Bisnis

Mau Bisnis Berkembang? Begini Cara Mencari Investor yang Tepat!

gambar ilustrasi investasi yang bertumbuh

Jika ingin bisnis berkembang lebih besar, Anda perlu tahu cara mencari investor untuk kerjasama. Untuk mencapai target bisnis yang lebih besar, ada banyak faktor yang diperlukan salah satunya adalah modal usaha. Akan tetapi untuk mendapatkan modal usaha yang besar tersebut pastinya tidak mudah jika dilakukan sendiri sehingga butuh kerjasama dengan investor.

Tidak bisa dipungkiri jika membangun sebuah bisnis, seperti bisnis startup, membutuhkan usaha yang tidak mudah. Salah satu contohnya adalah usaha untuk mencari investor yang akan membantu pembiayaan sehingga bisnis bisa berkembang dengan pesat.

Akan tetapi untuk bisa mendapatkan investor yang mampu bekerja sama mengembangkan bisnis pastinya tidak mudah. Maka dari itu, Anda harus tahu cara mendapatkan investor untuk bisnis startup dengan mudah. Namun sebelum itu, ketahui dulu perbedaan dua jenis pembiayaan dalam bisnis seperti di bawah ini.

Jenis Pembiayaan Bisnis

Saat mencari investor untuk kerjasama, Anda pasti tidak akan jauh dengan istilah venture capital dan angel investor. Venture capital merupakan jenis pembiayaan yang disiapkan oleh investor bagi perusahaan startup yang tengah tumbuh dan memiliki potensi besar untuk berkembang.

Pembiayaan venture capital ini berasal dari investor besar, bank investasi atau lembaga keuangan lainnya yang mampu memberikan pendanaan dalam jumlah besar. Biasanya venture capital ini menjadi bagian penting dalam pengembangan perusahaan kecil.

Sedangkan angel investor merupakan orang kaya yang memberikan dukungan keuangan atau modal untuk perusahaan startup atau perusahaan yang sudah berjalan. Angel investor biasa berasal dari siapa saja termasuk keluarga terdekat atau sesama pengusaha. Pembiayaan jenis ini cocok untuk cara investor bagi hasil.

Baca juga: Hindari Buntung, Begini Cara Mengelola Keuangan Usaha!

Cara Mencari Investor Untuk Bisnis

Untuk mendapatkan investor yang mampu bekerjasama dalam pembiayaan bisnis, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Berikut ini langkah-langkah mencari investor untuk bisnis yang bisa Anda coba.

1. Membuat List Calon Investor

Langkah pertama jika ingin mencari investor startup adalah buat list calon investor terlebih dahulu. Pilih beberapa investor yang memiliki potensi tinggi untuk memberikan pembiayaan bagi perusahaan.

2. Ajukan Proposal Kepada Investor

Setelah mendapatkan target investor yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, langkah selanjutnya adalah ajukan proposal. Untuk membuat investor bersedia melakukan pendanaan terhadap perusahaan, buatlah proposal yang menarik serta lengkap mulai dari visi misi perusahaan, kas, rencana usaha mendatang dan lain sebagainya.

3. Presentasi yang Menarik

Selain mengajukan rencana bisnis dalam bentuk proposal, saat mencari investor usaha kuliner Anda juga harus melakukan presentasi dengan menarik Buat presentasi rencana bisnis yang menarik dengan media yang mendukung sehingga bisa menarik minat investor untuk melakukan pembiayaan bisnis Anda.

Dalam tahap presentasi ini, Anda juga bisa menjelaskan strategi yang akan digunakan untuk mengembangkan bisnis di masa depan sebagai cara menarik investor asing. Dengan strategi bisnis yang matang bisa membuat investor lebih yakin untuk melakukan pendanaan terhadap bisnis tersebut.

4. Ikut Pameran dan Kompetisi

Cara lain yang juga bisa Anda lakukan untuk mendapatkan investor adalah dengan ikut pameran atau mengikuti kompetisi yang berhubungan dengan bidang bisnis. Biasanya dalam pameran atau kompetisi seperti ini ada banyak investor yang siap untuk melakukan  pembiayaan jika menemukan bisnis yang memiliki potensi bagus di masa depan.

5. Buat Laporan Keuangan yang Lengkap

Salah satu faktor penting dalam usaha mendapatkan dana dari investor adalah Anda harus memiliki laporan keuangan yang bagus. Sebelum melakukan investasi, biasanya investor akan memeriksa laporan keuangan perusahaan terlebih dahulu untuk mengetahui apakah keuangan perusahaan dalam kondisi sehat atau tidak.

Oleh karena itu, buatlah susunan laporan keuangan perusahan yang jelas dan lengkap. Laporan keuangan ini bisa menjadi bahan pertimbangan bagi investor untuk melakukan kerjasama dengan perusahaan Anda atau tidak.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Laba dan Cara Menghitungnya

Membangun bisnis dari nol memang tidak mudah dan membutuhkan kerja keras termasuk modal yang tidak sedikit. Dengan mengetahui cara cara mencari investor yang tepat, bisa membantu Anda untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih besar.

investasi dengan modal kecil

144 Comments

  • Dwi untari ( 087872222401) 23 Juni 2023

    Selamat pagi
    Kami dari Layanan Medis Homecare ( Rumah healthcare ) Dengan bangga
    Menghadirkan pelayanan homecare untuk kebutuhan kesehatan keluarga dirumah anda
    Ada pun pelayanan yg kami berikan adalah sebagai berikut
    Layanan
    🫴Cargiver/pendampingan lansia ( harian, Mingguan , dan live in 12 jam / 24 jam dirumah pasien )
    💐 perawat ahli ( )harian, Mingguan , dan live in 12 jam / 24 jam dirumah pasien )
    💐 Pemasangan infus ( suntik Vitamin )
    💐 perawatan luka
    💐 pemasangan ngt
    💐 pemasangan kateter
    💐 Fisioterapi
    💐Bidan
    💐 Dokter visite

    Semua nya dilakukan oleh tenaga ahli yg ber STR dan berpengalaman..
    Saya memiliki ijin NIB dan PT PERORANGAN Saya ingin mencari investor untuk mengembangkan usaha saya menjadi klinik dan pelayanan yg lebih maju lagi
    www. layananhomecare. web.id/

  • Emmanuel Ruth 13 Juni 2023

    Apakah Anda mencari pinjaman bisnis? Pinjaman pribadi, pinjaman rumah, pinjaman mobil, pinjaman mahasiswa, pinjaman konsolidasi utang, pinjaman tanpa jaminan, modal ventura, dll. Atau apakah Anda telah ditolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan dengan alasan apa pun. Kami adalah pemberi pinjaman swasta, pinjaman untuk bisnis dan individu dengan suku bunga 2% yang rendah dan terjangkau. Jika tertarik? Hubungi kami hari ini di (jenniferbohn671@gmail.com) dan dapatkan pinjaman Anda hari ini
    Salam,
    Tim Investasi Jennifer John

    • Sahrul 9 Juli 2023

      Saya butuh investor untuk modal usaha di bidang perawatan AC apartemen

    • Sahrul 9 Juli 2023

      Saya Sahrul dari Jakarta timur pengalaman saya di bidang service AC.sekarang saya sedang perlu modal untuk kembangkan usaha di setiap apartemen jasa service AC kulkas semoga investor mau menanamkan modalnya terimakasih ini no hp saya 082249059589

  • Wiratama Hulu 8 Juni 2023

    Kepada yth.
    Investor dimanapun berada.,
    Perkenalkan Saya Wiratama Hulu.,
    Saat ini saya sedang mengembangkan Usaha Pariwisata Air ( Wisata Kolam Renang umum ) tepatnya Di Daerah Asal saya di Gunungsitoli – Nias Sumatera Utara. Saya memiliki Lahan Seluas 3,6 ha. Lokasi sangat strategia dan Memiliki View Laut yang cukup Baik dan Indah (Berada di pesisir pantai ). Jarak antara Lokasi dengan Bandara Udara 5 km, dan Jarak lokasi Usaha ke Pusat Kota sekitar 15 km atau dapat ditempuh dalam waktu 20 – 30 Menit.
    Saat ini Saya sudah membangun kolam renang umum sebanyak 3 jenis kolam yang cukup Besar dan luas ( jika dibutuhkan saya dapat mengirimkan detail lokasi, gambar bangunan kolam saat ini). Dimana pembangunan fisik kolam renangnya sdh mencapai 80 %, belum termasuk bangunan utama, Restoran/Kantin, dan Ruangan Bilas dan Ganti.

    Hanya saja saat ini saya sedang kekurangan dan membutuhkan anggaran yang cukup besar untuk dapat menyelesaikannya sampai beroperasi nantinya.
    Mungkin melalui Kolom Komentar ini saya dapat menemukan Investor yang mau dan dapat menanamkan Modal Usahanya utk dapat bekerjasama. Jika di butuhkan informasi detail perihal di atas, saya akan menuliskan No, HP dan Email saya utk dapat dihubungin.

    Besar harapan saya dapat menemukan investor yang bergerak dalam bidang Pengembangan Pariwisata dan mau bekerja sama atau menanamkan Modal usaha dalam usaha dimaksud.

    Mohon bantuannya kepada investor .

    Hormat Saya,

    Wiratama Hulu
    CP. 0813 1757 9360
    Email : wiraswimm@yahoo.co.id

  • saidin soleh 30 Mei 2023

    nama saya saidin s.
    saya ada tawaran dari cv.barisan tri atma di tawarkan ada sejumlah ribuan ton batu bara untuk di angkut nah saya di sini ingin sekalai mengajak bpak imvestor bergabung untuk menyiapkan teranfortasi nya.berlokasi di lahan muaraenim sumsel

    • saidin soleh 30 Mei 2023

      nmr wa saya 085264066014

  • Muhammad ramelan 29 Mei 2023

    Salamm
    Saya muhammad ramelan
    Dari kota lamongan jawa timur..

    Saya ingin mencari investor yang mau membantu saya untuk berbisnis rental audio sound system .kelas hajatan atau orkes/dangdut ivent..
    Alat alat pesta . Ligting.

    Mohon bantuanya..
    Saya mencarari investor yang mau membantu . Trimakasi

    mramelan16@gmail.com
    085731376423

  • Erlis Nurjanah 28 Mei 2023

    Kepada investor yang terhormat,saya ibu erlis,saya pegang usaha dibidang makanan,seperti ayam kremes ,sop iga,,dan lain nya ,saya bermaksud saya membutuhkan investor untuk saya ,karena kekurangan modal,maka dari itu,apakah ada investor yg bisa membantu saya,atau bisa berbagi hasil…jika ada bisa japri ke nomor 089618751973 ,,Trimkasih 🙏

  • FERRY WELDING 株式会社 27 Mei 2023

    assalamualaikum Warahmatullwoh Hiwabarokatu,
    Kepada YTH Investor,
    Nama saya FERRY RAHMATHANDIKA
    Punya usaha di bidang Pengelasan dan Perakitan.di luar negri Hiroshima japan,apapun dengan bidang taman bermain.kapal rumah.dan Bangunan Hotel.gedung.
    saya kekurangan di kendala Dana.di karenakan.oner nya ada problem.
    barangkali berminat berbisnis dengan saya.wasalam mualaikum warahmatulwoh hiwabarokatu,
    no wa +8190-1339-7548 atau 090-1339-7548 sekian dan terima kasih

  • Nurul hidayat 26 Mei 2023

    Pak saya pengen cari usaha pak biar ga harus minta ke orang tua kasihan orang tua saya pak ini nomor WA saya pak 081919142101

  • Wahyuni 21 Mei 2023

    Assalamualaikum
    Nama sy wahyuni
    Pekerjaan sy adalah pedagang online
    Sy berjualan pakean lewat Media online yaitu Live Face book
    Sekali live bisa mencapai target 1000pcs sekli live
    Pelanggan bertambah banyak
    Hanya saja sy kekurangan Modal

    Jika ada investor yg berminat untuk memodalkan insya Allah bisa menjadi lebih besar lagi usaha sy ingin skali Buka toko atau butik
    Bismillah semoga ada yg berjodoh
    Bisa langsung hubungi sy 🙏☺️

    No hp 082188690133

  • Alia 20 Mei 2023

    Hallo.
    Perkenalkan saya Alia pemilik usaha di bidang konveksi yang sudah berjalan 5 tahun. Saya bermaksud ingin mencari investor untuk mengembangkan bisnis ini karena kebetulan pekerjaan semakin meningkat saya perlu tenaga tambahan yang tentunya
    harus menambah beberapa alat dan mesin jahit untuk membantu perkembangan produksi.
    Untuk produksi sendiri kami sistem online dan offline kami bisa mengembangkan konveksi kami dari dalam kota sampai luar provinsi.

    Mari kita sukses bersama
    Salam sukses dari kami.

    Wa 089523920445

  • Arya 15 Mei 2023

    Saya punya lahan seluas 125 ha di Kab. Kapuas Hulu Prov. KALBAR yg memerlukan suntikan dana . Potensi dilokasi tersebur memiliki sumber air yg jernis, berbukitan dan maaih terjaga kelestariannya. Bagi para investor yang minat kelola lahan tersebut saya siap bekerjasama dan silakan hub 081213193576

  • Berna Satya Wirana 11 Mei 2023

    Bissmillah
    Assalamualaikum
    kepada yth
    investor
    Perkenalkan saya Berna Satya Wirana
    saya memiliki Bisnis Toko Handphone yg sedang berkembang di kota bandung, barangkali ada yg mau ikut bergabung untuk mengembangkan bisnis saya boleh hubungi via WA.
    bisnis di retail handphone sangat kecil resiko yg terjadi sehingga bisa menjadikan bisnis yg aman. untuk penjelasan dan pembagian hasilnya bisa langsung WA di nomer
    081912857657
    atau email :
    bern.satyaa@gmail.com

  • M. Risky H M nur 9 Mei 2023

    Assalamu’alaikum saya risky dari maluku Utara.. Saya punya lahan sekitar 100 hektare.. Terletak d kab. Pulau morotai.. Lahan saya teryata ad emas.. Saya butuh investor agar bsa kerja sama no 082187686794..

  • Dindin Kusdinar 7 Mei 2023

    Yth. Para investor
    dimanapun berada

    Saya seorang guru honorer di kabupaten Karanganyar Jawa Tengah, dimana pendapatan saya boleh dikatakan minum kalau hanya mengandalkan gaji guru/mengajar. Saya memiliki kemampuan dibidang jasa seperti percetakan, desain, dan sejenisnya. Dimana usaha tersebut saya pernah merintis dan cukup maju karena saya bisa bekerja sama dengan pihak lain khususnya instansi pemerintahan. Saat ini usaha saya lagi down karena semakin banyaknya persaingan dan dimana persaingan tersebut cukup memakan biaya cukup besar. Saya ingin buka kembali usaha tersebut, saya butuh dana sekitar Rp. 100 juta, dimana dana tersebut akan saya alokasikan untuk
    1. Sewa tempat satu-dua tahun
    2. Mesin potong kertas, penjilidan
    3. Printer
    4. Pasang baru jaringan+listrik dan internet)
    5 perlengkapan dan kebutuhan lainnya yang mendukung usaha saya tersebut.

    Untuk sistematis kerjasama diantara kita seperti apa, silahkan saya ngikut saja.

    Terimakasih sebelumnya.

    e-mail: dinar202019@gmail.com
    WA : 082236696913

  • Cahyo T 29 April 2023

    Assalamu’allaikum warrohmatullah.

    Salam sejahtera, Perkenalkan
    Nama : Cahyo
    Umur : 41 thn
    Agama: Islam
    Suku. : Jawa (Solo)
    Status : Menikah

    Saya bertempat tinggal di desa Hanura kabupaten Pesawaran. Desa Hanura dengan luas 2000 x 2000 m2 dihuni kurang lebih 6500 KK. Di sekitar pemukiman memiliki sentra pendidikan 3 Paud, 4 TK, 3 SD 1 SMP dan 1 SMA temtu saja banyak sekali Anak anak dan Remaja nya.
    Awalnya saya membuka usaha Rental Playstation 2 dengan piranti ada 4 set dalam sehari masing masing piranti disewakan rata rata 9 jam. . Dalam 1 tahun dari tabungam saham lanjutan. kemudian saya beranikan diri untuk memperbarui dan menambah piranti saya 4 unit lagi menjadi 8 unit. Bertahan 8 bulan Namun kemudian di hajar pandemi. Nyaris gulung tikar karena sepi. Beberapa saya sewakan bawa pulang dirumah namun sebagian besar sudah tidak bisa diperbaiki lagi. Dengan kondisi pendanaan yang minim Sekarang saya memiliki 2 unit PS 2 dan 2 unit PS 3. Ruang usaha saya ukuran 4 x 6m dan bisa diperluas sampai 6 x 13m. Dan sungguh luar biasa animo dan penggemarnya pasca pandemi meningkat drastis. Maka saya bermaksud untuk mencari partner untuk menambah piranti dan upgrade ke PS 4 dan 5 mungkin Cafe & Games karena sarananya sangat memadai. saya bukan satu satunya didaerah saya. Maka Semoga ada seseorang yang sehobi dan sepemikiran. Mari berdikari ikhtiar bersama saya.
    Terimakasih.
    Wassalamu’allaikum warrohmatullah

    Kontak : 081367821889 (CAHYO)

  • Juli hotdiaman s 28 April 2023

    Kepada yg terhormat investor?mohon bergabung kita mau buka wisata disumatra Kabupaten simalungun .
    Taksiran modal seluruhnya 3t sama beli tanah lokasi mewah akan alam .mohon bagi investor mari kita gabung .wa.0882016568071

  • Hendi hendrayana 11 April 2023

    Halloo nama sy hendi hendrayana, mohon mf dn trimksih untk bsa bergabung dan bsa menuliskan commnt.sampai saat ini sy dn patner sy memiliki usaha kecil yaitu aym potong… Dan sy mempunyai link yg cukup besar untk permintaan barangny. Sminggu bsa dikatakn 20ton ayam krakas permintaan. Berhubung bebrpa kndala diantaranya butuh investor yg siap mndukung.. Sampai saat ini keperluan pasar blm bsa terlearisasikn.. Dg maksimal. Trimakasih.kontak person Wa 082127937304.

  • Noni Eka Putri 1 April 2023

    Halo, perkenalkan saya seorang MUA, saat ini saya ingin merintis usaha di bidang wedding/event organizer dengan tema rustic, semoga disini ada investor yg mau kerja sama dengan saya..saya berdomisili di Jakarta.wa +62 895-4127-44641..email : noniekaputri@gmail.com.ig : bynoniekaputri

  • HIRONIMUS BERO 25 Maret 2023

    Saya pemilik Carleta homestay beralamat di Jalan Kihajar Dewantara RT.011 RW.06 kelurahan Bangka leda Kecamatan Langke rembong Ruteng Flores NTT Indonesia. Saya merintis usaha ini sudah satu tahun puji Tuhan tamu mancanegara hampir 2 kali dalam seminggu datang menginap namun fasilitas yang kami siapkan masih minim. Karena itu saya sangat membutuhkan investor atau donatur untuk mendukung saya. Perkiraan dana yang saya butuh Rp.100 juta untuk pengadaan closet duduk 2 buah, mesin cuci, kompor gas, kulkas, pemanas air mandi dan tempat tidur dan masih ada yang lainnya. Saya mohon bagi investor ?/ donatur segera hubungi saya sebelum tamu tamu keluarga yang hendak nginap panjang datang di bulan april 2023.ini nomor Whatsapp saya: 62 081338434271

  • Nurhayati 25 Maret 2023

    Kepada yth.
    Investor dimanapun berada
    Saya memiliki usaha percetakan mikro, selain itu suami saya suka narik online mobil (grab&gocar)
    Saya sedang terlilit keuangan, awal mulanya saya terlilit utang, saya butuh butuh biaya pengobatan anak saya, hingga saya mencari pinjaman kesana kesini, namun apa daya, di sela-pegobatan anak allah berkata lain, ia mengambil anak saya, dari situ saya terlilit hutang, bahkan sampai sekarang, di tambah lagi pekan2 kemarin seperangkat alat dan komputer saya kena petir,
    Mohon bantuannya kepada investor
    Email saya
    nurhayati411@gmail.com
    No. Hp 082218419105

    • Mulyo Prayitno 30 Mei 2023

      Halo,
      Perkenalkan nama saya Prayitno dari kota Magelang, Jawa Tengah.
      Saya mempunyai usaha warung makan kaki lima yang menjual Soto kuah bening dan Lesah (soto dgn kuah santan) di salah satu jalan di kota Magelang dengan wadah penyajiannya adalah mangkok biasa dan mangkok dari bathok / tempurung kelapa. Dan ini telah menjadi value tambahan bagi warung saya. Saya sudah menjalankan usaha ini sudah 2 tahun lebih 3 bulan. Awalnya saya kerjakan ini berdua dengan istri saya, dan sekarang kami sudah ada yg membantu 1 orang. Saya melihat prospeknya bagus sehingga saya berkeinginan untuk mengembangkan menjadi sebuah rumah makan dengan konsep tempat yg instagramable baik dari konsep mangkok tempurung kelapa tsb. juga dari sisi tempatnya dgn konsep yang instagramable tentunya. Tetapi kondisi finansial tidak mendukung. Untuk itu saya bermaksud menawarkan untuk mencari investor yang mau bekerja sama dengan saya untuk mengembangkan usaha Kuliner Warung Lesah dan Soto saya dengan kebutuhan dana sebesar 100 juta:
      – 60 juta untuk sewa lokasi (tempat) selama 2 tahun.
      – 20 juta untuk penataan dan pengembangan tempat.
      – 20 juta untuk operasional. Saya berharap ada seseorang / lembaga yang tertarik untuk membicarakan ini lebih lanjut. Atas perhatian dan responnya terima kasih.
      Email saya:
      prayitmulya@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *