Logistik

Memahami Keuntungan Linehaul dalam Rantai Pasokan Anda

linehaul

Linehaul merupakan istilah yang kemungkinan baru Anda dengar jika tidak akrab dengan dunia pengekspedisian. Dimana istilah ini mengacu pada proses pergerakan logistik jarak jauh yang melibatkan berbagai transportasi baik itu darat, udara, maupun laut. Dengan membawa muatan berbagai ukuran barang kecil hingga besar.  

Perpindahan atau pergerakan suatu produk barang tidak memiliki definisi kata yang pasti. Hanya saja memerlukan kata untuk sebuah gambaran pergerakan yang efisien, sehingga perpindahan dapat berjalan dengan seamless. Salah-satunya melalui jaringan transportation yang dilakukan secara konsolidasi optimal dalam menjaga pergerakan barang sesuai dengan permintaan.

Apa yang Dimaksud dengan Linehaul Shipping

Dalam bidang logistik line haul adalah kargo yang mengacu pada pengangkutan barang dari satu titik ke titik lain melalui jalur darat maupun udara. Sebagai mekanisme lajur perpindahan produk antar kota hingga negara dengan berat dan volume barang yang bervariasi. Mulai dari barang berukuran kecil, semisal dokumen sampai palet yang sarat muatan.

Baca Juga : Panduan Lengkap Manajemen Persediaan untuk Bisnis Anda

Linehaul shipping sederhananya istilah yang digunakan industri logistik dan transportasi bagi proses pengiriman barang jarak jauh. Berkenaan dengan pengangkutan barang atau kargo antara dua lokasi atau lebih. Pada umumnya line haul transportation ini sering dipakai antara pusat distribusi atau fasilitas logistik. Pergerakan barang dari pusat ke pusat distribusi atau pusat penyortiran lainnya.

Jadi, arti linehaul dapat Anda simpulkan sebagai proses pengiriman atas perpindahan barang dari lokasi asal menuju tujuan. Melalui operator linehaul yang bertanggung jawab saat operasi pengangkutan barang antar pulau atau negara dalam lintas jarak panjang. Dimana operator sepenuhnya memiliki dan mengoperasikan armada truk sendiri yang memberi kendali lebih besar atas jadwal dan waktu transit. 

Operator carrier kadang-kadang disebut sebagai pengangkut “berbasis aset” yang memainkan peran penting dalam pergerakan barang di seluruh dunia. Pasalnya tanpa ada operator akan banyak bisnis yang tidak dapat memasarkan produk mereka secara tepat waktu.

Tujuan Linehaul Shipping

Adapun tujuan dari definisi apa itu line haul shipping dapat Anda pahami secara sederhana dengan pergerakan barang menuju tujuan. Berdasarkan penggunaan rute pengiriman kargo agar jadi lebih efisien dan tepat waktu dalam jumlah besar di antara jarak yang signifikan. Sehingga perlu melibatkan perencanaan alur yang efektif dengan mempertimbangkan penggunaan kendaraan.

Tanpa terkecuali moda transportasi yang tepat dan koordinasi terbaik antara berbagai pihak terkait pengiriman agar sampai sesuai perjanjian. Mulai dari pihak pengirim, operator logistik, dan penyedia layanan transportasi. Apabila menggunakan line haul darat operator angkut jalur biasanya akan mengkonfirmasi bagaimana rute pengiriman yang menyesuaikan arahan.

Pengirim akan memberi informasi kepada operator mengenai apa saja yang diperlukan. Mulai dari pengangkutan jalur tentang apa yang perlu dikirim, lokasi tujuan, dan kapan waktu harus dikirimkan. Dimana pengangkut jalur angkut ini nanti akan menggunakan informasinya untuk mengembangkan rencana pengiriman barang ke tujuan hingga tepat waktu.

Keuntungan dalam Menggunakan Line Haul

Line Haul artinya adalah proses pengiriman kargo yang mempunyai beberapa keuntungan tersendiri. Baik itu untuk meningkatkan efisiensi operasional, mengurangi biaya pendistribusian, hingga pengalaman pengiriman yang lebih baik. Sebagaimana uraian dari poin-poin berikut :

1. Efisiensi Biaya

Tujuan yang pertama yaitu dapat mengoptimalkan penggunaan sumber daya dengan menggabungkan beberapa kargo dari berbagai pelanggan ke dalam satu perjalanan. Sehingga secara tidak sadar biaya transportasi keseluruhan menjadi berkurang karena dibagi di antara beberapa pengirim.

Terlebih di dalam beberapa kasus, ada kemungkinan penawaran diskon kepada pengirim yang bersedia menjalankan tugas. Kesepakatan inj dapat dilakukan pengangkutan jalur angkot yang menyatakan diskon kepada pengirim jika bersedia mengirimkan barang.

Apalagi dalam jumlah besar atau barang mempunyai keunikan yang perlu betul-betul dijaga. Hal ini karena, pengangkut jalur biasa membebankan biaya kepada pengirim sesuai jarak tempuh pengiriman. Selain biaya tambahan seperti bahan bakar, upah pengemudi, dan perawatan kendaraan.

2. Waktu Pengiriman Lebih Cepat

Pengangkutan jalur angkut pada umumnya melibatkan penggunaan jaringan transportasi secara pasti yang efisien. Sebab, pengiriman barang menggunakan metode ini tentu mempunyai tahapan alur yang matang sesuai kebutuhan. Contohnya, penjadwalan yang tertulis dengan sangat teratur membuat pengiriman bisa dilakukan lebih cepat dibandingkan dengan metode pengiriman lain.

Fulfillment Banner

Mengandalkan route optimization yang mempertimbangkan jarak, lalu lintas, dan waktu tempuh untuk rencana rute pengiriman. Salah-satunya dengan menggunakan teknologi software perencanaan rute yang ada. Dalam membantu membuat rute lebih optimal untuk memastikan efisiensi pengiriman yang maksimal.

3. Mengurangi resiko kerusakan dan kehilangan

Keuntungan menggunakan metode pengiriman yang satu ini juga dapat mengurangi kerusakan dan kehilangan barang. Pengiriman barang line haul biasa di-packing dengan sangat aman dan terlindungi. Sehingga mampu mengurangi risiko kerusakan atau kehilangan selama proses pengiriman berlangsung. Selain karena kargo tidak sering dipindahkan atau ditangani ulang.

4. Pelacakan dan Visibilitas

Pengangkutan jalur angkut memiliki sistem pelacakan yang lebih maju dibanding ekspedisi biasa. Alhasil memungkinkan Anda untuk melacak pergerakan kargo secara real-time dengan memanfaatkan teknologi dalam manajemen transportasi. Dimana keuntungannya dapat memberi visibilitas yang tinggi terhadap posisi dan status pengiriman kargo. 

Jadi, Anda dapat menginformasikan kepada pelanggan terkait status pengiriman dan perkiraan waktu kedatangan barang dengan akurat. Berdasarkan analisis data yang dipantau secara rutin untuk mengidentifikasi area peningkatan pengiriman agar lebih efektif. 

5. Volume Pengiriman Beragam

Keuntungan terakhir dari menggunakan line haul pada pembahasan kali ini adalah dapat mengirim barang dengan berbagai volume. Menyesuaikan masing-masing volume yang dapat diatur dengan mudah. Apabila permintaan kargo meningkat, maka tinggal meningkatkan kapasitas pengiriman dengan menambah kendaraan atau menggunakan layanan ekspedisi jauh lebih besar.
Oleh karena itu, line haul mempunyai kedudukan yang sangat penting untuk mengatur alur pergerakan barang dari satu titik menuju lokasi lain. Sebagai gambaran yang disederhanakan oleh salah-satu istilah pengekspedisian. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *