Logistik

Strategi Mengatasi Overload Pengiriman dalam Industri Logistik

overload pengiriman

Overload pengiriman merupakan hal yang sering terjadi dalam jasa pengiriman atau online shop. Terutama ketika terjadi promosi yang sedang besar-besarnya di online shop maupun marketplace.  Sehingga membuat barang kadang tidak sampai sesuai dengan tanggal estimasi penerimaan produk oleh konsumen.

Apa Itu Overload Pengiriman Barang?

Arti overload pengiriman yaitu melebih kapasitas atau daya tampung yang tersedia. Bisanya istilah ini sering digunakan oleh jasa pengiriman maupun online shop saat pengiriman barang melebihi beban yang seharusnya untuk didatangi.

Baca Juga : 4 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Paket Tidak Sampai

 Misalnya, jasa pengiriman A hanya memiliki kesanggupan dalam menerima paket sekitar 2500 paket setiap harinya. Namun, suatu hari  jasa tersebut menerima 5000 paket. Nah, inilah yang disebut dengan overload pengiriman atau melebih kapasitas daya tampung.

 Semnetara arti overload dalam online shop yaitu toko online tersebut menerima pesanan yang melebih kapasitas produk. Misalnya, barang yang tersedia hanya 5000 pcs per harinya. Namun, pada saat hari tersebut permintaan barang meningkat menjadi dua kali lipat yaitu menjadi 10.000 pcs.

Dampak Overload Dalam Pengiriman

Pengiriman overload tentunya  memiliki beberapa dampak, salah satunya yaitu pengiriman barang berpeluang untuk terlambat diterima oleh konsumen. Misalnya, untuk layanan reguler estimasinya yaitu 2-3 hari, tetapi saat adanya overload bisa jadi menjadi 7 hari atau bahkan lebih baru bisa Anda terima.

Dengan begitu, paket bukan berarti tidak dikirim secara sengaja oleh pihak jasa pengiriman. Namun, karena adanya peningkatan sehingga dalam mengurusnya pun membutuhkan waktu. Dimana waktu tersebut tidak bisa diprediksi, tetapi yang pasti akan lebih lama daripada mengurus paket yang sesuai dengan kapasitas daya tampung jasa pengiriman.

Kapan Terjadinya Overload Dalam Pengiriman

Overload biasanya terjadi saat menjelang  hari besar keagamaan, libur akhir tahun, dan lain sebagainya. Sehingga tidak heran apabila menjelang lebaran atau natal pengiriman akan mengalami peningkatan sehingga terkadang paket terlambat sampai.

Selain itu, bisa jadi overload juga terjadi ketika adanya promo besar-besaran dari sebuah atau beberapa marketplace. Selain pertanyaan kapan terjadinya situasi tersebut, ada beberapa juga yang menanyakan mengenai , berapa lama paket overload.

Untuk hal ini sendiri biasanya terjadi sekitar 7 sampai dengan 14 hari.  Namun, hal tersebut tergantung seberapa parah pengiriman paket overload itu terjadi karena bisa saja lebih daripada itu. Salah satu tanda bahwa sedang overload yaitu status resi tidak berubah-ubah selama berhari-hari.

cod

Penyebab Terjadinya Overload Pengiriman

Pengiriman overload adalah situasi adanya lonjakan paket yang diterima oleh jasa pengiriman melebihi daya tampung yang disanggupi oleh jasa pengiriman. Lalu apa alasannya hal tersebut dapat terjadi? Simak ulasan berikut ini!

  • Adanya promo besar-besaran yang diadakan oleh beberapa marketplace atau toko online secara serentak. Sehingga membuat pelanggan banyak yang berbelanja bahkan dengan jumlah yang cukup besar
  • Perencanaan dan pengelolaan mengenai logistik kurang
  • Kurangnya koordinasi dalam departemen pengiriman sehingga membuat paket menjadi overload
  • Adanya masalh pada infrastruktur pengiriman seperti halnya kekurangan atau kesalahan dalam pengiriman

Tips Terhindar Dari Overload Saat Mengirimkan Barang

Apabila Anda tidak ingin terjadi overload dan paket yang dibeli terlambat sampai, maka ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Adapun hal tersebut adalah sebagai berikut!

  1. Belanja lebih awal

Setelah Anda mengetahui mengenai kemungkinan besar terjadinya overload, maka sebaiknya untuk belanja lebih awal sebelum waktu tersebut terjadi. Misalnya, Anda ingin membeli kado untuk hadiah natal melalui marketplace, maka usahakan hal tersebut dilakukan H-10 sebelum natal tiba.

  1. Gunakan ekspedisi kilat

Saat memiliki jasa ekspedisi, sebaiknya Anda memilih layanan paket kilat untuk menghindari terjadinya overload dan pastikan pula belanja nya lebih awal. Dengan begitu, peluang Anda terhindar dari kondisi overload akan semakin tinggi. Misalnya, menggunakan jasa  SAP Express dengan layanan Same day

  1. Menghubungi pihak ekspedisi

Jika Anda mulai merasa status pengiriman tidak berubah bahkan setelah berhari-hari, jangan ragu untuk menghubunginya. Tanyakan dimana posisi yang sebenarnya paket Anda dan meminta kurir untuk dapat secepatnya mengirimkan barang. Untuk lebih cepat dapat memastikan posisi paket adalah dengan menghubungi langsung kurir.

 Akan tetapi, sayang ini informasi ini biasanya tidak bisa didapatkan begitu saja. Kecuali jika Anda belanja di marketplace dan status pengiriman sudah diantar ke rumah, biasanya akan tertera nomor kurir. Meskipun ada beberapa yang memang tidak ada.

  1. Menggunakan layanan same day

Layanan ini merupakan salah satu service yang diadakan oleh pihak ekspedisi SAP Express yang menawarkan pengiriman sampai di hari yang sama. Biasanya, layanan ini sendiri dengan menggunakan jasa ojek online dalam mengirimkan barang.

Sehingga barang cepat sampai. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari situasi atau kondisi overload. Akan tetapi, layanan ini hanya untuk satu kota saja.

Baca Juga : 15 Alasan Mengapa Paket Anda Gagal Dikirim

  1. Belanja toko yang sepi

Jika Anda belanja sebuah produk, tetapi toko tersebut ternyata selalu ramai atau sedang ramai. Bahkan pernah terjadi overload permintaan, sebaiknya Anda pindah atau cari toko yang menjual produk yang sama dan sepi. Biasanya, pengiriman barang akan cepat dilakukan.

  1. Mengambil sendiri ke gudang jasa pengiriman

Ini merupakan salah satu terakhir yang dapat Anda gunakan jika dirasa memang perlu dilakukan. Namun, Anda perlu memastikan terlebih dahulu bahwa paket telah sampai di daerah Anda. Dengan begitu, ongkos atau waktu yang dibutuhkan pun tidak terlalu banyak.

Anda hanya perlu menghampiri ke gudang dan membawa bukti resi. Biasanyanya nanti pihak pegawai ekspedisi akan membantu Anda dalam menemukan barang. Namun, Anda perlu mengkonfirmasi kedatangan terlebih dahulu kepada agen pengiriman.

Overload pengiriman barang dapat terjadi kapan saja, tetapi biasanya hal tersebut terjadi saat hari-hari besar keagamaan, libur akhir tahun, dan lain sebagainya.  Untuk menghindari kondisi tersebut, Anda dapat melakukan beberapa cara seperti belanja lebih awal, memilih layanan same day, dan lain sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *