Bisnis

Pahami Mengenai Perang Harga dan Strateginya

perang harga

Dalam dunia bisnis, pastinya ada persaingan ketat yang harus dihadapi oleh seller. Namun, jika tahu cara menghadapinya, pastinya bisnis akan bertahan lebih lama. Untuk Anda yang bergelut dalam bisnis online, tentunya Anda perlu mengetahui strategi perang harga. Untuk memahami mengenai lebih lanjut mengenai perang harga, yuk simak ulasan berikut ini mengenai perang harga. 

Apa itu Perang Harga?

Melansir dari Investopedia, perang harga adalah pertukaran kompetitif di antara perusahaan saingan yang menurunkan titik harga pada produk mereka, dalam upaya strategis untuk melemahkan satu sama lain dan merebut pangsa pasar yang lebih besar. Perang harga sendiri dapat digunakan untuk meningkatkan pendapatan dalam jangka pendek, atau juga dapat digunakan sebagai strategi jangka panjang.

Adapun perang harga bisa dicegah melalui manajemen harga strategis, yang bergantung pada penetapan harga yang tidak agresif, pemahaman yang komprehensif mengenai persaingan dan komunikasi kuat dengan pesaing Anda. Oleh sebab itu perang harga perlu dilakukan dengan hati-hati sebab penetapan harga sangat berdampak pada laba dan rugi perusahaan. 

Baca Juga: Atasi Perang Harga dalam Berbisnis, Ini Dia Caranya!

Dampak Perang Harga

Berikut adalah dampak yang mungkin dapat terjadi akibat dari perang harga yang terjadi, yaitu sebagai berikut:

  • Saat pasar menjadi sangat kompetitif, para pelaku bisnis biasanya menerapkan perang harga dan sedikit menurunkan harga produk mereka untuk merebut pangsa pasar.
  • Perang harga dapat menjangkau pangsa pasar yang lebih banyak, yang pada akhirnya akan memberi Anda pendapatan yang lebih banyak
  • Bisnis yang sekiranya akan bangkrut biasanya akan menggunakan strategi perang harga ini untuk membantu mereka meningkatkan likuiditas mereka. 

Strategi Perang Harga

Cara bersaing harga adalah dengan mengetahui bagaimana strategi perang harga. Di bawah ini adalah beberapa strategi agar Anda memenangkan perang harga. 

1. Riset Menyeluruh

Cara bersaing dengan kompetitor yang pertama adalah dengan riset secara menyeluruh. Pertama-tama, Anda harus riset mengapa kompetitor Anda menurunkan harga mereka. Akan lebih membantu apabila Anda tidak memulai perang harga secara langsung sebab pesaing Anda menurunkan harga. Anda juga perlu bertanya kepada diri sendiri, apakah Anda perlu untuk ikut dalam perang harga ini, dan apakah dengan mengikuti perang harga ini akan berdampak positif atau negatif pada bisnis Anda. 

2. Tambahkan Nilai Pada Produk

Strategi perang harga yang selanjutnya adalah dengan menambahkan nilai pada produk Anda. Perang harga sendiri tidak hanyalah sebatas menurunkan harga produk. Namun, sebaliknya, Anda juga perlu bermain dengan pola pikir pelanggan. Dengan menambahkan nilai pada produk, Anda bisa memenangkan pelanggan. 

Beberapa tips di bawah ini bisa Anda gunakan untuk memenangkan persaingan bisnis online. Yaitu sebagai berikut:

  • Anda bisa memberikan hadiah kepada pelanggan ketika mereka membeli produk
  • Anda juga dapat memanfaatkan harga bundle dan memberikan diskon apabila konsumen membeli 2 sampai 3 produk secara bersamaan
  • Tambahkan poin reward kepada pelanggan apabila mereka belanja pada waktu periode tertentu

Baca Juga: Daftar Supplier Dropship Terpercaya Untuk Bisnis Anda Tanpa Modal!

3. Iklankan Penawaran Anda

Strategi perang harga yang berikutnya adalah dengan mengiklankan penawaran Anda. Sangat penting untuk memasarkan dan mengenalkan penawaran Anda sehingga konsumen bisa mengetahui apa yang membedakan bisnis Anda dengan yang lain. Ini akan membuat pelanggan tahu bisnis mana yang menawarkan penawaran terbaik bagi mereka. Oleh sebab itu, semakin banyak Anda mengiklankan bisnis, bisnis Anda akan semakin dipercaya. Gunakan media sosial, website, serta pemasaran email untuk memasarkan bisnis Anda.

4. Reputasi Merek

Strategi perang harga yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan reputasi merek Anda. Seperti yang telah kita ketahui bahwa, pelanggan selalu percaya untuk membeli barang dari merek yang bagus. Secara sederhana, Anda jangan hanya fokus untuk mencari lebih banyak pelanggan dengan perang harga ini, namun coba untuk membangun reputasi bisnis yang memungkinkan Anda untuk menjangkau pangsa pasar yang lebih luas pada jangka waktu yang panjang. 

Dengan demikian, Anda perlu melakukan analisis SWOT pada bisnis Anda dan ketahui apa saja kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman bisnis Anda. Pada akhirnya, Anda bisa menyelesaikan banyak tantangan yang mungkin akan Anda hadapi di masa yang akan datang. Demikianlah ulasan kali ini mengenai perang harga serta strateginya. Pahami strategi perang harga ini dan bersiaplah untuk menghadapi tantangan yang akan terjadi. Untuk Anda seller yang membutuhkan sewa gudang online, hubungi SAP Express lebih lanjut untuk informasi selengkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *