Logistik

Waspada, Begini Ciri-ciri Penipuan Paket Luar Negeri yang Perlu Anda Tahu!

penipuan paket luar negeri

Membeli paket dari luar negeri saat ini bukanlah perkara sulit. Anda bisa membeli barang dari negara manapun yang Anda mau. Hanya melalui smartphone, Anda bisa mendapatkan berbagai paket luar negeri. Namun hati-hati, ciri-ciri penipuan paket luar negeri perlu Anda waspadai supaya tidak tertipu.

Pasalnya, saat ini banyak oknum nakal yang memanfaatkan mudahnya jual beli online luar negeri dengan cara menipu. Perlu Anda ketahui bahwa pengiriman paket dari luar negeri membutuhkan biaya bea cukai serta biaya lainnya yang disebut clearance. 

Nah, oknum penipu memanfaatkan hal ini untuk meminta pembeli melakukan pembayaran biaya clearance terlebih dahulu, padahal barang tidak dikirim. Selain itu, oknum juga tidak jarang menggunakan kurir palsu untuk memanipulasi kondisi bahwa barang sedang dikirim, padahal tidak.

Ciri-ciri Penipuan Paket Luar Negeri

Untuk meminimalisir terjadinya penipuan orang luar negeri yang merugikan, Anda perlu tahu ciri-ciri penipuan paket luar negeri sebagai berikut:

1. Pendekatan Melalui Media Sosial

Ciri-ciri penipuan paket luar negeri yang pertama umumnya dilakukan melalui media sosial. Pelaku akan berkenalan dengan korban melalui media sosial, kemudian mengaku sebagai penjual produk dari luar negeri, atau bahkan akan mengirimkan hadiah dari luar negeri.

Dalam hal ini, pelaku sudah mengincar korban terlebih dahulu dengan mengantongi data diri korban. Pelaku tahu nama lengkap korban, nomor telepon, alamat email, hingga alamat usahanya sehingga tampak meyakinkan.

Pelaku terkadang juga menyamar sebagai rekan bisnis yang mengajak bekerja sama dengan iming-iming menarik. Oleh karena itu, Anda perlu waspada jika ada orang tak dikenal tiba-tiba mengajak interaksi via media sosial, terlebih jika Anda tidak terlalu aktif bermedia sosial.

Baca juga: Ternyata Begini Cara Kirim Paket ke Luar Negeri, Gampang!

2. Menggunakan Kurir Palsu

Pelaku terdiri dari minimal 2 orang, satu orang sebagai orang yang mengajak berkenalan secara personal (modus). Orang ini mengumpulkan data dan informasi mengenai korban, menghubungi, dan kemudian merayu korban.

Selanjutnya, orang kedua berlaku sebagai kurir palsu yang mengirimkan barang. Setelah korban tahu barang dari luar negeri akan dikirim, maka kurir palsu akan ditunjuk, seolah-olah sedang mengirimkan barang kepada korban.

3. Menggunakan Resi Palsu

Tak hanya kurir palsu, ciri-ciri penipuan paket luar negeri juga menggunakan resi palsu. Pelaku akan membuat resi palsu dan mengirimkan pada korban. Korban akan percaya karena resi yang dibuat benar-benar mirip dengan aslinya.

Oleh karena itu, ketika Anda mendapatkan resi pengiriman barang, segera cek resi tersebut apakah asli atau palsu. Pastikan juga perusahaan pengiriman barang tersebut benar-benar ada dan terpercaya.

4. Meminta Biaya Clearance

Selanjutnya, ciri-ciri penipuan pengiriman barang dari luar negeri berikutnya adalah adanya permintaan pembayaran clearance. Pelaku beralasan bahwa barang telah dikirimkan ke Indonesia, namun kurir tidak bisa bergerak karena biaya clearance belum dibayar. 

Pelaku kemudian meminta korban untuk membayar sejumlah biaya melalui transfer ke rekening atau akun pelaku. Biasanya nominal biaya yang diminta cukup besar, terlebih jika modus tersebut adalah memberi hadiah. Anda dipaksa untuk membayar sejumlah uang terlebih dahulu.

Baca juga: Cara Kirim Paket COD Tanpa Marketplace, SAP Express Solusinya

5. Pelaku Menghilang

Nah, setelah korban melakukan transfer biaya clearance, kemudian pelaku akan menghilang. Korban tidak bisa berkutik karena kesulitan melakukan verifikasi baik dengan pihak bank maupun kurir. 

Karena adanya perbedaan negara, maka proses verifikasi bank akan dilakukan dalam waktu yang lama. Namun pada saat ini, uang korban sudah diambil oleh pelaku dan barang tidak sampai ke tangan korban.

6. Penggunaan Bahasa yang Tidak Profesional

Ciri-ciri penipuan paket luar negeri berikutnya adalah penggunaan bahasa yang tidak profesional dari pelaku. Ketika pelaku mengirimkan pesan melalui media sosial atau email, amati bahasa yang digunakan. Jika tidak profesional, bahkan typo atau salah grammar, maka Anda patut curiga.

Pasalnya, pada saat oknum pelaku mengatasnamakan perusahaan atau bank tertentu, seharusnya bahasa yang digunakan profesional layaknya sebuah institusi. Namun jika terlihat rancu dengan bahasa yang kacau, maka bisa jadi ini merupakan tindakan penipuan.

7. Alamat Email atau Nomor Telepon Tidak Resmi

Penipuan lewat wa, email, atau telepon dari luar negeri patut Anda curigai jika berasal dari nomor telepon atau alamat email yang tidak resmi. Dalam hal ini, pelaku memberikan alamat email atau nomor telepon yang tidak meyakinkan.

Padahal, sebagai perusahaan profesional yang hendak mengirimkan hadiah atau menjalin kerja sama, tentunya email dan nomor telepon yang digunakan haruslah resmi. Bukan email perorangan, apalagi dengan domain yang tidak jelas.

jasa pengiriman barang internasional termurah

8. Meminta Data Pribadi yang Tidak Perlu

Anda patut curiga terjadi penipuan paket luar negeri ketika pelaku meminta data pribadi yang tidak perlu dan di luar nalar. Umumnya, data pribadi yang diminta hanyalah sebatas KTP dan alamat email.

Namun jika ia sudah meminta foto KTP, 4 digit nomor kartu debit, bahkan password tertentu, maka sudah bisa dipastikan Anda sedang diincar penipu. Anda perlu meningkatkan kewaspadaan jika terjadi hal-hal tersebut.

9 Mengklaim Punya Perusahaan Importir Pribadi

Ciri-ciri penipuan paket luar negeri berikutnya adalah pelaku mengaku memiliki perusahaan importir pribadi, tidak lagi mencatut nama perusahaan importir yang sudah dikenal. Tujuannya adalah agar perusahaan importir yang dicatut namanya tidak melapor ke pihak berwajib. Tujuan lainnya adalah untuk mengelabuhi korban agar percaya pada pelaku.

Untuk menghindarinya, Anda perlu mencari tahu mengenai perusahaan importir yang dimaksud. Cek apakah benar perusahaan tersebut ada dan legal. Jangan sampai Anda menjadi korban lantaran tergiur paket pengiriman dari luar negeri.

10. Dilakukan oleh Dua Orang Pelaku

Seperti yang dibahas di poin sebelumnya, penipuan paket luar negeri biasanya dilakukan oleh dua orang pelaku. Pelaku pertama akan mengumpulkan informasi dan data korban lalu mengelabui korban dengan berbagai iming-iming.

Sedangkan pelaku kedua menyamar sebagai kurir yang akan mengirimkan paket, atau bahkan mengaku sebagai pemilik jasa kurir pribadi. Ia akan membuat jasa pengiriman paket tersebut terlihat meyakinkan meskipun sebenarnya tidak aman dan legal.

Bisnis online

Kirim Barang ke Luar Negeri dengan SAP Express

Banyaknya penipuan paket dari luar negeri tentu membuat siapa saja was-was. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan Anda memilih jasa pengiriman luar negeri terpercaya untuk paket Anda. SAP Express merupakan jasa kirim barang ke luar negeri yang aman dan dan terbaik.

SAP Express melayani pengiriman barang ke berbagai negara, seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Hongkong, Taiwan, Vietnam, dan Australia. Tidak hanya pengiriman ke luar negeri, SAP Express juga melayani pengiriman barang dari luar negeri. Lantas berapa lama pengiriman paket dari luar negeri melalui SAP Express? Tentunya untuk estimasi biaya pengiriman dari negara mana paket dikirimkan. Untuk informasi lebih lanjut, cek ongkir SAP Express di sini.

Nah, sekarang sudah tahu kan ciri-ciri penipuan paket luar negeri apa saja yang perlu Anda waspadai? Pastikan Anda melakukan transaksi atau jual beli dengan pihak yang terpercaya agar tidak menjadi korban penipuan. Terlebih saat berhubungan dengan pihak luar negeri, Anda perlu lebih waspada ya!

1,495 Comments

  • Ika.iko 26 Maret 2023

    Nah, sy juga hampir Kena ini. Awalnya nge-dm di Ig, trus minta no wa. Good looking sih orang Korea ngakunya kerja di Ottawa. No hp pun nomer Canada. Intens sering chat, ngakunya duda dtinggal selingkuh. Karna aq org nya penggila Drakor ya seneng dong dpt kenalan org Korea, karna sy klo sudah kepo bisa jadi detektif dadakan. Sy cek2 follower Ig doi, dsini mulai curiga kok followernya ga jelas smua dan bbrapa ada org indo. Finally sy DM lah org2 info yg di follow doi. Akhirnya ada 2 org yg bls, dan ternyata sama di DM sama doi dminta no wa.
    Salah satunya masih anak muda, akun Dy isinya KPop smua, sy chat nomer anak itu katanya juga sama persis dkirim iPhone, tas, jam tangan sama uang sekian dolar, dkasih resi juga, nah ditlp dah tu suruh byr 15jt karna pajak. Walhasil Dy ga bisa byr org Dy kerja jaga toko duit dari maneee. . Dy dtlp terus2an dan dikata2in. Sampe skrg pketnya ga diambil. TPI sampe skrg itu org masih aktif wa juga Ig, tak biarin aja klo chat ya sy jawab itung2 belajar BHS Inggris.
    So far, buat yg lain hati2 yaa. . ❤️

  • Shintaekaputri* 25 Maret 2023

    Itu yang dialami saat ini.. Ada di Bali mereka mendesak saya agar melakukan pembayaran.. Dan orang yang mengirimkan saya paket nya agar membayar biaya bea cukai nya dan ikuti prosedur mereka agar barang yang dia kirim tidak sia sia katanya. *

  • Suzan 25 Maret 2023

    Saya juga sekarang dalam keadaan yang sama seperti mereka,tapi saya tidak mau menerima paket itu dan tidak mau membayarnya,karena harus bayar cukai 5 juta.Sekarang apa yang harus saya lakukan? Apakah ini penipuan, saya sudah curiga maka dari itu saya tidak mau menerima dan membayar nya

  • Reny Patmawaty 25 Maret 2023

    Peesis seperti komen ” di atas. Saya sampe transfer 1 jt .dia seorang pilot anak satu cewe katanya di tinggal istri nya meninggal kecelakaan. Masa Allah bodoh sekali saya sampe tertipu .kaya di hepnotis gampang percaya .kirain saya doang yg kena tipu .ternyata udah banyak korban ya.

  • Fenty 24 Maret 2023

    Teman2 jangan percya org asing mau kirim paket, jngn mudah kena rayu omongn mnis ny, aplgi mau trnsfer uang jngn mau itu penipuan , mereka cuma berani ancam2 saja, smua itu penipuan cewek2 Indonesia bnyk yg tertipu d sruh transfer k bank jago, Logika ny mn ada nama bang jago, smkin kalian tanggapin smkin jadi mreka merayu dengan sgala cara dan nti kalian terbuai, stop sblum uang kalian d tipu ny, paket itu tidak akan pernah ada..be smart .

  • Amira 24 Maret 2023

    Hampir sama kejadian, dan cerita yang saya alami. Pertama kenalan ngakunya duda anak satu, orang Malaysia tinggal di London. Dengan bahasa rayuan dan pengakuan, dengan dalih anaknya mengagumi ku, dan ayah, padahal aku sudah bilang aku ibu rumahtangga yang sudah bersuami dan dua orang anak. Dengan dalih ingin memberi kan hadiah. Pertama sudah ku tolak. Tapi akhirnya aku luluh, dengan rayuan menyambut bulan Ramadhan Mubarok. Setelah hadiah di kirim, saya suruh Nebus di bea cukai 6jt.
    Alhamdulillah
    Tapi saya tidak kirim uang, karena banyak tulisan yg typo.
    Isi hadiah yang mereka kirim
    Baju, parfum,hp, sandal, perhiasan, tumpukan uang dolar, itu bagiku sudah di luar nalar, dari awal sudah curiga, tapi ku ikuti permainan nya
    Hingga pihak bea cukai, mengkonfirmasi ada paket dari London.
    Nomor bea cukai langsung ku kirimkan ke nomor wa si pengirim.
    Karena dari awal sudah ku tanya kan, gak ada masalah kan dengan pihak bea cukai?
    Dia menjawab tidak.
    Dengan berbagai alasan aku tidak bisa bayar.
    Tapi mengancam dengan gambar tangan yang penuh luka dan berdarah.

  • Siti hanafia 24 Maret 2023

    Sekarang saya lagi ada di fase ini ka, awalnya kenalan di IG chat lalu dia mnta no WA ku, tdak lma kmudian saling chat lwat whatsapp, pas berjalannya wktu 2atau 3minggu kemarin dia tiba2 mnta fto tngan aku, aku juga ngga tau ngapain, eee tau2 x pas malam dia tba2 chat kta x dia akan krim sya cincin HP iPhone, smpe dia krim video cincin HP tersebut ke sya, dan tdi dia ke kantor pos untuk krim brang trsebut ke sya, apakah ini penipuan atau bgmna kak?

  • Ika 24 Maret 2023

    Eh sama sy juga saat ini di hubungi lewat DM Ig katanya orang Singapura kerja di maskapai penerbangan London. Orangnya gud looking bilangnya duda anak 1 perempuan istrinya mati kena kanker. Baru kenal uda bilang cinta” dan tadi wa mau kasih hadiah, sempet di kirim foto n video barang + uang dolar dan pengiriman jg dpt foto resi pembayaran, besok pagi akan ditelpon pihak jasa paket agar sy membayar uang paket 5 jt. Bisa jadi itu penipuan yaa

    • ara 24 Maret 2023

      mending cari aman aja kak asli aku juga lagi ngerasain kaya kaka

  • Tio nababan 23 Maret 2023

    Saya pun mengalami yang sama juga seperti diatas
    Ada yang ajak saya berkenalan di ig, nama nya mr.david young dia berasal dari sarawak dan bekerja diwinghston DC dinegara amerika seminggu berkenalan di ig, orang tersebut menawarkan untuk chat melalui wa biar kenal lebih enak lagi,gitu kata nya..
    Lepas sudah mulai chat dari wa dia bertanya hari ultah saya, terus saya bagi tau hari ultah saya tersebut dan setelah itu dia berinisiatif mau kasih saya hadiah berupa emas,tas branded,iphone,sepatu,parfum dan sebagainya.. Dari situ saya tidak ada punya pikiran yang bahwasannya itu sebuah penipuan, setelah itu dia juga ngirim sebuah vidio bahwasannya paket tersebut sudah dipacking dengan benar.. Habis itu dia juga menaruhkan uang sebanyak $20.000 lepas itu dia menanyakkan nama lengkap,alamat,dan no.telfon saya, terus dengan polos nya saya menulis semua nya itu.. Dia berkata sudah dihantar paket nya dan akan tiba kamis pagi paket tersebut.. Dia berharap paket tersebut saya terima, sebelum itu saya berkata dengan dia apakah ada melakukan pembayaran terlebih dahulu?? Dia menjawab tidak ada pembayaran, setelah tiba hari kamis pagi sekarang ada pusat kurir wa saya pihak kurir tersebut meminta melakukan pembayaran bea cukai terlebih dahulu agar bisa paket nya ke tangan saya, lepas itu dia bagi no. Rek. Bank JAGO dia memerintah saya untuk kirim kesitu, lepas saya kirim kurir tersebut kata akan dikonfirmasikan terlebih dahulu,setelah itu dia berkata lagi ada uang didalam paket saya tersebut untuk menukar mata uang asing ke mata uang indonesia kata nya, kurir tersebut meminta saya untuk melakukan pembayaran sebanyak 3jt dengan no.rek yang sama saya sudah mentransfer uanh tersebut.. Tiba setelah itu kurir tersebut berkata bahwa paket saya ditahan karna duit tersebut sangat banyak itu termasuk pencucian uang ilegal kata kurir nya, terus kurir tersebut mengancam saya untuk masuk penjara kalau tidak saya bayar kepada mereka lagi ..
    Sudah 4juta uang saya habis kepada mereka tapi sampai sekarang paket nya belum.sampai ke saya.. Jika saya tidak melakukan pembayaran tersebut apa saya benaran ditangkap polisi?? Tolong kasih solusi nya kawan” terima kasih🙏

    • Kwkao 24 Maret 2023

      Mr. Tio Nababan aku juga mengalami yang sama dengan mu, dengan tuan Daniel Lee itu, astaga aku baru semalam dia mau mengirimkan ku sebuah cincin, trs aku di suruh bayar cukainya sebesar 5jt sama kurirnya, katanya paketnya sudah berada di bandara Indonesia, aku di spam sama orng kurirnya jam 5am, aku ga yakin soalnya kan ga mungkin kang kurir nyepam, trs dan paling aku minta nmr reg nya, di kasih bank BRI, tapi namanya nama cwek Indonesia, dan paling lucunya si Mr. Daniel Lee ini memaksa aku buat membayarnya, soalnya Mr. Daniel Lee itu bilang di paket yang dia kirim itu dia menaruh uang sebesar 5rb dollar, karena Mr. Daniel Lee di beri tau kalo paket itu sampai ke aku aku harus membayar sisanya, aku ga yakin sampai sekarang aku berkomunikasi dengan dia, aku malah balik bodo bodohhi kang kurir dan Mr. Daniel Lee Mr. Daniel Lee sangat marah kpdaku karena aku tidak membayar itu paket, sedangkan kang kurir mengancam aku kalau tidak ku bayar itu paketnya aku bakal di penjara, hah aku mah bodo amat, mau pakai pasal apa? Mau pakai polisi apa?, Mau pakai hukum apa mereka mempenjarakan ku, yg lucunya kang paket itu dari Londo, pakai nmr Filipina, trs dia tau kalo paket itu sudah berada di bandara menggunakan kurir fadex, gitu

    • may 27 Maret 2023

      kasusnya hampir sama kek aku kak. terus sekarang kakaknya masih dihubungi lagi gak ya?
      bisa tidak sih uang kita kembali?

  • Chyci 23 Maret 2023

    Saya juga sudah kena tipu dengan modus merayu,mengajak pacaran dan mengirimkan saya hadiah,dan bodohnya saya sebenarnya sudah curiga tetapi saya masih saja mentransfer sejumlah uang kepada penipu itu,kalau kata saudara saya mungkin kena hipnotis sehingga menuruti permintaan mereka,dan saya sudah kejilangan banyak uang karena itu,,,
    Mohon bantuannya teman2 dimana saya dapat melaporkan kasus saya ini??😔😔🙏

  • Putrirevast04 23 Maret 2023

    Sama kejadian seperti saya saat ini. Awalnya ia DM di Ig. Lalu setelah lama kemudian saya follback lalu ia meminta nomor wa dan saya kasih. Setelah mengenal seminggu kemudian ia menjanjikan untuk memberikan hadiah pada ibunya dan ia bilang untuk saya. Ia mengaku duda anak 1 istrinya meninggal kecelakaan dan saya di janjikan untuk diberikan paket dan hadiah dengan berupa uang. Tetapi ada kurir yang meminta transfern 7jt saya baru transfer 4jt bodohnya saya kena rayuan itu. Dan memaksa sya agar secepatnya transfer

  • Fathia 22 Maret 2023

    Walah kak, sama persis ini sama saya wkwkwkw tapi saya langsung tanya ke teman. Karena rancu bgt, kenapa harus bayar menerima paketnya itu. Alhamdulillah, sampe skarang masih saya tanggepin aja orangnya lumayan buat iseng iseng chat…

    *Saya Agen* *Maxon dari jasa kurir luar negeri. Dengan ini kami memberi tahu Anda bahwa paket Anda 📦 dikirim dari
    THAILAND oleh (Mr MARTINS MOHAMMED)

    Gayanya sih, Assistant Manager Dealer Mobil BMW Thailand, Duda Anak 1 cewek namanya Nayala. Dia yatim piatu sempat tinggal di london. Setiap video call, video nya burem gak asli kyk video call…

    Nama nya Martin Mohammed, ada tuh Facebooknya Leau Martins, gue udah tanya kok gak di aktifin Facebooknya. Kata dia ke blokir,dll lah. Gue tantang ke indonesia katanya bulan depan. Dan karena paketnya gk gue tebus, dia ngancem buat bunuh diri trus menelantarkan anak ceweknya wkwkwkwk gue jadi penasaran sama yg di profile fotonya. Pake jas terus

    • Kwkao 24 Maret 2023

      Sama sama😂

  • Enda 22 Maret 2023

    Itu juga yang saya alami Mengapa saya bodoh mengirimkan uang , untung hanya jumlah yang kecil , 1 juta rupiah
    Mereka memaksa saya untuk membayar biaya kekurangan mendesak saya terus menerus , ancaman terus menerus yang saya terima , mengancam akan mengirimkan polisi ke tempat saya tinggal , dari sini kita paham tidak ada orang yg dapat kita percaya. Jadi berhati hati dalam mengambil keputusan

  • enidjsihombing 20 Maret 2023

    ini ceritanya hampir2 mirip semua modusnya…dari semua yang ditanyakan diatas jelas semuanya benar ke arah penipuan, jangan ladeni, jangan dilanjutkan, jangan ditransfer….

    Saya pernah pura2 ladeni kenalan spt ini, itung2 untuk melatih kelancaran bahasa inggris saya, tapi kalau ada yang minta alamat email, alamat rumah saya sudha tahu itu penipu…kalau mau kirim barang saya selalu bilang terimaksih semuanya sudah ada.
    Jangan diladeni dan jangan tergiur hadiah yang mereka kirim , itu semua nya palsu …semangat berjaga – jaga semua, jangan lupa berdoa supaya terhindar dari bahaya…semangat

    • Jiana 25 Maret 2023

      ini yang saya alami sekarang,saya kenal cwok lewat snack video trus dia minta no.wa,kami lanjut chatingan di wa,dia bernama willing Patrick,dia bilang mau kirim hadiah tas,pakaian,sepatu,hp, perhiasan dan dia minta alamat rumah saya dan bodohnya saya kasih alamat rumah saya,terus sebaiknya apa yang saya lakukan tapi dia tidak minta email saya,tolong bantuannya

  • Lia 19 Maret 2023

    Sama kejadian nya dengan saya..awalnya ada yg nge dm di IG kenalan ngakunya orang philipina yg kerja di Toronto Canada sebagai Manager di Canada airlines…terus ngakunya duda anak 1 sudah bercerai 4th yg lalu..wajahnya good looking dia minta no wa…dan chat an nya intens dan sering memuji..kadang telp dan sering kirim video atau foto..setelah seminggu katanya di mau shoping dan memberikan sy hadiah..sepatu tas emas iphone dan uang dolar yg di masukan ke tas..dikirimin video nge packing hadiahnya sampai video ke kantor pos nya di canada..besok nya ada telp dari kurir yg bilang kalo paketnya sudah sampai di indonesia dan minta tf 7jt. Hampir saja saya kemakan rayuan nya namun alhamdulilah masih di lindungi Alloh. Dan dia maksa (pelaku & kurir) untuk segera transfer uang.karena saya tidak tfr dan saya marahi kurir..dan saya sebut mereka penipu..dan bersekongkol..nama pelaku di ig abdul_brahim5657…hati hati ya…terimakasih buat yg sudah share…

  • Triyadi Komrina 17 Maret 2023

    Itu betul ! saya jg mengalami
    Sad to say… bajak foto DRI dan putra
    Pake sumpah an Al’quran demi niatnya
    Merayu dg roman picisan.
    Kini dia ngilang no di blokirnya
    Warga Indo sering jadi korban
    Hati2 ya kawsn

  • lusi 17 Maret 2023

    saya juga hampir kena tipu sekaligus sama 2 orang. yang satu nama Feng-Harris dia asal china tinggal di california dia mengirimku paket seberat 45 kg. dan satu lagi Kiyong dia dari korea. dia juga memberiku banyak sekali hadiah dan barang bermerk. untung saya sudah baca artikel ini. saya tidak akan bayar apapun nanti

  • Nita 17 Maret 2023

    Saat ini saya sedang mengalaminya
    Berawal kenal di akun IG,lalu minta no WA,namanya yusuf muhammad. Mengaku orang Singapura duda anak 1,tinggal diLondon.
    Dia bilang akan investasi di Indonesia
    Dia akan mengirim dana pada saya.
    Awalnya saya tidak mau,tapi karena dia memaksa saya jadi mau memberi alamat rumah saya.sehari kemudian ada orang menghubungi saya bahwa saya mendapat paket dari London,dan meminta saya membayar 5 jt dan memberi no rek BNI,awalnya saya tidak sanggup,tapi yusuf mohon saya membayar agar dapat menerima paket.saya berhutang ,setelah saya TF pihak paket menghubungi akan merilis paket tsb,tapi tidak lana kemudian saya dihubungi lagi katanya paketnya bermasalah telah melanggar hukum karena isi paketnya adalah uang.lantas say minta dikembalikan saja paketnya .tp yusuf terus menghubungi saya agar bisa TF lagi untuk membayar biaya pengembalian paket ke luar negeri.dengan iming2 akan mengganti semua biaya yg telah saya keluarkan dan akan nemberi imbalan 150 jt jika paket sdh kembali ke London.tapi saya hanya ingin uang saya kembali bukan iming2 yang dijanjikan.
    Saya sdh TF 12 jt.
    Tapi yusuf menghubungi lagi katanya paket ditahan dan orang paketnya tertangkap,pihak otoritas Indonesia meminta uang jaminan 10 jt kalau tidak yusuf akan dilaporkan ke polisi termasuk saya,
    Bagaimana ini,apakah ini juga penipuan??saya takut ,saya blokir no yusuf tp dia menghubungi saya menggunakan no baru sampai 2 kali.

    • Dwi Antari 28 Maret 2023

      Ya ampun kak Nita sabar yaa…..itu memang penipuan, modus nya tuh macem2….mereka lihai bgt. Jahat nya
      Jangan di tanggapi, diamkan saja kak. Aku juga korban, udah habis 8jt aku transfr ke Bank BRI dan anehnya pake no account perorangan bukan perusahaan jasa pengiriman (Swift Shipping).
      Sampai saat ini itu org masih terus meminta aku untuk bayar bea cukai 10jt. WA dan telp2 terus, tapi tidak aku angkat.
      Jangan kebawa arus ya Kak Nita, itu modus penipuan juga.

  • Zemma 16 Maret 2023

    Saya mau bertanya,,
    sy berkenalan dg nomer +60 11…
    Mengaku org malaysa dan mau kirim kan sy uang sebesar 5000Dolar melalu akun jago…apakah ini penipuaN?
    Apakah diluar negeri hanya bisa transfer via akun jago? Mohon info kejelasannya ..terima kasih

    • Dwi Antari 28 Maret 2023

      Ati2 kak Zemma itu udah pasti penipuan jangan kebawa arus sm dia yaa…..
      Aku juga korban, dan selalu bank Jago.
      Ngaku duda, istri meninggal, dia anak yatim piatu, punya anak 1, dll…..bullshit deh

  • Nasmawati 16 Maret 2023

    Saya jga gitu Jadi ngga usah transfer Yach atau bagaimna, krna saya di ancam dilaporin kepolisi kalau ngga bayar cukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *