Finance

Mengenal Lebih Dekat Dompet Digital di Indonesia

dompet digital

Dengan semakin berkembangnya teknologi pembayaran, kini dompet digital atau e-wallet sudah hadir untuk membuat hidup Anda lebih nyaman dan praktis. Tidak perlu lagi membawa kartu fisik untuk membayar, Anda hanya perlu ponsel Anda untuk melakukan pembayaran di gerai favorit Anda. Dompet digital adalah jenis kartu elektronik yang digunakan untuk transaksi yang dilakukan secara online melalui komputer atau smartphone. Penggunaannya sama persis dengan kartu kredit atau debit. E-wallet sendiri perlu untuk dihubungkan dengan rekening bank untuk bisa melakukan pembayaran. 

Di Indonesia sendiri sudah banyak yang menawarkan dompet digital untuk masyarakat. Apa saja dompet digital yang ada di Indonesia? Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Apa itu Dompet Digital atau E-Wallet?

E-wallet atau dompet digital adalah aplikasi manajemen uang yang aman ataupun platform online yang memungkinkan Anda untuk melakukan pembayaran dengan merchant favorit Anda. Selain itu dompet digital juga memungkinkan Anda untuk mentransfer uang ke rekening bank secara digital. Sangat praktis kan? 

Kini sudah banyak platform di Indonesia yang menawarkan dompet digital secara aman bagi masyarakat. Mungkin Anda sudah lama menggunakan layanan ini, bukan? Selain lebih efisien, Anda tidak perlu untuk membawa uang tunai kemana-mana untuk membayar merchant. Cukup dengan ponsel Anda saja untuk memanfaatkan dompet digital. 

Baca Juga : Yuk, Intip Kelebihan dan Kekurangan Belanja Online Berikut Ini!

Daftar Dompet Digital Terbaik

Di bawah ini adalah daftar dari dompet digital terbaik yang bisa Anda temukan di Indonesia, yaitu antara lain;

  1. GoPay
dompet digital gopay

Siapa yang tidak mengenal GoPay, salah satu produk dari Gojek yang sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Layanan dari GoPay ini tidak hanya dompet digital, namun juga terdapat fitur kartu kredit virtual, serta GoPay Later. Melansir dari websitenya, pembayaran GoPay ini bisa diterima di ratusan ribu rekan usaha. Oleh sebab itu, Anda bisa berbelanja dengan aman dan nyaman. 

  1. OVO

OVO merupakan salah satu dompet digital di Indonesia yang dimiliki oleh PT Visionet Internasional. Didirikan oleh Lippo Group pada tahun 2017, dan pada tahun 2018 Grab yang merupakan perusahaan transportasi berinvestasi di OVO ini. Selanjutnya pada tahun 2018, Tokopedia, salah satu e-commerce terkenal di Indonesia, juga berinvestasi di OVO. Oleh sebab itu, apabila Anda naik Grab, Anda bisa membayar melalui saldo OVO. Selain itu, ketika Anda berbelanja di Tokopedia, Anda juga dapat menggunakan saldo OVO Anda. Caranya adalah dengan menghubungkan akun OVO Anda dengan Tokopedia maupun Grab. 

  1. LinkAja
Dompet digital link aja

Dompet digital terbaik selanjutnya adalah LinkAja, yang merupakan milik dari PT Fintek Karya Nusantara (Finarya) yang tentunya sudah terdaftar di BI. Diluncurkan sejak 2019, LinkAja ini bisa untuk belanja online, pembayaran tagihan dan berbagi uang. Adapun LinkAja ini adalah dompet digital yang bersinergi dengan beberapa perusahaan seperti Telkomsel, Bank Mandiri, serta Pertamina. 

  1. Dana
Dompet digital Dana

Selanjutnya adalah dompet digital Dana, yang mungkin Anda juga sudah sering mendengarnya. Dana merupakan platform keuangan digital yang didirikan pada tahun 2018. Melansir dari official website, dengan Dana, Anda bisa bertransaksi secara praktis mulai dari membayar tagihan, transaksi dengan barcode scan serta berbelanja di e-commerce pilihan Anda. Anda tidak perlu khawatir dengan keamanannya, sebab Dana sudah dilengkapi dengan kode PIN dan OTP dan keamanan yang dijamin 100 persen. 

Baca Juga : Yuk, Simak Pengertian Sistem Pembayaran Digital dan Jenisnya Berikut Ini!

  1. ShopeePay

Untuk Anda yang senang berbelanja dengan e-commerce terkenal Shopee, pastinya sudah tidak asing lagi dengan ShopeePay. Dompet digital ShopeePay ini bisa Anda gunakan ketika Anda membayar belanjaan Shopee dan untuk membayar merchant yang sudah bekerjasama dengan Shopee. Melansir dari website ShopeePay, Anda bisa mendapatkan cashback setiap hari dan gratis ongkir lebih banyak apabila Anda menggunakan ShopeePay ini. 

  1. Jenius 
Jenius

Dompet digital di Indonesia yang berikut adalah Jenius, yang merupakan milik dari Bank BTPN yang sudah terdaftar OJK. Untuk Anda yang ingin membuka akun seperti PayPal, Anda bisa memanfaatkan Jenius. Selain itu, Anda juga bisa membayar transaksi Anda dengan menggunakan QRIS. 

  1. OCTO Go Mobile
Logo OCTO Mobile Format PNG

Dompet digital terbaik selanjutnya yaitu OCTO Go Mobile, yang merupakan milik dari bank CIMB Niaga. Dengan dompet digital ini, Anda tidak perlu khawatir dengan keamanannya sebab OCTO Go Mobile sudah dilengkapi dengan fitur fingerprint serta face lock dan hanya bisa login pada satu perangkat saja. 

  1. Sakuku
Sakuku - Aplikasi di Google Play

Mungkin Anda jarang mendengar dompet digital di Indonesia yang satu ini, namun e-wallet ini merupakan salah satu produk dari Bank BCA. Untuk Anda yang doyan banget nonton, Anda bisa manfaatkan Sakuku untuk membayar tiket nonton kesayangan Anda. Untuk kelebihannya, Anda bisa mendapatkan bebas biaya admin top up sakuku dengan minimum nominal Rp. 10.000 dari e-banking BCA. Selain itu, Anda bisa tarik tunai tanpa kartu dengan dompet digital Sakuku ini. 

  1. DOKU

Daftar dompet digital terbaik yang selanjutnya adalah DOKU. Melansir dari website DOKU, dompet digital ini aman dan memberikan masyarakat layanan yang mudah. Selain transfer saldo, Anda bisa membayar tagihan bulanan, membeli pulsa, bahkan Anda juga bisa tarik tunai menggunakan DOKU ini. DOKU pun sudah terintegrasi dengan QRIS, sehingga pengalaman transaksi Anda menjadi lebih nyaman. 

Baca Juga : Berbagai Manfaat E-Wallet Untuk Bisnis Anda

  1.  JakOne Mobile

Dompet digital terbaik yang terakhir yaitu JakOne Mobile, yang merupakan salah satu layanan dari bank DKI. Sama seperti yang sebelumnya, JakOne Mobile sudah dilengkapi dengan QRIS sehingga Anda bisa dengan leluasa berbelanja di jutaan merchant se-Indonesia. 

Tips Memilih Aplikasi Dompet Digital yang Tepat

Nah, setelah Anda mengetahui berbagai daftar dompet digital terbaik di Indonesia, selanjutnya adalah bagaimana sih tips dalam memilih aplikasi e-wallet yang tepat? Hal pertama yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih dompet digital adalah tentang keamanan platform. Cari tahu terlebih dahulu apakah dompet digital pilihan Anda sudah aman, dan sudah terjamin oleh lembaga regulator keuangan. 

Selain itu, platform dompet digital yang baik adalah yang memiliki customer service yang baik. Bisa saja pada satu waktu e-wallet Anda terkena masalah, dan satu-satunya solusi yaitu menghubungi customer service dan memastikan Anda mendapatkan solusi terhadap permasalahan Anda. Misalkan saja Anda top up e-wallet, namun saldo Anda tidak bertambah, Anda bisa komplain ke bagian customer service dan tunjukkan bukti top up Anda. Demikianlah ulasan kali ini mengenai dompet digital yang ada di Indonesia. Dengan melihat begitu banyak e-wallet yang ada di Indonesia, mana yang menjadi favorit Anda selama ini? Untuk Anda yang pebisnis online, jadilah Sahabat Satria SAP Express dan nikmati keuntungan gratis website untuk toko online Anda. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *