Bisnis

Memahami dan Mengatasi Berbagai Faktor Kegagalan Usaha Anda

Faktor Kegagalan Usaha

Faktor kegagalan usaha dapat disebabkan oleh beberapa hal dan bisa saja tiap pengusaha mengalami hal yang berbeda-beda. Meskipun dalam dunia bisnis gagal atau rugi itu adalah yang bisa, tetapi tidak ada salahnya untuk Anda  dapat mengenal penyebab hal tersebutlah terjadi. Sehingga nantinya, Anda dapat mengantisipasi nya dengan baik.

Faktor-faktor Kegagalan usaha yang sering terjadi

Kegagalan bisnis dapat terjadi pada siapa saja, baik pemula maupun orang yang sudah lama berkecimpung dalam dunia bisnis. Salah satu penyebab kegagalan usaha antara lain  tidak adanya perencanaan mengenai usaha yang jelas. Untuk lebih detailnya, simak penjelasan berikut ini!

Baca Juga : Tentukan Masa Depan Bisnis Anda: 5 Langkah Perencanaan Keuangan yang Sukses

1. Tidak Ada Rencana Bisnis yang Jelas

Dalam memulai usaha, perencanaan bisnis sangatlah penting. Sehingga Anda perlu menentukan plan bisnis terlebih dahulu sebelum akhirnya membuka bisnis. Adapun dalam perencanan ini sendiri memuat gambaran produk, target market, hingga target pendapatan. Rencana inilah yang nantinya dapat membantu Anda untuk mengembangkan usaha sehingga sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

2. Visi dan Misi Tidak Jelas 

Anda pun perlu menyusun dan menetapkan visi serta misi bisnis kedepannya akan seperti apa. Paslanya, banyak pengusaha yang kadang mengabaikan hal ini sehingga mereka kesulitan dalam menentukan arah bisnisnya.

 Maka tidak heran apabila ini menjadi salah satu kegagalan usaha karena menjadi hal yang terbilang fundamental. Selain itu, visi dan misi usaha pun dapat membantu Anda untuk menemukan strategi yang tepat untuk mencapai target yang diharapkan. Tidak hanya itu, setiap keputusan yang diambil nantinya akan jauh lebih karena ada patokannya. 

3. Minimnya Kemampuan Manajerial dan Manajemen 

Salah satu penyebab kegagalan dalam berwirausaha adalah kemampuan dalam manajerial maupun manajemen dalam usaha terbilang minim. Hal ini karena dapat membuat produktivitas para pekerja menjadi terhambat. Selain itu, manajemen merupakan pondasi yang dapat menjadi penentu keberhasilan maupun kegagalan dari usaha yang Anda bangun. 

Selain itu, manajemen bukan hanya meliputi pengorganisasian dan pengelolaan bisnis saja. Melainkan juga, mengenai manajemen waktu maupun struktur organisasi bisnis. Dengan adanya manajemen dan pengelolaan aset bisnis yang efisien sekaligus tepat, maka bisnis yang Anda usahakan akan berjalan dengan optimal. Dengan begitu, kondisi operasional usaha pun akan berjalan dengan optimal tanpa hambatan yang berarti.

4. Kemampuan

Seorang pengusaha perlu kemampuan yang memadai sehingga bisnis yang dijalankannya berkembang dan maju. Sehingga salah satu faktor faktor kegagalan usaha yaitu pengusaha yang tidak memiliki kemampuan dalam hard skill maupun soft skill. Seperti halnya mengenali kualitas produk, target market, berjiwa leadership, manajerial, dan lain sebagainya. 

Sehingga jika Anda merasa kemampuan bisnis yang Anda  miliki masih kurang, asahlah skill maupun pengetahuan dengan lebih dalam. Selain itu, hal yang paling penting yaitu Anda  tidak lelah untuk belajar bisnis. Untuk belajar sendiri, Anda  dapat mengikuti webinar, sharing sesama bisnis, menemukan mentor, dan sebagainya. 

Sehingga nantinya Anda dapat mengetahui branding apa yang cocok dengan perusahaan, memiliki analisa pasar yang mumpuni, dan sebagainya.

5. Modal dan Pengendalian Finansial yang Kacau

Contoh kasus kegagalan bisnis yang paling umum yaitu terbatasnya modal. Sehingga, ketika modal yang Anda miliki memang memungkinkan untuk menopang bisnis dengan cukup. Sehingga nantinya, bisnis dapat berjalan dengan lancar. Namun, ternyata tidak hanya itu saja. Modal sebesar apapun dapat membuat bisnis menjadi gagal apabila sang pelaku usaha tidak dapat mengendalikan keuangan usahanya dengan baik.  Pada akhirnya, ia tidak mampu untuk menganalisa adanya cash flow, kurang ketelitian,  dan kemungkinan besar akan menyambungkan uang usaha dengan pribadinya. Bahkan bisa jadi, ia pun tidak mampu dalam menganalisa resiko bisnis sehingga akhirnya tidak dapat meminimalisir kegagalan.

6. Kreativitas yang Terbatas

Dalam dunia bisnis, kreativitas sangat dibutuhkan untuk dapat membantu Anda dalam mengembangkan bisnis. Sehingga akhirnya, bisnis tersebut dapat maju dan menghasilkan keuntungan yang memuaskan. Hal ini terjadi karena kreativitas dapat menjadi pembeda antara bisnis yang kamu jalani dengan bisnis yang dimiliki oleh kompetitor Anda. Bahkan dengan adanya kemampuan kreativitas yang tinggi memungkinan Anda menemukan solusi dengan jauh lebih mudah 

Bisnis online

7. Sumber Daya Manusia dan Etika Kerja

Faktor-faktor yang menyebabkan kegagalan usaha salah satunya yaitu SDM maupun etika dalam bekerja kurang. Terutama, jika tidak pernah diadakan evaluasi dalam bekerja. Sehingga, wajar saja apabila kualitas SDM nya rendah. Padahal sumber daya manusia yang memiliki kualitas tinggi dapat mendorong bisnis menjadi lebih maju.

 Maka tidak heran, apabila dikatakan bahwa SDM mempengaruhi keberhasilan maupun kegagalan dalam bisnis. Selain itu, SDM yang baik cenderung memiliki etika dalam bekerja yang bagus. Sehingga hasil pekerjaannya pun cenderung baik. Dengan demikian, sebagus apapun bisnis plan yang telah Anda buat, jika kualitas SDM nya rendah.

8. Lokasi Usaha yang Tidak Strategis

Jika disuruh untuk identifikasikan faktor kegagalan usaha, maka salah hal yang masuk dalam kategori ini yaitu pemilihan lokasi yang kurang strategis. Hal ini karena lokasi usaha secara tidak langsung dapat mempengaruhi minat pasar terhadap produk yang nantinya Anda pasarkan. Sehingga, usahakan untuk memilih lokasi yang strategis dan sesuai dengan target market. Misalnya, jika  Anda menyasar target market pelajar atau mahasiswa. Maka bukalah toko atau ruko yang lokasinya tidak jauh dengan sekolah. 

9. Kesalahan Networking

Networking yang Anda miliki ternyata dapat menentukan keberhasilan maupun kegagalan dalam usaha yang sedang kamu jalankan. Ketika Anda mendapatkan rekan bisnis yang sejalan, maka dapat membantu keberhasilan bisnis yang sedang dikelola. 

Namun, jika tidak, maka bisnis yang sedang And akembangkan dapat menjadi gagal. Maka, cobalah untuk memilih dengan cermat, sebelum memutuskan untuk kerjasama dengan siapapun.

10. Terlalu Fokus Mendapatkan Keuntungan 

Ke 10 faktor kegagalan wirausaha yang selanjutnya adalah terlalu fokus pada omset maupun keuntungan yang nantinya didapatkan. Meskipun sebenarnya, keuntungan menjadi tujuan utama para pengusaha dalam bisnis. Akan tetapi, jika terus berfokus pada keuntungan hal tersebut juga ternyata kurang baik.

 Terutama, jika Anda sampai mengabaikan kebutuhan dari konsumen. Selain itu, hal yang perlu Anda lakukan untuk bersaing dengan kompetitor adalah tidak berperang harga. Hal ini karena dinilai kurang efektif. Sebaiknya, Anda lebih fokus pada value yang hendak diberikan kepada konsumen nantinya.

11. Tidak Peduli dengan Perkembangan Teknologi 

Salah satu contoh usaha yang gagal dan penyebabnya yaitu tidak adanya kepedulian terhadap pengembangan teknologi. Padahal hal tersebut dapat membantu untuk konsumen jauh lebih mengenal value maupun produk dari bisnis yang sedang Anda coba kembangkan. Selain itu, hal ini pun sama saja seperti membiarkan bisnis berada jauh dibelakang pada era ini. Maka cobalah untuk meningkatkan kemampuan dan mengoptimalisasikan keberadaan teknologi untuk kemajuan bisnis Anda.

Cara Mengatasi Kegagalan dalam Menjalankan usaha

Untuk dapat meminimalisir terjadinya kegagalan dalam usaha yang sedang Anda bangun. Maka cobalah untuk menerapkan hal ini dalam usaha Anda!

1. Tenangkan Pikiran Anda

Dalam bisnis, tentu setiap orang mempunyai target pencapaian. Sehingga usaha dapat berkembang dengan baik. Namun, kita pun perlu menyadari penuh bahwa tidak semua hal yang kita rencanakan itu akan berjalan mulus. 

Maka, usahakan untuk melakukan setiap keputusan dilakukan dengan pikiran yang tenang. Pasalnya, dengan pikiran yang tenang maka keputusan yang diambil pun akan jauh lebih tenang daripada Anda mengambilnya saat sedang kalut. 

2. Evaluasi Perjalanan Usaha Anda

Lakukan evaluasi setiap bulan maupun agenda besar pertahun maupun per enam bulan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kinerja dari SDM selama sebulan kemarin. Selain itu, jika target yang ditetapkan ternyata tidak terwujud, maka cobalah untuk menemukan  akar permasalahannya nya dimana. Kemudian nantinya, Anda dapat mencari jalan keluar atau solusinya untuk menjawab permasalahan tersebut.

Baca Juga : Hindari Buntung, Begini Cara Mengelola Keuangan Usaha!

3. Susun Kembali Rencana dan Eksekusi Dengan Berbeda

Setelah melakukan evaluasi, maka sebaiknya kamu untuk merancang kembali rencana bisnis Anda. Sehingga hal tersebut  nantinya diharapkan dapat mencapai goal dari perusahaan.  Selain itu, eksekusi perencana tersebut dengan cara yang berbeda dan pastinya lebih sesuai dengan target market yang perusahaan buat.

4. Konsultasikan Usaha Anda ke Konsultan Bisnis

Apabila, And amerasa kewalahan, maka cobalah untuk melakukan konsultasi dengan pra konsultan bisnis yang Sudan teruji dengan kredibilitasnya. Nantinya, para konsultan tersebut akan memberikan arahan supaya bisnis yang sedang Anda jalankan dapat berjalan dengan baik. Selain itu, periksa juga legalitas dari lembaga konsultan bisnis tersebut.Jelaskan 5 faktor kegagalan wirausaha merupakan hal yang menyebabkan sebuah usaha stuck bahkan bisa jadi bangkrug. Nah, diantaranya penyebabnya  adalah kualitas SDM dan etika kerja yang kurang, lokasi penjualan tidak strategis, kurangnya modal,  acuh terhadap pengembangan teknologi, dan tidak memiliki kemampuan. Selain itu, juga bisa dicairkan kreativitas terbatas, manajemen kurang, dan sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *