Finance

Pahami Apa Itu Cost Control dan Pentingnya Untuk Bisnis

cost control

Dalam sebuah perusahaan, tentunya dibutuhkan biaya untuk bisa menjalankan kegiatan operasionalnya. Fungsi cost control adalah untuk mengendalikan biaya perusahaan agar bisnis dapat berjalan sebagaimana mestinya. Adapun cost control ini merupakan salah satu bagian dari manajemen biaya yang terdiri atas langkah cost estimate, cost budget, serta cost control. 

Dalam perusahaan, terdapat seorang cost controller yang memiliki tanggung jawab untuk mengelola dan mengawasi aspek keuangan operasi perusahaan dengan focus utama pada manajemen dan pengendalian biaya. Tugas cost control ini sangat penting untuk memastikan bahwa pengeluaran perusahaan tetap sesuai dengan anggaran dan sejalan dengan tujuan keuangannya. 

Untuk mengetahui mengenai cost control lebih jauh, yuk simak ulasan di bawah ini!

Pengertian Cost Control

Pertama-tama, kita pahami terlebih dahulu apa itu cost control. Dikutip dari Investopedia, cost control adalah praktik mengidentifikasi dan mengurangi pengeluaran bisnis untuk meningkatkan laba, dan dimulai dengan proses penganggaran. Seperti contoh, sebuah perusahaan bisa mendapatkan penawaran dari vendor berbeda yang menawarkan produk sama, yang dapat menurunkan biaya. Cost control juga merupakan faktor penting dalam menjaga dan meningkatkan profitabilitas. 

Sedangkan menurut ahli Bambang Hartadi, cost control adalah suatu upaya terstruktur dalam mengendalikan bisnis agar dapat mengawasi aset bisnis. Namun, tujuan dari cost control tidak hanya sebatas pada hal tersebut saja, tetapi juga bertujuan untuk meningkatkan efektivitas, mengevaluasi kinerja, serta memonitor kebijakan dalam operasional bisnis. 

Fungsi Cost Control

Lantas, apa sebenarnya fungsi dari cost control ini bagi bisnis? Berikut adalah ulasannya;

Baca Juga : Analisis Keuangan: Pengertian, Tujuan dan Metode Analisisnya

1. Perencanaan

Fungsi yang pertama dari cost control adalah perencanaan. Agar prosedur berjalan dengan lancar, setiap perusahaan harus membuat rencana dari jauh-jauh hari. Metode perencanaan ini termasuk budgeting serta pengendalian pengeluaran. Contoh dari perencanaan ini adalah membuat rencana kerja dan membuat draft budget pengeluaran pada masing-masing divisi perusahaan. 

2. Pengawasan

Fungsi selanjutnya dari cost control adalah pengawasan. Dalam hal ini, cost control membandingkan keberhasilan saat ini dengan pengawasan pengeluaran. Selain itu, fungsi ini juga membandingkan budget tahun ini dengan tahun sebelumnya. Pengawasan ini perlu dilakukan untuk menjaga anggaran, termasuk dengan pengeluaran yang sesuai dengan rencana. 

3. Koordinasi dan Keselarasan

Fungsi dari cost control adalah untuk koordinasi dan keselarasan. Demi mencapai tujuan perusahaan, penting bagi Anda serta karyawan memiliki kerja sama dan koordinasi yang efektif antar departemen. Tugas dari cost control yaitu untuk memastikan bahwa koordinasi di antara departemen-departemen berjalan dengan baik dan sejalan dengan anggaran yang telah disepakati sebelumnya. 

Pentingnya Cost Control untuk Bisnis

Lalu, apa pentingnya cost control untuk bisnis? 

1. Menghindari Over Budget

Over budget merupakan suatu hal yang tentunya ingin dihindari oleh setiap perusahaan. Oleh sebab itu, cost control hadir untuk mencegah situasi tersebut. Over budget bisa berdampak sangat signifikan terhadap profitabilitas perusahaan. Dengan menerapkan langkah-langkah pengendalian biaya, bisnis bisa mengoptimalkan pengeluaran mereka dan mempertahankan margin keuntungan yang sehat. 

2. Menjaga Budget Agar Tetap Teratur

Pentingnya cost control untuk bisnis adalah menjaga agar budget tetap teratur. Dengan pengendalian biaya ini, perusahaan bisa memastikan bahwa sebuah proyek diselesaikan sesuai batas waktu dan tidak melebih biaya yang sudah ditetapkan. Adanya cost control ini membuat semua pihak yang terlibat dalam proyek mengemban tanggung jawab masing-masing dalam menyelesaikan tugas mereka. 

cod

3. Membantu dalam Pengambilan Keputusan

Cost control juga membantu perusahaan dalam pengambilan keputusan. Ini memberikan informasi dan wawasan penting yang membantu manajemen membuat pilihan strategis. Misalkan saja cost control melibatkan analisis data keuangan, termasuk dengan biaya yang dianggarkan versus biaya aktual dan tren biaya dari waktu ke waktu. Data ini memberikan pemahaman berharga mengenai bagaimana kinerja berbagai aspek bisnis secara finansial. 

4. Meningkatkan Keuntungan

Pentingnya cost control bagi bisnis adalah untuk meningkatkan keuntungan. Dengan mengelola dan mengoptimalkan pengeluaran, cost control secara langsung berdampak pada laba dan kesehatan keuangan perusahaan secara keseluruhan. Salah satunya adalah peningkatan efisiensi, yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas, mengurangi biaya operasi sehingga dapat meningkatkan potensi keuangan. 

Langkah-langkah Melakukan Cost Control

Berikut adalah langkah-langkah perusahaan dalam melakukan cost control, yaitu sebagai berikut;

1. Pengendalian Pengawasan Fisik

Langkah pertama dalam melakukan cost control adalah dengan pengendalian pengawasan fisik. Pada hal ini, pengendalian biaya menjadi tanggung jawab dari manajemen sebab mereka yang mempunyai wewenang dalam pengambilan keputusan. Situasi pengawasan fisik ini biasanya dilakukan pada perusahaan skala kecil. Namun, pada perusahaan besar cost control dilaksanakan oleh tim keuangan. 

2. Akuntansi Historis

Langkah selanjutnya dalam melakukan cost control adalah akuntansi historis. Pada perusahaan besar, biasanya manajemen tidak memiliki cukup waktu untuk mengawasi pengeluaran fisik secara langsung. Oleh sebab itu, mereka mengandalkan data keuangan dari periode sebelumnya atau catatan akuntansi sebagai acuan untuk mengambil keputusan penting. 

Baca Juga : 5 Cara Membuat Cash Flow, Ikuti Tips Berikut Ini!

3. Anggaran Statis dan Biaya Standar

Langkah berikutnya pada cost control adalah menggunakan anggaran statis dan biaya standar. Dengan ini, perusahaan bisa merencanakan dan mengendalikan proyek yang sedang berlangsung. Dalam pertumbuhan bisnis yang maju, fokus tidak lagi pada membandingkan laporan cost control saat ini dengan yang lalu, namun yang terpenting adalah pelaksanaan kegiatan sesuai dengan rencana. 

4. Anggaran Fleksibel dengan Biaya Standar

Tidak jarang dalam suatu proyek, perencanaan tidak selalu sesuai dengan situasi yang ada di lapangan. Apabila hal tersebut terjadi, manajemen perlu melakukan penyesuaian pada sistem anggaran agar tidak mengalami over budget. Salah satu caranya adalah dengan menetapkan anggaran yang lebih fleksibel. 

5. Tanggung Jawab Pusat

Di perusahaan besar yang sudah terstruktur dan banyak divisi, cost control pada umumnya akan dilaksanakan oleh masing-masing pimpinan divisi. Hal ini dikarenakan apabila pengendalian biaya dilakukan langsung oleh pimpinan, maka dapat meningkatkan risiko terjadinya kesalahan. Oleh karena itu, biasanya pimpinan hanya menerima laporan dari setiap divisi terkait dengan cost control. 

Demikianlah ulasan mengenai apa itu cost control dan pentingnya bagi sebuah bisnis. Dalam sebuah bisnis yang berkembang, cost control menjadi hal yang tidak terpisahkan untuk menjaga stabilitas dan kesuksesan jangka panjang. Semoga artikel di atas dapat menginspirasi dan bermanfaat bagi Anda. Gabung bersama layanan Corporate SAP Express, yang dapat melayani pengiriman barang dan dokumen perusahaan Anda. Kami sudah bekerja sama dengan berbagai perusahaan ternama untuk layanan Corporate SAP Express ini. Hubungi sales kami lebih lanjut untuk informasi selengkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *