Bisnis

6 Cara Membuat Pembukuan Usaha Untuk Bisnis Online Anda

cara pembukuan usaha

Mungkin banyak dari pebisnis online yang menganggap bahwa pembukuan usaha rumit, dan tidak diperlukan untuk bisnis skala kecil. Padahal, pembukuan usaha inilah yang nantinya akan membawa bisnis Anda menjadi besar di masa yang akan datang. Tidak peduli bisnis besar, ataupun bisnis kecil, Anda tetap harus membuat pembukuan usaha untuk mengetahui apakah Anda untung, atau justru malah rugi. 

Lantas, bagaimana cara membuat pembukuan usaha untuk bisnis online? Simak ulasan berikut ini yuk!

Pengertian Pembukuan Usaha

Melansir dari Forbes, pembukuan usaha adalah proses melacak pendapatan dan pengeluaran dalam bisnis Anda. Dengan membuat pembukuan usaha, Anda bisa mendapatkan gambaran mengenai bagaimana kinerja bisnis Anda dengan arus kas dan bisnis Anda secara keseluruhan. Selain itu, Anda juga dapat mengevaluasi bisnis berdasarkan pembukuan usaha sehingga mendapatkan strategi untuk kedepannya seperti apa. 

Nah, walaupun Anda menjalankan bisnis skala kecil di bisnis online, Anda tetap perlu untuk melacak arus kas dan memiliki kemampuan untuk menutupi biaya tidak terduga. Seperti yang kita ketahui, dalam bisnis mungkin saja ada keperluan yang sebenarnya tidak masuk dalam budget di awal. Oleh sebab itulah, pembukuan usaha ini penting untuk dilakukan bagi setiap pebisnis. 

Baca Juga : Begini Cara Membuka Usaha Jasa Pengiriman Barang

Manfaat Melakukan Pembukuan Usaha

Lantas, apa saja manfaat melakukan pembukuan usaha untuk pebisnis? Yuk simak manfaatnya di bawah ini;

1. Melacak Profitabilitas

Manfaat yang pertama dari pembukuan usaha yaitu untuk melacak keuntungan dari bisnis itu sendiri. Dengan adanya pembukuan usaha, Anda bisa mengetahui penghasilan bisnis Anda dari waktu ke waktu dan merencanakan cara untuk memperbaikinya di masa yang akan datang. Ada beberapa rasio profitabilitas yang memungkinkan Anda untuk mengukur efisiensi perusahaan seperti rasio margin kotor, margin keuntungan, rasio pengembalian aset dan pengembalian ekuitas.

2. Meningkatkan Pengelolaan Keuangan

Manfaat selanjutnya dari pembukuan usaha adalah untuk meningkatkan pengelolaan keuangan. Sebagai pebisnis online yang bertanggung jawab, Anda perlu untuk mengetahui aliran pendapatan perusahaan. Pembukuan usaha yang akurat dapat memberikan gambaran mengenai berapa banyak pendapatan bisnis dan untuk melacak pengeluaran. Dengan pembukuan yang tepat, Anda bisa lebih mudah menganalisis keadaan keuangan Anda saat ini. 

3. Evaluasi Kinerja & Perencanaan Masa Depan

Pembukuan usaha yang tepat dapat membantu Anda untuk melacak catatan keuangan bisnis dan mengevaluasi tingkat kinerja. Selain itu, Anda juga dapat melihat laporan ke belakang, melihat pola dan melakukan perbandingan dengan tahun sebelumnya. Pembukuan usaha yang akurat juga memungkinkan Anda untuk menentukan area dalam bisnis yang dapat memperoleh manfaat dari perbaikan ini. 

Bisnis online

Cara Membuat Pembukuan Usaha

Lalu, bagaimana cara membuat pembukuan usaha yang tepat agar bisnis online Anda dapat berkembang? Simak ulasannya di bawah ini;

1. Membuat Catatan Pengeluaran

Cara buat pembukuan usaha yang pertama yaitu membuat catatan pengeluaran. Pastikan semua pengeluaran hingga pada detailnya seperti tanggal pembayaran dilakukan. Hal ini memungkinkan Anda untuk menemukan detil transaksi secara mudah apabila perlu merujuknya nanti. Untuk itu, pastikan Anda juga memisahkan pengeluaran bisnis dari pribadi, untuk memudahkan pembukuan. 

2. Mencatat Semua Transaksi 

Cara membuat pembukuan usaha yang berikutnya adalah mencatat semua transaksi. Untuk bisnis dalam skala kecil, tentunya transaksi yang dicatat tidak terlalu banyak. Caranya cukup sederhana, Anda perlu persiapkan pencatatan usaha untuk transaksi yang terpisah-pisah. Misalkan saja ada buku khusus untuk transaksi pembelian bahan baku,operasional serta gaji karyawan. 

3. Membuat Buku Kas Utama

Cara pembukuan keuangan usaha selanjutnya yaitu dengan membuat buku kas utama. Buku kas ini memudahkan Anda untuk mengetahui data-data uang yang masuk maupun keluar. Manfaat membuat buku kas utama ialah untuk mengontrol, menganalisa serta identifikasi mengenai sumber uang yang terdapat dalam bisnis. Oleh sebab itu, buku kas utama wajib dimiliki oleh pebisnis.

4. Membuat Buku Persediaan Barang

Nah, cara membuat pembukuan keuangan usaha adalah dengan membuat buku persediaan barang. Inilah dokumen yang dibutuhkan pebisnis untuk mengetahui persediaan barang secara keseluruhan. Tanpa adanya buku persediaan barang, stok barang tidak dapat dipantau dengan akurat. Tinjau stok barang secara rutin untuk terus update buku persediaan barang Anda. 

Baca Juga : Cara Meningkatkan Omset Penjualan Online, Mudah!

5. Mencatat Inventaris Barang

Cara mengatur pembukuan usaha dapat dilakukan dengan mencatat inventaris barang yang ada. Inventaris barang mengacu kepada barang dan produk perusahaan yang siap dijual, bersama dengan bahan baku yang digunakan untuk memproduksinya. Dalam akuntansi sendiri, inventaris dianggap sebagai salah satu aset lancar sebab bisnis pada umumnya dapat berencana untuk menjual produk dalam waktu satu tahun. 

6. Membuat Buku Laba dan Rugi

Cara membuat pembukuan usaha yang benar yaitu dengan membuat buku laba dan rugi. Ini merupakan laporan keuangan yang merangkum total pendapatan dan total pengeluaran bisnis dalam periode waktu tertentu. Tujuan dari buku laba dan rugi tidak lain adalah untuk mengukur keuntungan perusahaan dengan mengurangi pengeluaran dari pendapatan dan memberikan gambaran mengenai kesehatan keuangan bisnis. 

Contoh Pembukuan Usaha

Untuk bisa mendapatkan gambaran mengenai cara membuat pembukuan usaha, di bawah ini adalah contoh pembukuan usaha sederhana yang bisa menjadi referensi bagi bisnis Anda, yaitu sebagai berikut;

TanggalKeteranganDebitKreditSaldo
12/07/2023Saldo AwalRp. 10.000.000Rp. 10.000.000
13/07/2023Beli Bahan BakuRp. 5.000.000Rp. 5.000.000
16/07/2023Jual ProdukRp. 6.000.000Rp. 11.000.000
20/07/2023Bayar GajiRp. 3.000.000Rp. 9.000.000

Demikianlah ulasan kali ini mengenai 6 cara membuat pembukuan usaha untuk bisnis online Anda. Untuk Anda yang ingin terus update mengenai stok barang, tanpa perlu repot-repot mengerjakannya sendiri, Anda bisa manfaatkan layanan sewa gudang online dari SAP Express. Hubungi kami lebih lanjut untuk informasi selengkapnya mengenai gudang online. Semoga bermanfaat ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *