Bisnis

Mudah, Begini Cara Membuat Bisnis Plan yang Benar!

cara membuat bisnis plan

Sebelum memulai bisnis, penting bagi para pemilik bisnis untuk membuat bisnis plan terlebih dahulu. Bisnis plan atau rencana bisnis merupakan salah satu tanda bahwa bisnis tersebut memang akan dijalankan dengan serius. Karena tanpa bisnis plan, sebuah bisnis akan kehilangan arah dan tidak memiliki goals atau tujuan. Bahkan tanpa bisnis plan, sebuah bisnis hanya akan sampai pada titik kerugian.

Sayangnya, tahapan membuat bisnis melalui bisnis plan cukup sulit untuk dilakukan. Banyak pebisnis pemula yang bingung dan tidak tahu cara membuatnya. Nah, tidak perlu khawatir, Anda bisa membaca ulasan ini sampai akhir untuk menemukan cara membuat bisnis plan yang benar dan mudah.

Pengertian Bisnis Plan

Sebelum tahu cara membuat bisnis plan, Anda perlu mengetahui tentang apa itu bisnis plan. Bisnis plan merupakan rancangan yang dibuat oleh pebisnis mengenai usahanya dengan mempertimbangkan berbagai aspek, baik aspek internal maupun eksternal sebelum memulai bisnis. 

Bisnis plan memuat tujuan serta visi misi bisnis, dan juga strategi dalam mencapai tujuan tersebut. Semua ini perlu ditulis dalam bentuk dokumen dengan rinci dan realistis. Dokumen yang berisi rancangan bisnis ini akan dijadikan sebagai pegangan atau pedoman Anda dalam menjalankan bisnis.

Baca Juga : Begini Cara Meningkatkan Traffic Bisnis Agar Cuan!

Cara Membuat Bisnis Plan

Nah, setelah paham apa itu bisnis plan, selanjutnya Anda bisa menyimak cara membuat bisnis plan sebagai berikut:

1. Lakukan Riset Produk

Tentunya sebelum terjun ke sebuah bisnis, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu mengenai bisnis yang akan dijalankan. Hasil dari riset ini juga perlu dituangkan dalam bisnis plan. Riset ini dapat dijalankan sendiri maupun menggunakan jasa pihak ketiga.

Dalam tahapan ini, pastikan hasil dari riset mampu mengatasi masalah yang mungkin akan dihadapi oleh bisnis Anda di masa mendatang. Jadi ketika suatu saat terjadi masalah, Anda bisa membuka bisnis plan kembali untuk menemukan pencerahan.

2. Tentukan Tujuan dan Visi Misi

Tujuan serta visi misi merupakan bahan bakar utama dalam bisnis. Ketiga hal ini harus ada di dalam bisnis plan Anda untuk menggerakkan bisnis. Bahkan tidak hanya dalam hal bisnis, tujuan dan visi misi harus ada di setiap organisasi.

Tujuan serta visi misi inilah yang akan menjadi pedoman Anda sebagai pemilik bisnis, serta orang-orang lainnya yang nantinya akan terlibat dalam bisnis. Jadi pastikan bahwa visi misi serta tujuan bisnis Anda benar-benar ada dan bisa dimengerti.

Baca Juga : Begini Cara Membuat Rancangan Anggaran Biaya Usaha, Pebisnis Wajib Tahu!

3. Buat Profil Perusahaan

Cara membuat bisnis plan berikutnya adalah dengan membuat profil perusahaan. Ini merupakan deskripsi atau ringkasan dari perusahaan atau bisnis yang Anda bangun. Mulai dari sejarah singkat, produk, target market, serta sumber dana perlu Anda masukkan ke dalam profil perusahaan.

4. Buat Rancangan Keuangan

Berikutnya, pada bisnis plan juga perlu dimasukkan rancangan keuangan bisnis. Ini sangat diperlukan saat Anda ingin mengajukan kerjasama dengan investor. Selain itu, rancangan keuangan juga memudahkan Anda dalam melihat apakah bisnis Anda berjalan sesuai rencana atau tidak.

5. Buat Strategi Marketing

Dalam membuat bisnis plan, Anda juga perlu memasukkan strategi marketing atau pemasaran yang akan dijalankan. Buat sebanyak mungkin strategi apa yang akan dilakukan untuk menggaet konsumen serta eksekusinya. Masukkan juga anggaran biaya yang dibutuhkan dalam menjalankan strategi tersebut.

Itulah cara membuat bisnis plan dengan mudah yang bisa Anda jalankan. Dengan adanya bisnis plan, Anda dapat menjalankan bisnis dengan lebih mudah dan terencana. Potensi untuk meraih keuntungan pun akan lebih besar saat Anda memiliki bisnis plan yang baik. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *