Logistik

Apakah Penerima Paket dari Luar Negeri Harus Bayar?

pekerja gudang sedang mengelola paket dari luar negeri

Perkembangan teknologi yang semakin canggih memungkinkan Anda untuk dapat mengirim atau menerima barang dari luar negeri dengan lebih mudah. Saat ini telah banyak jasa ekspedisi yang menawarkan jasa pengiriman baik dari maupun ke luar negeri dengan proses yang mudah dan waktu yang tidak terlalu lama. Meskipun barang dan ongkos kirim telah dibayar, apakah menerima paket dari luar negeri harus bayar?

Tidak sedikit orang Indonesia yang menerima paket dari China baik dari keluarga yang bekerja dari sana maupun karena membeli barang secara online. Saat ini melakukan pengiriman barang baik dari maupun ke luar negeri memang bisa dilakukan dengan lebih mudah. Hal ini juga yang membuat banyak orang mulai tertarik untuk berbelanja dari toko online di luar negeri.

Berbelanja online dari luar negeri secara langsung memang bisa memberikan banyak keuntungan. Selain harga yang lebih murah, kualitas barang yang dijual biasanya juga lebih terjamin. Meskipun begitu, Anda perlu mempertimbangkan biaya pengiriman barang dari luar negeri ke Indonesia dan biaya lain yang mungkin akan dibebankan nantinya.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apakah ada biaya yang harus dibayar jika menerima paket dari luar negeri, yuk simak ulasan berikut ini!

Penerima Paket dari Luar Negeri Harus Bayar Pajak

Tidak sedikit orang yang masih bingung jika menerima paket dari luar negeri apakah harus ada biaya yang perlu dibayar atau tidak. Sebenarnya menerima paket dari luar negeri memang ada beberapa biaya yang perlu Anda keluarkan. Akan tetapi biaya tersebut sebenarnya termasuk dalam pajak. Jadi jika ada pertanyaan apakah paket dari luar negeri kena pajak, maka jawabannya adalah IYA.

Sebelum  membahas tentang pajak untuk paket dari luar negeri, perlu Anda ketahui, bahwa saat ini semakin marak modus penipuan dengan berkedok mendapatkan paket hadiah dari luar negeri.  Biasanya  seseorang akan menawarkan Anda hadiah yang berasal dari luar negeri namun sebelumnya Anda harus membayar sejumlah uang terlebih dahulu. Jika menemukan hal bisa jadi Anda tengah mengalami ciri-ciri penipuan paket luar negeri.

Baca juga: Ternyata Begini Cara Kirim Paket ke Luar Negeri, Gampang!

Pengiriman barang dari luar negeri berarti termasuk dalam import. Itu artinya jika Anda menerima paket dari luar negeri maka akan ada biaya bea cukai yang perlu dibayar. Hal ini juga telah dijelaskan dalam Peraturan Menteri Keuangan No. PMK 199/PMK.10/2019 tentang aturan pajak dan bea masuk barang impor. Dalam aturan tersebut dijelaskan bahwa barang kiriman dari luar negeri dengan harga lebih dari $3 akan dikenakan pungutan pajak.

Untuk menghindari penipuan pengiriman paket dari luar negeri, Anda juga perlu tahu besaran pajak yang dikenakan untuk barang import. Berikut rinciannya:

  • Kategori barang umum dikenakan pajak 17.5% dari nilai barang dan ongkos kirim ke Indonesia
  • Kategori tas dikenakan pajak 32.2% – 42% dari nilai barang dan ongkos kirim
  • Kategori sepatu dikenakan pajak 42.5% – 50% dari nilai total barang dan ongkos kirim
  • Kategori pakaian dikenakan pajak 32.5% – 45% dari nilai barang dan ongkos kirim

Cara Membayar Pajak Paket dari Luar Negeri

Selain harus tahu cara melacak paket dari luar negeri agar selamat sampai tujuan, Anda juga perlu tahu bagaimana cara membayar pajak untuk barang yang diterima dari luar negeri. Secara umum, untuk di Indonesia sendiri cara membayar pajak paket adalah melalui kantor pos Indonesia

jasa pengiriman barang internasional termurah

Untuk  membayar pajak barang impor adalah melalui Kantor Pos. Untuk jenis ini, sebelum paket masuk ke Indonesia bea cukai telah menetapkan biaya cukai terlebih dahulu. Selanjutnya paket dikirim ke kantor Pos untuk disampaikan ke penerima barang.

Pada tahap ini, biasanya petugas pos akan mengirimkan contoh bukti pengiriman paket dari luar negeri atau surat penagihan kepada penerima paket. Selanjutnya penerima paket tinggal datang ke kantor pos terdekat untuk melakukan pembayaran dan sekaligus pengambilan paket yang telah diterima.

Sebenarnya ada cara lain untuk membayar pajak pengiriman barang dari luar negeri yaitu dengan melalui ekspedisi luar negeri. Akan tetapi cara ini biasanya hanya digunakan oleh perusahaan yang melakukan import dalam jumlah cukup besar.

Modus Penipuan Pengiriman Paket dari Luar Negeri

Beberapa waktu belakangan ini sepertinya semakin marak modus penipuan pengiriman paket dari luar negeri. Biasanya modus ini menyasar untuk orang-orang yang kerap menggunakan media sosial. 

Baca juga: Berapa Lama Paket dari China ke Indonesia? Yuk, Cari Tahu!

Pelaku penipuan akan berpura-pura bahwa target mendapatkan hadiah berupa barang mewah dengan harga cukup mahal yang dikirim dari luar negeri. Untuk menyakinkan korban, pelaku bekerja sama dengan orang lain yang bertugas sebagai kurir dan meminta korban untuk meminta membayar pajak barang mewah dari luar negeri yang telah Anda menangkan tersebut.

Pastikan Anda jangan sampai tergoda dengan penawaran tersebut. Karena jika sampai tergoda dan mentransfer uang, maka sudah pasti pelaku akan langsung menghilang dan Anda juga kehilangan uang tersebut. Jadi sebelum percaya pastikan dulu pelaku dapat menunjukkan bukti barang keluar dari gudang bea cukai dengan surat penagihan pajak yang resmi. Jika tidak bisa menunjukkan, sudah pasti itu merupakan modus penipuan.

Modus Penipuan dengan Menggunakan APK Melalui WhatsApp

Saat ini, siapa yang tidak menggunakan WhatsApp untuk komunikasi sehari-hari? Nah, ternyata penipu juga memanfaatkan platform ini untuk menipu para korbannya. Caranya adalah dengan berpura-pura menjadi kurir paket. Dalam pesan WhatsApp, pelaku akan mengirim aplikasi, dan jika Anda berhasil mendownloadnya, maka seluruh data penting Anda terkait dengan perbankan akan bocor. Modus penipuan ini dinamakan dengan sniffling, yang bertujuan untuk mencuri data serta informasi perbankan, kartu kredit, maupun password email Anda. Agar Anda terhindar dari modus penipuan berkedok kurir ini, apabila Anda menemukan ada kiriman file dengan ekstensi apk. dari nomor tidak dikenal, sebaiknya Anda abaikan atau sekalian blok jika perlu. Anda bisa cek apakah nomor tersebut penipu atau bukan melalui aplikasi seperti Get Contact dan True Caller.

1,484 Comments

  • Elindanov5 30 Maret 2024

    Oh pantes saya curiga,ternyata ini penipuan ya,ternyata jalan Allah lebih indah,saya hampir di tipu namanya mike patrick dia ngakunya pilot,suruh saya transfer uang sebesar 8juta,dia kira saya bodoh x ya,ntar saya kirim uang segitu dengan menggadaikan BPKB saya ,cuma gara² tertarik hal² seperti ini saya terpikat ,oh tidak bisa,untung saya GK jdi tergiur kalo iya ya udh mngkn saya akan punya hutang ke pihak pegadaian Krn gak bisa Nebus BPKB saya ,ganteng² ko nipu sama sini hadewh capek dehh 🤣🤣🤣🤣

    • Eden 8 Mei 2024

      Bagaimana kelanjutannya mba, saya sepertinya sedang mengalami nya mba

  • Kholifah 29 Maret 2024

    Saya saat ini juga sedang mengalami yg sama seperti temen² ,, dapet kiriman dari London berupa uang ,tas perhiasan dll,, cuman dari pihak logistik nya minta biaya 6jt500,, terus klau gak punya harus bayar 1jt,, terus orang logistik nya tlfn tidak berhenti² menelfon saya,, nama logistic nya aliace smart logistic,, itu penipuan juga kali ya

  • Nuur 29 Maret 2024

    Setiap pengiriman barang dari luar negeri pasti ada resi/notice/AWB ( airways bill. Di situ ada nomer resi.. Alamat perusahaan. Ekspedisi.. Email. Nomer kontak. Dan website nya… Yang semua bisa telusuri dan di cek kecocokan data nya.., jika tidak ada ke sinkron an.. Atau alamat dll tidak di temukan datanya yang itu penipuan

  • Adi 28 Maret 2024

    Ini yang sedang saya alami sekarang mohon pencerahan dan bantu solusinya
    Saya berkenalan dengan wanita asal Amerika yg mengaku tentara sedang bertugas di suriah
    Dia mengirim kan paket berupa uang untuk di amankan dan di titipkan kesaya
    Dalam 2hari paket telah sampe katanya di bandara Bali
    Saya di minta bayar pajak Rp 8.500.000 tapi yang katanya pihak bandara mengirimkan no rek nama pribadi bukan bea cukai atau kantor post
    Sampai sekarang paket itu belum saya ambil karena tidak ada uang sebanyak itu
    Dia mengancam akan menjemput saya ke polisi.
    Mohon solusi apakah ini termasuk penipuan

  • Blackpoetra 27 Maret 2024

    Nahh gue yg gacor lagi mau di kasih hadiah sama cewek asal Jerman sebuah mobil BMW Seri 7 dan aku dipaksa suruh bayar pajaknya 16 juta.. Gila bener aku jawab gue mau dtg langsung ke bea cukai katanya tidak boleh itu hak perusahaan….

  • Lima erviana 26 Maret 2024

    Saya juga saat ini sedang mengalami hal seperti itu juga ngakunya dari London tapi dia bilang ke saya saat ini sedang bekerja di Philipina dan menjadikan saya sebagai saudarinya dan katanya dia membeli kan saya tas sepatu jam tangan terus mengirimi saya gambar² seperti tas sepatu import gitu tru lsg ada yg chat lagi katanya kurir dari luar dia bilang paket saya sudah sampai dan saya heranya masa dari luar negri sampek nya cepat sekali padahal jika saya pesan Shopee yang dari jakarta aj kurang lebih 4- 5 hari baru sampai lah itu dari Philipina kok cuma 2 hari kan mencurigakan

    • Aam amalia wahyuni 27 Maret 2024

      Asalamuallaikum, ka aku mau tanya, kalau ada paket dari inggris ke Indonesia, apakah d cek atau d buka ama perusahan nya

    • Rahma 29 Maret 2024

      Sy juga begitu dpat kwn dr London dia mo ksh surprise ke saya dengan mengirimkan barang2 branded. Tapi liat orangnya seperti menyakinkan sekali

  • Alimah 25 Maret 2024

    Saya juga ini dapet kenalan dari London katanya duda anak satu,dia katanya mau kasih hadiah tas,sendal,parfum,set perhiasan dan uang 50 rb dolar,tapi kenapa saya harus bayar biaya cukai sebesar 11 juta,saya bilang ga punya uang palah suruh hutang saudara,tp aku udah transfer 1 jt,tp aku ragu akhirnya aku buka google tp aku tanya temen” katanya paket dari luar negri gratis g ada biaya lagi,fix nh aku udah kena tipu, untung baru kasih 1 juta, untuk teman”yang lain harus hati” jangan sampai kena tipu yah.

  • Hapsah 24 Maret 2024

    Mohon bantuannya saya dapat kiriman dari london saya di mintai terus pembayaran padahal saya sudah melakukan pembayaran, bahkan saya sampai di ancam, bagaimana ini apakah penipuan , bagaimana cara menghadapinya?

  • Lisa 23 Maret 2024

    Saya juga
    Dibeliin tas jam perhiasan hp baju yang mewah”
    Dan dia juga fotoin ke saya barang yang akan dkirim
    Dia juga foto d penerbangan soal dia kirim lewat fedex
    Dia juga fotoin resi pengirimannya
    Dia kasih aku uang $100.000
    Dan dia menghabiskan uang buat beli barang” tersebut sebesar $500.000 gila ngak tuh
    Dan saya dsuruh buat bayar $500 pas barang nya udh nyampek,
    Saya raguu
    Untung dapat saran dari teman”

  • Ouyina 23 Maret 2024

    Saya mengalami hal yang sama, saya berkenalan dengan seseorang lewat Instagram dan lanjut ke wa. Dia bilang ingin membelikan saya iPhone, tas, sepatu, dan baju. Tapi ternyata saya disuruh bayar 600.000 dong.
    Pas saya bilang tidak ada uang ehh dia memaksa saya untuk pinjam ke teman dll.

  • Sri harini 23 Maret 2024

    Saya sudah kena tipu sama mereka dan saya juga berkenalan sama pria dr los Angeles USA katanya pria itu saya sudah di brliin hp,tas,sepatu baju,parfum dan uang,sampai di bandara saya dikenakan pajak bea cukai sebesar 3 juta ,lalu saya transfer uang itu melalui rekening yg di berikan pada saya lewat whassapp,saya tergiur dg barang itu jafi saya tranfer,tiba tiba mereka minta uang lagi karena bea cukainya menemukan uang banyak lalu minta di trasfer lagi sebanyak 6 juta,tapi blm aku tranfer karena saya juga bukak google ternyata bea cukai tdk oernah memungut buaya sepersen pun,kata si penipu itu harus ada sertifikat anti teroris katanya,mska harus ada trasferan uang yg di minta,lalu bagaimana solusinya,makadih

  • Susiana jahabu 22 Maret 2024

    Saya juga ketemu dengan laki-laki dari London dan dia berkerja di rumah sakit London ee katanya dia mengirimkan paket kepada berupa kalung dan satu set perhiasan, tas, HP dan sandal termsuk memberikan saya uang dolar tpi tidak tau berapa jumlah nominalnya Hanya suru nnti uangnya d tukar dgn uang Indonesia. Kemudian nanti barangnya sampai ke Indonesia 2 hari lagi apakah it betul atu penipuan?. Kemudian suruh saya nnti barangnya sampai ke Indonesia harus membayar sekitar 2 juta atu 3 juta karena membayar paketnya di perusahaan internasional lokal itu apakah betul atu tidak. Mohon kerjasamanya

  • Alifia 22 Maret 2024

    Ceritanya hampir sama dengan teman – teman. Dia beralasan membelikan saya barang karena dia mendapatkan kontrak untuk bekerja di Istanbul, Turkey. Namun yang anehnya hari itu interview malamnya dia memberi tahu saya bahwa esoknya dia akan langsung terbang ke Istanbul, Turkey. Saya sempat menanyakan terkait apakah dia tidak mengurus VISA untuk pergi kesana. Namun dia menjawab bahwa kepergian dia esok hari urgent sehingga pemerintah dapat mengeluarkan VISA nya hari itu juga. Namun, saya tidak percaya. Kemudian dia mengirimkan foto mengenai barang-barang yang dibelinya namun saya tidak langsung percaya dan mengecek fotonya di pinterest dan foto tersebut ada dalam pinterest. kemudian saya coba dengan memberikan alamat saya untuk mengetahui apakah dia akan menipu saya atau tidak dan hal tersebut terbukti dengan adanya message dari kurir dan menyuruh saya untuk membayar 15 juta rupiah. Saya mengatakan untuk mengeluarkan invoice atau surat penagihan pajak atau faktur pajak yang dikeluarkan oleh pihak BEA CUKAI. Namun, mereka tidak mengeluarkannya dengan berbagai alasan. Akhirnya, nomor dia dan kurir saya abaikan. Hati – hati ya kawan.. we have to be smart.. karena cari uang susah

  • Yolanda 21 Maret 2024

    Sama saya juga iya…hampir saja ke tipu..dia itu org Indonesia TPI tinggal nya di London..dan dia duda anak 1.
    Dia kirim banyak barang dan memasukan uang juga ke dalam paket..dk kita harus bayar pajak Nya di Indonesia sebesar 9 juta kata org bea cukai..TPI kok bisa ya ,,dia berkerja sama dengan org Indonesia…tapi kok bisa org ekpedisi nya telpon suruh bayar pajak secepatnya katanya..mungkin ini penipuan juga ya..

  • Emilia maria sinaga 20 Maret 2024

    Aku juga kenalan cowo bule dari London. Dia mengirim barang mewah dan berupa uang didalam kotak paket tersebut sebesar 10.000 dolar. Tp aku dipaksa membayar pajak bea cukainya melalui golden white logistik. Itu menurut anda benar atau tidak. Tolong kasih saran ya.

  • Aris 18 Maret 2024

    Jadi gini temen temen..kita main logika aja,mana ada orang serta merta mengirim uang atau barang dengar harga mahal atau jumlah yang banyak…dengan orang yang baru di kenal apalagi lewat medsos…kira kira masuk akal g???
    Kalo bisa kerjain aja sekalian…semua itu penipuan temen temen jangan percaya

  • Seli 16 Maret 2024

    Smaa gaesss ak kenalan bule dri italia,baru kenal sudh d kasi barang perhiasan dan uang dolar,tp lewat pihak jasa kirim,bule nya bilang ada biaya sebesar 5jt yg hrs d byr,saya kaget knp bisa sya byr sebanyak itu,dan akhir nya saya tanya2 ke bule nya itu slow respon banget,aku iya iya’in ajah ak pkir klo memang paket nya d kirim ampe dpn rmh si ya ak periksa dlu,tp klo paket bnya masi macet dgn alesan ad yg hrs d byr sii fiksss ya gaess ini kena tipu jd hrs pinter yah kaka jgn mudah tertipu hanya krna kita wanita terpukau dgn hal2 yg fana sperti uang/perhiasa hheeeee

  • pipit 13 Maret 2024

    kalau aku di janjikan akan mengirimkan hp, perhiasan, tas, dll.. tpi lgsg saya balas mending kamu tf uang ke saya, nnti sya beli dsni..! lgsg dy gak bales, ganteng2 mo jadi penipu, org thailand krja di taiwan, namax chung sun..

  • pipit 12 Maret 2024

    untung aku masih buka google, hampir aku di tipu, dpt kirman perhiasan, dll.. tpi disuru bayar ekspedisi 500rb, ragulah aku, cri google dlu, untung ketemu komen2 bgni, manalagi disuru tf ke nama pribadi, bkn nama perusahaan, wkwkw aku tidak terlalu bodoh untuk di tipu. 😂🤣 tpi kenapa bisa yah mereka dri luar negri bisa sama” menipu sama yg di indonesia, apa mereka berteman? atau bagaimana? apa ada teman” yg tau?? pdhl org luar negri suka kirim” video, dan ganteng sekali, tpi ganteng” kok jadi penipu sih, aku gak abis pikir bgmna merkea bisa berteman dgn penipu di indonesia juga??

  • Candra 10 Maret 2024

    Saya saat ini sedang mengalami hal itu,.mengakunya dr london duda anak 1 ingin kembali ke indonesia,dan membelikan saya hp tas sandal yg mewah dan dia sedang mengirim ke pengiriman fedex smart post,.katanya saya harus bayar 3 jt,.untuk barang yg dia kirim dan juga sejumlah uang dolar $ 500,000 saya bilang tak punya uang ttp saya disuruh berusaha untuk cari uang bantu dia agar barangnya sampai dan pengiriman tak curiga.,mohon kasih masukan bagaimana cara menghadapinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *