Bisnis

Mau Bisnis Berkembang? Begini Cara Mencari Investor yang Tepat!

gambar ilustrasi investasi yang bertumbuh

Jika ingin bisnis berkembang lebih besar, Anda perlu tahu cara mencari investor untuk kerjasama. Untuk mencapai target bisnis yang lebih besar, ada banyak faktor yang diperlukan salah satunya adalah modal usaha. Akan tetapi untuk mendapatkan modal usaha yang besar tersebut pastinya tidak mudah jika dilakukan sendiri sehingga butuh kerjasama dengan investor.

Tidak bisa dipungkiri jika membangun sebuah bisnis, seperti bisnis startup, membutuhkan usaha yang tidak mudah. Salah satu contohnya adalah usaha untuk mencari investor yang akan membantu pembiayaan sehingga bisnis bisa berkembang dengan pesat.

Akan tetapi untuk bisa mendapatkan investor yang mampu bekerja sama mengembangkan bisnis pastinya tidak mudah. Maka dari itu, Anda harus tahu cara mendapatkan investor untuk bisnis startup dengan mudah. Namun sebelum itu, ketahui dulu perbedaan dua jenis pembiayaan dalam bisnis seperti di bawah ini.

Jenis Pembiayaan Bisnis

Saat mencari investor untuk kerjasama, Anda pasti tidak akan jauh dengan istilah venture capital dan angel investor. Venture capital merupakan jenis pembiayaan yang disiapkan oleh investor bagi perusahaan startup yang tengah tumbuh dan memiliki potensi besar untuk berkembang.

Pembiayaan venture capital ini berasal dari investor besar, bank investasi atau lembaga keuangan lainnya yang mampu memberikan pendanaan dalam jumlah besar. Biasanya venture capital ini menjadi bagian penting dalam pengembangan perusahaan kecil.

Sedangkan angel investor merupakan orang kaya yang memberikan dukungan keuangan atau modal untuk perusahaan startup atau perusahaan yang sudah berjalan. Angel investor biasa berasal dari siapa saja termasuk keluarga terdekat atau sesama pengusaha. Pembiayaan jenis ini cocok untuk cara investor bagi hasil.

Baca juga: Hindari Buntung, Begini Cara Mengelola Keuangan Usaha!

Cara Mencari Investor Untuk Bisnis

Untuk mendapatkan investor yang mampu bekerjasama dalam pembiayaan bisnis, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Berikut ini langkah-langkah mencari investor untuk bisnis yang bisa Anda coba.

1. Membuat List Calon Investor

Langkah pertama jika ingin mencari investor startup adalah buat list calon investor terlebih dahulu. Pilih beberapa investor yang memiliki potensi tinggi untuk memberikan pembiayaan bagi perusahaan.

2. Ajukan Proposal Kepada Investor

Setelah mendapatkan target investor yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, langkah selanjutnya adalah ajukan proposal. Untuk membuat investor bersedia melakukan pendanaan terhadap perusahaan, buatlah proposal yang menarik serta lengkap mulai dari visi misi perusahaan, kas, rencana usaha mendatang dan lain sebagainya.

3. Presentasi yang Menarik

Selain mengajukan rencana bisnis dalam bentuk proposal, saat mencari investor usaha kuliner Anda juga harus melakukan presentasi dengan menarik Buat presentasi rencana bisnis yang menarik dengan media yang mendukung sehingga bisa menarik minat investor untuk melakukan pembiayaan bisnis Anda.

Dalam tahap presentasi ini, Anda juga bisa menjelaskan strategi yang akan digunakan untuk mengembangkan bisnis di masa depan sebagai cara menarik investor asing. Dengan strategi bisnis yang matang bisa membuat investor lebih yakin untuk melakukan pendanaan terhadap bisnis tersebut.

4. Ikut Pameran dan Kompetisi

Cara lain yang juga bisa Anda lakukan untuk mendapatkan investor adalah dengan ikut pameran atau mengikuti kompetisi yang berhubungan dengan bidang bisnis. Biasanya dalam pameran atau kompetisi seperti ini ada banyak investor yang siap untuk melakukan  pembiayaan jika menemukan bisnis yang memiliki potensi bagus di masa depan.

5. Buat Laporan Keuangan yang Lengkap

Salah satu faktor penting dalam usaha mendapatkan dana dari investor adalah Anda harus memiliki laporan keuangan yang bagus. Sebelum melakukan investasi, biasanya investor akan memeriksa laporan keuangan perusahaan terlebih dahulu untuk mengetahui apakah keuangan perusahaan dalam kondisi sehat atau tidak.

Oleh karena itu, buatlah susunan laporan keuangan perusahan yang jelas dan lengkap. Laporan keuangan ini bisa menjadi bahan pertimbangan bagi investor untuk melakukan kerjasama dengan perusahaan Anda atau tidak.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Laba dan Cara Menghitungnya

Membangun bisnis dari nol memang tidak mudah dan membutuhkan kerja keras termasuk modal yang tidak sedikit. Dengan mengetahui cara cara mencari investor yang tepat, bisa membantu Anda untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih besar.

investasi dengan modal kecil

144 Comments

  • Irwan Aryanto 7 November 2023

    Salam sukses bagi kita semua terutama bagi pengusaha diseluruh nusantara.

  • KARTONO 4 November 2023

    saya Kartono dari jawa tengah,,,
    saya ingin mengajukan profosal untuk pendanaan/mencari investor yg benar-benar ingin berkerja sama.
    usaha saya tidak bisa berjalan stabil,karena keterbatasan modal yg tidak mumpuni,,,
    saya kalah bersaing dalm produk dan penjualan
    di karenakan minimnya Alat atau kurangnya bahan untuk produksi
    dan saya bekerja/berkecimpung di bidang pengecoran/peleburan Almunium dan kuningan,,,
    bagi para investor/pemodal saya mohon untuk berpartisipasi untuk memodali saya,,,
    biar lebih jelasnya,,,
    ini no WA saya,,,
    085229977204
    terimakasih dan salam kemitraan,,
    🙏🙏🙏🙏🙏🙏

  • Wirda 31 Oktober 2023

    Saya dari Gorontalo, sedang mencari mitra utk bisa kerjasama atau bisa infestor usaha plastik dan kemasan makanan. Hasil bisa dihitung sesuai kesepakatan.

    Salam dari saya
    Wirda

  • Sirliyanto 30 Oktober 2023

    Ass semangat pagi saya mau cari ivestor buat tambahan modal, usaha saya bergerak di bidang perdagangan jual beli handphone baru dan second sekarang tinggi nya minat pembelian orang saya kewalahan untuk penyediaan stok karena kurang nya modal usaha saya berdiri sejak 2010
    Semoga ada yg bisa bantu insya allah
    sm2 berkah dengan system syariah biar enggak pinjam di bank lokasi kab.tapin kalsel 082357737767

  • Arfan Syach 18 Oktober 2023

    Lagi mencari investor yang siap dan berminat untuk bekerjasama, daerah saya perekonomian nya lagi berkembang pesat dengan adanya pertambangan nikel, dengan adanya pertambangan nikel didaerah saya maka sudah jelas dibutuhkan alat dan mesin uji disetiap laboratorium dan preparasi nikel ore yang ada didaerah saya. Kebutuhan setiap perusahaan surveyor, Lab dan Preparasi Nikel Ore sangat luar biasa kebutuhannya setiap hari sehingga perusahaan saya sendiri tidak mampu untuk melayani permintaan semua perusahaan Krn keterbatasan modal, dan perusahaan2 tambang sangat mensupport perusahaan kami agar lebih berkembang lagi agar setiap permintaan nya gak usah lagi indent sampai berminggu-minggu Krn pengiriman antar provinsi…

    Celah celah bisnis ini sangat menjanjikan dan saya sangat yakin para investor akan berlomba-lomba jika mengetahui dgn presentasi kami jika bertemu langsung…

    Kontak kami : 085 222 222 895

  • Teti rohayati 15 Oktober 2023

    Selamat pagii para investor,sy produsen bumbu dapur sama keripik, ingin mengembangkan usaha dan mencari yg ingin menjadi investor untuk kami, 085797210142

  • wahyu andono 15 Oktober 2023

    perusahaan yang yang baru berdiri dan bergerak di bidang plant services membutuhkan kerjasama dengan pemodal yang bisa mendanai proyek pemeliharaan maintenance dan perbaikan trafo di perusahaan BUMN dengan kontrak jangka panjang .
    Untuk keterangan lebih lanjut bisa kontak /Wa 081 331 899 802

  • Adi 3 Oktober 2023

    Lagi Cari Investor untuk usaha di bidang kuliner di Malang Jatim
    Permintaan tinggi terbentur modal untuk penambahan lokasi stand .

    Sangat menjanjikan karena produk dan target pasar cocok area Kampus dan Karyawan
    Wa : 0813 5780 5352

  • Teguh w 24 September 2023

    Saya suplaiyer bahan baku bata hebel,membutuhkan pendana tuk 1 paket pengiriman sebanyak 18.000 ton,saya sanggup memberikan keuntungan bersih kependana sebesar Rp.10.000 / ton.kalau ada yang minat silahkan hubungi saya di nomor 085727212290

  • Darnius 18 September 2023

    Ikut Nimbrung.. ? kebetulan kami punya lahan kolam renang 3 kolam yang selama ini terbengkalai.. !? kami mencari pendana untuk bekerjsama membangun dan menata kembali 3 unit kolam tersebut untuk dijadikan usaha hiburan… jika tertarik silakan hubungi kami di No. WA. Darnius +62 838-2150-8132

  • Bagus Bimantoro 15 September 2023

    Hallo Para Investor, Perkenalkan Saya bagus dari gresik jawatimur. Saya Seorang Mandor Sub Dari salah satu kontaktor. saat ini saya mendapat project pembangunan pasar kolpajung di madura. saat ini saya sudah berjalan di 1 bulan di proyek pembangunan pasar kolpajung, dan sudah ada hasil. cuman kendala saya di pembayaran upah kerja baru bisa cair 3 periode (2 minggu/priode). modal awal di gunakan untuk gaji tukang dan kebutuhan alat selama 4 periode. saya mencari kerjasama investor untuk bagi hasil (persentase). setiap periode saya akan kirimkan hasil kerja serta cashflow. di 3 bulan ada pembagian deviden untuk setiap investor. jika ada investor yang menaruh modal besar saya bersedia memberi jaminan berupa surat tanah. jika ada yang berminat bisa survey lokasi dan check ke aslian SPK.

    WA: 0838 5726 7599

  • Abhy 11 September 2023

    Cari investor di bidang pembangunan gedung Sarang Walet. Saya memiliki lokasi yang strategis. Hub. WA (0853-1736-8569)

  • Eka rahmawati 4 September 2023

    Cari investor yang màu kerja sama bidang pertanian dengan kami anggota koperasi yang umumnya punya lahan pertanian..

  • Buce prasasty 4 September 2023

    Kepada para investor, Perkenalkan kami dari CV. PUTRA TAMBANG NUNUKAN yang bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit Di kalimantan utara ingin menawarkan kerja sama dengan pembagian 20% hingga 40% selama 20 – 25 Tahun. dari keuntungan laba bersih yang kami peroleh. saya membutuhkan dana investasi untuk biaya clearin, penanaman. dan pemeliharaan bibit kelapa sawit seluas 100 Ha, yang ingin bergabung bisa menghubungi saya Hp/Wa : 085387794989 ( Buce )

  • Diana 30 Agustus 2023

    Saya sedang mencari Investor untuk penjualan tanah dimana di atas tanah tersebut ada bangunan.Luas tanah 7031 M

  • Salim 16 Agustus 2023

    Saya butuh investor yg ingin berinvestasi di bidang tambang batubara di Kalimantan

  • Nur akbar 28 Juli 2023

    Selamat pagi salam sejahtera untuk kita semua kepada investor kami atau funder kami ingin menawarkan kerja sama dengan pembagian 5% hingga 7% dari keuntungan laba bersih saya sedang membutuhkan suntikan dana dari investor untuk perusahaan kami,kebutulan perusahaan kami di bidang Karo Seri Dump Truck dan tenaga kerja outcorcing tolong nanti bisa hub no kami karna kami sangat membutuhkan suntikan dana ini untuk membantu pemulihan perusahaan kami no 081295703339

  • Nur akbar 28 Juli 2023

    Kepada yang terhormat investor kami atau funder kami ingin menawarkan kerja sama dengan pembagian 5% hingga 7% dari keuntungan laba bersih saya sedang membutuhkan suntikan dana dari investor untuk perusahaan kami,kebutulan perusahaan kami di bidang Karo Seri Dump Truck dan tenaga kerja outcorcing tolong nanti bisa hub no kami karna kami sangat membutuhkan suntikan dana ini untuk membantu pemulihan perusahaan kami no 081295703339

  • Zahra Nabil 27 Juli 2023

    Kepada investor yang terhormat,saya Zahra, saat ini mencari investor untuk usaha apotek. Sebelumnya saya telah berpengalaman mendirikan usaha apotek di daerah, saat ini saya berkeinginan untuk membuka lagi usaha apoteķ baru yang bermitra dengan pemodal. Bila berkenan mohon untuk bisa bekerja sama dengan saya membangun dan membesarkan apotek secara bagi hasil.
    Kabar selanjutnya ditunggu di nomor 0821 45077077
    Trimkasih

  • Tarho 17 Juli 2023

    Lagi cari infestor buat penambahan modal usaha di bidang tenda dekorasi.untuk pengembangan bisnis yang lebih besar butuh dana+kendaraan.perusahaan sendiri sistem ke karyawan per job bayaran sistem presentase.untuk info bisa hub 081903452881

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *