Bisnis

Cara Membuat Website Toko Online yang Sukses dengan 6 langkah Mudah

cara membuat website toko online

Dengan perkembangan teknologi yang canggih, sekarang semua orang dapat memanfaatkan internet untuk menambah penghasilan. Mungkin Anda juga berpikir untuk membangun sebuah bisnis baru. Dengan adanya usaha ini, tentunya Anda memerlukan website agar produk atau jasa Anda semakin dikenal masyarakat. Nah, oleh sebab itu kami akan mengulas mengenai 6 cara membuat website toko online untuk kesuksesan bisnis online Anda. Yuk simak!

Cara Membuat Website Toko Online dengan Mudah

Di zaman digital saat ini, memiliki toko online adalah suatu kebutuhan mutlak bagi bisnis yang ingin tetap kompetitif. Membangun sebuah website untuk toko online menjadi langkah kunci untuk menghadirkan produk atau jasa Anda kepada audiens yang lebih besar. Bagi mereka yang ingin memulai bisnis online, berikut adalah 6 cara membuat website toko online yang efektif untuk bisnis Anda. 

Baca Juga : 8 Cara Mencari Supplier Terpercaya untuk Toko Online Anda

1. Beli Nama Domain dan Web Hosting

Langkah pertama dalam cara membuat website toko online sendiri adalah mendapatkan layanan hosting web dan domain untuk toko Anda. Hosting web adalah tempat di mana data website disimpan sehingga dapat diakses melalui internet. Sementara itu, domain adalah alamat yang digunakan untuk mengunjungi sebuah website.

Terdapat berbagai jenis layanan hosting web yang dapat Anda pilih untuk membangun toko online Anda yang beredar di internet. Salah satunya adalah cloud hosting yang sangat cocok untuk website toko online karena jenis hosting ini dikelola sepenuhnya. Dengan begitu, Anda dapat lebih fokus pada pengelolaan toko online Anda tanpa harus khawatir tentang masalah teknis terkait hosting dan domain.

2. Install WordPress

Langkah berikutnya dalam cara membuat website toko online adalah menginstal WordPress, yang akan digunakan sebagai platform dasar untuk situs web dan toko Anda. Setelah WordPress berhasil diinstal, Anda akan menerima email berisi informasi login WordPress. Gunakan informasi ini setiap kali Anda masuk ke dashboard WordPress. Untuk masuk ke WordPress, kunjungi http://situsAnda.com/wp-admin, lalu masukkan username dan password, dan klik “Log In”.

Dengan langkah-langkah di atas, Anda sudah siap untuk melanjutkan proses pembuatan website toko online Anda.

3. Instal Plugin Toko Online (WooCommerce)

Langkah berikutnya dalam cara membuat website toko online adalah memasang WooCommerce, sebuah plugin WordPress gratis yang akan mengubah situs Anda menjadi sebuah toko online penuh. Plugin ini telah dilengkapi dengan beragam fitur, sehingga Anda tidak perlu lagi menginstal plugin tambahan. Selain itu, WooCommerce juga menyediakan berbagai ekstensi berbayar yang dapat Anda beli untuk mengaktifkan lebih banyak fitur di toko Anda.

Untuk memasang WooCommerce:

  • Masuk ke dashboard WordPress Anda dengan mengakses WP admin.
  • Cari opsi “Plugins” di sebelah kiri, lalu klik “Add New” dan ketik “WooCommerce” di kolom pencarian sebelah kanan.
Bisnis online

4. Sempurnakan Website Toko Online Anda

Sempurnakan website Anda juga merupakan salah satu dalam cara membuat website toko online. Untuk mengatur tampilan website toko online, Anda dapat menggunakan opsi kustomisasi yang disediakan oleh tema WordPress yang Anda pilih. Karena WooCommerce merupakan plugin WordPress yang sangat populer, sebagian besar tema WordPress sudah didesain agar kompatibel dengan plugin ini.

Namun, penting diingat bahwa karena Anda sedang membuat toko online, sangat disarankan untuk memilih tema yang dirancang khusus untuk WooCommerce. Tema-tema yang tersedia di WordPress diciptakan dengan tujuan untuk memaksimalkan potensi dan kinerja WooCommerce. Dengan berbagai pilihan tema yang ada, Anda pasti akan menemukan tema yang sesuai dengan situs toko Anda, tanpa peduli berapa biaya yang Anda siapkan untuknya.

5. Mulai Masukkan Produk

Cara membuat website toko online selanjutnya adalah dengan memasukkan produk. Langkah-langkahnya juga sangat sederhana, yaitu:

Buka “Products” > “Add New” pada dashboard administrator WordPress.

Anda memiliki fleksibilitas untuk menambahkan sebanyak mungkin produk yang Anda inginkan melalui WooCommerce. Namun, jika Anda baru pertama kali mencoba cara membuat toko online, disarankan untuk memulainya dengan menambahkan satu produk terlebih dahulu.

6. Promosikan Web Toko Online Anda dan Mulai Jualan

Setelah berhasil menyelesaikan semua langkah-langkah cara membuat website toko online di atas, saatnya untuk mempromosikan situs web toko online Anda dan mulai menjual produk! Namun, sebelum melangkah lebih jauh, penting untuk memeriksa apakah semua sudah berjalan dengan baik setelah Anda membuat situs web toko online. Lakukan pengecekan ulang terhadap situs web toko online Anda untuk memastikan tidak ada kesalahan, dan pastikan bahwa proses pemesanan atau pengorderan berjalan dengan lancar.

Baca Juga : Affiliate Marketing: Kunci Kesuksesan dalam Bisnis Online Anda

Penyedia Website Penjualan Online

Nah, untuk Anda yang tidak mau repot-repot dengan cara membuat website toko online di atas, Anda bisa bergabung dengan salah satu layanan SAPX Express yaitu Sahabat Satria. Apabila Anda tertarik, Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan seperti daftar gratis, mendapatkan gratis website toko online, dan pendampingan bisnis dari SAPX Express. Hubungi kami untuk mengetahui lebih dalam mengenai program Sahabat Satria. 

Demikianlah ulasan kali ini mengenai 6 cara membuat website toko online yang bisa bermanfaat untuk bisnis Anda. Dengan mengikuti cara membuat website toko online ini, Anda dapat memperbesar kemungkinan mencapai tujuan Anda serta mengembangkan toko online Anda menjadi bisnis yang berhasil dan dapat berlangsung dalam jangka panjang. Semoga bermanfaat ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *