Logistik

15 Alasan Mengapa Paket Anda Gagal Dikirim

paket gagal dikirim

Saat berbelanja online ataupun mengirim barang, seringkali kita rajin cek status pengiriman atau cek resi. Mungkin Anda akan menemukan istilah pengiriman seperti on process, atau barang sedang berada di gudang transit. Ada kalanya dokumen atau paket Anda bisa gagal dikirim, tentunya hal ini bisa disebabkan oleh berbagai alasan. Bisa jadi karena human error, ataupun pengiriman sedang dalam high peak season. 

Nah, lantas apa alasan dibalik paket yang gagal dikirim? Simak ulasan di bawah ini untuk informasi selengkapnya!

Penyebab Paket Gagal Dikirim

Berikut adalah penyebab kenapa paket-paket Anda gagal dikirim oleh jasa pengiriman Anda, yaitu antara lain;

1. Percobaan Pengiriman Paket Gagal Karena Lewat Jam Operasional

Penyebab pertama dari paket gagal dikirim adalah karena Anda mengirim paket ke ekspedisi sudah melewati jam operasional. Seperti yang kita ketahui, bahwa setiap dari jasa pengiriman memiliki jam operasionalnya masing-masing. Apabila Anda mengirim paket setelah jam operasional pengiriman, mungkin saja paket Anda akan dikirimkan pada esok harinya. Oleh sebab itu, pastikan Anda mengetahui jam operasional jasa pengiriman yang Anda tuju. 

2. Penerima Paket Tidak Berada Pada Alamat

Alasan berikutnya mengapa paket Anda gagal dikirim yaitu karena penerima paket tidak berada pada alamat. Biasanya kurir membutuhkan penerima ada di tempat, sebab jasa pengiriman membutuhkan foto bukti atas sampainya paket tersebut. Oleh sebab itu, pada umumnya ketika mengirim paket, kita diharuskan untuk menyantumkan nomor telepon penerima paket agar kurir bisa menghubunginya secara langsung. 

3. Alamat Tidak Dapat Ditemukan

Penyebab paket Anda gagal dikirim adalah karena alamat penerima paket tidak dapat ditemukan. Hal ini dapat terjadi mungkin karena penulisan alamat yang kurang lengkap atau salah. Nah, ketika kurir tidak mampu menemukan alamat, biasanya paket ini akan dikembalikan ke alamat Anda. Oleh sebab itu, saat menulis alamat, pastikan Anda menulisnya secara tepat dan detail. 

Baca Juga : Pengiriman Kargo Darat, Apakah Cukup Aman Untuk Barang?

4. Penerima Menolak Paket

Walaupun jarang terjadi, namun alasan dibalik paket gagal dikirim bisa jadi karena penerima yang menolak paket. Untuk pengiriman paket COD (Cash on Delivery), kita sering mendengar bahwa pelanggan membeli barang dengan sistem COD melalui e-commerce pilihannya, namun ketika barang sudah sampai, mereka justru menolak menerima paket dengan berbagai alasan. 

5. Terjadi Pengiriman Overload

Alasan berikutnya mengapa paket Anda gagal dikirim mungkin saja karena adanya pengiriman overload. Di berbagai e-commerce, seringkali diadakan sale besar-besaran seperti 7.7. Nah, pada tanggal-tanggal ini biasanya penjual memberikan diskon dan penawaran spesial sehingga pesanan menjadi membludak. Dampaknya, jasa pengiriman menerima begitu banyak paket sehingga paket Anda mungkin saja telat, atau gagal dikirim. 

6. Nomor Telepon Tidak Dapat Dihubungi

Alasan paket gagal dikirim yang selanjutnya adalah karena nomor telepon penerima paket tidak dapat dihubungi. Ketika kurir sudah sampai lokasi alamat tujuan, biasanya mereka akan menelpon terlebih dahulu apabila penghuni rumah tidak ada. Jika nomor telepon tidak dapat dihubungi, ini berarti kurir tidak bisa memberikan bukti paket sudah dikirim ke jasa pengiriman. Oleh sebab itu, pastikan Anda menulis nomor telepon dengan tepat di alamat paket. 

7. Paket Diambil Sendiri

Paket gagal dikirim bisa karena paket yang diambil sendiri oleh penerima. Mungkin saja penerima tidak sabar untuk menerima paket, atau paket sangat dibutuhkan sehingga ia langsung ke jasa pengiriman untuk mengambil paket. Nah, inilah yang bisa menyebabkan paket gagal dikirim. 

8. Packing Bermasalah

Alasan paket gagal dikirim selanjutnya adalah karena packing yang bermasalah. Mungkin saja Anda membungkus paket secara tidak benar, sehingga bungkusan paket robek ataupun terkena air. Oleh karena itu, saat packing, pastikan Anda membungkusnya dengan tepat dan aman agar paket Anda tidak gagal dikirim ke penerima paket. Sebab, bisa saja kurir mengantar paket Anda saat kondisi cuaca sedang tidak bagus. 

cod_tanpa_marketplace

 9. Salah Kirim Paket

Penyebab dari paket gagal dikirim bisa karena salah kirim paket. Ada kasus dimana resi tertukar sehingga barang tidak sampai pada penerima paket. Inilah salah satu contoh human error yang perlu dihindari. Sebab apabila hal ini terjadi, maka paket gagal dikirim dan akan dikembalikan pada pengirim. Oleh karena itu, pastikan saat mengirim paket, resi serta barang sudah sesuai. 

10. Kurir Membawa Banyak Paket

Alasan berikutnya mengapa paket gagal dikirim mungkin saja karena kurir yang membawa banyak paket. Dalam pengiriman, biasanya kurir akan membawa beberapa paket untuk dikirimkan dalam sekali jalan. Namun, apabila pengiriman sedang overload, kurir bisa membawa banyak paket sehingga paket Anda dapat gagal dikirim atau terlambat sampai pada penerima paket. 

11. Perubahan Jadwal Pengiriman Paket

Paket gagal dikirim bisa karena perubahan jadwal pengiriman paket. Setiap jasa pengiriman memiliki regulasi masing-masing, dan perubahan jadwal bisa menyebabkan paket Anda gagal dikirim. Untuk itu, sering-sering mengecek website jasa pengiriman pilihan Anda mengenai pemberitahuan atau pengumuman terbaru terkait pengiriman paket. 

12. Paket Hilang

Pada proses pengiriman, paket yang gagal dikirim bisa karena paket yang tiba-tiba hilang di perjalanan. Bencana ataupun kemalingan yang dihadapi oleh kurir merupakan suatu hal yang tidak bisa diprediksi. Untuk mengantisipasi kejadian seperti ini, pastikan Anda memilih jasa pengiriman yang sudah lengkap dengan asuransi dan garansi pengiriman. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan keamanan paket Anda. 

Baca Juga : Cara Mengirim Paket yang Benar dan Aman

13. Salah Kode Pengiriman

Alasan paket gagal dikirim adalah karena salah kode pengiriman. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, resi yang tertukar bisa saja terjadi karena tidak teliti. Akibatnya, salah resi ini akan menyebabkan barang yang tidak sesuai dengan permintaan pelanggan. Hindari salah kode pengiriman ini untuk mengurangi kejadian paket gagal dikirim seperti ini ya. 

14. Permintaan Perubahan Waktu Dari Konsumen

Paket yang gagal dikirim bisa karena permintaan perubahan waktu dari konsumen. Biasanya hal ini bisa terjadi, yang tentunya tidak bisa kita hindari.  Pada akhirnya paket akan gagal dikirim, dan barang akan kembali ke penjual. 

15. Kendala Pengiriman Ekspedisi

Alasan paket yang gagal dikirim bisa karena kendala dari pengiriman ekspedisi. Bisa jadi karena terjadi bencana alam atau kejadian yang lainnya. Oleh sebab itu, mau tidak mau paket akan gagal dikirim. Tentunya kendala ini merupakan suatu hal yang tidak diinginkan dan tidak bisa diprediksi. 

Solusi untuk Pengiriman Paket yang Gagal

Untuk Anda seller yang mungkin takut paket gagal dikirim karena berbagai faktor alasan di atas, Anda dapat menggunakan SAP Express sebagai solusi pengiriman barang Anda. Manfaatkan layanan Last Mile Delivery yang memiliki jangkauan terluas dan tentunya terdapat asuransi barang, sehingga Anda tidak perlu lagi khawatir mengenai paket Anda. 
Demikianlah ulasan mengenai 15 alasan mengapa paket Anda gagal dikirim. Pastikan Anda memilih jasa pengiriman yang terpercaya, seperti SAP Express yang akan menjamin paket Anda sampai tujuan dengan selamat. Semoga bermanfaat ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *