Bisnis

Mau Bisnis Berkembang? Begini Cara Mencari Investor yang Tepat!

gambar ilustrasi investasi yang bertumbuh

Jika ingin bisnis berkembang lebih besar, Anda perlu tahu cara mencari investor untuk kerjasama. Untuk mencapai target bisnis yang lebih besar, ada banyak faktor yang diperlukan salah satunya adalah modal usaha. Akan tetapi untuk mendapatkan modal usaha yang besar tersebut pastinya tidak mudah jika dilakukan sendiri sehingga butuh kerjasama dengan investor.

Tidak bisa dipungkiri jika membangun sebuah bisnis, seperti bisnis startup, membutuhkan usaha yang tidak mudah. Salah satu contohnya adalah usaha untuk mencari investor yang akan membantu pembiayaan sehingga bisnis bisa berkembang dengan pesat.

Akan tetapi untuk bisa mendapatkan investor yang mampu bekerja sama mengembangkan bisnis pastinya tidak mudah. Maka dari itu, Anda harus tahu cara mendapatkan investor untuk bisnis startup dengan mudah. Namun sebelum itu, ketahui dulu perbedaan dua jenis pembiayaan dalam bisnis seperti di bawah ini.

Jenis Pembiayaan Bisnis

Saat mencari investor untuk kerjasama, Anda pasti tidak akan jauh dengan istilah venture capital dan angel investor. Venture capital merupakan jenis pembiayaan yang disiapkan oleh investor bagi perusahaan startup yang tengah tumbuh dan memiliki potensi besar untuk berkembang.

Pembiayaan venture capital ini berasal dari investor besar, bank investasi atau lembaga keuangan lainnya yang mampu memberikan pendanaan dalam jumlah besar. Biasanya venture capital ini menjadi bagian penting dalam pengembangan perusahaan kecil.

Sedangkan angel investor merupakan orang kaya yang memberikan dukungan keuangan atau modal untuk perusahaan startup atau perusahaan yang sudah berjalan. Angel investor biasa berasal dari siapa saja termasuk keluarga terdekat atau sesama pengusaha. Pembiayaan jenis ini cocok untuk cara investor bagi hasil.

Baca juga: Hindari Buntung, Begini Cara Mengelola Keuangan Usaha!

Cara Mencari Investor Untuk Bisnis

Untuk mendapatkan investor yang mampu bekerjasama dalam pembiayaan bisnis, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Berikut ini langkah-langkah mencari investor untuk bisnis yang bisa Anda coba.

1. Membuat List Calon Investor

Langkah pertama jika ingin mencari investor startup adalah buat list calon investor terlebih dahulu. Pilih beberapa investor yang memiliki potensi tinggi untuk memberikan pembiayaan bagi perusahaan.

2. Ajukan Proposal Kepada Investor

Setelah mendapatkan target investor yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, langkah selanjutnya adalah ajukan proposal. Untuk membuat investor bersedia melakukan pendanaan terhadap perusahaan, buatlah proposal yang menarik serta lengkap mulai dari visi misi perusahaan, kas, rencana usaha mendatang dan lain sebagainya.

3. Presentasi yang Menarik

Selain mengajukan rencana bisnis dalam bentuk proposal, saat mencari investor usaha kuliner Anda juga harus melakukan presentasi dengan menarik Buat presentasi rencana bisnis yang menarik dengan media yang mendukung sehingga bisa menarik minat investor untuk melakukan pembiayaan bisnis Anda.

Dalam tahap presentasi ini, Anda juga bisa menjelaskan strategi yang akan digunakan untuk mengembangkan bisnis di masa depan sebagai cara menarik investor asing. Dengan strategi bisnis yang matang bisa membuat investor lebih yakin untuk melakukan pendanaan terhadap bisnis tersebut.

4. Ikut Pameran dan Kompetisi

Cara lain yang juga bisa Anda lakukan untuk mendapatkan investor adalah dengan ikut pameran atau mengikuti kompetisi yang berhubungan dengan bidang bisnis. Biasanya dalam pameran atau kompetisi seperti ini ada banyak investor yang siap untuk melakukan  pembiayaan jika menemukan bisnis yang memiliki potensi bagus di masa depan.

5. Buat Laporan Keuangan yang Lengkap

Salah satu faktor penting dalam usaha mendapatkan dana dari investor adalah Anda harus memiliki laporan keuangan yang bagus. Sebelum melakukan investasi, biasanya investor akan memeriksa laporan keuangan perusahaan terlebih dahulu untuk mengetahui apakah keuangan perusahaan dalam kondisi sehat atau tidak.

Oleh karena itu, buatlah susunan laporan keuangan perusahan yang jelas dan lengkap. Laporan keuangan ini bisa menjadi bahan pertimbangan bagi investor untuk melakukan kerjasama dengan perusahaan Anda atau tidak.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Laba dan Cara Menghitungnya

Membangun bisnis dari nol memang tidak mudah dan membutuhkan kerja keras termasuk modal yang tidak sedikit. Dengan mengetahui cara cara mencari investor yang tepat, bisa membantu Anda untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih besar.

investasi dengan modal kecil

144 Comments

  • Jarmila 5 Februari 2023

    Loan offer
    All your projects are already a reality with our online loan. What is your project? Get a loan and qualify for more money with the interest rate of 1.98% while building your credit up to 50,000,000 euros for a term of up to 20 years. CONTACTS: smajslova.jarmila()hotmail.com

  • Rudy Setiantomo 5 Februari 2023

    Saya Arsitek sudah membuat Site Plan untuk rencana pembuatan Eduwisata dan Waterpark di Jawa Barat.
    Proses Ijin Prinsip sudah disetujui dan sudah ada nomor nya.
    Yang kami perlukan adalah Investor yang berminat untuk bergabung dengan kami.
    Bila ada yang berminat, bisa segera hubungi kami.

  • Roma 2 Februari 2023

    Saya sedang mencari pemodal untuk perusahaan saya yang sudah berdiri sejak 2008, perusahaan bergerak di bidang pengadaan barang dan jasa Konstruksi. untuk saat ini konstruksi sedang ada kontrak pekerjaan senilai 8 M. jika ada investor yang bersedia membantu dan bisa dikomunikasikan lebih lanjut.

    Hub : 081264382294
    Big Thanks

  • Robin 31 Januari 2023

    Slamat sore pak mario , kami bergerak dlm bidang suppllier dating ayam, daging sapi , ikan. Saat ini ada permintaan
    dari perusahaan pemerintah daerah ( BUMD ) yaitu komoditi ayam, ikan, daging yg sangat banyak dan total nya 4500 Ton dengan nilai Rp. 300 M dgn sistem pmbyrn tempo 1 bln dengan profit 5% up.

    Oleh karna itu kami membutuhkan pendanaan atau mengajak kerjasama dalam pembiayaan utk menangani tempo 1 bln.

    Kami akan mengikuti pola pembagian kerjasama nya apakah sistem profit sharing atau sistem persenan.

    Atas perhatian dan kerjasama nya kami ucapkan trims kasih.

    Wa 081316164643

  • Triana Soffi 30 Januari 2023

    Yth.Para Investor
    Perkenalkan saya Triana dari Bandung_Jawa Barat,sekarang lagi bergelut dibidang bisnis Sembako sudah beroperasi 7 tahun. saya mau ngajak kerjasama dalam hal pembelian sembako.Saat ini saya terkendala di modal, siapa tau ada investor yg dermawan ingin bekerja sama di perusahaan kami,
    Silahkan hubungi email : trianasoffi84@gmail.com
    Atau bisa melalu via wa di :+6281222589838

  • Lando 25 Januari 2023

    Saya Aldo mempunyai Apotek di daerah kepualaun dan sudah beroperasi 5 tahun dengan dilengkapi 4 praktek dokter spesialis. Saya mau ngajak kerjasama dalam hal pembelian obat-obatan. Dengan keuntungan bersih 3% setiap bulan. Perjanjian kerjasama bisa langsung ke notaris. Ijin2 apotek lengkap dan sudah berbadan Hukum. Jika tertarik hubungi 081337300298

  • Anton tannyono 24 Januari 2023

    Saya harini, saya punya perusahaan yg sedang berkembang dibudang teknologi, utk saat ini perusahaan kami membutuhkan investor utk pengembangan softwer aplikasi kita, mohon bantuanya utk kerjasama dengan perusahaan kami, no tlp yg bsa dihubung i08152828887, posisi kami diwilayah surabaya, jawa timur

  • Septian dimas 21 Januari 2023

    Saya mempunya bisnis di bidang grosir sembako dan Frozen food,
    Bisnis saya sudah berjalan sekitar 1 tahun lebih, dan alhamdulilah lancar, omset saya mencapai 180 sampai 200 juta perbulan,
    Saya membutuhkan investor buat renovasi, karna toko kami sudah tak memadai, sempit,
    Dan membutuh kan kendaraan beroda 4 untuk berblanja langsung kepusat pusat, karna menurut saya denan itu saya akan sedikit menambah keuntungan, dan mempermudah juga jalan usaha saya,
    Mohon bos bos untuk menanggapi ini,

  • Sofiyan hakim 20 Januari 2023

    Selamat siang,
    Perkenalkan saya Sofiyan hakim,
    Saya adalah founder PT hakim al-Fatih steel,
    Jenis-jenis Besi Scrap
    Dalam proses jual beli dalam jumlah besar diperlukan pihak independen yang dapat memastikan kualitas dan kuantitas besi scrap tersebut. Sebagai acuan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut adalah ISRI 2017 (Institute Of Scrap Recycling Industries Inc.), nah dalam proses penentuan kuantitas, besi scrap diklasifikasi berdasarkan jenis bahannya seperti:
    Saya saat ini sudah memegang 2 perusahaan yaitu PT cbi dan Trakindo utama ckb 3.
    Saat ini saya terkendala di modal, siapa tau ada investor yg dermawan ingin bekerja sama di perusahaan kami,
    Silahkan hubungi email : hakimalfatihsteel@gmail.com
    Atau bisa melalu via wa di :+62895-33683-2358
    hakimalfatihsteel. blogspot. com/2023/01/besi-scrap-dalam-proses-jual-beli-dalam.html?m=1

  • Try susanto 19 Januari 2023

    Saya memiliki lahan alam budidaya ikan nila Dengan luas total -+ 1100m2 namun tempat.y kami buat perpetak petak dengan jumlah 9 petak budidaya… ditahun 2021 bulan september kami telah menebar benih ikan nila sebanyak 15000 ekor di 2 petak tempat .namun berjalanya waktu dalam setiap bulan kami harus mengeluarkan -+10 zak pakan ikan namun karena keterbatasan modal hanya 2 bulan saja kami bisa menyiapkan selebihnya kami tidak bisa lagi sampai tahun in kami belum bisa mengembangkan budidaya ikan dikarenakan pakan yang mahal dan butuh pakan ikan yang cukup banyak .
    Saya berharap akan ada investor Yang ingin berkunjung untuk melihat lokasi atau tempat budidaya kami sebelum ingin membantu dan bisa diajak kerjasama dalam budidaya ikan nila

  • Ade 16 Januari 2023

    Assalamualaikum nama saya Ade,
    Saya sudah tidak bekerja dan saat ini sudah menjalankan bisnis F & B sejak tahun 2017.
    Akan tetapi untuk pengembangan usaha ini terlalu lambat dikarenakan modal yang minum, kita punya konsep,misi dan visi untuk membuat suatu bisnis F & B yang insha Allah akan bisa berkesinambungan untuk masyarakat luas. Apabila ada donatur atau investor yang ingin membantu untuk pengembangan kita akan menjalankannya.

  • sukatno 16 Januari 2023

    saya mempunyai usaha RT RW resmi sumber internet izin resmi net di sebuah desa dan sudah memiliki pelanggan 133 pelanggan rumahan kami berencana mengembangkan usaha sampai 1 desa full dengan jaringan fiber optik target bisa mencapai 500 sampai 1000 pelanggan dengan jaringan kabel fiber optik karena harga pelanggan baru yang terjangkau di banding dengan peralatan lain koneksi lebih stabil mungkin para investor ada yang tertarik semua pelanggan bisa di cek secara online jadi sangat transparansi

  • Paryatno 16 Januari 2023

    Saya mempunyai bisnis peternakan ayam kandang close house, sudah berjalan 4 tahun, sedang butuh tambahan modal untuk pengembangan, monggo para investor yg berminat bergabung utk bekerja sama,
    Alamat saya Ds Kaliurip, kec. Purwojati, Banyumas Jawa Tengah, hp/wa 081327963720

  • Meli Susilawati 12 Januari 2023

    Assalamualaikum…perkenal kan nama sy meli Susilawati sy tinggal d bekasi timur …hampir 1 tn ini sy menjalan kan usaha conveksi..dari karyawan 4 orang Alhamdulillah skg sudah punya Karyawan 25 orang…barang x d sini bapak atu ibu investor yg bisa d ajak kerja SM untuk permodalan & mengembang kan usaha saya ..bisa hubungin ke no 081213458884

  • Ivan 12 Januari 2023

    Saya sedang mencari investor, untuk mengembangkan usaha saya yang lagi sedang berjalan.
    Saya usaha produksi part-part rubber/karet.
    087879029412

  • Heri saeful Hidayat 12 Januari 2023

    Dear Investor

    With all humility, we intend to look for investors for the Development Hospital Construction of the Walargi Hospital located in Bandung Regency, which is currently running in the form of a clinic because the number of patients increases every year almost an average Type C. For the mechanism can be a collaboration scheme with a return for 10 years, while the funds needed are Rp.350,000,000,000 (three hundred and fifty billion rupiah) or $ 26.333.333 as a material for my father, I will send a proposal for this hospital development plan
    For your attention and help we say thank you
    Wasalam
    Heri Saeful Hidayat
    081394255357 (hsaeful@gmail.com)

  • Septian Adi pranata 11 Januari 2023

    Untuk sistim/cara kerja sudah di kuasai…Dimana kita mengambil/belanja barang juga sudah di kuasai…lahan/tembat kita menjual barang sudah di miliki…Saya hanya/sangat membutuhkan seorang saudagar/seseorang yg memiliki kelebihan dalam rezki dan ada keinginan untuk mencari rezki bersama/hanya simpatik semata pun tidak mengapa…Jika di sertai dg Armada/unit roda 4 untuk menjalankan bisanis mungkin membutuhkan/anggaran mencapai Rp200.000.Dengan laba 10% minimal dari tiap modal/barang yg kita beli kita bisa meraih untung minimal 10%.

  • Septian Adi pranata 11 Januari 2023

    Saya mencari investor untuk sebuah usaha glosir/grosir sepatu&sandal&tas” sekolah&santai…Bisnis yg sudah di rintis 15th oleh orang tua,Hingga saat ini dan memiliki/menguasai beberapa lahan/pasar dari pasar *purworejo,kutoarjo,prembun,kutowinangun,kebumen,karang anyar,gombong,sumpiuh* (3 kota,Daerah jawa tengah…)
    Usaha ini tidak di turunkan kepada anak”Karena manajement orang tua yg amat disiplin&tertib…kami pun para penerus sudah pernah di ajarkan,namun saya pribadi pernah gagal karena belum ada kedewasaan/masih labil…dan adik sudah pernah menjalankan dan membuahkan hasil yang lumayan selama ia menjalankan 4 tahun dan hanya memegang 1 macam jenis barang.
    BARANG KALI ADA YG BERMINAT/MODAL KEPERCAYAAN…DAN BERSEDIA BELAJAR SESUATU YANG MUNGKIN BARU???
    Untuk informasi lebih lanjut whatssap:082210101822

  • Joko 8 Januari 2023

    Selamat pagi, siang, sore, malam. Jika ini adalah salah satu cara untuk mencari investor maka akan saya lakukan. Permisi perkenalkan saya owner dari perusahaan di bidang transportasi yang baru berjalan 1.5 tahun. Disini saya sekarang memerlukan investor untuk menjalakan produk baru di perusahaan saya dan tetap di bidang transportasi. Akan tetapi untuk detail dan perinciannya tidak saya jelaskan disini. Keuntungan bersih akan dibagi 50% kepada investor. Jika berminat mohon hubungin saya di nomor wa 08987111186

  • Valiant Amboro 8 Januari 2023

    Saya pemilik usaha Bakpia Pathok 104 dan telah membuka usaha ini di Kota Malang sejak 2017. Kota Malang adalah salah satu kota destinasi wisata terpopuler di Indonesia khususnya di Jawa Timur. Di kota Malang, kami telah memasarkan lebih dari 50.000 pack hingga saat ini, dan telah berhasil memasarkan Bakpia Pathok 104 hingga ke Hongkong, Malaysia, Singapore. Pemasaran kami fokuskan melalui media sosial (Shopee, Facebook, Instagram, Tokopedia, Whatsapp). Kini kami mecari investor guna meperluas jangkauan pemasaran secara offline store di Kota Wisata Malang dan Batu, investasi tersebut juga akan kami gunakan untuk menambah berbagai peralatan dapur dan pengemasan sehingga dapat memenuhi target pesanan dengan cepat dan efisien.

    hafizhvaliantamboro@gmail.com / WA 082264444001

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *