Bisnis

Mau Bisnis Berkembang? Begini Cara Mencari Investor yang Tepat!

gambar ilustrasi investasi yang bertumbuh

Jika ingin bisnis berkembang lebih besar, Anda perlu tahu cara mencari investor untuk kerjasama. Untuk mencapai target bisnis yang lebih besar, ada banyak faktor yang diperlukan salah satunya adalah modal usaha. Akan tetapi untuk mendapatkan modal usaha yang besar tersebut pastinya tidak mudah jika dilakukan sendiri sehingga butuh kerjasama dengan investor.

Tidak bisa dipungkiri jika membangun sebuah bisnis, seperti bisnis startup, membutuhkan usaha yang tidak mudah. Salah satu contohnya adalah usaha untuk mencari investor yang akan membantu pembiayaan sehingga bisnis bisa berkembang dengan pesat.

Akan tetapi untuk bisa mendapatkan investor yang mampu bekerja sama mengembangkan bisnis pastinya tidak mudah. Maka dari itu, Anda harus tahu cara mendapatkan investor untuk bisnis startup dengan mudah. Namun sebelum itu, ketahui dulu perbedaan dua jenis pembiayaan dalam bisnis seperti di bawah ini.

Jenis Pembiayaan Bisnis

Saat mencari investor untuk kerjasama, Anda pasti tidak akan jauh dengan istilah venture capital dan angel investor. Venture capital merupakan jenis pembiayaan yang disiapkan oleh investor bagi perusahaan startup yang tengah tumbuh dan memiliki potensi besar untuk berkembang.

Pembiayaan venture capital ini berasal dari investor besar, bank investasi atau lembaga keuangan lainnya yang mampu memberikan pendanaan dalam jumlah besar. Biasanya venture capital ini menjadi bagian penting dalam pengembangan perusahaan kecil.

Sedangkan angel investor merupakan orang kaya yang memberikan dukungan keuangan atau modal untuk perusahaan startup atau perusahaan yang sudah berjalan. Angel investor biasa berasal dari siapa saja termasuk keluarga terdekat atau sesama pengusaha. Pembiayaan jenis ini cocok untuk cara investor bagi hasil.

Baca juga: Hindari Buntung, Begini Cara Mengelola Keuangan Usaha!

Cara Mencari Investor Untuk Bisnis

Untuk mendapatkan investor yang mampu bekerjasama dalam pembiayaan bisnis, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Berikut ini langkah-langkah mencari investor untuk bisnis yang bisa Anda coba.

1. Membuat List Calon Investor

Langkah pertama jika ingin mencari investor startup adalah buat list calon investor terlebih dahulu. Pilih beberapa investor yang memiliki potensi tinggi untuk memberikan pembiayaan bagi perusahaan.

2. Ajukan Proposal Kepada Investor

Setelah mendapatkan target investor yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, langkah selanjutnya adalah ajukan proposal. Untuk membuat investor bersedia melakukan pendanaan terhadap perusahaan, buatlah proposal yang menarik serta lengkap mulai dari visi misi perusahaan, kas, rencana usaha mendatang dan lain sebagainya.

3. Presentasi yang Menarik

Selain mengajukan rencana bisnis dalam bentuk proposal, saat mencari investor usaha kuliner Anda juga harus melakukan presentasi dengan menarik Buat presentasi rencana bisnis yang menarik dengan media yang mendukung sehingga bisa menarik minat investor untuk melakukan pembiayaan bisnis Anda.

Dalam tahap presentasi ini, Anda juga bisa menjelaskan strategi yang akan digunakan untuk mengembangkan bisnis di masa depan sebagai cara menarik investor asing. Dengan strategi bisnis yang matang bisa membuat investor lebih yakin untuk melakukan pendanaan terhadap bisnis tersebut.

4. Ikut Pameran dan Kompetisi

Cara lain yang juga bisa Anda lakukan untuk mendapatkan investor adalah dengan ikut pameran atau mengikuti kompetisi yang berhubungan dengan bidang bisnis. Biasanya dalam pameran atau kompetisi seperti ini ada banyak investor yang siap untuk melakukan  pembiayaan jika menemukan bisnis yang memiliki potensi bagus di masa depan.

5. Buat Laporan Keuangan yang Lengkap

Salah satu faktor penting dalam usaha mendapatkan dana dari investor adalah Anda harus memiliki laporan keuangan yang bagus. Sebelum melakukan investasi, biasanya investor akan memeriksa laporan keuangan perusahaan terlebih dahulu untuk mengetahui apakah keuangan perusahaan dalam kondisi sehat atau tidak.

Oleh karena itu, buatlah susunan laporan keuangan perusahan yang jelas dan lengkap. Laporan keuangan ini bisa menjadi bahan pertimbangan bagi investor untuk melakukan kerjasama dengan perusahaan Anda atau tidak.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Laba dan Cara Menghitungnya

Membangun bisnis dari nol memang tidak mudah dan membutuhkan kerja keras termasuk modal yang tidak sedikit. Dengan mengetahui cara cara mencari investor yang tepat, bisa membantu Anda untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih besar.

investasi dengan modal kecil

145 Comments

  • Albert 7 Januari 2023

    Kami adalah grup keuangan khusus yang didedikasikan untuk menyediakan berbagai solusi keuangan bagi komunitas bisnis global. Kami berspesialisasi dalam semua aspek pinjaman residensial & komersial, pembiayaan pertanian, dan pembiayaan talangan. Kami memberikan pinjaman keuangan kepada perusahaan dan entitas swasta dengan tingkat bunga rendah ROI 2,02% per tahun. Kami juga membayar komisi 1,2% kepada Broker, yang memperkenalkan pemilik proyek untuk pembiayaan atau peluang lainnya.
    Tujuan kami adalah dapat membantu kebutuhan keuangan Anda, serta mengembangkan kemitraan jangka panjang yang akan tumbuh bersama perusahaan Anda seiring dengan perubahan kebutuhan Anda. Kami berkomitmen untuk menyediakan produk dan layanan berkualitas tinggi yang terjangkau dan dapat diakses. Silakan hubungi kami hari ini: info@trecsrlservizifinanziari.org

  • Sanda hasriani, se 7 Januari 2023

    Sy cari investor yg mau kerja sm utk usaha pembuatan virgin coconut oil atau mintak murni
    Sy sdh pengalaman 11 tahun produksi virgin coconut oil atau minyakkelapa murni tpi gk bisa besar usaha sy karena sy tdk punya modal jdi tetap berjalan di tempat pd hal di daerah sy bahan baku kelapa berlimpah dan virgin coconut oil masuk comuditi export tpi apa daya modal gk ada mohon kirax klo ada investor mau kerja sm dgn sy bagi hasil hubungi sy:
    Sanda hasriani, se
    Wa 082348659310
    Email: sandahasriani@gmail.com

  • Dony 29 Desember 2022

    Peluang Investasi Cabang HAYYU

    Assalamualaikum

    Izin untuk bisa memperkenalkan diri terlebih dahulu, Saya Dony di Business Development dari Hayyu Muslim Skin Clinic, saya bertanggung jawab untuk menyampaikan informasi menarik kepada calon investor di Hayyu

    Kantor pusat kami di Surabaya,
    Jl Ketintang Selatan No. 115

    Sejak tahun 2018 kami telah membuka kerjasama investasi untuk membuka semua cabang – cabang Hayyu dan puluhan Investor telah bekerjasama dengan Hayyu.

    Kenapa harus bekerjasama dengan Hayyu :

    1. Berpengalaman mengelola bisnis Klinik Kecantikan selama 5 Tahun dengan 7 Cabang
    2. Bisnis kecantikan Alhamdulillah relatif tahan krisis khususnya Pandemi Covid 19
    3. Sistem kerjasama sesuai dengan nilai Islam yaitu Syirkah Mudharabah
    4. Sistem kerjasama yang fair karena diperhitungkan dari hasil usaha
    5. investasi relatif aman karena objek kerjasama adalah cabang yang telah berjalan (take over)
    6. Diskon 30% untuk investor berlaku untuk semua jenis transaksi pada cabang yang dikerjasamakan

    Jadi tunggu apa lagi, kini saatnya anda menjadi mitra Investor dan bersama-sama kita membangun bisnis yang tak hanya menguntungkan tapi juga berkah. Insya Allah.

    Hubungi kami untuk informasi lebih lengkap. Terimakasih. Wassalamualaikum.

    hayyu .id
    Cp. 081804002000

  • Rudi somantri 18 Desember 2022

    Bismillah..
    Asalamu alaikum..
    Saya lagi cari modal atau inves, untuk usaha pengadaan jual beli bibit ikan di bandung, jika ada hubungi saya 🙏 085280099914
    Market bisa dilihat di google namanya jual bibit ikan nila bandung terdekat.

  • Diana 17 Desember 2022

    Saya mempunyai usaha crome spray saya membutuhkan modal untuk pengembangan usaha ,untuk saat ini saya membutuhkan investor untuk memajukan usaha saya

  • Antonius 13 Desember 2022

    Saya menjalankan usaha kuliner street food japanese, mempunyai 1 gerai di apartment square, siwalankerto surabaya sudah berjalan 1 thn.. dengan tinggi nya minat customer, kami mempunyai target plan 2023 mempunyai 5 gerai di area surabaya.. market pasar mahasiswa rate harga 12 rb sampe 18 rb, dan memerlukan beberapa investor lagi untuk menjalankan projek kami taun 2023.. untuk perincian bisa wa ke kami 081317755700
    Trimakasih

  • Sujarno 8 Desember 2022

    Saya sujarno, saya tinggal dijogja, udah punya usaha sembako dipasar giwangan, sering ditawarin tanah diseputran kampus UAD, untuk jangka panjang buat kos**san menjajikan, jika ada yg minat bos**ku silahkan hubungi saya

  • Sujarno 8 Desember 2022

    Domisi saya dijogja, saya sudah punya usaha sembako kecil**lan dipasar giwangan, sering ditwarin tanah diseputran kampus uad terpadu, buat koskosan menjajijakan untuk jangga panjang, klu ada yg minat silahkan hubungi

  • Muhamad Agus 7 Desember 2022

    Salam sehat dan sukses, perkenalkan saya wirausaha mandiri yang saat ini masih berjalan untuk expansi dalam bentuk penjualan sembako, saat ini sy membutuhkan investor personal untuk dapat melakukan kerjasama agar usaha yg saat ini jalani berkembang pesat, terimakasih

  • Agus Setiawan 7 Desember 2022

    My strait night Agus Setiawan
    I have a partner who is having 2 big projects,
    1. Looking for buyers of +/- 20,000 hectares of forest wood located in North Maluku, permits have been issued from the regional and central government, because the land will be allocated for agricultural land for local residents,
    2. Halmahera
    Namely a precious metal/gold mining area of ​​1700 hectares and has been running since 2010 SD 2030 and can be extended which from various material tests and locations with various tools and methods the gold content in the area is as much as 14.7 tons of gold for every 47.5 hectares ,
    And there are 2 investment offers
    The first is to invest 100 M and share 90% for investors 10% for land owners
    The second is profit sharing, namely the investor fully manages the land, with a distribution of 70% for investors and 30% for land owners
    Interested and want to make a surfey location appointment, please contact directly
    081270111088

    • Sabaji 30 Januari 2023

      Hai saya sabaji dr sulawesi selatan makassar tepatnya kab gowa kec biringbulu sy mendirikan bisnis atau usaha sy dr thn 2005, usaha sy adalah menjual perabot rumah tangga / meybel dengan grosiran barang campuran dua”nya sy jlnkan dgn memakai karyawan 5 orang laki”dan 2 orang perempuan akan tetapi sy berpikir kl ada investor yg bisa membantu sy dgn modal yg banyak supaya kami bisa mengembangkan usaha kami maka kami siap bekerja lebih maksimal dr sblmnya kami siap mengembangkan dan lebih memperluas jaringan kami terimah

  • Agus Setiawan 7 Desember 2022

    Selat malam saya Agus Setiawan
    Saya mempunyai mitra yang sedang mempunyai 2 Projek Besar,
    1. Mencari pembeli kayu hutan seluas +/- 20.000 hektar yg terletak di Maluku Utara, sudah terbit izin dari Pemerintah Daerah dan pusat, karna lahan akan di peruntukan lahan pertanian warga setempat,
    2. Halmahera
    Yaitu pertambangan logam mulia/ emas seluas 1700 hektar dan sudah berjalan sejak 2010 SD 2030 dan bisa di perpanjang yg mana dari berbagai uji material dan lokasi dengan berbagai alat dan metode kandungan emas di daerah tersebut sebanyak 14,7 ton emas setiap 47,5 hektar nya,
    Dan ada 2 tawaran investasi
    Yg pertama tanam modal 100M dan pembagian 90%untuk investor 10%untuk pemilik lahan
    Yg kedua bagi hasil, yaitu investor sepenuhnya mengelola lahan, dengan pembagian 70%untuk investor dan 30% untuk pemilik lahan
    Tertarik dan ingin buat temu janji surfey lokasi langsung hubungi
    081270111088

  • Ayu 6 Desember 2022

    Saya ayu, disini saya sebagain Founder dr legalitas PT. Novya Gerak Sinergis dimana perusahaan kami bergerak di bidang logistik domestik dr mulai cargo sampai full trucking dr mulai mobil granmax, CDE, CDD, Fuso dan Wing box dimana pengiriman kami sehari bisa memenuhi min 7 unit sampai 15 unit pernah hari customer kami sudah ada 20 customer dari mulai kontrak sampai dengan on call perusahaan kami perusahaan berkembang Omset dalam sebulan min 800juta sampai 1M kami sudah berjalan 2 tahun di dunia logistik.
    Karena semakin banyak nya customer kami yg kami support maka semakin banyak yg harus kami keluarkan dana setiap hari nya untuk uang jalan driver dan operational rata² TOP kami 30 hari ke customer makan dari itu kami sangat membutuhkan investor untuk mengembangkan perusahaan kami ini untuk bisa sejajar dengan logistik² ternama di tanah air. Jika ada yg tertarik bisa hubungi saya di 081287624150 WA & email ayuyudia@sinergis.co.id

  • Alfan 5 Desember 2022

    Kami para pelaku pengrajin Kriya di Yogyakarta, dengan Tim Kreatif berpengalaman dan sudah memiliki workshop. Kami juga ada beberapa outleh usaha barbershop dan kafe. Sangat senang dan siap maju berkembang jika ada yang berkenan menjadi mitra, imvestor, berkerjasama dengab kami. 081258051934, 082123401926.

  • Dian 5 Desember 2022

    Saya Dian, founder dan CEO kedai kopi dengan 2 cabang yang sudah berjalan selama 3 tahun, namun saya ingin menggandeng investor untuk mengembangkan konsep baru dan saya yakin ini akan berhasil, saya sudah ready dengan semua gambar dan lahan cuma dananya sangat besar dan ingin mengajak investor untuk bekerjasama.

    Silahkan email ke : elfanitadian@yahoo.com

    Terimakasih

  • CV. VEBIE CUSTOME 4 Desember 2022

    Kami dari perusahaan konveksi butuh dana untuk pengembangan usaha .dimana usaha saya di bintang desain printing baju dan tas…orderan kami naik tapi kami memiliki keterbatasan mesin jahit ..bahkan mesin jahit terjual untuk membeli bahan baku!!kami butuh mesin jahit dan toko/galeri untuk memberikan kenyamanan konsumen saat memilih produk

  • Wisanggeni Trans 1 Desember 2022

    Membutuhkan investor…
    Kami bergerak di bidang transportasi dan pelayanan tour and travel di Pulau Bali.
    Wisanggeni Trans berdomisili di Jimbaran Bali 10menit dari Bandara.
    welcome investor yg mungkin ingin menitipkan mobilnya atau menitipkan dana dengan akumulasi persentase laba sampai 30% pertahun.
    Bila berkenan hubungi kami di 081231904497
    atau email ke wisanggeni.bakuh@gmail.com
    Visit our website www. wisanggeni-trans .com
    PT. Wisanggeni trans group

  • Mukhammada Aan 30 November 2022

    Halo nama saya mukhammad aan saya dari pasuruan barang kali disini ada investor saya lg butuh pendanaan untuk menjalankan bisnis menyuplai kebutuhan pabrik pakan ternak, awal jalan saya menajalankan punyae orang skrng mau jalan sendiri hasil menguntungan bahan dasar kepala udang dengan harga 1000/kg dan dijadikan tepung dengan harga terima pabrik 7300/kg barang kali ada investor bisa klik wa.me/6285707774446

  • Engky Leong 25 November 2022

    Hi para investor,sy mempunyai usaha di jasa travel antar kota,sy ingin mengembangkan usaha ini di beberapa kabupaten di pulau flores,tapi saya membutuhkan bantuan dana untuk bisa mengambil tambah unit kendaraan passenger..mungkin para investor berniat menanamkan modal untuk pengembangan usaha bisnis travel di pulau flores,khususnya kabupaten sikka.terima kasih

  • Bp 22 November 2022

    hallo , kami mempunyai usaha production house untuk iklan tv dan konten sosial media, membutuhkan investor pendanaan untuk membesarkan kapasitas produksi video , sudah ada 3 project berjalan untuk 3 konten produk untuk 4 tahun kedepan.. jika ada yang berminat bisa hubungi kami : 08119515669

  • Suryato 14 November 2022

    Saya usaha ayam dan bebek goreng butuh investor yg mau join,wa bu yati 083822078649 semoga ada yg minat join.lokasi tangerang banten

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *