Finance

Mengenal PayPal, Platform Pembayaran Online yang Praktis

pengertianpaypal

Dengan kemajuan teknologi dan internet kini, pembayaran menjadi lebih mudah. Apalagi bagi mereka yang membutuhkan untuk mengirim uang antar-negara. Platform PayPal hadir sebagai salah satu solusi agar pembayaran Anda menjadi lebih mudah secara online. Mungkin Anda berpikir bahwa platform ini kurang aman. Namun, melansir dari website resminya, PayPal terdapat fitur perlindungan pembeli, yang berfungsi untuk memantau anti-penipuan selama 24 jam dengan sistem perlindungan kelas dunia.  

Nah, di dalam ulasan kali ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai platform PayPal. Yuk simak!

Sejarah PayPal

PayPal adalah sebuah platform pembayaran online yang digunakan di seluruh dunia. Platform ini sendiri diawali pada tahun 1998 dan didirikan oleh Max Levchin serta Peter Theil. Lalu pada tahun 1999, PayPal diluncurkan sebagai platform untuk mentransfer uang dan menerima penawaran umum perdana pada tahun 2002. Selanjutnya, platform PayPal menjadi lebih terkenal ketika eBay, sebuah e-commerce kelas dunia yang mengakuisisi PayPal di tahun 2002 dengan harga 1,4 miliar dolar. 

Setelah momentum ini, PayPal mulai dikenal dan diterima oleh seller online. Beberapa tahun setelahnya, PayPal meluaskan jangkauannya secara internasional, dan pada akhirnya pada 2006 PayPal menambahkan pembayaran 10 mata uang ke platformnya, termasuk dolar Singapura dan Swiss Franc. 

Cara Daftar PayPal

Nah, mungkin Anda sekarang sudah tertarik untuk membuat akun PayPal dan penasaran dengan cara daftar PayPal. Berikut adalah langkah-langkah praktis cara daftar PayPal, seperti yang dilansir dari website resminya:

  1. Langkah pertama, kunjungi situs www.paypal.com/id (untuk versi Bahasa Indonesia)
  2. Di halaman home, klik ‘Daftar’ pada bagian kanan atas halaman
  3. Setelah itu, Anda bisa memilih ingin rekening pribadi atau rekening bisnis 
  4. Hubungkan kartu Anda, bisa dengan kartu kredit, debit, atau akun prabayar dengan PayPal
  5. Tambahkan juga nomor seluler Anda dan alamat email, dan alamat rumah
  6. Dengan demikian, akun PayPal Anda sudah selesai, untuk pembayaran belanja menggunakan PayPal, Anda tinggal memasukkan alamat email serta nomor telepon Anda

Nah, sangat mudah bukan cara daftar PayPal? Buat akun Anda sekarang juga dan nikmati kemudahan bertransaksi secara global. 

Cara Top Up PayPal

Untuk top up PayPal sendiri sebenarnya cukup mudah, Anda tinggal mengikuti langkah-langkah seperti di bawah ini:

  • Apabila Anda telah menyambungkan rekening bank lokal Anda ke rekening PayPal, Anda bisa melakukan top up ini. Pastikan nama pada nomor rekening dan PayPal sama agar proses bisa dilanjutkan. 
  • Langkah selanjutnya, Anda masuk ke akun PayPal dan klik ‘Transfer Uang’ yang ada di bawah saldo PayPal Anda di halaman ringkasan.
  • Pada halaman selanjutnya, pilih ‘Tambahkan uang ke saldo’
  • Ikuti petunjuk di layar untuk melakukan transfer dari rekening bank Anda ke rekening PayPal Anda. Anda bisa gunakan perbankan online atau dengan mengunjungi cabang bank lokal Anda. 
  • Perhatikan bahwa diperlukan waktu 3 sampai dengan 5 hari kerja agar uang Anda bisa muncul di saldo PayPal. Jika transfer sudah selesai, Anda akan menerima email dari PayPal. 

Untuk melakukan proses ini, Anda tidak dibebankan biaya apa pun. Namun bank Anda mungkin membebankan biaya untuk transfer. Begitulah cara isi saldo PayPal, sangat mudah bukan?Nah,  demikianlah ulasan mengenai PayPal, sejarahnya, cara daftar PayPal dan cara top up PayPal. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat dan menginspirasi bagi Anda. Untuk Anda yang memiliki bisnis online, jadilah bagian dari Sahabat Satria dan dapatkan berbagai keuntungan dengan bermitra bersama SAP Express.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *