Logistik

Waspada, Begini Ciri-ciri Penipuan Paket Luar Negeri yang Perlu Anda Tahu!

penipuan paket luar negeri

Membeli paket dari luar negeri saat ini bukanlah perkara sulit. Anda bisa membeli barang dari negara manapun yang Anda mau. Hanya melalui smartphone, Anda bisa mendapatkan berbagai paket luar negeri. Namun hati-hati, ciri-ciri penipuan paket luar negeri perlu Anda waspadai supaya tidak tertipu.

Pasalnya, saat ini banyak oknum nakal yang memanfaatkan mudahnya jual beli online luar negeri dengan cara menipu. Perlu Anda ketahui bahwa pengiriman paket dari luar negeri membutuhkan biaya bea cukai serta biaya lainnya yang disebut clearance. 

Nah, oknum penipu memanfaatkan hal ini untuk meminta pembeli melakukan pembayaran biaya clearance terlebih dahulu, padahal barang tidak dikirim. Selain itu, oknum juga tidak jarang menggunakan kurir palsu untuk memanipulasi kondisi bahwa barang sedang dikirim, padahal tidak.

Ciri-ciri Penipuan Paket Luar Negeri

Untuk meminimalisir terjadinya penipuan orang luar negeri yang merugikan, Anda perlu tahu ciri-ciri penipuan paket luar negeri sebagai berikut:

1. Pendekatan Melalui Media Sosial

Ciri-ciri penipuan paket luar negeri yang pertama umumnya dilakukan melalui media sosial. Pelaku akan berkenalan dengan korban melalui media sosial, kemudian mengaku sebagai penjual produk dari luar negeri, atau bahkan akan mengirimkan hadiah dari luar negeri.

Dalam hal ini, pelaku sudah mengincar korban terlebih dahulu dengan mengantongi data diri korban. Pelaku tahu nama lengkap korban, nomor telepon, alamat email, hingga alamat usahanya sehingga tampak meyakinkan.

Pelaku terkadang juga menyamar sebagai rekan bisnis yang mengajak bekerja sama dengan iming-iming menarik. Oleh karena itu, Anda perlu waspada jika ada orang tak dikenal tiba-tiba mengajak interaksi via media sosial, terlebih jika Anda tidak terlalu aktif bermedia sosial.

Baca juga: Ternyata Begini Cara Kirim Paket ke Luar Negeri, Gampang!

2. Menggunakan Kurir Palsu

Pelaku terdiri dari minimal 2 orang, satu orang sebagai orang yang mengajak berkenalan secara personal (modus). Orang ini mengumpulkan data dan informasi mengenai korban, menghubungi, dan kemudian merayu korban.

Selanjutnya, orang kedua berlaku sebagai kurir palsu yang mengirimkan barang. Setelah korban tahu barang dari luar negeri akan dikirim, maka kurir palsu akan ditunjuk, seolah-olah sedang mengirimkan barang kepada korban.

3. Menggunakan Resi Palsu

Tak hanya kurir palsu, ciri-ciri penipuan paket luar negeri juga menggunakan resi palsu. Pelaku akan membuat resi palsu dan mengirimkan pada korban. Korban akan percaya karena resi yang dibuat benar-benar mirip dengan aslinya.

Oleh karena itu, ketika Anda mendapatkan resi pengiriman barang, segera cek resi tersebut apakah asli atau palsu. Pastikan juga perusahaan pengiriman barang tersebut benar-benar ada dan terpercaya.

4. Meminta Biaya Clearance

Selanjutnya, ciri-ciri penipuan pengiriman barang dari luar negeri berikutnya adalah adanya permintaan pembayaran clearance. Pelaku beralasan bahwa barang telah dikirimkan ke Indonesia, namun kurir tidak bisa bergerak karena biaya clearance belum dibayar. 

Pelaku kemudian meminta korban untuk membayar sejumlah biaya melalui transfer ke rekening atau akun pelaku. Biasanya nominal biaya yang diminta cukup besar, terlebih jika modus tersebut adalah memberi hadiah. Anda dipaksa untuk membayar sejumlah uang terlebih dahulu.

Baca juga: Cara Kirim Paket COD Tanpa Marketplace, SAP Express Solusinya

5. Pelaku Menghilang

Nah, setelah korban melakukan transfer biaya clearance, kemudian pelaku akan menghilang. Korban tidak bisa berkutik karena kesulitan melakukan verifikasi baik dengan pihak bank maupun kurir. 

Karena adanya perbedaan negara, maka proses verifikasi bank akan dilakukan dalam waktu yang lama. Namun pada saat ini, uang korban sudah diambil oleh pelaku dan barang tidak sampai ke tangan korban.

6. Penggunaan Bahasa yang Tidak Profesional

Ciri-ciri penipuan paket luar negeri berikutnya adalah penggunaan bahasa yang tidak profesional dari pelaku. Ketika pelaku mengirimkan pesan melalui media sosial atau email, amati bahasa yang digunakan. Jika tidak profesional, bahkan typo atau salah grammar, maka Anda patut curiga.

Pasalnya, pada saat oknum pelaku mengatasnamakan perusahaan atau bank tertentu, seharusnya bahasa yang digunakan profesional layaknya sebuah institusi. Namun jika terlihat rancu dengan bahasa yang kacau, maka bisa jadi ini merupakan tindakan penipuan.

7. Alamat Email atau Nomor Telepon Tidak Resmi

Penipuan lewat wa, email, atau telepon dari luar negeri patut Anda curigai jika berasal dari nomor telepon atau alamat email yang tidak resmi. Dalam hal ini, pelaku memberikan alamat email atau nomor telepon yang tidak meyakinkan.

Padahal, sebagai perusahaan profesional yang hendak mengirimkan hadiah atau menjalin kerja sama, tentunya email dan nomor telepon yang digunakan haruslah resmi. Bukan email perorangan, apalagi dengan domain yang tidak jelas.

jasa pengiriman barang internasional termurah

8. Meminta Data Pribadi yang Tidak Perlu

Anda patut curiga terjadi penipuan paket luar negeri ketika pelaku meminta data pribadi yang tidak perlu dan di luar nalar. Umumnya, data pribadi yang diminta hanyalah sebatas KTP dan alamat email.

Namun jika ia sudah meminta foto KTP, 4 digit nomor kartu debit, bahkan password tertentu, maka sudah bisa dipastikan Anda sedang diincar penipu. Anda perlu meningkatkan kewaspadaan jika terjadi hal-hal tersebut.

9 Mengklaim Punya Perusahaan Importir Pribadi

Ciri-ciri penipuan paket luar negeri berikutnya adalah pelaku mengaku memiliki perusahaan importir pribadi, tidak lagi mencatut nama perusahaan importir yang sudah dikenal. Tujuannya adalah agar perusahaan importir yang dicatut namanya tidak melapor ke pihak berwajib. Tujuan lainnya adalah untuk mengelabuhi korban agar percaya pada pelaku.

Untuk menghindarinya, Anda perlu mencari tahu mengenai perusahaan importir yang dimaksud. Cek apakah benar perusahaan tersebut ada dan legal. Jangan sampai Anda menjadi korban lantaran tergiur paket pengiriman dari luar negeri.

10. Dilakukan oleh Dua Orang Pelaku

Seperti yang dibahas di poin sebelumnya, penipuan paket luar negeri biasanya dilakukan oleh dua orang pelaku. Pelaku pertama akan mengumpulkan informasi dan data korban lalu mengelabui korban dengan berbagai iming-iming.

Sedangkan pelaku kedua menyamar sebagai kurir yang akan mengirimkan paket, atau bahkan mengaku sebagai pemilik jasa kurir pribadi. Ia akan membuat jasa pengiriman paket tersebut terlihat meyakinkan meskipun sebenarnya tidak aman dan legal.

Bisnis online

Kirim Barang ke Luar Negeri dengan SAP Express

Banyaknya penipuan paket dari luar negeri tentu membuat siapa saja was-was. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan Anda memilih jasa pengiriman luar negeri terpercaya untuk paket Anda. SAP Express merupakan jasa kirim barang ke luar negeri yang aman dan dan terbaik.

SAP Express melayani pengiriman barang ke berbagai negara, seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Hongkong, Taiwan, Vietnam, dan Australia. Tidak hanya pengiriman ke luar negeri, SAP Express juga melayani pengiriman barang dari luar negeri. Lantas berapa lama pengiriman paket dari luar negeri melalui SAP Express? Tentunya untuk estimasi biaya pengiriman dari negara mana paket dikirimkan. Untuk informasi lebih lanjut, cek ongkir SAP Express di sini.

Nah, sekarang sudah tahu kan ciri-ciri penipuan paket luar negeri apa saja yang perlu Anda waspadai? Pastikan Anda melakukan transaksi atau jual beli dengan pihak yang terpercaya agar tidak menjadi korban penipuan. Terlebih saat berhubungan dengan pihak luar negeri, Anda perlu lebih waspada ya!

1,469 Comments

  • ayu 19 April 2023

    aku jga lagi ngalamin ini dia bilang mau datang kesini terus ngirim barangnya duluan, tapi orangnya menyusul 1 bulan kemudian setelah dinas ini betul gk sih oppa wkwk

  • malnay 19 April 2023

    saya bahkan udah ter tipu udah bayar pajaknya 1 jt

  • aini 18 April 2023

    aku sudah tertipu 2.5 juta😭

  • Setya 18 April 2023

    Saya juga ada seseorang yang meminta alamat beserta no
    Wa, dan katanya mengirimkan hadiah dari luar negeri. Apa yang harus saya lalukan jika paket tersebut benar sampai .

  • Cantiik 17 April 2023

    Nii lagi chatting sm orang korea tinggal di perancis, perapatan ciamis kali ya haha udh tau banget bakal nipu krn ga masuk akal semua kata2nya dan tante sy pernah kena, lagi ikutin permainannya, kalau dia mau ngirim2 saya tolak semua sampe dia ketemu saya. Ga segampang itu alberto..ada yg punya ide enaknya diapain?
    Oya bekas pembantu saya baru kena mau beli iphone dari ig, kena bayar 700 duitnya hilang, ditakut2i jg sm kurir dia, skrg dia mau lapor polisi

  • Intan 16 April 2023

    MasyaAllah, semuay sama swprtinyg sya alamin skr. Saya kenal d ig rus taw” dya krm hadiah sepatu, hp, uangbkes 20rb dolar. Rus dya bilang nnti kuriry tlp or wa. Ehbtrnyta benar kuriry wa katau saya harus bayar 7juta katena barangy tertahan d bea cukai. Kalo tidak bayar akan dpenjarakan selama 15th. Sya panik donk, sya bilang sya g pny uang. Rus dya bilang ada berpa uang yg kmu punya sya 100rb rus dy mnt 500rb kalo tdk sy dpnjra, akhiry sya trnfer 500rb. Eh trnyta dy ngancam lg mnta 7juta lg. Sya lgsg lapor k tmn yg polisi, katay jgn d hitaukan lg katany penipuan. Jd lgsg sya blokir za. Nama ig y Hasan. Dya seorang pilot dr london

  • Intan 16 April 2023

    MasyaAllah, semuay sama swprtinyg sya alamin skr. Saya kenal d ig rus taw” dya krm hadiah sepatu, hp, uangbkes 20rb dolar. Rus dya bilang nnti kuriry tlp or wa. Ehbtrnyta benar kuriry wa katau saya harus bayar 7juta katena barangy tertahan d bea cukai. Kalo tidak bayar akan dpenjarakan selama 15th. Sya panik donk, sya bilang sya g pny uang. Rus dya bilang ada berpa uang yg kmu punya sya 100rb rus dy mnt 500rb kalo tdk sy dpnjra, akhiry sya trnfer 500rb. Eh trnyta dy ngancam lg mnta 7juta lg. Sya lgsg lapor k tmn yg polisi, katay jgn d hitaukan lg katany penipuan. Jd lgsg sya blokir za. Nama ig y Hasan.

  • Nita agustiyani 16 April 2023

    Ya allah saya juga lagi ngalamin hal yang sama nih, saya kenalan sama orang thailand yang bekerja di london dan ngobrol di wa sudah 3hari lalu dia membelikan saya barang² seperti tas 2,kalung dan iphone x dan akan dikirimkan malam ini ke indonesia. Saya pun dikasih resinya sama dia tapi saya tanya apa saya akan membayarnya setelah paket itu sampai katanya semua sudah ditanggung dia pembayaran dll.

    Duh gimana nih saya jadi khawatir juga, mana saya udah kasih alamat lengkap pula.. nama ekpedisinya hinda express delivery di uk

  • Aggi 15 April 2023

    Lagi ngalamin nih,, baru kenal di IG karna dia follow dan DM,, trs pindah minta wa. Namanya David Liang. dia blg asal dari singapore tapi tinggal di texas. Merayu2,, Baru 2 atau 3 hari mau ngasih hadiah iphone 14 pro, tas, berlian, cincin. Trs dia kasih unjuk resinya. Jadi takut nih

  • Marjuki 14 April 2023

    Saya hari ini malah ada pesan dari WA klo kiriman paket dari London sudah datang,di bandara Ngurah Rai.
    Pengiriman lewat Fedex,isi paketnya iPhone,uang puluhan dollar,sama hadiah lain.
    Yang ngirim orangnya bilang suka saya,terus mau ke Indonesia,malah mau ngajak nikah.
    Orang yg menginformasikan paket itu minta transfer 10,5 juta.Tapi anehnya jasa pengirimannya bukan atas nama Fed ex,namanya Sky Express Courier Delivery Company,petugasnya bernama Ahmed.
    Lalu,saya bilang mau mempersiapkan uangnya.Si Ahmed ngotot minta segera ditransfer,katanya berapa dulu gtu 2 atau 5 juta.Saya bilang saya transfer 100 rb saja dulu.sisanya saya bayar saat datang.Dia marah2 lalu mengancam mau laporin saya ke polisi.
    Cara bicaranya kayak bule2 gtu,tapi pakai bahasa Indonesia,bicaranya juga agak kasar.Jadi semakin curiga.
    Lalu,saya mengirim sebuah foto yg kemungkinan foto dia,saya dptkan itu dari cewek London tadi yg ngirim paket.
    Saya tanya sama Ahmed,apa ini foto kamu.Dia kaget,dan menanyakan dapat dr mn.Saya bilang Rahasia😃.
    Terus saya tanya,posisi dia dmn,jwbnya di bandara Bali.Saya tanya lagi nama kantornya apa,dan dia gak balas lg sampai skrng.
    Saya belum transfer sepeser pun.

    Fed ex di Jakarta biasanya ,menginformasikan lewat email klo barang sudah sampai ke Indonesia dan menginformasikan Biaya bea cukai.Setelah kita melakukan pembayaran,barang dikirim dr Bali.Dan pastikan tahu no tracking kode ada 12 digit.Itu untuk mengecek sampai mana paket kita.Klo memang bener paket itu dikirim,orang yg ngirim bisa memberi 12 angka tracking tadi.
    Dan Fedex nanti akan mengirim paket ke alamat kita,bukan berubah jadi Jasa pengiriman lain.

    Hati2 ea,jgn transfer dulu,pastikan 12 digit tracking kode paketnya,biar bisa dilacak.Klo memang pengiriman itu lewat Fedex.

  • Wulan sari 14 April 2023

    Saya sedang alami sekarang kata nya dia dr London akan mengirimkan saya uang untuk membelikan saya sebuah motor,dan cincin..dia minta saya untuk tidak bicara terhadap siapapun,takut ada ny tindak kejahatannya.dia akan mengirimkan paket hari Senin kepada saya,apa yang harus saya lakukan.mohon info nya

    • Ira 14 April 2023

      Mba boleh tau siapa yang akan mengirim uang utk Mba Dri london? Soalnya saya ada jg Dpt wa begini

    • Intan 16 April 2023

      Saya juga sama dr london kak, ig y hasan namay ngakuy pilot d london. Eh blgy udh dkrm barangy trtahan r beacukai katay da uang kes g boleh. Aku blokir za lgsg

    • Riska jr 18 April 2023

      Itu tipu tipu , nanti kamu akan dimintai transfer uang dng alasan ….harap blokir saja .kalo kamu turuti uang mu bisa habis nanti temen hbis 27 JT baru ketemu aku di sosmed .sialnya lagi dia minta tolong juga disosmed akun polisi justru oknum para bandit yg ber
      Peran didalamnya utk paketan terkenal biaya lagi 2 JT ..janji tinggal janji uang melayang tak dapat apa-apa .

    • Ayu 25 April 2023

      Ka , boleh tau nama orang yg dari london siapa ? Soalnya saya juga abis d tipu

  • Hariadi 13 April 2023

    Saya dapat kenalan seorang pelaut dari luar negri …infonya dia mau main ke Indonesia.tp dia mau kirmkan barangnya dulu lewat jasa pengiriman.Saya berkata saya akan dikenakan pajak karena barang yg kamu kirm….namun dia berkata barang yg dia kirm tanggungan dia dan saya hanya menerimanya saja ,dan dia meminta alamat saya ,apakah klw orang luar ke Indonesia malas membawa barangnya sehingga dipaketkan….

    mohon arahanny bapak/ibu.terimakash

    • Riska jr 18 April 2023

      Sekali lagi jangan bersedia jika tidak tau alamat aslinya KTP pun banyak yang palsu bandit go internasional itu emang lihae dalam memalsukan semua berkas ” . Takut nya itu nanti yang dikirim kan barang ” terlarang alamat yang dipakai alamat mu jika ada apa ” kamu yang berurusan dengan polisi mereka menghilang cuci tangan .ini diluar negeri sering kali terjadi justru MBK TKW yg jdi korban barang yg datang barang terlarang , bukan seperti yg dikatakan sebelum nya .

  • Dewi 13 April 2023

    Saya sudah kena,, mudah²an klian yg baca tetp waspada, saya beli online katanya dr toko semarang, tp dia jual brg import, bru td mlm sy transfer, siang ini udh ada kurir wasp minta biaya asuransi, sebb brg import, dn biayanya 250rbu, klu gk byr diancam ke jalur hukum,katanya uang itu dlm 10 menit dipulangkan lg,, saya wasp toko ehh dia suruh ikut aturan dr kurirnya aja. Saya diam kan aja. Mau ribut udh terlanjur, tp saya gk transfer duit asuransi nya,, dia ancam penjara 5 thun. Bla bla bla sya abaikan aja,, utk semua yg baca harap kalian hati²,, jamn sekrg org mau kaya cept dgn menipu saja. 🙏 salam

  • Tania Bakkara 13 April 2023

    Saya baru aja mengalami hal yang sama.
    Kenalan di ig terus lanjut wa, orang nya baik dan sopan. Dia bilang dia duda anak 2 terus dia tinggal di Singapore dan berdomisili di USA. Suatu saat dia bilang kalo proyek nya di acc dan dia mau mengirimkan Saya hadiah berupa tas mewah, beberapa kali Saya tolak tp dia tetap kekeh akhirnyaaaaaaaa Saya iyakan. Selasa kemarin kata nya udah dikirimkan, resi nya tidak dikirim dia cuma bilang kalo hadiah nya sudah dikirim ke indo dan didalam paket itu ada duit cash dan kamis sampai dan bener banget, hari ini Ada nomor baru ngewa Saya dan bilang paket nya sudah sampai indo dan saya harus membayar biaya sebesar 15jt. Dan saya belum balas apa2. Saya masih mencari tau apakah saya ditipu apa tidak dan akhirnya saya ketemu komen2 yang udah pernah ngalamin. Nama ig nya vincent zhang

    • Syifa Fitriani 15 April 2023

      Saya juga sepertinya kena tipu mba, saya kenalan di starmaker dia begitu baik dan sopan, selalu perhatian, kasusnya sama dengan mba katanya dia menang project dan mau mengirim saya hadiah, kemarin ada wa dari no tak dikenal dan mengaku sebagai kurir lalu menyuruh saya mentransfer 5jt untuk biaya clearance, saya transfer 500.000 karena katanya tidak apa2, tadinya saya merasa tidak enak pada si pengirim karena seolah dia sudah mengirimkan semua uangnya ke saya, 20.000 dolar. Jadi saya masih belum tahu kalau saya ditipu, pihak kurir terus mendesak saya untuk mentransfer kembali dan orang yang selalu me wa saya terus membujuk untuk meminjam uang dan mengusahakan uang yang diminta kurir. Kurir malah jadi minta 10jt lagi, saya pikir lebih baik dikembalikan lagi tapi tetap harus bayar setengahnya berarti 5 juta lagi donk, saya sampai menjual emas elektrik saya, untungnya belum cair dan tak bisa saya transfer kan, tapi saya masih takut pihak kurir palsunya mengancam lagi. Setelah membaca komen-komen barulah saya sadar bahwa mungkin ini penipuan juga, apalagi setelah membaca komen mba Tania yang hampir mirip cerita saya.

    • Reni 17 April 2023

      Beneran kak, q juga kejadian ini mirip dengan q dia bilang duda anak 2 dari Brunei dan tinggal di Bristol, orang nya juga baik dan sopan saat ini dia maksa maksa q kasih alamat mau kirim hadiah

    • Lakuning 19 April 2023

      Kelanjutan nya bagaimana kak? Kakak tetap transfer/membiarkan dan memblokir nya

  • Rahmatiah 13 April 2023

    Saya juga mengalami kejadian seperti diatas,mengaku namax Muhammed Hassan nomor kontaknya +234 706 946 7447 dia mau mengirimkan saya beberapa barang dan mengirimkan saya video saat dia berbelanja dia mengatakan saya harus membayar 2 juta untuk bea cukai tapi saya mengatakan saya tidak punya uang terus dia bilang lagi sudah menelpon perusahaan jasa untuk menyuruh saya membayar 1 juta saja dan dia juga mengirimkan saya resi,dan hari ini paketnya akan tiba di Indonesia, mohon solusinya apakah saya harus bayar uang tersebut 🙏

  • No name 12 April 2023

    Sayapun mengalaminya sekarang. Haha
    Awalnya dia dm d ig dan katanya dia seorang tentara d Amerika tapi asalnya dari Korea Selatan, namanya Hyun jin Yoo-Suk kami baru chatting an d WA beberapa hari lalu dan dia ingin mengirimkan hadiah dan si kurir meminta saya untuk membayar biaya pengiriman sbesar 1,5jt
    Benar-benar oppaa ini keterlaluan 🤣🤣

  • No name 12 April 2023

    Sayapun mengalaminya sekarang. Haha
    Awalnya dia dm d ig dan katanya dia seorang tentara d Amerika tapi asalnya dari Korea Selatan, namanya Hyun jin Yoo-suk, kami baru chatting an d WA beberapa hari lalu dan dia ingin mengirimkan hadiah dan si kurir meminta saya untuk membayar biaya pengiriman sbesar 1,5jt
    Benar-benar oppaa ini keterlaluan 🤣🤣

  • SRIM 12 April 2023

    Hi, baru sj sy di tlp dari pihak kurir Expedisi Batam menginfokan kalo sy ada paket dari LN ( Dubai ) an. OLSEN dan meminta sy bayar pajak Rp.7.000.000, sy tidak mau…

    Ceritanya.. dalam 2minggu ini sy dapat Dm dari IG bernama Olsen org Switzeland sbg Interior contrantor tinggal di Dubai dia bilang suka dan in love bahkan lengen nikahin, tau tahu minta alamat dan bilang mau kirim hadiah ; Jam tangan mewah merk Chopard , I phone 14 pro Max, Bag Branded, kalung etc.

    Sy tidak mau bayar Fee Tax’ sy mau barangnya kirim dulu dan jelas… jika tidak jelas sorry yaa… sy gak butuh itu semua’ sy bisa beli sendiri.

    Feeling sy tidak enak maka sy cuekin dan dia tlp marah marah , mengancam mau laporkan sy ke kantor polisi… sp takut ?! Yg menipu itu sy apa dia ?! Hahah

    Tolong kalian jangan pernah mudah percaya yaa…

    Pihak Kurir Batam an. BNI 1426758395 atas Nama Lusiana Novita sari

    Mereka bekerjasama / pasangan penipu

    Waspasa waspadaaaa

  • Nurhayati 12 April 2023

    Saya juga punya kenalan baru kenal sudah mau ngasih hadia barang barang mewah dan hari ini pihak kurir nya minta di transfer sebesar 3 jt kira kira ini penipuan tau gimana ya

  • Pipit 11 April 2023

    Berarti harus dibiarkan saja kalo ada kurir yg ngomong harus bayar ka?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *