Logistik

Waspada, Begini Ciri-ciri Penipuan Paket Luar Negeri yang Perlu Anda Tahu!

penipuan paket luar negeri

Membeli paket dari luar negeri saat ini bukanlah perkara sulit. Anda bisa membeli barang dari negara manapun yang Anda mau. Hanya melalui smartphone, Anda bisa mendapatkan berbagai paket luar negeri. Namun hati-hati, ciri-ciri penipuan paket luar negeri perlu Anda waspadai supaya tidak tertipu.

Pasalnya, saat ini banyak oknum nakal yang memanfaatkan mudahnya jual beli online luar negeri dengan cara menipu. Perlu Anda ketahui bahwa pengiriman paket dari luar negeri membutuhkan biaya bea cukai serta biaya lainnya yang disebut clearance. 

Nah, oknum penipu memanfaatkan hal ini untuk meminta pembeli melakukan pembayaran biaya clearance terlebih dahulu, padahal barang tidak dikirim. Selain itu, oknum juga tidak jarang menggunakan kurir palsu untuk memanipulasi kondisi bahwa barang sedang dikirim, padahal tidak.

Ciri-ciri Penipuan Paket Luar Negeri

Untuk meminimalisir terjadinya penipuan orang luar negeri yang merugikan, Anda perlu tahu ciri-ciri penipuan paket luar negeri sebagai berikut:

1. Pendekatan Melalui Media Sosial

Ciri-ciri penipuan paket luar negeri yang pertama umumnya dilakukan melalui media sosial. Pelaku akan berkenalan dengan korban melalui media sosial, kemudian mengaku sebagai penjual produk dari luar negeri, atau bahkan akan mengirimkan hadiah dari luar negeri.

Dalam hal ini, pelaku sudah mengincar korban terlebih dahulu dengan mengantongi data diri korban. Pelaku tahu nama lengkap korban, nomor telepon, alamat email, hingga alamat usahanya sehingga tampak meyakinkan.

Pelaku terkadang juga menyamar sebagai rekan bisnis yang mengajak bekerja sama dengan iming-iming menarik. Oleh karena itu, Anda perlu waspada jika ada orang tak dikenal tiba-tiba mengajak interaksi via media sosial, terlebih jika Anda tidak terlalu aktif bermedia sosial.

Baca juga: Ternyata Begini Cara Kirim Paket ke Luar Negeri, Gampang!

2. Menggunakan Kurir Palsu

Pelaku terdiri dari minimal 2 orang, satu orang sebagai orang yang mengajak berkenalan secara personal (modus). Orang ini mengumpulkan data dan informasi mengenai korban, menghubungi, dan kemudian merayu korban.

Selanjutnya, orang kedua berlaku sebagai kurir palsu yang mengirimkan barang. Setelah korban tahu barang dari luar negeri akan dikirim, maka kurir palsu akan ditunjuk, seolah-olah sedang mengirimkan barang kepada korban.

3. Menggunakan Resi Palsu

Tak hanya kurir palsu, ciri-ciri penipuan paket luar negeri juga menggunakan resi palsu. Pelaku akan membuat resi palsu dan mengirimkan pada korban. Korban akan percaya karena resi yang dibuat benar-benar mirip dengan aslinya.

Oleh karena itu, ketika Anda mendapatkan resi pengiriman barang, segera cek resi tersebut apakah asli atau palsu. Pastikan juga perusahaan pengiriman barang tersebut benar-benar ada dan terpercaya.

4. Meminta Biaya Clearance

Selanjutnya, ciri-ciri penipuan pengiriman barang dari luar negeri berikutnya adalah adanya permintaan pembayaran clearance. Pelaku beralasan bahwa barang telah dikirimkan ke Indonesia, namun kurir tidak bisa bergerak karena biaya clearance belum dibayar. 

Pelaku kemudian meminta korban untuk membayar sejumlah biaya melalui transfer ke rekening atau akun pelaku. Biasanya nominal biaya yang diminta cukup besar, terlebih jika modus tersebut adalah memberi hadiah. Anda dipaksa untuk membayar sejumlah uang terlebih dahulu.

Baca juga: Cara Kirim Paket COD Tanpa Marketplace, SAP Express Solusinya

5. Pelaku Menghilang

Nah, setelah korban melakukan transfer biaya clearance, kemudian pelaku akan menghilang. Korban tidak bisa berkutik karena kesulitan melakukan verifikasi baik dengan pihak bank maupun kurir. 

Karena adanya perbedaan negara, maka proses verifikasi bank akan dilakukan dalam waktu yang lama. Namun pada saat ini, uang korban sudah diambil oleh pelaku dan barang tidak sampai ke tangan korban.

6. Penggunaan Bahasa yang Tidak Profesional

Ciri-ciri penipuan paket luar negeri berikutnya adalah penggunaan bahasa yang tidak profesional dari pelaku. Ketika pelaku mengirimkan pesan melalui media sosial atau email, amati bahasa yang digunakan. Jika tidak profesional, bahkan typo atau salah grammar, maka Anda patut curiga.

Pasalnya, pada saat oknum pelaku mengatasnamakan perusahaan atau bank tertentu, seharusnya bahasa yang digunakan profesional layaknya sebuah institusi. Namun jika terlihat rancu dengan bahasa yang kacau, maka bisa jadi ini merupakan tindakan penipuan.

7. Alamat Email atau Nomor Telepon Tidak Resmi

Penipuan lewat wa, email, atau telepon dari luar negeri patut Anda curigai jika berasal dari nomor telepon atau alamat email yang tidak resmi. Dalam hal ini, pelaku memberikan alamat email atau nomor telepon yang tidak meyakinkan.

Padahal, sebagai perusahaan profesional yang hendak mengirimkan hadiah atau menjalin kerja sama, tentunya email dan nomor telepon yang digunakan haruslah resmi. Bukan email perorangan, apalagi dengan domain yang tidak jelas.

jasa pengiriman barang internasional termurah

8. Meminta Data Pribadi yang Tidak Perlu

Anda patut curiga terjadi penipuan paket luar negeri ketika pelaku meminta data pribadi yang tidak perlu dan di luar nalar. Umumnya, data pribadi yang diminta hanyalah sebatas KTP dan alamat email.

Namun jika ia sudah meminta foto KTP, 4 digit nomor kartu debit, bahkan password tertentu, maka sudah bisa dipastikan Anda sedang diincar penipu. Anda perlu meningkatkan kewaspadaan jika terjadi hal-hal tersebut.

9 Mengklaim Punya Perusahaan Importir Pribadi

Ciri-ciri penipuan paket luar negeri berikutnya adalah pelaku mengaku memiliki perusahaan importir pribadi, tidak lagi mencatut nama perusahaan importir yang sudah dikenal. Tujuannya adalah agar perusahaan importir yang dicatut namanya tidak melapor ke pihak berwajib. Tujuan lainnya adalah untuk mengelabuhi korban agar percaya pada pelaku.

Untuk menghindarinya, Anda perlu mencari tahu mengenai perusahaan importir yang dimaksud. Cek apakah benar perusahaan tersebut ada dan legal. Jangan sampai Anda menjadi korban lantaran tergiur paket pengiriman dari luar negeri.

10. Dilakukan oleh Dua Orang Pelaku

Seperti yang dibahas di poin sebelumnya, penipuan paket luar negeri biasanya dilakukan oleh dua orang pelaku. Pelaku pertama akan mengumpulkan informasi dan data korban lalu mengelabui korban dengan berbagai iming-iming.

Sedangkan pelaku kedua menyamar sebagai kurir yang akan mengirimkan paket, atau bahkan mengaku sebagai pemilik jasa kurir pribadi. Ia akan membuat jasa pengiriman paket tersebut terlihat meyakinkan meskipun sebenarnya tidak aman dan legal.

Bisnis online

Kirim Barang ke Luar Negeri dengan SAP Express

Banyaknya penipuan paket dari luar negeri tentu membuat siapa saja was-was. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan Anda memilih jasa pengiriman luar negeri terpercaya untuk paket Anda. SAP Express merupakan jasa kirim barang ke luar negeri yang aman dan dan terbaik.

SAP Express melayani pengiriman barang ke berbagai negara, seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Hongkong, Taiwan, Vietnam, dan Australia. Tidak hanya pengiriman ke luar negeri, SAP Express juga melayani pengiriman barang dari luar negeri. Lantas berapa lama pengiriman paket dari luar negeri melalui SAP Express? Tentunya untuk estimasi biaya pengiriman dari negara mana paket dikirimkan. Untuk informasi lebih lanjut, cek ongkir SAP Express di sini.

Nah, sekarang sudah tahu kan ciri-ciri penipuan paket luar negeri apa saja yang perlu Anda waspadai? Pastikan Anda melakukan transaksi atau jual beli dengan pihak yang terpercaya agar tidak menjadi korban penipuan. Terlebih saat berhubungan dengan pihak luar negeri, Anda perlu lebih waspada ya!

1,468 Comments

  • Sari 7 Maret 2023

    Aku juga sama ini ada temen yang kasusnya seperti itu, tapi temen saya sudah mengasihkan no telpon alamat dan email .. itu gimana ya nantinya?

  • Fia 7 Maret 2023

    Teman2 apa pun itu pengirimn brang dr luar negri kalau sudah minta trnsfer uang duluan itu jangan percaya itu penipuan, jngn temn2 mudh terbuai rayuan org asing itu, krn klo brang dr luar itu apabila mnta pembyarn bea cukai pasti d kntor resmi negara,dan barang ny ada kita liat d situ, bukn lwat trnfer pribadi, jangan takut apabila org itu ngancam atau kita sudh terlanjur kasi alamat, mreka cm gertak, bilng aja ada sodara d kepolisian, blokir no ny..mreka memakai seribu akun dan seribu nm untuk menipu, JD jngn percya aplgi mau trnsfer uang duluan..

    • Una 13 Maret 2023

      Jadi gimana mbak? Itu barangnya gaakan sampai kan kalo ga di TF? Soalnya saya ngalamin juga, Mana udh ngirim alamat kantor sama email juga. Dan dpt cht dari email saya suruh TF 1jt tp ke rek pribadi. Takut bgt saya mbak, udh lemes ga selera makan karna kepikiran. Apa saya blokir aja semuanya mbak? Soalnya dia blg bakal lapor ke polisi gitu mbak

  • Pikin sutanto 7 Maret 2023

    Saya jg sedang mengalaminya ni di IG akunya bernama caralea34 dia ngaku nya seorang tentara perdamaian PBB tinggal di west park avemue talahasee florida USA dia dalam chat akan di kirim ke palestina oleh kesatuanya katanya sudah menjadi kebiasaan tentara amerika sebelum berangkat bertugas akan memberi hadiah kepada orang orang terdekat yang dia sukai singkat cerita dia mengirim saya hadiah dalam gambar ada 1set jam tangan 1 set smartphone iphone 1 jaket US ARMY dan uang $ 40.000 USD katanya sesampainya di bandara pihak béa cukai akan menghubungi saya untuk mengurus pajak impor katanya gak beberapa mahal apakah ini penipuan ?
    Apa yang harus saya lakukan kalau ada yg menelpon mengatasnamakan pihak béa cukai bandara?

  • Febria 7 Maret 2023

    Aku juga baru kejadian , apakah kalo barang ny dikirim kita harus bayar bea cukai nya ? Klo kita gak mau bayar apakah ada resikonya?

  • Anyta 7 Maret 2023

    Saya memang sdah di iming imingi hadiah dri org asing d Inggris,, dia pikir saya bisa d tipu,, saya d suruh tf uang,, ya saya bilang aja sma dia,, kalo emang ikhlas bantu,, kamu aja yg duluan kn bea cukai nya,, ehhh dia malah bilang mau lapor polisi,, saya bilang aja gni,, emang saya takut?? Saya ga tkut tuh,, soal nya saya tidak menerima hadiah dri kmu,, saya jg ga minta tuh sama kamu,,,

    Bagi tman2 yg sudah kena,, sbar lah,, manusia memang ga prnah puas,,, jdi klo kamu yang d imingi hadiah,, lgsg blok aja kn selesAi😊😊😊

  • Sri 6 Maret 2023

    Saya juga mengalami hal tersebut awalnya dia mengirim paket…. Kemudian saya di hubungi pihak kurir untuk membayar biaya penerimaan paket sebesar 3 juta dan bodohnya saya sudah transfer sebanyak 2 kali yang pertama saya transfer 1juta dan yang kedua sebanyak 2 juta….. Setelah itu si kurir mengatakan bahwa yang transfer an 2juta tidak bisa masuk dengan alasan akunnya udah tidak bisa dipakai dan si kurir meminta lagi transferan yang 2juta
    Sedangkan si pengirim mengatakan kalau tidak di bayar akan menghubungi polisi untuk menangkap saya…… Saya takut….. Apa ini juga kasus penipuan juga…..

  • Amelia Nadira putri 6 Maret 2023

    Ya Allah saya sedang mengalami kaya mbak” semua dia ngaku nya kerja sebagai pilot dia asli orang Singapura kerja d London ..dia mau kirim paket k saya katanya ..dia juga sering kirim fhoto anak nya ..

  • Xoana 6 Maret 2023

    Oh iya teman2 bisa melakukan laporan ke kantor polisi dan bank terkait. Kita juga bisa memblokir norek mereka tapi itu tidak menjamin mereka tidak akan begitu lagi. Silahkan cek norek melalui google search “cek rekening”. Bisa juga cek resi pengiriman melalui website bea cukai, yaitu beacukai .go.id/barang. Semoga ini bisa membantu teman2 yg lain.

  • Lamia 6 Maret 2023

    Buat teman2 silahkan download aplikasi search image untuk cek kebenaran foto orang asing yg ngajak kenalan. Terus jangan lupa juga download aplikasi true caller dan call app contacts. Abaikan aja sih kalo dia ngancam2 ini dan itu. Dari pihak bea cukai nanti dikirim SPPBMCP melalui pihak ekspedisi. Semoga ke depannya lebih berhati-hati dalam berteman.

  • Laila 5 Maret 2023

    Tolong saya baru saja mengirimkan amalat lengkap saya kepada si pelaku yg kemungkinan penipu , apa yang harus saya lakukan ? Saya takut sekali sekarang

  • asih 5 Maret 2023

    hay mba lindah
    saya juga dapat kenalan dari IG namanya Dr mubarak azad orng itu mengaku juga asal singapore dan tinggal di polandia sebagai dokter kulit dan dia seorang duda yg punya anak 1 dan istrinya sudah meninggal, apakah orang yg sama dengan yg mba kenal ??
    cuma nomor telponnya beda
    nomornya sekarang +48 574 619 110

  • Linda 4 Maret 2023

    Iya, saya pun baru sekali mengalami kejadian ini, dia bernama musafi hakimi, kerja dilandon, istrinya sudah meninggal anaknya 1, dan sebentar lagi anaknya ulang tahun, dan berniat mengirimi saya paket sebagai bentuk hadiah, dia meminta data pribadi saya, tapi sebelum saya cari tahu dulu di google terkait kenal2an trus ajak serius kirim barang dan saya menemukan artikel ini, alhamdulillah Allah masih melindungi, terima kasih atas artikel yang sangat luar biasa ini.. ini sangat

  • Hida 4 Maret 2023

    Saya baru saja kejadian. Dan kasusunya sama seperti teman teman. Saya kenal dengan penipu itu di Instagram. Dia katanya punya dua anak perempuan, istinya meninggal karena cencer. foto foto mereka ada di instagram itu. Penipu itu berpura pura sebagai senior pilot dari london. Dia awalnya meminta alamat saya dan ingin mengirimkan hadiah barang mewah ipon, perhiasa, sepatu, tas , dan menyelipkan dolar didalammya. Saya tidak sempat berfikir ini penipuan. Ketika barang itu tiba penipu itu meminta uang 3jt untuk menyelamatkan dari bea cukai dan money loundry. Dan saya ketakutan dan percaya begitu saja. Dan semakin hari penipu itu minta lagi uang untuk membayar polisi disana dan berbagai alasan lainnya. Jika saya menelpon mereka tidak pernah menggangkatnya, selalu menggunakan chat, selalu alasan keterlambatan pembayaran dan harus bayar, ketika saya tanya kenapa bayar lagi mereka membuat alasan katanya terkena petugas tarif. Mereka juga memberikan foto kota saya untuk meyakinkan barangnya ada. Katanya petugas pengantar paket ditahan di bea cukai karena tidak melakukan pembayaran. Dan anehya juga pembayaran lewat rekening pribadi..
    Nah teman teman jangan percaya jika kejadiannya seperti ini, mereka akan meminta terus pembayaran. Setelah saya cek nomor Id telpon mereka 234 dan ini nomr negara Nigeria, saya katakan kenapa anda memakai nomor dinegeria padahal anda di london, begitu juga perugas paket itu. dan saya mengatakan saya sudah mengecek keberadaan anda lewat aplikasi dan anda berada di negeria, dia marah dan tidak terima dibilang penipu. Saya katakan modus anda sama dengan kejadian yang beredar di dunia maya.. Dan ada lagi saya tanya waktu disana ternyata dia salah lagi menyebutkwn waktu di nigeria, saya katakan saya mengecek waktu di beberapa negara dan waktu london dengan nigeria beda 1jm..
    Dan sekarang penipu itu dengan bermacam rayuan manis untuk meyakinkan saya bahwa dia serius dan tidak menipu. Dan masih saja meminta biaya bea cukai, dan beralasan petugas paket ditahan disana.
    Saya terlambat menyadari ini,.saya searching di internet ternyata modusnya sama persis,.apalagi penyelipan uang dolar dalam box dan alasan monoy loundry. dan jangan mudah terkecoh dengan gambar gambar kepolosan anak anak.
    Kesalahan saya adalah, saya orang yang selalu mudah percaya sama orang. Semoga ini menjadi pelajaran saya dan bisa menjadi gambaran bagi teman teman agar tidak tertipu dan lebih baik hindari perkenalan dengan orang asing khawatirnya termakan rayuan untuk hidup masa depan.
    Mereka sangat baik membuat video berada di rmh bersama anak anak, dan foto foto lainnya..
    Terimaksih

  • Awd 3 Maret 2023

    Saya juga mengalami kasus yg sama,diberi hadiah yg bagus2 dan harganya sangat mahal dengan uang dolar yg banyak bgt…trus penipu itu bilang paket udh smpe dan harus membayar uang 5juta rupiah,,,,aku tipu dia lagi aja pura2 mau bunuh diri😀😀😀,aku bilang gitu alhmdulillah GK dihubungi lagi sama penipu itu….nomor penipu lngsung aku blokir

  • Lany 3 Maret 2023

    Saya sekarang sedang mengalaminya, dia mengaku namanya gray, katanya ingin berteman dngan saya, tiba2 tanpa saya mnta dia ingin memberikan saya barang mahal, pangsit dan juga sejumlah uang dolar yg kalau di rupiahkan bisa sampe 300 jutaan, tapi untungnya saya mencari tahu di internet. Jadi saya tidak kenal tipu. Dan sekarang. Kurirnya sedang meminta uang yg katanya biaya asuransi sebesar lima juta rupiah kepada saya. Tapi tidak saya hiraukan….. Terimakasih semuanya, karena saya membaca artikel kalian semua saya jadi tertolong

  • Ruth 2 Maret 2023

    Pas bngt nih sama aku saat ini, dia ktnya mau ngasih hadiah” Mahal, brandid smua, ktnya dia duda ank 2,istrinya meninggal 2 thun lalu, ktnya saya hrus bayar 2 jt setelah besok paketnya nyampe di Indonesia, saya antara percaya dan tidak sekarang, tapi saya akan lihat besok, 🙏, semoga tidak tertipu

    • Neng meisha 11 Maret 2023

      Malam ini juga saya tertipu cerita.y pun sama..sudah tf 500.000 tpi msh kurang.bgtu tau tmn sy baru memberi tahu bahwa itu modus penipuan baru.alhasil hilang itu duitku..mudah²an org yg nipu tidak berkah hidupnya.dan cpt² dapet balesannya.

  • Neti 2 Maret 2023

    Kejadian nya sama banget SM yg di atas tepat seminggu yg lalu dia orang london berkerja segai pelayar ngakunya…
    Dia mengirim kan saya hadiah dan meminta say wang tebusa 5 juta…
    Tp saya sdh curiga dia berbohong..
    Krna setiap saya vc dia tidak mau menunjukan wajah nya dia hanya merayu lwt chat saya dan menjadi kan saya pacar nya dengan sribu rayuan gombal ..
    Alhasil dia gagal tipu saya…

  • Anita 1 Maret 2023

    Yaalloh .ciri ciri modus nya sama ..saya juga kenal di ig dan dia bilang duda anak satu istri nya meninggam dan dia seorang pilot awal nya karna istri nya meninggal jadi dia pensiun kata nya lalu skrg bekerja sebagai kontraktor dan dia bilang dia akan melangsungkan ultah anak nya lalu dia menghubungi saya ..akan memberikan hadia sebuah paket dan simple cerita .saya harus bayar uang izin pengiriman ke indonesia ..sebesar 5juta dan bodoh nya aku ..aku terlalu lolos sudah mempercayai semua modus .nya dan .ternyata sayabterlambat ..saya sudah tertipu ..dan saya kehilangan uang saya 5juta..

    • Ratna 3 Maret 2023

      Apakah benar pilot namanya Mofasaazizal dan anaknya namanya Ella yaa

    • Sri 6 Maret 2023

      Sama seperti saya, jadi bagaimana aku harus mengatasi nya ini saya sedang berkomunikasi, saya harus membayar paket nya 3 juta

  • Febri 28 Februari 2023

    Waduuuuh kasus nya sama banget kaya saya sekarang ini,saya di suruh TF sebesar 500 SAR,skrang saya lagi bingung sampe di ancam segala kata nya klo ga mau bayar saya dan kluarga saya akan menderita di penjara gitu,trus ini saya gimna donk,tolong solusi nya

    • Hida 4 Maret 2023

      Ini penipuan mbak biarkan saja blok saja nomornya. Kejadian saya Mereka selalu Menolak untuk Memerikan alamat dan dan vc. Seperti saya semakin saya karena ketskutan dengan ancaman penjara saya percaya saja tapi kemudian meminta lagi.. Mereka menggunakan pembayaran lewat rekening pribadi bukan lewat pos.. Dan tidak ada bukti pembayaran dari mereka

  • Nimas catur 28 Februari 2023

    Aku juga hampir kena, 2 minggu ini di chat trus dr IG dan FB atas nama ETHAN CHANNARONG, org Thailand tinggal di Oxford UK ngakunya.. kerja sebagai arsitek, kontraktor or whatever. Modusnya juga sama seperti temen2 diatas. Dia mau kirim barang2 hadiah mahal2 tapi bayar ongkirnya di negara tujuan. Untung googling dl, akhirnya baru nyadar hampir kena tipu. Dan bodohnya saya, saya kasi alamat asli. Saya takut ibu saya lg dirumah sendirian pula kalo ada org ga jelas dtg. 🙁

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *