Bisnis

Panduan Lengkap Cara Dropship di Tokopedia untuk Pemula

Cara Dropship di Tokopedia

Pembahasan mengenai cara dropship Tokopedia mungkin pernah Anda dengar di beberapa kegiatan wirausaha yang memanfaatkan teknologi. Mengingat semakin tingginya penggunaan internet membuat bisnis online menjadi lebih diminati. Tanpa terkecuali usaha online sistem dropship dari Tokopedia yang termasuk ke dalam peluang bisnis kekinian. 

Anda bisa mulai berjualan tanpa modal dan stok dari sistem dropship, yang mana jika berminat tinggal memenuhi syarat dan ketentuan. Sehingga tidak memerlukan budget yang besar untuk kegiatan operasional seperti offline store secara umum. Pasalnya Anda hanya perlu menyediakan paketan data dan mempelajari ilmu tentang bagaimana cara menjadi dropship Tokopedia.

Baca Juga : Inilah Kurir Rekomendasi Tokopedia Solusi Terpercaya untuk Pengiriman Barang Anda

Apa Itu Dropship Di Tokopedia?

Berbicara tentang dropship sebenarnya dapat dilakukan dari semua marketplace, tidak sekadar di Tokopedia. Akan tetapi, masing-masing marketplace tentu memiliki kebijakan atau syarat yang harus dipatuhi. Hanya saja menjalankan usaha sistem dropship cocok dicoba oleh para pemula yang baru mempelajari bisnis dan tidak membutuhkan banyak modal. 

Dropship Tokopedia sendiri merupakan sistem penjualan produk secara langsung dari supplier kepada konsumen melalui marketplace terkait. Dimana orang yang menjalankan bisnisnya disebut dropshipper. Sehingga jika ingin menghasilkan keuntungan yang tinggi, kedua belah pihak antara seller dan dropshipper perlu bekerja sama dengan baik.

Cara menjadi dropship di Tokopedia ini bisa menjadi alternatif untuk mendapat penghasilan tambahan. Namun, tahukah Anda bagaimana strategi bisnis dropship dan syarat ketentuannya jika ingin menjadi dropshipper Tokopedia? Sebagai salah-satu marketplace terpercaya di Indonesia yang berdiri sejak tahun 2009, mari simak pembahasan selengkapnya di sini! 

Strategi Bisnis Dropship Tokopedia

Adanya penerapan sistem dropship Tokopedia lewat HP yang mudah tentu akan memudahkan para pemula menjalankannya. Akan tetapi, jika Anda termasuk pemula yang berminat alangkah baiknya menyimak terlebih dahulu tentang bagaimana strategi bisnis dropship Tokopedia berikut ini!

1. Pahami Kebutuhan Market

Hal pertama yang perlu Anda pelajari adalah memahami kebutuhan market. Agar Anda bisa menentukan beberapa produk sesuai permintaan pasar yang memang lagi menarik perhatian konsumen. Sehingga Anda cukup aman untuk berjualan dari cara menjadi dropship di tokopedia tanpa modal.

2. Pilih Supplier Berkualitas

Setelah menentukan apa produk yang akan Anda kamu jual dari sistem dropship. Strategi selanjutnya, Anda dapat memilih supplier yang tepat dan memiliki kualitas. Salah-satu diantara tips memilih suplier berkualitas yaitu :

a. Fokus pada Satu Produk

Pastikan Anda memilih supplier yang memang memiliki keahlian dalam meng-handle produk atau barang produksiannya. Alhasil, selaku supplier ia memahami bagaimana dinamika industri tersebut dalam persaingan pasar dari jenis-jenis produk yang ditawarkan. Sehingga barang yang diproduksi cukup terjamin kualitasnya.

b. Mudah Dijangkau

Kemudahan jangkaun antara dropshipper dan supplier akan memudahkan retribusi. Baik geografis (jarak) dan komunikasi, yang contohnya jangkauan pengiriman barang pesanan lebih cepat. Selain itu, memudahkan akses ketika terjadi lonjakan pesanan atau terjadi kesalahan pengiriman pesanan.

3. Mempelajari dan Memahami Produk

Sebagai dropshipper Anda juga harus memiliki product knowledge yang akan dijual. Jadi, tidak hanya supplier saja yang harus mengerti produk. Hal ini karena, ketika ada customer yang bertanya seputar produk, Anda tinggal menjawabnya dengan tepat dan detail.

4. Modifikasi Foto Produk

Strategi dari cara dropship di Tokopedia berikutnya yang dapat Anda coba yaitu dengan memodifikasi foto produk. Alasannya karena, secara umum supplier telah menyediakan foto produk atau katalog yang siap digunakan untuk berjualan. Termasuk suplier Tokopedia yang sudah memiliki katalognya sendiri. 

Anda bisa memodifikasi foto dengan cara membeli beberapa produk dari supplier untuk kembali dipotret. Sehingga menghasilkan gambar yang lebih unik dan dapat menarik perhatian para konsumen. Seperti menggunakan background polos berwarna terang seperti warna putih sehingga produk terlihat lebih estetik.

5. Manfaatkan Fitur TopAds

Semua produk yang ingin Anda jual akan sia-sia jika tidak ada orang yang melihat. Sebagaimana menjual produk sistem dropship Tokopedia. Oleh karena itu, pastikan Anda memaksimalkan promosi, salah-satunya dengan memanfaatkan fitur TopAds di dalam aplikasinya.

Fitur yang dapat membantu Anda meningkatkan penjualan. Hanya saja fitur ini membutuhkan biaya sekitar Rp250, Rp300, atau Rp350 tergantung dari kategori produk.

6. Manfaatkan Tokopedia Hot List

Sebelum Anda memutuskan menjadi dropshipper Tokopedia sebaiknya lihatlah informasi yang ada di hot list terlebih dahulu. Letaknya berada di homepage yang dapat digunakan untuk melihat daftar penjualan. Dimana fitur tersebut dapat memberi informasi tentang penjualan produk paling laris dalam satu sesi lengkap beserta harga per kategori. 

7. Manfaatkan Fitur Power Merchant

Fitur power merchant mempunyai fungsi yang dapat membedakan toko Anda dengan lainnya. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan satu admin di toko itu dengan biaya gratis. Dimana dengan adanya admin akan membantu meringankan beban ketika membalas chat konsumen. 

Sebagaimana cara dropship Tokopedia resi otomatis oleh admin yang membantu memonitor transaksi dan mengoperasikan toko. Hanya saja untuk penarikan uang dari semua transaksi tetap harus dilakukan oleh pemilik toko,  jadi tidak perlu khawatir.

8.Tingkatkan Pelayanan

Meningkatkan pelayanan termasuk strategi yang tidak kalah penting untuk Anda pahami. Atur pelayanan toko online Anda dengan baik, seperti fast response dalam membalas pesan yang bisa jadi nilai plus dari customer. Di sisi lain, fast response juga kemungkinan membuat customer akan merekomendasikan toko online Anda ke rekan atau pembeli lain.

cod

Cara Daftar Dropship Tokopedia

Menjalani usaha sistem dropship memang berbeda dengan berjualan seperti biasa. Pasalnya, Anda selaku dropshipper tidak mempunyai stok barang yang ready di tempat. Sebab, Anda hanya menjadi pihak ketiga antara supplier dan pembeli. Adapun panduan lengkap cara jadi dropship Tokopedia yang bisa Anda pahami diantaranya :

  1. Buatlah Akun di Tokopedia Terlebih Dahulu

Membuat akun pembeli merupakan langkah awal dari cara jadi dropship di Tokopedia. Anda bisa mengunjungi website tokopedia.com atau unduh aplikasi Tokopedia via Google Play Store dan AppStore. Kemudian, tekan “Daftar” lalu isi data diri dengan lengkap. Mulai dari nama, nomor handphone, jenis kelamin, tanggal lahir, alamat email, dan lainnya.

Setelah itu, tekan tanda centang dan Klik “Bergabung”. Untuk memverifikasi, cek email Anda yang ditautkan saat pendaftaran dan lakukan verifikasi agar akun dapat digunakan. 

  1. Pilihlah Produk yang Berpotensi Terjual

Langkah selanjutnya, pilih produk yang berpotensi untuk dijual berdasarkan kategori. Semisal, produk yang sedang booming atau product knowledge-nya sudah Anda kuasai. Baru Anda bisa memilih produk dari supplier berkualitas dengan cara aktifkan dropship di Tokopedia ketika ingin langsung mencoba jualannya.

  1. Pilih Produk dengan Selisih Keuntungan yang Besar

Poin ketiga adalah memilih produk dengan selisih keuntungan yang besar, karena tujuan dari menjalankan bisnis pasti mencari laba. Oleh karena itu, pertimbangkan antara supplier produk dengan harga yang murah sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan.

  1. Pilih Supplier yang Aman dan Terpercaya

Dibalik harga produk yang murah, Anda juga perlu memperhatikan supplier terpercaya.  Sebagaimana internal dropship Tokopedia seller yang produk jualannya terjual banyak, memiliki banyak review, dan mempunyai bintang di atas 4. Terlebih toko berlabel Official Store atau Power Merchant dan pelayanan yang fast response dalam membalas chat.

  1. Memasarkan Produk

Memasarkan produk termasuk bagian dari cara external dropship Tokopedia yang melibatkan berbagai media sosial. Sehubung dengan itu, karena jaringan internet sekarang bisa membantu media informasi produk mudah tersebar kepada calon konsumen. 

  1. Mempersiapkan Modal

Untuk menjadi seorang dropshipper Anda pun perlu mempersiapkan sedikit modal awal. Dimana modal ini diperuntukkan bagi membeli produk yang dipesan customer kepada supplier. Namun, jika Anda ingin memulai bisnis dropship tanpa modal bisa dengan cara konsumen harus membayar pesanannya terlebih dahulu. 

  1. Proses Pemesanan Produk di Tokopedia

Langkah terakhir ketika sudah mendapatkan pembeli yakni  Anda bisa memproses pemesanan produk di Tokopedia. Order pesanan kepada supplier di Tokopedia dengan cara ; Cari produk dari supplier yang sudah Anda tentukan. Pilih produk sesuai pesanan konsumen (varian, warna (jika ada), dan jumlah produk)

Kemudian, tekan “Beli Langsung” dan tulis catatan untuk toko supplier, seperti packing yang rapi, ya. Isi  menu “Pilih Alamat Lain“ lalu tambah “Alamat Baru.” Lengkap data alamat konsumen (jalan, desa, kecamatan, dan kabupaten, dan nomor telepon customer). Setelahnya klik “Simpan” dan pilih pengiriman reguler karena tidak tersedia fitur bebas ongkir.

Centang opsi “Dropship” untuk melakukan “Pembayaran” yang dapat Anda ikuti berdasarkan petunjuk. Setelah selesai, tinggal tunggu supplier mengirimkan produk dan menginputkan nomor resi di Tokopedia.

Baca Juga : Cara Klaim Asuransi di Tokopedia untuk Perlindungan Barang Anda

  1. Proses Pengiriman Dropship

Proses pengiriman dropship relatif mempunyai rentang waktu pemesanan seperti produk pada umumnya. Menyesuaikan sistem pengiriman reguler yang bergantung pada pelayanan ekspedisi. Baik cepat maupun sedang dengan rata-rata produk dapat diterima sekitar 3 hari atau 1 hari.

  1. Ketentuan Pengiriman dengan Sistem Dropship

Ketentuan pengiriman sistem dropship Tokopedia memberlakukan aturan khusus. Dimana aturan tidak memperbolehkan penjual Tokopedia membeli produk dari sesama seller yang kemudian menjualnya kembali di marketplace ini. Pasalnya 1 nomor resi hanya dapat diinput oleh 1 penjual di Tokopedia. 

Sehingga jika penjual yang menginput nomor resi yang telah diinput akan mendapat keterangan: “Tokopedia tidak memperbolehkan internal dropshipper terjadi … ” Dampaknya dana akan dikembalikan ke pembeli dan kerugian sepenuhnya ditanggung oleh Internal Dropshipper.

Cara Mengaktifkan dropship di Tokopedia

Adapun cara mengaktifkan dropship di Tokopedia Anda bisa menyimak kembali pembahasannya di atas. Sama seperti cara dropship di Shopee yang mempunyai alur pendaftaran tidak jauh berbeda.Cara dropship Tokopedia adalah tutorial pembahasan bagi pelaku usaha yang menjualkan produk secara langsung di marketplace ini dari supplier kepada konsumen. Cocok digeluti oleh pemula yang memiliki ketertarikan di bidang bisnis untuk belajar mencari penghasilan tambahan. Menurut Anda sendiri bagaimana? Tertarik?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *