Bisnis

Wirausaha: Pengertian, Tujuan, dan Jenis-jenis Wirausaha

jenis-jenis wirausaha

Dengan semakin banyaknya peluang yang ada untuk berbisnis, banyak orang yang kini berlomba-lomba untuk menjadi wirausahawan. Namun, untuk melakukan wirausaha tidak semudah itu, bahkan harus dimulai dari nol, dan memiliki semangat tidak putus asa. Nah, untuk Anda yang berminat dalam dunia wirausaha, kami akan membahas mengenai pengertian, tujuan dan jenis-jenis wirausaha pada artikel ini. Yuk simak!

Apa yang dimaksud dengan Kewirausahaan?

Untuk memahami mengenai jenis-jenis wirausaha, kita terlebih dahulu membahas mengenai apa itu wirausaha. Istilah wirausaha atau dalam bahasa Inggrisnya, entrepreneurship, adalah sebuah kemampuan dan kesiapan untuk mengembangkan, mengatur dan menjalankan usaha bisnis, beserta segala ketidakpastiannya untuk memperoleh keuntungan. Tidak seperti karyawan yang memiliki gaji tetap setiap bulannya, orang yang menjalankan wirausaha memiliki naik dan turunnya pendapatan.

Baca Juga : Begini Cara Membuka Usaha Jasa Pengiriman Barang 

Orang yang menjalankan wirausaha ini biasanya kita sebut dengan pengusaha, yaitu seseorang yang memiliki kemampuan dan keinginan untuk membangun, mengelola dan berhasil dalam usaha bersama dengan risiko, untuk menghasilkan keuntungan. Secara singkat, siapa saja yang memiliki kemauan serta tekad untuk memulai perusahaan baru dan menghadapi semua risiko yang menyertainya dapat disebut sebagai seorang pengusaha. 

Tujuan Wirausaha

Lantas, apa yang menjadi tujuan dari wirausaha ini? Berikut adalah ulasannya;

1. Mendukung Usaha Mikro Menengah Kecil Masyarakat (UMKM)

Melansir dari laman Kemenkeu, pada tahun 2018 jumlah pelaku UMKM adalah sebanyak 64,2 juta dan menyerap tenaga kerja sebesar 117 juta pekerja. Hal ini bisa dilihat bahwa wirausaha sangat mendukung usaha mikro menengah kecil masyarakat, serta dapat memberikan lowongan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia. Selain itu, UMKM ini juga berperan besar terhadap perekonomian nasional (PDB) lho!

2. Menumbuhkan Semangat Berinovasi

Tujuan wirausaha yang selanjutnya adalah untuk menumbuhkan semangat berinovasi. Seperti yang kita ketahui bahwa, pengusaha adalah seseorang yang harus memiliki tekad kuat dan mereka lah yang akan terus menciptakan ide baru serta inovasi baru untuk mengembangkan usahanya. Dengan adanya bisnis-bisnis baru yang mulai bermunculan, mau tidak mau pengusaha harus memutar otak untuk tetap bisa bersaing di industrinya. 

3. Kesejahteraan Masyarakat Terangkat

Tujuan wirausaha yang berikutnya yaitu kesejahteraan masyarakat yang terangkat. Dengan adanya bisnis, tentunya kehidupan akan lebih baik dan pendapatan akan semakin meningkat. Selain itu, dengan wirausaha, pengusaha dapat memberikan kesempatan bagi orang-orang yang membutuhkan pekerjaan. Dengan begitu, tidak hanya pengusaha yang diuntungkan, namun juga pegawai yang bisa mendapatkan nafkah dari wirausaha. 

Bisnis online

Jenis jenis Wirausaha

Lalu, apa saja jenis-jenis wirausaha yang dapat Anda geluti? Berikut adalah jenis-jenisnya, yaitu antara lain;

1. Usaha Ritel 

Jenis wirausaha yang menjanjikan yaitu usaha ritel. Mungkin Anda sering melihat toko-toko yang menjual produk sehari-hari, yang biasanya dibutuhkan oleh masyarakat. Nah, itulah contoh dari usaha ritel. Usaha ritel adalah bisnis yang menjual barang atau jasa secara langsung kepada konsumen untuk konsumsi pribadi dan bukan untuk dijual kembali. Ada berbagai macam contoh usaha ritel yang biasa kita jumpai seperti toko kelontong, toserba (toko serba ada), atau toko produk-produk yang berada di e-commerce. 

2. Startup Bisnis

Jenis wirausaha yang selanjutnya adalah startup bisnis. Menurut Investopedia, istilah startup mengacu kepada perusahaan pada tahap pertama operasi. Startup ini biasanya didirikan oleh satu atau lebih pengusaha yang ingin mengembangkan produk atau layanan yang mereka yakini ada peminatnya. Mereka pada awalnya mencari modal dari berbagai sumber, sebab perusahaan startup ini memulai dengan biaya tinggi dan pendapatan terbatas. 

3. Industri Kreatif

Jenis wirausaha yang berikutnya yaitu industri kreatif. Kini, industri kreatif di Indonesia biasanya di bawah tanggung jawab Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Industri kreatif sendiri merupakan proses menciptakan kreativitas yang dihasilkan oleh individu maupun kelompok yang nantinya akan menjadi produk ekonomi. Jenis-jenis industri kreatif ada banyak seperti;

Baca Juga : Hanya Rp 350rb Bisa Jadi Pengusaha Jasa Pengiriman SAP

  • Kuliner
  • Kerajinan kriya
  • Fashion
  • Periklanan
  • Fotografi
  • Musik
  • TV dan Radio
  • Arsitektur

Nah, demikianlah ulasan kali ini mengenai pengertian, tujuan, dan jenis-jenis dari wirausaha. Untuk Anda yang menjalankan wirausaha secara online, Anda bisa bergabung bersama Sahabat Satria dari SAP Express  yang dapat menjadi solusi bagi bisnis online Anda. Semoga bermanfaat ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *