Logistik

Waspada, Begini Ciri-ciri Penipuan Paket Luar Negeri yang Perlu Anda Tahu!

penipuan paket luar negeri

Membeli paket dari luar negeri saat ini bukanlah perkara sulit. Anda bisa membeli barang dari negara manapun yang Anda mau. Hanya melalui smartphone, Anda bisa mendapatkan berbagai paket luar negeri. Namun hati-hati, ciri-ciri penipuan paket luar negeri perlu Anda waspadai supaya tidak tertipu.

Pasalnya, saat ini banyak oknum nakal yang memanfaatkan mudahnya jual beli online luar negeri dengan cara menipu. Perlu Anda ketahui bahwa pengiriman paket dari luar negeri membutuhkan biaya bea cukai serta biaya lainnya yang disebut clearance. 

Nah, oknum penipu memanfaatkan hal ini untuk meminta pembeli melakukan pembayaran biaya clearance terlebih dahulu, padahal barang tidak dikirim. Selain itu, oknum juga tidak jarang menggunakan kurir palsu untuk memanipulasi kondisi bahwa barang sedang dikirim, padahal tidak.

Ciri-ciri Penipuan Paket Luar Negeri

Untuk meminimalisir terjadinya penipuan orang luar negeri yang merugikan, Anda perlu tahu ciri-ciri penipuan paket luar negeri sebagai berikut:

1. Pendekatan Melalui Media Sosial

Ciri-ciri penipuan paket luar negeri yang pertama umumnya dilakukan melalui media sosial. Pelaku akan berkenalan dengan korban melalui media sosial, kemudian mengaku sebagai penjual produk dari luar negeri, atau bahkan akan mengirimkan hadiah dari luar negeri.

Dalam hal ini, pelaku sudah mengincar korban terlebih dahulu dengan mengantongi data diri korban. Pelaku tahu nama lengkap korban, nomor telepon, alamat email, hingga alamat usahanya sehingga tampak meyakinkan.

Pelaku terkadang juga menyamar sebagai rekan bisnis yang mengajak bekerja sama dengan iming-iming menarik. Oleh karena itu, Anda perlu waspada jika ada orang tak dikenal tiba-tiba mengajak interaksi via media sosial, terlebih jika Anda tidak terlalu aktif bermedia sosial.

Baca juga: Ternyata Begini Cara Kirim Paket ke Luar Negeri, Gampang!

2. Menggunakan Kurir Palsu

Pelaku terdiri dari minimal 2 orang, satu orang sebagai orang yang mengajak berkenalan secara personal (modus). Orang ini mengumpulkan data dan informasi mengenai korban, menghubungi, dan kemudian merayu korban.

Selanjutnya, orang kedua berlaku sebagai kurir palsu yang mengirimkan barang. Setelah korban tahu barang dari luar negeri akan dikirim, maka kurir palsu akan ditunjuk, seolah-olah sedang mengirimkan barang kepada korban.

3. Menggunakan Resi Palsu

Tak hanya kurir palsu, ciri-ciri penipuan paket luar negeri juga menggunakan resi palsu. Pelaku akan membuat resi palsu dan mengirimkan pada korban. Korban akan percaya karena resi yang dibuat benar-benar mirip dengan aslinya.

Oleh karena itu, ketika Anda mendapatkan resi pengiriman barang, segera cek resi tersebut apakah asli atau palsu. Pastikan juga perusahaan pengiriman barang tersebut benar-benar ada dan terpercaya.

4. Meminta Biaya Clearance

Selanjutnya, ciri-ciri penipuan pengiriman barang dari luar negeri berikutnya adalah adanya permintaan pembayaran clearance. Pelaku beralasan bahwa barang telah dikirimkan ke Indonesia, namun kurir tidak bisa bergerak karena biaya clearance belum dibayar. 

Pelaku kemudian meminta korban untuk membayar sejumlah biaya melalui transfer ke rekening atau akun pelaku. Biasanya nominal biaya yang diminta cukup besar, terlebih jika modus tersebut adalah memberi hadiah. Anda dipaksa untuk membayar sejumlah uang terlebih dahulu.

Baca juga: Cara Kirim Paket COD Tanpa Marketplace, SAP Express Solusinya

5. Pelaku Menghilang

Nah, setelah korban melakukan transfer biaya clearance, kemudian pelaku akan menghilang. Korban tidak bisa berkutik karena kesulitan melakukan verifikasi baik dengan pihak bank maupun kurir. 

Karena adanya perbedaan negara, maka proses verifikasi bank akan dilakukan dalam waktu yang lama. Namun pada saat ini, uang korban sudah diambil oleh pelaku dan barang tidak sampai ke tangan korban.

6. Penggunaan Bahasa yang Tidak Profesional

Ciri-ciri penipuan paket luar negeri berikutnya adalah penggunaan bahasa yang tidak profesional dari pelaku. Ketika pelaku mengirimkan pesan melalui media sosial atau email, amati bahasa yang digunakan. Jika tidak profesional, bahkan typo atau salah grammar, maka Anda patut curiga.

Pasalnya, pada saat oknum pelaku mengatasnamakan perusahaan atau bank tertentu, seharusnya bahasa yang digunakan profesional layaknya sebuah institusi. Namun jika terlihat rancu dengan bahasa yang kacau, maka bisa jadi ini merupakan tindakan penipuan.

7. Alamat Email atau Nomor Telepon Tidak Resmi

Penipuan lewat wa, email, atau telepon dari luar negeri patut Anda curigai jika berasal dari nomor telepon atau alamat email yang tidak resmi. Dalam hal ini, pelaku memberikan alamat email atau nomor telepon yang tidak meyakinkan.

Padahal, sebagai perusahaan profesional yang hendak mengirimkan hadiah atau menjalin kerja sama, tentunya email dan nomor telepon yang digunakan haruslah resmi. Bukan email perorangan, apalagi dengan domain yang tidak jelas.

jasa pengiriman barang internasional termurah

8. Meminta Data Pribadi yang Tidak Perlu

Anda patut curiga terjadi penipuan paket luar negeri ketika pelaku meminta data pribadi yang tidak perlu dan di luar nalar. Umumnya, data pribadi yang diminta hanyalah sebatas KTP dan alamat email.

Namun jika ia sudah meminta foto KTP, 4 digit nomor kartu debit, bahkan password tertentu, maka sudah bisa dipastikan Anda sedang diincar penipu. Anda perlu meningkatkan kewaspadaan jika terjadi hal-hal tersebut.

9 Mengklaim Punya Perusahaan Importir Pribadi

Ciri-ciri penipuan paket luar negeri berikutnya adalah pelaku mengaku memiliki perusahaan importir pribadi, tidak lagi mencatut nama perusahaan importir yang sudah dikenal. Tujuannya adalah agar perusahaan importir yang dicatut namanya tidak melapor ke pihak berwajib. Tujuan lainnya adalah untuk mengelabuhi korban agar percaya pada pelaku.

Untuk menghindarinya, Anda perlu mencari tahu mengenai perusahaan importir yang dimaksud. Cek apakah benar perusahaan tersebut ada dan legal. Jangan sampai Anda menjadi korban lantaran tergiur paket pengiriman dari luar negeri.

10. Dilakukan oleh Dua Orang Pelaku

Seperti yang dibahas di poin sebelumnya, penipuan paket luar negeri biasanya dilakukan oleh dua orang pelaku. Pelaku pertama akan mengumpulkan informasi dan data korban lalu mengelabui korban dengan berbagai iming-iming.

Sedangkan pelaku kedua menyamar sebagai kurir yang akan mengirimkan paket, atau bahkan mengaku sebagai pemilik jasa kurir pribadi. Ia akan membuat jasa pengiriman paket tersebut terlihat meyakinkan meskipun sebenarnya tidak aman dan legal.

Bisnis online

Kirim Barang ke Luar Negeri dengan SAP Express

Banyaknya penipuan paket dari luar negeri tentu membuat siapa saja was-was. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan Anda memilih jasa pengiriman luar negeri terpercaya untuk paket Anda. SAP Express merupakan jasa kirim barang ke luar negeri yang aman dan dan terbaik.

SAP Express melayani pengiriman barang ke berbagai negara, seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Hongkong, Taiwan, Vietnam, dan Australia. Tidak hanya pengiriman ke luar negeri, SAP Express juga melayani pengiriman barang dari luar negeri. Lantas berapa lama pengiriman paket dari luar negeri melalui SAP Express? Tentunya untuk estimasi biaya pengiriman dari negara mana paket dikirimkan. Untuk informasi lebih lanjut, cek ongkir SAP Express di sini.

Nah, sekarang sudah tahu kan ciri-ciri penipuan paket luar negeri apa saja yang perlu Anda waspadai? Pastikan Anda melakukan transaksi atau jual beli dengan pihak yang terpercaya agar tidak menjadi korban penipuan. Terlebih saat berhubungan dengan pihak luar negeri, Anda perlu lebih waspada ya!

1,469 Comments

  • Cahaya 28 Januari 2024

    Ternyata saya sama seperti mba mbah ini saya hapus ketipu tapi ingat saya masih mengsroling goggle dulu mau cari tau. Awalnya saya kenal di ig nama ig-nya chong whong diaorang Korea dan kerja sebagai kontraktor di 🇬🇧 . kita berkenalan baru beberapa hari belum seminggu awalnya dia mau kasih saya hadiah kejutan pokoknya saya hampir di tipu jadi buat temn teman jangn cepat percaya dengan orang orang yang mau kasih hadiah di awal kenal yaa dan mereka ini semuanya dari luar negeri. Sekarang ini yang dia berhasil mengirim barang untuk say tapi harus bayar bea cukai yang dikantor pajak sebesar 1.5 juta tapi sekarang saya Ladenin. Semoga teman teman jangan ketipu yaa

  • Peni 27 Januari 2024

    Kalau sudah terlanjur ngasih alamat itu gimana ya? Nanti ada yg dateng engga haha?

  • Pujono 23 Januari 2024

    Saya hampir kena tipu … katanya orang dari Inggris mau kirim paket ber isi uang dolar 32.000.000 $
    Melalui delivery antar negara…katanya saya suruh simpan dana nya nanti saya dpt 30% dari dana tersebut.. orang yang kirim paket langsung dari Inggris ini kata Dia melalui inbox Facebook
    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh…
    Apa kabar? Saya harap anda sekeluarga dalam keadaan sehat. Saya minta maaf memilih media sosial ini untuk menghubungi anda. Ini karena menurut saya lebih cepat dan lebih nyaman untuk berkomunikasi dengan anda.

    Baiklah,saya tahu anda pasti terkejut mendapat pesan dari saya,karena kita tidak saling mengenal satu dan lainnya,tapi saya berusaha memberanikan diri untuk menghubungi anda. Saya melihat profile anda dan hati saya merasa yakin anda bisa dipercaya untuk bekerja sama membantuku dalam transaksi ini. Demi Allah saya sedang mencari orang yang bisa saya percaya menolong saya menyimpan dana saya.

    Namaku Marina Jenkinson,saya berasal dari Indonesia tapi sampai dengan saat kita berkomunikasi ini aku tinggal di Inggris tepatnya UK. Saya menikah dengan seorang pria warga Negara German dan tinggal di UK-London,Garret R. Jenkinson. Kami di karuniai seorang anak perempuan yaitu Chiaza Putri Jenkinson.
    Pada 22 Mei 2020 : Pesawat tipe Airbus A320 Pakistan International Airlines terbang dari Kota Timur Lahore jatuh Disebuah perumahan dekat Bandara International Jinnah di Karachi yang menewaskan 98 orang,Salah satunya adalah Suami saya.

    Ayahku seorang warga Negara Indonesia,tapi beliau hidup di Singapura dan bekerja sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil. Beliau menikah dengan seorang wanita warga Negara German dan mempunyai seorang anak perempuan yaitu Saya,saya anak tunggal dari pernikahan kedua orang tuaku,sebelum mereka bercerai dan kemudian ibuku berencana pulang kembali ke German,dengan membawa serta saya bersamanya.
    Tapi ayah tidak mengijinkan ibuku untuk membawaku ke German,jadi setelah ibuku pulang kembali ke German,saya hanya tinggal bersama ayah. Beberapa tahun kemudian ayah pensiun dan kami kembali pulang ke Indonesia.
    Saya tinggal di Indonesia tepatnya di Surabaya hingga beberapa tahun. Kemudian ayahku tercinta meninggal dunia karena bertengkar tentang suatu masalah harta dengan adik lelakinya. Setelah kematian ayah,hidupku menjadi tidak nyaman karena pamanku menolak untuk mengurus hidupku.
    Jadi,aku memutuskan untuk kembali ke Singapura serta mencari pekerjaan. Kemudian aku bertemu dengan suamiku yang warga Negara German,yang pada saat itu perusahaannya di Inggris mengirimkannya untuk bertugas ke Singapura. Setelah dia menyelesaikan tugasnya di Singapura beliau membawaku tinggal di UK. Dan di sana kami hidup bahagia sampai dengan kecelakaan pesawat udara itu membawaku jauh dari suamiku.

    Setelah kematian Mendiang suamiku,keluarga suamiku seperti menjadi duri di leherku karena mereka ingin mewarisi dan menguasai seluruh harta peninggalan suamiku Bahkan uang kompensasi dari perusahaan mendiang suamiku atas insident kecelakaan tersebut termasuk dengan uang hasilku bekerja selama bertahun tahun.
    Karena tekanan itulah,aku memutuskan untuk memindahkan uang peninggalan tersebut,sejumlah ( 3.200,000 USD ) dalam konversi Tiga Juta Dua Ratus Ribu Dollar Amerika ke Negara Asalku Indonesia. Jadi karena alasan seperti yang telah saya ceritakan keseluruhan perjalanan hidup kepada anda,secara pribadi saya memohon bantuan anda untuk membantu saya menerima dana tersebut dan menyimpannya di Indonesia,setelah saya memindahkannya dari Inggris.
    Saya menawarkan 30% dari total dana yang akan saya kirimkan. Dan mohon anda menyimpan 70% untuk saya dan putra saya,sampai saat saya kembali ke Indonesia untuk menemui anda dan keluarga. Saya menunggu jawaban anda secepatnya,atas permintaan saya ini. Dan apabila anda bisa dan bersungguh-sungguh menolong saya mohon segera kirimkan kelengkapan data pribadi anda,antara lain :

    1. Nama Lengkap :
    2. Umur :
    3. Jenis Kelamin :
    4. Nomor Telepon :
    5. Alamat Lengkap :
    6. Pekerjaan :
    7. Scan Tanda Pengenal/KTP :

    Mohon agar anda segera mengirimkannya sehingga saya dengan segera mengajukan kepada pengacara saya untuk memulai prosesnya serta pengajuan Dokumen Perjanjian Pemindahan Dana Sementara atas nama anda. Terima kasih
    Semoga Allah SWT membalas kemurahan hati anda yang bersungguh-sungguh akan menolong saya dan putri saya,Amiin Allahumma Amiin.

    MARINA JENKINSON
    Tapi setelah sampai di bandara sy disuruh transfer uang sebesar 7jt an…buat ambil barang di bandara… Untung Nya sy sdh tau bahwa ini modus penipuan…jadi sy gak mau kasih…

  • Mamay 22 Januari 2024

    Iya ma sy sekrng lagi di suruh ambil paket dr luar negeri(Singapura) ..sy dpt knl orang itu dr tiktok,,nmanya Daniel Taufik (seorang dokter bedah si Singapura…dia aslnya de Malaysia.tugas di Singapura sebagai dokter bedah katanya….setelah beberapa mnggu WA an ma sya..tiba2 dia mengirimkan paket berupa hijab,cincin dua pasang dan uang 5 juta..laah sy kageet….truus dia bilang paket segera di kirim ke indonesia.tpi byar paketnya 2 juta…tukang kurirnya TLP.ktanya paket dh smpai..sy kaget di suruh bayar 2 juta maahaal amat..ywsh sy seuh balikin lagi kesana kluar negeri…sy mnta sarannya dung teman2 gimna inii…

  • Aari 22 Januari 2024

    Astagfirulloh, kejadian sama aku sekarang, katanya hari ini dia kirim paket buat aku dan harus bayar clirince sebesar 5 juta, katanyadia naruh uang di paketnya apa kangan jangan saya juga bakalan ketipuya, namanya kornwhatt

  • Rahmanelis 21 Januari 2024

    Saya juga pernh kenal sama orng Malaysia yg kerja london kataya girim uang tapi disuruh bayar dlu 5 juta buat cas

  • Dea apriyani 19 Januari 2024

    Sekarang giliran saya yang sedan dialami,, saya punya kenalan dari amerika katanya suka sama saya dan dia sudah mengirimi saya berupa tas, baju, sepatu, make-up beserta ada uang didalem paket itu sekitar 165juta..tapi kata dia saya harus bayar 6juta untuk kalau paketnya nanti mau dikirim sampai kerumah saya. Saya uang dari mana. Anehnya kenapa orang luar baru kenal 4hari udah baik mau ngasih hadiah banyak yang didalamnya berisi uang jugam

  • Juliana Pasaribu 16 Januari 2024

    Sy knln dgn Zen lee ada 5 bln breslng knl tgl 11-01-2024 dia mau ngasih hadiah ke q,harga hadiah &500 kl d rupiahin skitr 7.750.000 q curiga ini ank kok mau ngasih hadiah k q segitu banyaknya pdhl q hanya knl lwt sosmed, akhirnya q tnya jg ktanya g apa2 krn uda sk sm q,singkt crta tgl 11-2024 sblm brng smpai q bk Google cr tau ttng krmn dr luar negri akhir q tau ,tgl 15 ada yg nlpn ngasih tau kl paket dr London udah berada d indonesia trs q d tlpn d srh byr beacukai 8 jt,q tanya.q bilang g pnya duit, andaikata q pnya ga bkal q byr ,trlalu bodoh sy kl smpe byr itu.untung cpt q bka Google.nemu kn solusinya.

  • Siti sarah 16 Januari 2024

    Begitu juga la aku kami bertemu di tik tok,di dm lanjut ke wa ia yg bernama Muhammad Zikri,ia mengaku duda dan dia mengatakan putri nya ulang tahun dan dia mau ngasi kejutan pada ku dia pergi ke mall membeli tas,hp,sepatu, parfum,dan sejumlah,uang 10,000 dolar.dan dia mengatakan akan mengirimkan barang itu melalui paket,dan dia meminta ku alamat supaya dia mengirim paket itu kepadaku,dan lebih heran nya lagi belum paket nya di kirim ia sudah meminta uang invoice nya sebesar 3 juta.ya aku gak percaya la masak barang nya belum sampai dia sudah meminta aku membayar invoice nya dulu.dan untung nya ada teman ku yg sangat cerdas untuk memberi tahu ku kalau aku sedang di tipu.dan aku bilang sama dia aku tidak mau membayar uang invoice ya dia bilang akan memblok aku.ya suda akhir nya aku selamat dari kasus penipuan dan hampir saja aku percaya kepada penipu itu.

  • Someone 15 Januari 2024

    Hati hati saya kena tipu oleh manusia jahat yang bernama Hakime dia bilang tinggal di Prancis asal Medan

  • Dayana 13 Januari 2024

    Sepertinya kasus kita sama. Saya baru saja mau dikirim hadiah dengan dalih bahwa hadiah itu pemberian dr ibunya. Dia meminta alamat rumah, dan email. Dia sedang gencar agar saya kasih itu semua. Oiya nomor tlp nya kode area jerman. Namanya will dan mengaku sebagai engineering.. waspada ya teman2. Love scam soalnya dia..

  • Dian 13 Januari 2024

    Ada org yg meminta brtmn di FB, martin. seorang pilot, aslinya dr Singapure, tinggal di London. Dia minta no WA. sy tanya knp tdk lanjutkankomunikasi di inbox sj? Alasannya Krn peKerjaan. Baru 2 hari komunikasi di WA, dia ngaku besok berulang tahun dan akan memberi sy hadiah. Dia kirim video saat dia sdg berbelanja, dia kirim video barang² mewah yg akan dikirim, Bahkan dia kirim video saat dia menuju ke tmpt pengiriman paket. Untuk meyakinkan saya. Sorenya dia memberi kabar forward dg bahasa yg rancu. Sepertinya ada krja sama dg tmn nya. Dia blng paket akan diterima dlm waktu 24 jam, besok minta siapkan uang 3jt untuk menerima hadiah itu utk mmbayar beacukai. Dan sebagai penggantinya dia sdh memasukan uang dolar kdlm amplopnya. Saat sy minta nomor resi nya bukti pengiriman paket. Dia malah blok saya .

    Haha…😁 Niat ga tuch..?? Mana mungkin dari London ke Indonesia hanya 24jam? Lagipula Siapa suruh kirim hadiah? Tapi gw yg hrs byr? Emang’y gw pesen?? MENDING blnja di Indo jg bnykk

    Semoga tmn² diselamatkan juga dg modus penipuan dr Luar Negeri

    • Novi 25 Januari 2024

      Mba sama aja kaya aku ,dia juga dri London ngaku nya,pokoknya crta nya hampir sama kaya gini ,aku suruh bayar bea cukai 10jta gusti duit dari mana aku,smpe kenalan aku bilang kata dia(aku tidak mau kehilangan uang dan hadiah yang aku kirim untuk mu ) ceunah ,apa kenalan aku sekongkol sma no pihak pengiriman itu ya ,soalnya keukeuh bngt aku suruh bayar kalo nggk aku di laporin polisi gtu

  • Dian 13 Januari 2024

    Ada org yg meminta brtmn di FB, martin. seorang pilot, aslinya dr Singapure, tinggal di London. Dia minta no WA. sy tanya knp tdk lanjutkankomunikasi di inbox sj? Alasannya Krn peKerjaan. Baru 2 hari komunikasi di WA, dia ngaku besok berulang tahun dan akan memberi sy hadiah. Dia kirim video saat dia sdg berbelanja, dia kirim video barang² mewah yg akan dikirim, Bahkan dia kirim video saat dia menuju ke tmpt pengiriman paket. Untuk meyakinkan saya. Sorenya dia memberi kabar forward dg bahasa yg rancu. Sepertinya ada krja sama dg tmn nya. Dia minta siapkan uang 3jt untuk menerima hadiah itu utk mmbayar beacukai. Dan sebagai penggantinya dia sdh memasukan uang dolar kdlm amplopnya. Saat sy minta nomor resi nya bukti pengiriman paket. Dia malah blok saya .

    Haha…😁 Niat ga tuch..?? Lagipula Siapa suruh kirim hadiah?? Lalu gw yg hrs byr

  • Anisa 12 Januari 2024

    Ternyata aku juga sama dengan cerita mbak2 ini,
    Ini baru kemarin terjadi 11/01/2024
    Alhamdulillah gak jadi kena tipu

  • Selpia Gustin 11 Januari 2024

    Sama barusan juga aku mengalami ini berawal dari kenalan di IG terus bertukar WhatsApp akhirnya lebih dekat dia bilang mau mengirimkan hadiah dan uang,saya bilang tidak perlu karena aku tinggal di tempat terpencil jadi tidak akan sampai sini karena tidak ada kurir dia memaksa dan mengatakan akan tersinggung jika saya tidak menerima,tapi yang membuat saya curiga dia mengatakan tinggal di Netherlands tapi kode telepon nya di Oman dan setelah melihat semua komentar disini aku semakin yakin kalau ini penipuan

  • Hadijah 10 Januari 2024

    Hai apakah di sini ada yang kenal atas nama Kevin, dya kenalan sama saya di FB, dan lanjut di wa dya mengaku sebagai dokter kulit di Turki dan aku percaya dya kirimin aku video dia di rumah sakit. Singkat cerita dya memberitahukan saya bahwa dya mau mengirimkan saya barang berupa perhiasan, uang sebesar 100jt hp iPhone . Saat keesokan harinya saya di chat kurir Fedex lewat wa dan menyuruh sya untuk membayar biaya administrasi untuk pengiriman barang senilai 500rb awalnya sya percaya dan mengirimkan uang. Tidak lama dari situ dya memberitahukan lagi untuk membayar biaya bea cukai tapi di sini saya mulai curiga dya menyuruh saya mentransfer ke nomor rekening yang sama sebesar 1juta tapi saya belum membayar nya karena saya ragu dan berhubungan belum ada uang ….tapi entahlah apakah ini benar atau tidak saya tidak tau

  • Khinanti 9 Januari 2024

    Aku sedang mengalami dengan seorang yang bernama LinusChonglee dia dm di tik tok 2 minggu yang lalu, mengaku dari hong Kong tinggal di Polandia,
    Singkat cerita kita ngobrol di Line dia merayu dengan kata-kata manis dan akhirnya dalam hitungan hari kami sepakat menjalin hubungan, setelah seminggu dia bilang sudah mengirim paket kejutan dan 3 hari akan aku terima, nah dihari ketiga dia memberikan tracking dan invoice kalo barang sudah sampai di Indonesia dan nanti akan di hub kurir, dan siang itu ada nomor wa yg mengaku sbg kurir dan memastikan kl saya adalah penerima paket tsb, daaannnn mereka meminta biaya clearence sebesar rp. 20.000.000 . Dan memberikan nomor rekening atas nama pribadi dr situ saya sudah curiga sedang ditipu, dan ketika di konfirmasi ke org yg bernama Linus dia dengan bersilat lidah meyakinkan aku utk segera membayar, dan saya bukan orang bodoh jadi saya minta ke dia utk membayar nanti duitnya akan saya ganti, tapi dia berkilah klao didalam paket tersebut dia sudah menaruh uang cash yang banyak yg bisa buat menggantikan uang yang dipakai utk membayar,.. Tapi alhamdulillah saya tidak mau dan langsung blokir semua akses 😃

  • Raisya 9 Januari 2024

    apakah disini ada yang berkenalan dengan pemilik nama Morris Lee dari Instagram ataupun Facebook? Mohon berbagi ceritanya

  • Ki baya 2 Januari 2024

    Saya punya cerita
    Awal nya ada yg inbox saya terus lanjut wa dia mengaku bekerja di bank nama bnak y jp morgan Untuk bagi hasil dana orang yg meninggal dan dia tidak punya saudara di bagi 50:50 dia mengirim kan pesan kode sandi dan mengarahkan saya ke no2 yg terkait dengan perbankan bukti sertipak dan vidio pun mereka kirim kan meyakin kan saya singkat cerita barang d kirim lewat jasa EXPRESS WORLD WIDE DELIVERY dan mereka menunggu pembayaran barang untuk d kirim apakah ini modus penipuan

  • Tata 1 Januari 2024

    Halo kak mau cerita juga, Aku punya kenalan orang korea tapi dia tinggal di Amerika namanya KIM DAE JUNG, kita ketemu di aplikasi chat terus aku kenal dia kurang lebih 10 hari, katanya dia mau kirim barang branded channel, hp dll sampe masukin uang katanya buat hadiah tahun baru ceunah, dan awalnya aku juga ga percaya tapi dia kya berusaha ngeyakinin gitu sampe ngirim foto KTP juga terus dia minta alamat, nama lengkap, sama email dan bego nya aku percaya habis itu di bilang katanya barang nya udah dikirim dia ngirimin bukti berupa pdf, tapi di dalem pdf nya gada nomer resinya aku tanya katanya dia lupa ngambil terus di dalem pdf katanya sebelum pengiriman barang harus bayar pajak sekitar 25% setara dengan 6jt aku kaget dong di minta nomer resi aja ga dikasih gimana aku mau percaya lagian mana ada orang ngasih barang secara cuma-cuma.

    • Julia lubis 7 Januari 2024

      Alhamdulillah ,saya digiring untuk membaca postingan ini,karena saya terkena kasus seperti teman2 diatas .semoga SAPX,terus sukses eksepedisinya,Aamiin

      • Desi aja 31 Januari 2024

        Halo kak saya mau cerita, Saya kemarin juga hampir kena tipu sama bule kenal di fb dia nginbox mau kenalan namanya john frank duda anak 1 asal dari jerman tapi tinggal di london kenal bru 3 hri dia nginbox terus katanya dia suka sma saya dia mau ngirim hadiah sama saya berupa tas,sepatu, jam, makeup,laptop,iphone,kacamata,anting, dan sejumlah uang. Saya sempat mengirim alamat saya. Waktu dia membelikan barang2 itu dia mengirim foto saat berbelanja kesannya biar beli beneran gitu dari foto toko sampai barang2 yg dibeli dan tempat pemaketan. Dia bilang paketannya sudah saya kirim anda besok harus membayar 9jt karna kena bea cukai. Buset uang segitu darimna saya bisa dapat. Saya menolak tpi dia tetep kekeh buat ngirim sama meyakinkan saya buat bayar tpi sebelumnya saya tanya ke temen saya, saya kirim foto2nya sama resi yg dia berikan dan ternyata temen saya bilang itu resi editan itu palsu no awb resi aja tidak ada. Disitu sya langsung googling ciri-ciri mau menipu org dari paket luar negri ternyata benar bnyak yg mau ketipu dan ceritanya sama untung saja alhamdulillah saya tidak jdi kena tipu saya bilang sma org itu kamu mau menipu saya orang gambar toko aja ambil di google ftonya persis di google. Habis itu saya blokir kalau ada paket yg datang saya akan menolaknya karna saya juga tidak pernah membelinya. Hati2 ya teman2 jngan sampai ada yg kena tipu lagi yg mengatas namakan hadiah, gak mungkin org baru kenal terus bilang suka sama mau ngasih hadiah pdahal belum pernah ketemu sama ngasih uang bergepok2 kyak gtu yg jumlahnya 300.an jt gak mungkin bgt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *