Bisnis

Tips dan Trik Jualan Online via Facebook Tanpa Modal Besar!

cara jualan online di facebook untuk pemula

Sudah kita ketahui bersama bahwa Facebook merupakan salah satu media sosial yang populer digunakan sejak dulu. Platform yang diciptakan oleh Mark Zuckerberg ini pada umumnya hanya dikenal sebagai media sosial, namun saat ini, Facebook dapat dimanfaatkan sebagai sarana atau lapak untuk berjualan secara online. 

Kini semakin mudah pula melakukan bisnis menggunakan handphone via Facebook hanya dalam satu genggaman tangan. Ingin mengetahui cara berjualan online di Facebook serta tips dan triknya? Yuk, baca artikel ini selengkapnya!

Cara Memulai Jualan Online di Facebook

Memulai untuk berjualan di Facebook memiliki langkah-langkah tersendiri. Dikutip dari laman Niche Pursuits, berikut ini adalah langkah-langkahnya: 

1. Login Akun

Saat ini terdapat 2,89 Miliar pengguna aktif Facebook. Mungkin Anda adalah salah satunya. Login ke akun Facebook yang telah Anda buat. Jika belum pernah mendaftar, Anda dapat mendaftarkannya terlebih dahulu dan buatlah profil diri Anda yang terlihat profesional karena akun Anda akan digunakan untuk berbisnis online.

2. Buka Marketplace

Cara selanjutnya adalah buka Marketplace Facebook. Jika Anda menggunakan Facebook versi browser, Anda akan menemukan Marketplace pada menu bagian kiri layar Anda. Sementara itu, pengguna aplikasi Facebook yang bisa digunakan via handphone, dapat mencari simbol tiga garis di sudut kanan atas layar. 

Baca Juga : 5 Tips Promosi Produk yang Ampuh Menarik Konsumen

3. Buat List (Daftar)

Langkah berikutnya ketika Anda telah menemukan icon marketplace, Anda dapat membuat daftar barang. Untuk memulai, pilihlah kategori untuk listing Anda. Semakin spesifik, semakin besar kesempatan calon pembeli  menemukan postingan Anda. 

4. Upload Foto yang Berkualitas

Orang biasanya menjadi pembeli yang memperhatikan visual. Apabila barang yang dijual terlihat bagus, mereka akan membayangkan produk juga terlihat bagus di dalam rumah mereka. Oleh karena itu, foto berkualitas tinggi sangat membantu dalam menarik perhatian pembeli untuk membelinya.

5. Tulis Deskripsi

Deskripsi adalah tempat yang baik untuk memasukkan seluruh informasi yang relevan dan lengkap terkait suatu barang yang Anda jual seperti dimensi barang yang dijual, ukuran, warna, detail tentang merek atau produsen. Pastikan deskripsi produk dibuat sejujurnya untuk menghindari masalah dengan pembeli.

6. Gunakan Tags

Memasukkan kata kunci ke dalam judul dan deskripsi produk yang dijual akan mendorong SEO untuk membuat publikasi Anda lebih mudah ditemukan orang-orang yang mencari istilah relevan. Namun, Anda tidak akan bisa memasukkan semua kata kunci yang berkaitan dengan barang Anda di judul saja.  

7. Publikasikan List

Setelah puas dengan daftar barang yang dibuat, Anda akan memiliki opsi untuk mempublikasikan daftar tersebut ke berbagai grup Facebook yang relevan. Grup jual beli adalah bagian dari Facebook sebelum akhirnya diluncurkan Marketplace pada tahun 2016. 

8. Cepat dalam Merespons

Jika Anda menggunakan business page Facebook, Anda dapat menggunakan respons otomatis untuk setiap pembeli yang memberi pesan. Namun, jika hanya menjual dengan cara biasa, Anda harus memastikan notifikasi agar terus hidup agar dapat merespons calon konsumen dengan cepat.

Baca Juga : Begini Cara Menarik Konsumen Agar Membeli Produk Anda!

Keuntungan Jual Beli Online di Facebook

Berikut ini adalah beberapa keuntungan jual beli online di Facebook Marketplace:

1. Eksposur besar-besaran

Keuntungan terbesar yang ditawarkan oleh Facebook Marketplace adalah eksposur. Menurut Statista, pada kuartal pertama tahun 2020, Facebook memiliki lebih dari 2,6 miliar pengguna aktif per bulan! Terlebih lagi, pengguna secara teratur memeriksa Facebook mereka (bahkan banyak pengguna mengunjungi Facebook beberapa kali sehari).

2. Hemat biaya

Anda tidak hanya dapat mengakses miliaran pengguna, tetapi Anda juga dapat melakukannya secara gratis. Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk iklan atau promosi, Facebook menjadikannya saluran yang bagus untuk bisnis online yang berskala kecil. 

3. Pengalaman yang Dipersonalisasi

Eksposurnya bagus, tetapi tidak akan banyak berguna jika Anda sebagian besar menjangkau audiens target yang salah. Jadi, untuk membantu memastikan audiens target ideal Anda melihat produk Anda, Facebook Marketplace juga menawarkan pengalaman pelanggan yang dipersonalisasi. 

4. Komunikasi bersifat instan

Berkat Facebook Messenger, penjual dan pembeli dapat langsung berkomunikasi satu sama lain. Ini sangat nyaman bagi penjual yang tertarik. Namun, perlu diingat bahwa meskipun bermanfaat, itu berarti Anda harus memastikan bahwa Anda membalas dengan cepat agar konsumen tidak menunggu lama.

Tips  dan Trik Jual Beli Online di Facebook

Jika Anda ingin jualan Anda menonjol di Facebook Marketplace, Anda harus melakukan lebih dari sekadar mengikuti aturan baku. Berikut adalah tips dan trik yang dapat Anda terapkan untuk jual beli online di Facebook:

1. Melakukan beberapa penelitian

Pertama, luangkan waktu dan lakukan riset di Facebook Marketplace terkait jenis barang apa yang benar-benar populer. Dengan cara ini Anda akan dapat mematok harga produk Anda dengan cerdas dan mengidentifikasi cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk membedakan diri dari pesaing.

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Video Iklan Produk dan Cara Membuatnya

2. Pastikan Foto Produk Anda Akurat

Foto berkualitas tinggi tidak hanya akan membantu Anda menjual produk lebih cepat, tetapi juga dapat mengurangi jumlah pertanyaan yang Anda terima tentang produk Anda. Jadi, pastikan untuk memperhatikan pencahayaan dan latar belakang (disarankan latar belakang putih solid) agar warna dan detail produk Anda terekam dengan benar. 

3. Gunakan Kata Kunci yang Tepat

Saat menulis judul dan deskripsi, Anda harus sespesifik mungkin dengan memastikan Anda menyertakan informasi tentang model, warna, kapasitas penyimpanan, kondisi, gaya, jenis bahan, dan nama merek. Singkatnya, Anda ingin menghindari kata-kata yang umum dan tidak jelas. 

4. Pilih Kategori yang Tepat

Jika Anda ingin mengecewakan pembeli dan Facebook, daftarkan produk Anda di kategori yang salah. Anda tidak hanya akan membuang waktu pembeli potensial Anda, tetapi Anda hanya akan membuang waktu Anda sendiri. Dengan mencantumkan produk Anda di kategori yang salah, audiens target yang tepat tidak akan dapat melihat listing Anda.

Itulah cara untuk memulai bisnis online di Facebook. Tak hanya cara, keuntungan dari berbisnis online di Facebook Marketplace juga cukup banyak. Pastikan dulu langkah-langkah tips dan trik yang telah kami susun dalam artikel ini agar Anda terhindar dari kerugian dan jualan Anda laris manis. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *