Bisnis

Cara Klaim Asuransi di Tokopedia untuk Perlindungan Barang Anda

klaim asuransi tokopedia

Cara klaim asuransi Tokopedia menjadi salah satu metode untuk dapat mendapatkan ganti dari barang yang Anda pesan. Biasanya, hal ini dilakukan ketika barang yang Anda pesan mengalami masalah, baik karena hilang, rusak, dan lain sebagianya.

Apa Itu Asuransi Pengiriman Tokopedia?

Ini merupakan layanan asuransi yang Tokopedia sedikan untuk pengiriman barang sehingga produk yang Anda pesan dapat dilindungi dari kemungkinan kendala. Baik itu karena kerusakan barang maupun kehilangan barang.

Jenis Klaim Asuransi Pengiriman Tokopedia

Klaim asuransi tokopedia barang rusak maupun hilang merupakan layanan yang dimiliki oleh marketplace tersebut, Adapun untuk lebih mengenal sistem asuransi tersebut, simak ulasan berikut ini!

Baca Juga : Cara Retur Barang di Tokopedia untuk Pengalaman Berbelanja yang Lebih Baik

1.      Barang hilang

 Barang hilang tokopedia tanpa asuransi memiliki resiko yang terlalu tinggi karena bisa jadi produk tersebut akan hilang begitu saja. Pasalnya, tidak ada jaminan dalam pengiriman paket. Namun, jika Anda memiliki mengaktifkan layanan asuransi, maka hal tersebut dapat melindungi barang yang Anda pesan.

Sudah terdapat beberapa pengalaman klaim asuransi Tokopedia yang pada akhirnya dapat membantu konsumen. Sehingga nantinya, Anda dapat menerima kembali uang pengembalian dari barang yang hilang tersebut. Jika memang terbukti adanya kelalaian di pihak penjual maupun kurir.

2.      Barang Rusak

Cara mengajukan klaim asuransi Tokopedia barang rusak yaitu pengajuan dilakukan saat barang yang Anda pesan ternyata rusak. Untuk menghindari klaim asuransi tokopedia ditolak Anda mengikuti semua prosedur dengan lengkap dan detail. Dimana nantinya, barang yang rusak ini akan diganti dengan mengembalikan dana yang telah Anda keluarkan sebelumnya.

3.      Free Return

Untuk menghindari asuransi tokopedia penipu, pastikan Anda melakukan klaim asuransi di situs resminya marketplace ini saja. Adapun salah satu jenis asuransi pengiriman yaitu Free Return. Dimana asuransi ini yaitu mengembalikan atau mengirim kembali barang ke pihak konsumen.

 Jika memang terjadi ada masalah pada paket. Dimana kesalahan tersebut disebabkan oleh kelalaian dari pihak jasa pengiriman barang maupun penjual sendiri.

Bagaimana Cara Klaim Asuransi Pengiriman Tokopedia

Cara klaim asuransi pengiriman Tokopedia yaitu dapat Anda lakukan sesuai dengan permasalahan yang dihadapi. Baik itu karena barang hilang ataupun rusak. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini!

1.      Cara klaim asuransi barang hilang

Jika Anda merasa barang yang Anda belum juga sampai dan bahkan telah ada konfirmasi, bahwa paket hilang. Maka, Anda dapat menggunakan klaim asuransi ini, tetapi dengan syarat saat melakukan pemesanan, menggunakan asuransi. Untuk caranya lendir yaitu sebagai berikut!

  • Anda hanya perlu mengklik ‘’Barang belum diterima’’ pada bagian pemesanan
  • Kemudian nantinya, penjual akan meminta Tokopedia untuk melakukan investasi terhadap pengiriman tersebut
  • Tunggu informasi dari kurir dengan estimasi sekitar 7 hari
  • Setelah ada informasi, maka penjual akan melakukan pengisian klaim
  • Pantaulah status Anda dengan cara mengklik ‘’Selengkapnya’’
  • Kemudian, status akan berubah menjadi ‘’Verifikasi Dokumen’’
  • Nantinya, Dana Anda akan diteruskan kepada penjual
  • Nantinya, penjual akan mengembalikan dana ke akun saldo sesuai dengan metode pembayaran yang Anda gunakan di awal.
Bisnis online

2.      Cara klaim asuransi barang rusak

Klaim asuransi tokopedia barang rusak  dapat Anda lakukan dengan mengikuti beberapa tahapan berikut ini!

  • Cek notifikasi dan isilah formulir barang rusak
  • Nantinya, akan diarahkan pada halaman ‘’Pesanan Dikomplain”
  • Setelah itu, pilih ‘’Invoice Pesanan yang dikomplain’’
  • Klik isi Form Klaim
  • Kemudian, islaha form tersebut dengan lengkap
  • Klik upload foto KTP Asli
  • Ceritakanlah alur kejadian, ketika Anda mengetahui barang yang diterima sudah rusak dengan minimal 30 karakter.
  • Setelah itu, klik lanjut
  • Setelah itu, upload lah bukti pendukung seperti halnya foto kerusakan barang dengan cara klik ‘’ Upload Bukti’’
  • Klik ajukan Klaim
  • Klik lanjutkan
  • Jika pengajuan memang berhasil, maka selanjutnya tunggu status pengajuan klaim sampai dengan selesai dengan cara mengklik tombol ‘’Selengkapnya’’.
  • Apabila semua proses pengajuan selesai, maka dana akan dikembalikan ke saldo akun yang sesuai dengan metode pembayaran yang Anda gunakan sebelumnya.

Syarat dan Ketentuan untuk Klaim Asuransi Tokopedia

Pengajuan klaim asuransi ini berlaku itu proteksi tagihan, gadget, elektronik, dan perjalanan. Namun, untuk klaim asuransi elektronik membutuhkan waktu yang lebih lama daripada yang lainnya yaitu 30 hari sejak pengajuan dibuat.  

Selain itu, Anda akan diwajibkan untuk melampirkan bukti atau dokumen lainnya untuk membuktikan bahwa barang tersebut rusak atau hilang. Sehingga nantinya, hal tersebut dapat memudahkan Anda untuk mengklaim asuransi.  Selain itu, segala biaya yang ditimbulkan untuk mendapatkan bukti ditanggung oleh pengguna atau pihak yang mengajukan klaim.

Namun, jika nanti pengguna tidak merasa puas atas keputusan parten, maka dapat melakukan sanggahan kepada partner. Namun, hal tersebut haruslah disertai dengan bukti-bukti yang kuat.  Tidak hanya itu saja, pengguna membebaskan Tokopedia dari segala kewajiban ganti rugi maupun kompensasi dalam hal apapun terkait hal tersebut.

Berapa Lama Klaim Asuransi Tokopedia?

Biaya asuransi pengiriman Tokopedia biasanya itu tergantung kebijakan dan kesepakatan kedua belah pihak. Tokopedia hanya menjadi pihak penengah dalam hal tersebut. selain itu, inilah durasi waktu lama klaim sesuai dengan jasa pengiriman yang digunakan.

Baca Juga : Strategi Cara Jualan di Tokopedia yang Efektif untuk Pemula

1.      Barang belum diterima, tetapi status delivered

  • JNE, J&T, TIKI, dan Pos  Indonesia- Gunakan layanan Next Day dan Reguler waktu klaim asuransi yaitu sekitar 14 x 24 jam atau setara dengan 2  minggu.
  • Wahana dan Sicepat: Gunakan layanan Next Day yaitu sekitar 7×24 jam atau setara dengan satu minggu. Sementara untuk layanan reguler yaitu 14×24 jam atau setara dengan satu minggu.
  • Gojek dan grab: Gunakan layanan instant dan same day yaitu 3 x 24 jam atau tiga hari untuk waktu klaim asuransinya.
  • Ninja Express, Lion Parcel, dan REX: Gunakan layanan regular waktu klaim asuransi yaitu sekitar 7×24 jam atau satu minggu.
  • Anter Aja: Gunakan layanan Next Day maupun Reguler, waktu klaim asuransinya yaitu sekitar 7×24 jam.

2.      Barang belum diterima dan status Shipping

  • J&T, Wahana, dan Sicepat:  Gunakan layanan Next Day dan Reguler waktu klaim asuransi yaitu sekitar 7 x 24 jam atau setara dengan seminggu
  • JNE, Tiki, dan Pos Indonesia: Gunakan layanan Next Day yaitu sekitar 3 x 24 jam atau setara dengan 3 hari. Sementara untuk layanan reguler yaitu 7×24 jam atau setara dengan satu minggu.
  • Gojek dan grab: Gunakan layanan instant dan same day yaitu 3 x 24 jam atau tiga hari untuk waktu klaim asuransinya.
  • Ninja Express, Lion Parcel, dan REX: Gunakan layanan regular waktu klaim asuransi yaitu sekitar 7×24 jam atau satu minggu.
  • Anter Aja: Gunakan layanan Next Day maupun Reguler, waktu klaim asuransinya yaitu sekitar 7×24 jam.

Klaim asuransi Tokopedia memiliki beragam jenis, yaitu free return, barang rusak, dan barang hilang. Selain itu, dalam pengajuan klaim asuransi sebaiknya Anda mengumpulkan bukti terlebih dahulu sehingga proses nya klam dapat berjalan dengan lancar.

1 Comment

  • Kemal 29 Desember 2023

    Apakah SAP tersedia di Tokopedia?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *