan hanya jumlah pengikutnya saja yang perlu diperhatikan. Namun, citra dari influencer itu sendiri. Maka pilihlah, citra influencer yang memang sesuai dengan citra perusahaan.

8. Usahakan untuk tidak merendahkan produk kompetitor

Dalam menawarkan produk usahakan untuk selalu menjaga etika dalam berbisnis, salah satunya untuk tidak menjatuhkan produk orang lain. Selain itu, hal ini pun dapat membuat perusahaan terlihat kurang profesional.

Baca Juga : 15 Cara Meningkatkan Kualitas Produk yang Perlu Diketahui

 Dengan begitu, promosikanlah produk dari persuhaanmu dengan bijak tanpa harus menjelek-jelekan produk kompetitor. Contoh dialog menawarkan produk ke konsumen,

‘’Air A dapat memenuhi kebutuhan cairan kamu setiap hari, tidak peduli apapun aktivitasnya”

9. Konsisten Promosi

Promosi tidak bisa dilakukan hanya sekali atau bahkan dua kali. Hal ini harus dilakukan secara konsisten supaya target market yang di jangkau lebih luas lagi. Selain itu, hal ini pun  bagus untuk menumbuhkan citra perusahaan. Terutama jika Anda baru membangun usaha , maka teruslah melakukan promosi secara konsisten.

Bagaimana cara menawarkan produk  supaya tepat sasaran? Yaitu dengan menawarkannya dengan memberikan promo menarik, menggunakan email marketing, menunjukan testimoni dari konsumen, dan sebagainya. Selain itu, proses tersebut membutuhkan target dan waktu. Hal tersebut pun dapat digunakan untuk cara menawarkan produk lewat  wa. Dengan catatan bahwa penyajian pesannya nantinya jauh lebih ringkas .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *