Logistik

Waspada, Begini Ciri-ciri Penipuan Paket Luar Negeri yang Perlu Anda Tahu!

penipuan paket luar negeri

Membeli paket dari luar negeri saat ini bukanlah perkara sulit. Anda bisa membeli barang dari negara manapun yang Anda mau. Hanya melalui smartphone, Anda bisa mendapatkan berbagai paket luar negeri. Namun hati-hati, ciri-ciri penipuan paket luar negeri perlu Anda waspadai supaya tidak tertipu.

Pasalnya, saat ini banyak oknum nakal yang memanfaatkan mudahnya jual beli online luar negeri dengan cara menipu. Perlu Anda ketahui bahwa pengiriman paket dari luar negeri membutuhkan biaya bea cukai serta biaya lainnya yang disebut clearance. 

Nah, oknum penipu memanfaatkan hal ini untuk meminta pembeli melakukan pembayaran biaya clearance terlebih dahulu, padahal barang tidak dikirim. Selain itu, oknum juga tidak jarang menggunakan kurir palsu untuk memanipulasi kondisi bahwa barang sedang dikirim, padahal tidak.

Ciri-ciri Penipuan Paket Luar Negeri

Untuk meminimalisir terjadinya penipuan orang luar negeri yang merugikan, Anda perlu tahu ciri-ciri penipuan paket luar negeri sebagai berikut:

1. Pendekatan Melalui Media Sosial

Ciri-ciri penipuan paket luar negeri yang pertama umumnya dilakukan melalui media sosial. Pelaku akan berkenalan dengan korban melalui media sosial, kemudian mengaku sebagai penjual produk dari luar negeri, atau bahkan akan mengirimkan hadiah dari luar negeri.

Dalam hal ini, pelaku sudah mengincar korban terlebih dahulu dengan mengantongi data diri korban. Pelaku tahu nama lengkap korban, nomor telepon, alamat email, hingga alamat usahanya sehingga tampak meyakinkan.

Pelaku terkadang juga menyamar sebagai rekan bisnis yang mengajak bekerja sama dengan iming-iming menarik. Oleh karena itu, Anda perlu waspada jika ada orang tak dikenal tiba-tiba mengajak interaksi via media sosial, terlebih jika Anda tidak terlalu aktif bermedia sosial.

Baca juga: Ternyata Begini Cara Kirim Paket ke Luar Negeri, Gampang!

2. Menggunakan Kurir Palsu

Pelaku terdiri dari minimal 2 orang, satu orang sebagai orang yang mengajak berkenalan secara personal (modus). Orang ini mengumpulkan data dan informasi mengenai korban, menghubungi, dan kemudian merayu korban.

Selanjutnya, orang kedua berlaku sebagai kurir palsu yang mengirimkan barang. Setelah korban tahu barang dari luar negeri akan dikirim, maka kurir palsu akan ditunjuk, seolah-olah sedang mengirimkan barang kepada korban.

3. Menggunakan Resi Palsu

Tak hanya kurir palsu, ciri-ciri penipuan paket luar negeri juga menggunakan resi palsu. Pelaku akan membuat resi palsu dan mengirimkan pada korban. Korban akan percaya karena resi yang dibuat benar-benar mirip dengan aslinya.

Oleh karena itu, ketika Anda mendapatkan resi pengiriman barang, segera cek resi tersebut apakah asli atau palsu. Pastikan juga perusahaan pengiriman barang tersebut benar-benar ada dan terpercaya.

4. Meminta Biaya Clearance

Selanjutnya, ciri-ciri penipuan pengiriman barang dari luar negeri berikutnya adalah adanya permintaan pembayaran clearance. Pelaku beralasan bahwa barang telah dikirimkan ke Indonesia, namun kurir tidak bisa bergerak karena biaya clearance belum dibayar. 

Pelaku kemudian meminta korban untuk membayar sejumlah biaya melalui transfer ke rekening atau akun pelaku. Biasanya nominal biaya yang diminta cukup besar, terlebih jika modus tersebut adalah memberi hadiah. Anda dipaksa untuk membayar sejumlah uang terlebih dahulu.

Baca juga: Cara Kirim Paket COD Tanpa Marketplace, SAP Express Solusinya

5. Pelaku Menghilang

Nah, setelah korban melakukan transfer biaya clearance, kemudian pelaku akan menghilang. Korban tidak bisa berkutik karena kesulitan melakukan verifikasi baik dengan pihak bank maupun kurir. 

Karena adanya perbedaan negara, maka proses verifikasi bank akan dilakukan dalam waktu yang lama. Namun pada saat ini, uang korban sudah diambil oleh pelaku dan barang tidak sampai ke tangan korban.

6. Penggunaan Bahasa yang Tidak Profesional

Ciri-ciri penipuan paket luar negeri berikutnya adalah penggunaan bahasa yang tidak profesional dari pelaku. Ketika pelaku mengirimkan pesan melalui media sosial atau email, amati bahasa yang digunakan. Jika tidak profesional, bahkan typo atau salah grammar, maka Anda patut curiga.

Pasalnya, pada saat oknum pelaku mengatasnamakan perusahaan atau bank tertentu, seharusnya bahasa yang digunakan profesional layaknya sebuah institusi. Namun jika terlihat rancu dengan bahasa yang kacau, maka bisa jadi ini merupakan tindakan penipuan.

7. Alamat Email atau Nomor Telepon Tidak Resmi

Penipuan lewat wa, email, atau telepon dari luar negeri patut Anda curigai jika berasal dari nomor telepon atau alamat email yang tidak resmi. Dalam hal ini, pelaku memberikan alamat email atau nomor telepon yang tidak meyakinkan.

Padahal, sebagai perusahaan profesional yang hendak mengirimkan hadiah atau menjalin kerja sama, tentunya email dan nomor telepon yang digunakan haruslah resmi. Bukan email perorangan, apalagi dengan domain yang tidak jelas.

jasa pengiriman barang internasional termurah

8. Meminta Data Pribadi yang Tidak Perlu

Anda patut curiga terjadi penipuan paket luar negeri ketika pelaku meminta data pribadi yang tidak perlu dan di luar nalar. Umumnya, data pribadi yang diminta hanyalah sebatas KTP dan alamat email.

Namun jika ia sudah meminta foto KTP, 4 digit nomor kartu debit, bahkan password tertentu, maka sudah bisa dipastikan Anda sedang diincar penipu. Anda perlu meningkatkan kewaspadaan jika terjadi hal-hal tersebut.

9 Mengklaim Punya Perusahaan Importir Pribadi

Ciri-ciri penipuan paket luar negeri berikutnya adalah pelaku mengaku memiliki perusahaan importir pribadi, tidak lagi mencatut nama perusahaan importir yang sudah dikenal. Tujuannya adalah agar perusahaan importir yang dicatut namanya tidak melapor ke pihak berwajib. Tujuan lainnya adalah untuk mengelabuhi korban agar percaya pada pelaku.

Untuk menghindarinya, Anda perlu mencari tahu mengenai perusahaan importir yang dimaksud. Cek apakah benar perusahaan tersebut ada dan legal. Jangan sampai Anda menjadi korban lantaran tergiur paket pengiriman dari luar negeri.

10. Dilakukan oleh Dua Orang Pelaku

Seperti yang dibahas di poin sebelumnya, penipuan paket luar negeri biasanya dilakukan oleh dua orang pelaku. Pelaku pertama akan mengumpulkan informasi dan data korban lalu mengelabui korban dengan berbagai iming-iming.

Sedangkan pelaku kedua menyamar sebagai kurir yang akan mengirimkan paket, atau bahkan mengaku sebagai pemilik jasa kurir pribadi. Ia akan membuat jasa pengiriman paket tersebut terlihat meyakinkan meskipun sebenarnya tidak aman dan legal.

Bisnis online

Kirim Barang ke Luar Negeri dengan SAP Express

Banyaknya penipuan paket dari luar negeri tentu membuat siapa saja was-was. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan Anda memilih jasa pengiriman luar negeri terpercaya untuk paket Anda. SAP Express merupakan jasa kirim barang ke luar negeri yang aman dan dan terbaik.

SAP Express melayani pengiriman barang ke berbagai negara, seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Hongkong, Taiwan, Vietnam, dan Australia. Tidak hanya pengiriman ke luar negeri, SAP Express juga melayani pengiriman barang dari luar negeri. Lantas berapa lama pengiriman paket dari luar negeri melalui SAP Express? Tentunya untuk estimasi biaya pengiriman dari negara mana paket dikirimkan. Untuk informasi lebih lanjut, cek ongkir SAP Express di sini.

Nah, sekarang sudah tahu kan ciri-ciri penipuan paket luar negeri apa saja yang perlu Anda waspadai? Pastikan Anda melakukan transaksi atau jual beli dengan pihak yang terpercaya agar tidak menjadi korban penipuan. Terlebih saat berhubungan dengan pihak luar negeri, Anda perlu lebih waspada ya!

1,468 Comments

  • Herni 7 Maret 2024

    Dalam satu Minggu saya di peras uang saya habis di kuras ya Allah sampe sampe saya tidak percaya pada suami saya 😭 semoga saja Allah melaknat nya langsung di dunia 🤲

    • Titik 21 Maret 2024

      Y Alloh sama kak,,hancur2 an saya..sekarang bagaimana kak anda?

  • Raseld Capah 6 Maret 2024

    Hadeh semua tentang penipuan. Akupun hampir tertipu didalam amplod hadiah yang dibeli ada sejumlah uang sebanyak 15000$

    Tapi kita harus bayar 8 JT. Boro-boro bayarnya. Uangku aja tinggal 15000rp. Itupun untuk ongkos kerja aja.

    Biar aja dikembalikan paketnya. Eh dibilang pula setengah bayar aja baru paketmu bisa sampai.
    Dikira kita bodoh. Kita kan kurir juga🤣🤣🤣

  • Mungil 4 Maret 2024

    Nih guys nomer penipunya
    +48 885 606 672
    Nama ig nya edmond_gan
    Ngaku nya org malaysia tp kerja dipolandia .

  • Mila 1 Maret 2024

    Saya baru saja mengalami nya hari ini. Semalam kenalan sya bernama Ahmed Daniel yang mengaku org Malaysia bekerja di London bicara akan mengirimkan banyak hadiah, sebelumnya aku tidak curiga karena d check d getcontac memang nomer dri inggris, tetapi tadi pas jam 4 pagi ada pesan masuk mengatasnamakan pihak expedisi meminta aku melakukan pembayaran Rp.5jt untk paket yg akan d kirimkan ktanya paketku sudah sampai d jakarta. Ketika d check knp expedisi tsb pakai nomer Nigeria, aku sengaja tidak balas apapun gak berselang lama kenalan aku menghubungi dengan nomer baru, dia memakai nomer Nigeria jg & beralasan jika nomer hp nya bermasalah. Aku makin curiga saat itu. Dia terus memohon agar aku tf uang biaya pengiriman agar hadiah tsb segera aku terima. Tetapi aku bilang maaf tidak punya uang. Terimakasih. Langsung ngilang dong😂😂

  • Ratna ratieh 28 Februari 2024

    Saya juga sedang mengalami nya, suruh transfer 5jt agar paket sampai di door to door, berkenalan di fb, dia sangat manis, dan dia orang Korea yang bekerja di London,
    Tapi saya cari tau tentang modus ini,
    Saya tidak ingin mentransfer nya, katanya dia membelikan semua macam barang brend, dan memasukkan uangnya, dan ttap memaksa saya mentransfer nya

  • Rose 27 Februari 2024

    Hati- hati dengan oknum bernama Dr. John Jung kelahiran Korsel dan ngakunya tinggal di Amerika dan bekerja untuk PBB Di Yaman. Dia mengaku seorang duda beranak 1 perempuan umur 10 tahun. Dia mengirimkan paket dari luar negeri dengan menunjukan sertifikat pengiriman palsu yang sudah saya laporkan ke pihak bea cukai

    • Nn 12 Maret 2024

      Apakah dia mengaku dokter bedah juga? Sebelum mengirimkan paket dia mengaku tertembak??

  • Lilis 18 Februari 2024

    Saya juga ngalamin kaya gini,dia bernama frank wiliam,kerja dilondon,katanya dia mau kirim hadiah tapi kurir nya cht dari luar negri malah nomor indonesia udah gitu potonya ngambil di google saya udah curiga untung gak pernah transfer

  • Neng 11 Februari 2024

    Saya juga kemaren mengalami nya awal nya berkenalan di inbox. Dan setelah kenal selama dua Minggu dia mau mengirimkan hadiah. Da ternyata ada sebagai kurir yang meminta saya untuk transfer sejumlah uang 2jt ..
    Setelah uang saya transfer malah minta lagi 4juta …
    Karna katanya ada masalah paket nya … Yang berkenalan degan sya .akun FB nya bernama … Mohamed Alex Alex …yng katanya berasal dari Thailand kerja sebagai dokter di London ..

  • Fatma 10 Februari 2024

    Saya juga baru mengalaminya tapi untungnya saya tidam transfer uang karena memang tidak punya uang😅. Namanya muhammed edwin hassan ngakunya orang singapura tapi kerja di london sebagai dokter kulit. Awal kenal di instagram dan beralih ke telegram baru beberapa hari berkenalan dan tiba” bilang jika mau memberi kejutan dan langsung mengirim paket yang isinya berupa cincin berlian,parfume,tas,sepatu, dan emas. Dan menyisihkan uang di dalam paket. Saya heran dan tiba” dapet email dari ekspedisinya bahwa dsuru bayar uang dan itu besar sekali. Dan mengirimkn nomor rekening perorangan. Saya tidak percaya jika pihak ekspedisi bilang bahwa itu kena bea cukai dan pajak tetapi malah mengirim nomor rekening perorangan bukan rekening resmi pembayaran bea cukai. Dari situ saya sudah tidak percaya dan pasti ini penipuan. Mohon hati-hati yah

  • eli 9 Februari 2024

    Apa sudah ada yang menerima paket itu, saya diteror loh, saya takut krna mereka tau alamat saya, pdhl kan saya gk minta hadiah orang baru knal juga , masak yang ngasih hadiah sana aku yg harus bayar 5jt, kata nya dicicil gpp trus aku tf 1jt kok besoknya mnta lgi 2jt ya saya gk tf, kok kedua orang itu malah ngancam saya mau ditangkap polisi nomer WA nya sudah saya chek +234 sma +237 asal nigeria tp saat knalan diinbok ngmng nya orang malaysia kerja dilondon sbg pilot duda anak 1 bernama dave edison saya ngmng dgn bhs ingris intinya *km itu penipu ya udah bnyak korban yg km tipu* kok marah” malah ngancem katanya dari pihak prusahaan pengirimnya akan menangkap saya

  • Tini 9 Februari 2024

    Kenapa rata2 yg nipu itu tinggal/kerja di London…sy pun pernah kena…katanya saya mau ditangkap polisi…saya bilang silahkan……kita harus lebih galak n pinter dari mereka…sy sekrng gak mw lagi accept request dari org yg sy gak kenal…

  • eli 8 Februari 2024

    *Halo Nyonya, Anda harus membayar sejumlah rupee 3 juta untuk mengembalikan paket ke London jika gagal, Anda akan ditangkap oleh polisi

    Terima kasih banyak atas pengertian Anda*

    chat dari kurirnya,,, masa iya saya udah tf 1jt buat nyicil kata nya gpp buat ongkos internal biar paket smpek rumah giliran mau saya retur saya harus bayar lagi 3jt yg bner aja

  • eli 8 Februari 2024

    Masa iya dia yang salah saya yg kena tipu masak mau nangkep saya, saya hrus gimna ?

    • Sri Mulyani 11 Februari 2024

      Saya juga kemaren mengalami nya awal nya berkenalan di inbox. Dan setelah kenal selama dua Minggu dia mau mengirimkan hadiah. Da ternyata ada sebagai kurir yang meminta saya untuk transfer sejumlah uang 2jt ..
      Setelah uang saya transfer malah minta lagi 4juta …
      Karna katanya ada masalah paket nya … Yang berkenalan degan sya .akun FB nya bernama … Mohamed Alex Alex …yng katanya berasal dari Thailand kerja sebagai dokter di London ..

  • eli 8 Februari 2024

    Ya allah aku baru saja ngalami seperti kalian, sayangnya akubudah tf 1jt kok malah keesokan harinya dari pihak paket minta penambahan uang 4th lah dari situ saya sudah sangat curiga merekah kekeh saya harus membayarnya saya tak mau ,
    saran donk biar ngilang tuh orang saya harus dimna dia bernama dave edison ngaku asal malaysia bekerja dilondon sbg pilot duda anak 1

  • Sri wahyuni 7 Februari 2024

    Kayanya modus mengatasnamakan bea cukai sudah berjalan lama ya. Saya pun mengalaminya, awalnya kita berkenalan di tiktok nama akun nya muhammad hafiz dia berasal dari malaysia tapi tinggal di london dan bekerja sebagai pilot. Dia mengaku sebagai duda ditinggal meninggal oleh istrinya karena mengidap kanker otak dan dia memiliki 2 putri, setelah itu dia meminta nomor whatsapps karena jarang aktif di tiktok, gk lama ada chat masuk dari nomor +234 902 591 4240 mengatakan bahwa dia berterima kasih sudah berteman di whatsapp lalu kita berkenalan lebih lanjut, bodoh nya saya. Saya melayani nya menjawab setiap pertanyaannya setelah menjelang siang dia bercerita bahwa dia mau menjemput dua putri nya tapi putrinya meminta untuk membelikan hadiah untuk saya dan dia mengirimkan video tas mewah dan kalung liontin yang mewah, setelah itu dia meminta alamat lengkap saya agar paketnya bisa segera dikirim setelah saya mengirimkan alamat.lengkap beliau tidak ada kabar, setelah ada kabar lagi di malam hari dia bilang bahwa anaknya sakit tapi sudah membaik lalu dia memberitahukan informasi terkait paket tersebut tapi dengan catatan berkali2 mengingatkan saya untuk tidak memberitahukan kepada siapapun termasuk orangtua saya didalam informasi yang dia ketik dia mengatakan bahwa ketika barangnya sudah sampai di indonesia saya harus membayar biaya bea cukai sebesar 500.000 rupiah dengan cara transfer ke bank BRI, dia mengatakan didalam informasi tersebut bahwa dia sudah mengeluarkan dana untuk membeli hadiah itu sebesar 233jt rupiah dan menyisipkan uang dolar sebesar 15.000 USA lalu dia menyuruh saya meminjam uang kepada teman saya dan dia bilang bahwa dia menyisipkan uangnya dikotak paket tersebut, gila . Setelah menjelang tengah malam dia nagih mengatakan bahwa pembayaran bisa dilakukan sekarang, saya heran dong awalnya dia bilang setelah paket sampai di indonesia tapi kenapa bisa dilakukan pembayaran sekarang? Kurir atau pihak ekspedisi nya aja belum menghubungi saya, trus saya mau bayar ke siapa? Setelah menjelang pagi hari dia terus menagih saya untuk melakukan pembayaran bea cukai tersebut begitu pun deng nomor yang mengatasnamakan pihak ekspedisi DHL international delivery service, saya minta resi nya ke muhammad hafiz itu dan kepada nomor yang menagih itu tapi tidak digubriis saya kinta alamat kantor ekspedisinya tidak dikirim, aneh mereka bisa kompak tidak memberikan informasi apapun, sampai akhirnya muhammad hafiz itu mengancam saya dan bersumpah atas nama Allah. Tapi semua do’w nya sangat buruk ketika saya membacanya membuat dada ini sesak karena perkataannya. Saya diberitahu oleh kakak saya dan teman saya awalnya saya tidak percaya tapi saya semakin curiga tapi saya kembali diyakinkan oleh drama nya yang mengatakan bahwa dia memangis ketika saya tidak mempercayai nya . Tapi setelah saya browsing sendiri ternyata benar. Ini benar2 penipuan kelas Mavia. Hati2 untuk sahabat semua, jangan mudah tergiur dengan uang atau benda

  • Abdul 7 Februari 2024

    Saya mau tanya..biasa nya paket dari london kirim ke indonesia.apakah harus melewati malaysia dulu?dan apakah saya harus bayar dulu.?dan 1 lg brapa hari paket dr london ke indonesia.?jsa kirimnya JMORGAN LOGISTIC.ktanya paket saya sudah smpai..bru smalam di kirim.tggl 7 di london…ini udah nyampai.dn mntak bayaran 2 jta..apa yg harus saya lkukan.

  • Desi aja 1 Februari 2024

    Saya juga sedang mengalami ini. Awal kenal di fb dia inbox saya namanya john frank dia duda anak 1 berasal dri jerman tapi kerja di london. 3 hari kenal dia bilang suka sama saya dan mau ngasih hadiah sama saya berupa iphone, laptop, sepatu, tas, kacamata, anting, makeup. Awalnya saya tidak curiga sama dia krna dia baik sampai saya ngirim nama, alamat sma nomer telfon, terus waktu dia belanja barang2 itu sampai toko di foto trus barang2 yg dia belikan di fto semua sampai tempat pemaketan dan resi. Terus dia bilang hadiah sama sejumlah uang sekitar 300.an jt klo di rupiah di dalam paketnya sudah sya kirim besok sampai di negara asalmu anda hrus bayar bea cukai 9tj untuk mengambil brang. Saya terus curiga tanya2 sama temen saya fto yg dia kirim saya kirim ke temen saya temen saya bilang itu resi palsu awb aj gak ada nomernya itu cuman editan hati2 jangan mau di tipu. Saya kepikiran sama omongan temen saya terus saya googling tempat toko yg dia kirim ke saya ternyata fto ambil dri google sama persis. Saya bilang sma dia kamu mau nipu saya terus saya blokir. Paginya ada yg telfon, saya tau itu pasti kurir palsu yg dia kirim, saya coba diam setelah beberapa detik dia bru mau ngomong kalau saya dapet paketan dri john frank dri london sya bilang saya tidak pernah membeli barang dri dia, terua dia bilang baik langsung tutup telfonnya suara cwek mungkin dia temannya penipu itu

    • Yuli 21 Februari 2024

      Sekarang ini saya juga sedang di desak2 untuk segera transfer 5 JT. Modusnya sama, kenalan dulu dari medsos, kemudian dia mau ngirim hadiah 1 koper yang didalamnya ada uangnya juga. Saya curiganya, saat saya meminta pihak pengirim untuk membayarkan biaya kirimnya, dia bilang tidak bisa mentransfer karena beda negara. Hari ini masa gak bisa transfer hanya karna beda negara? Ya gak sih. Saya masih belum mau transfer.

  • Ahmad 31 Januari 2024

    Saya jg sedang mengalami orang singapur kerja sebagai pilot di London…saya bingung dia mau kirim uang dollar…dan paket bilang sudah di kirim…tp saya klo terima paket di indonesia suruh bayar 2jt …gmn solusinya

  • Ocha 31 Januari 2024

    Saya baru saja mengalaminya dan sudah transfer uang,dasar penipu omongannya sangat manis

  • Yupe 31 Januari 2024

    Saya juga sedang mengalami ini , dia ngaku orang Korea kerja engineer di London , baru kenal 3 hari mau kasih surprise untung aku baca baca ini biar gk kena tipu juga hahahahha

    • Lan 3 Februari 2024

      Saya baru mengalami nya hari ini dia seorang dari Korea Selatan bekerja sebagai engineer juga mengirimkan paket isinya handphone dan tas tapi di dalam paket tersebut ada sejumlah uang mata asing yang mengharuskan saya bayar penahanan barang tersebut bagaimana cara saya mengatasi nya ? Uang saya sudah di transfer untuk biaya pengiriman sekarang mereka minta biaya penahanan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *