Logistik

Apakah Penerima Paket dari Luar Negeri Harus Bayar?

pekerja gudang sedang mengelola paket dari luar negeri

Perkembangan teknologi yang semakin canggih memungkinkan Anda untuk dapat mengirim atau menerima barang dari luar negeri dengan lebih mudah. Saat ini telah banyak jasa ekspedisi yang menawarkan jasa pengiriman baik dari maupun ke luar negeri dengan proses yang mudah dan waktu yang tidak terlalu lama. Meskipun barang dan ongkos kirim telah dibayar, apakah menerima paket dari luar negeri harus bayar?

Tidak sedikit orang Indonesia yang menerima paket dari China baik dari keluarga yang bekerja dari sana maupun karena membeli barang secara online. Saat ini melakukan pengiriman barang baik dari maupun ke luar negeri memang bisa dilakukan dengan lebih mudah. Hal ini juga yang membuat banyak orang mulai tertarik untuk berbelanja dari toko online di luar negeri.

Berbelanja online dari luar negeri secara langsung memang bisa memberikan banyak keuntungan. Selain harga yang lebih murah, kualitas barang yang dijual biasanya juga lebih terjamin. Meskipun begitu, Anda perlu mempertimbangkan biaya pengiriman barang dari luar negeri ke Indonesia dan biaya lain yang mungkin akan dibebankan nantinya.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apakah ada biaya yang harus dibayar jika menerima paket dari luar negeri, yuk simak ulasan berikut ini!

Penerima Paket dari Luar Negeri Harus Bayar Pajak

Tidak sedikit orang yang masih bingung jika menerima paket dari luar negeri apakah harus ada biaya yang perlu dibayar atau tidak. Sebenarnya menerima paket dari luar negeri memang ada beberapa biaya yang perlu Anda keluarkan. Akan tetapi biaya tersebut sebenarnya termasuk dalam pajak. Jadi jika ada pertanyaan apakah paket dari luar negeri kena pajak, maka jawabannya adalah IYA.

Sebelum  membahas tentang pajak untuk paket dari luar negeri, perlu Anda ketahui, bahwa saat ini semakin marak modus penipuan dengan berkedok mendapatkan paket hadiah dari luar negeri.  Biasanya  seseorang akan menawarkan Anda hadiah yang berasal dari luar negeri namun sebelumnya Anda harus membayar sejumlah uang terlebih dahulu. Jika menemukan hal bisa jadi Anda tengah mengalami ciri-ciri penipuan paket luar negeri.

Baca juga: Ternyata Begini Cara Kirim Paket ke Luar Negeri, Gampang!

Pengiriman barang dari luar negeri berarti termasuk dalam import. Itu artinya jika Anda menerima paket dari luar negeri maka akan ada biaya bea cukai yang perlu dibayar. Hal ini juga telah dijelaskan dalam Peraturan Menteri Keuangan No. PMK 199/PMK.10/2019 tentang aturan pajak dan bea masuk barang impor. Dalam aturan tersebut dijelaskan bahwa barang kiriman dari luar negeri dengan harga lebih dari $3 akan dikenakan pungutan pajak.

Untuk menghindari penipuan pengiriman paket dari luar negeri, Anda juga perlu tahu besaran pajak yang dikenakan untuk barang import. Berikut rinciannya:

  • Kategori barang umum dikenakan pajak 17.5% dari nilai barang dan ongkos kirim ke Indonesia
  • Kategori tas dikenakan pajak 32.2% – 42% dari nilai barang dan ongkos kirim
  • Kategori sepatu dikenakan pajak 42.5% – 50% dari nilai total barang dan ongkos kirim
  • Kategori pakaian dikenakan pajak 32.5% – 45% dari nilai barang dan ongkos kirim

Cara Membayar Pajak Paket dari Luar Negeri

Selain harus tahu cara melacak paket dari luar negeri agar selamat sampai tujuan, Anda juga perlu tahu bagaimana cara membayar pajak untuk barang yang diterima dari luar negeri. Secara umum, untuk di Indonesia sendiri cara membayar pajak paket adalah melalui kantor pos Indonesia

jasa pengiriman barang internasional termurah

Untuk  membayar pajak barang impor adalah melalui Kantor Pos. Untuk jenis ini, sebelum paket masuk ke Indonesia bea cukai telah menetapkan biaya cukai terlebih dahulu. Selanjutnya paket dikirim ke kantor Pos untuk disampaikan ke penerima barang.

Pada tahap ini, biasanya petugas pos akan mengirimkan contoh bukti pengiriman paket dari luar negeri atau surat penagihan kepada penerima paket. Selanjutnya penerima paket tinggal datang ke kantor pos terdekat untuk melakukan pembayaran dan sekaligus pengambilan paket yang telah diterima.

Sebenarnya ada cara lain untuk membayar pajak pengiriman barang dari luar negeri yaitu dengan melalui ekspedisi luar negeri. Akan tetapi cara ini biasanya hanya digunakan oleh perusahaan yang melakukan import dalam jumlah cukup besar.

Modus Penipuan Pengiriman Paket dari Luar Negeri

Beberapa waktu belakangan ini sepertinya semakin marak modus penipuan pengiriman paket dari luar negeri. Biasanya modus ini menyasar untuk orang-orang yang kerap menggunakan media sosial. 

Baca juga: Berapa Lama Paket dari China ke Indonesia? Yuk, Cari Tahu!

Pelaku penipuan akan berpura-pura bahwa target mendapatkan hadiah berupa barang mewah dengan harga cukup mahal yang dikirim dari luar negeri. Untuk menyakinkan korban, pelaku bekerja sama dengan orang lain yang bertugas sebagai kurir dan meminta korban untuk meminta membayar pajak barang mewah dari luar negeri yang telah Anda menangkan tersebut.

Pastikan Anda jangan sampai tergoda dengan penawaran tersebut. Karena jika sampai tergoda dan mentransfer uang, maka sudah pasti pelaku akan langsung menghilang dan Anda juga kehilangan uang tersebut. Jadi sebelum percaya pastikan dulu pelaku dapat menunjukkan bukti barang keluar dari gudang bea cukai dengan surat penagihan pajak yang resmi. Jika tidak bisa menunjukkan, sudah pasti itu merupakan modus penipuan.

Modus Penipuan dengan Menggunakan APK Melalui WhatsApp

Saat ini, siapa yang tidak menggunakan WhatsApp untuk komunikasi sehari-hari? Nah, ternyata penipu juga memanfaatkan platform ini untuk menipu para korbannya. Caranya adalah dengan berpura-pura menjadi kurir paket. Dalam pesan WhatsApp, pelaku akan mengirim aplikasi, dan jika Anda berhasil mendownloadnya, maka seluruh data penting Anda terkait dengan perbankan akan bocor. Modus penipuan ini dinamakan dengan sniffling, yang bertujuan untuk mencuri data serta informasi perbankan, kartu kredit, maupun password email Anda. Agar Anda terhindar dari modus penipuan berkedok kurir ini, apabila Anda menemukan ada kiriman file dengan ekstensi apk. dari nomor tidak dikenal, sebaiknya Anda abaikan atau sekalian blok jika perlu. Anda bisa cek apakah nomor tersebut penipu atau bukan melalui aplikasi seperti Get Contact dan True Caller.

1,474 Comments

  • Dewi susantri 9 Maret 2024

    Saya td jg sama srperti teman”klo ktanya kirim tas,sepatu,baju dan uang sya dimnta untuk membayar klo barzng sdah dtang trus caranya biar sy tdak mnerima barang “itu gmna

  • Widia 8 Maret 2024

    Saya baru alami tdi aku knlan sama org korea tinggal dilondon bujangan katanya trus suka sama aku gitu lalu dia mau beliin aku ,tas,cincin,kalung iphone difoto dan vidioin lgi di mall blnjain brng untuk aku trus ada kendalanya soal pengiriman katanya org yg menerima hadiah nanntinya aq byr gitu dsitu aku heran dan aneh liht chat aku tnya aku nggak punya uang byr ongkosnya ktnya itu namanya haneul fbnya dia memasukkan uangnya ke paket 20000 rb usd dollar dan aku bilng kirimkn aja aku uang trus aneh nggak jwb dia bilng byr nannti uangnya itu ada di paket cukup untuk byr ongkos dan lebihnya untuk saya katanya dsitulah aku mulai curiga pasti ini penipuan alhamdulillah aku temukn komentar klian dsini dan yakin bahwa itu memng penipuan kekeke mau aku blokir lngsung deh orgnya sama pak koururnya klo dia telfon aku

  • Widia 8 Maret 2024

    Saya baru alami tdi aku knlan sama org korea tinggal dilondon bujangan katanya trus suka sama aku gitu lalu dia mau beliin aku ,tas,cincin,kalung iphone difoto dan vidioin lgi di mall blnjain brng untuk aku trus ada kendalanya soal pengiriman katanya org yg menerima hadiah nanntinya aq byr gitu dsitu aku heran dan aneh liht chat aku tnya aku nggak punya uang byr ongkosnya ktnya itu namanya haneul fbnya dia memasukkan uangnya ke paket 20000 rb usd dollar dan aku bilng kirimkn aja aku uang trus aneh nggak jwb dia bilng byr nannti uangnya itu ada di paket cukup untuk byr ongkos dan lebihnya untuk saya katanya dsitulah aku mulai curiga pasti ini penipuan alhamdulillah aku temukn komentar klian dsini dan yakin bahwa itu memng penipuan kekeke mau aku blokir lngsung deh orgnya sama pak koururnya klo dia telfon aku

    • Eden 8 Mei 2024

      Bagaimana kelanjutannya mba?

  • Ahmad saepulnajar 8 Maret 2024

    Abna muhpid ..!
    ceritanya sama sya juga lagih kebingungan akan ada paket tiba dari suriyah ke indonesia .
    kata si pengirim . ! kamu harus bayar bea cukai di bendara internasional terlebih dahulu ?

  • ani 6 Maret 2024

    saya juga kak. dia orng korea tapi tinggal di belanda terus mau kirim barang sama aku . barangnya belum datang sih kak. tapi dia blang kasik ta dia kalau barannya sudah datang dan nanti kllau barang nya sudah sampai rumah aku . ada biaya yg harus aku bayar tapi tunggu barang datang apa it termasuk penipuan ya bng

  • Nurmala 2 Maret 2024

    Sama yang sekarang saya alami dya dokter spesialis, dya jg mau ngirim barang, dya jg nyuruh sy bayar buat paket nya 5 juta, kata sy tidk ada, dya bilang, ya udah uang nya udah dya masukin k paket katanya 😀😀, kalau sy c, tidak d anggap srius, soalnya vc ajh cuma sekali, dan itu pun sebentar😄😄

  • alvi budika 1 Maret 2024

    emang paket dokumen kena pajak jg y. ..kan tidak ada nominal harganya. …
    ini saya terima paket buju tabungan dr kuar negri ko bayar pajak jg. …

  • Fitriana 29 Februari 2024

    Sama kakak2 ku semua..
    Saya juga sedang mengalami hal ini.
    Persis bgt cerita nya semua dengan kk2 ku.
    Dia jg mengaku berasal dari malaysia tinggal di turkey sebagai pilot dia duda anak 2..
    Dia melakukan hal yg sama,sedang mengirim paket kepada saya.
    Tapi paket itu belon sampe.
    Pencerahan nya donk kk2..
    Agar nanti ngadepin si kurir nya gak panik kalo pas di telpon di mintain biaya bea cukai kak…

    • Ristina devi 15 Maret 2024

      Kok kita sma ya kk,dia ngakunya duda anak 1 berasal dari Malaysia dia d tinggal istri meninggal 3 Thun yg lalu,skrng dia LG cari calon istri yg baik dan jujur ktanya,,lalu kmren sore dia kirim paket dari London mnuju rumahku indonesia,tapi ujung² nya dia minta aku menyelesaikan penagihan bea cukai d kenakan pihak kantor pos nya mnyurh saya yg melunasi dg mata uang indonesia,jadi saya bingung,semlm saya debat dg laki¹ Malay itu😂😂🥱

  • Erna Azzifah 28 Februari 2024

    Sama Persih semua yg kita alami saat ini,saya mempunyai kenalan dari London lalu dia mau mengirimkan hadiah untuk perempuan lh intinya seperti perhiasan,tas dll.
    Namun dia bilang kalu sampainya paket di Indonesia itu saya harus bayar paket tst sebesar 7 JT, bagaimana kita bisa membuktikan bahwa paket tersebut memang betul atau penipuan mohon penjelasannya bagi yg SDH pengalaman 🙏🙏

  • Elfia 27 Februari 2024

    Saya juga baru kemarin kena tipu😭melalui akun Fb ada seorang pilot nama akunnya Prince James kenalan sama saya dan mengirimkan saya paket berupa Tas, perhiasan, jam tangan dan Ipad. Dan didalam paket ada uang dalam jumlab besar . Setelah 1 hari saya dapat WA dri Nomor indonesia yang mengatas namakan Bea cukai .. saya harus membayar uang bea masuk sebanyak 5juta .. saya bilang tidak mempunyai uang sebanyak itu dikurangi sampai 500 ribu dan saya transfer, setelah di transfer diminta lagi 500 saya juga langsung transfer, setelah itu dibilangnya bawha didalam paket saya terdapat banyak sekali uanng Dolar, jadi harus bayar sertifikat anti teroris 800ribu, saya blom membayar katanya mau lapor ke polisi indonesia😭jujur saya takut .. nama kurirnga Jhank terus nomor rekening yang harus saya tra sfer uangnya an. NOVITA KUS ANGGRAINI bank BRI Accut Num:069501013261507
    Acct Name: NOVITA KUS ANGGRAINI
    Bank Name; BRI bank 🏦

    • Windriani putri 14 Maret 2024

      Erna azzifah,, kalau boleh minta no hp nya kaya nya ini orang sama deh dengan orang yang saat ini mau kirim hadia ke aqu,, biar kita bisa saring tukar pendapat,,

  • Beatrice 24 Februari 2024

    kak ini yang aku alami sekarang dari pentagon jg yg ngechat saya .. orangnya sampai maksa” buat aku bayar 1-2 JT an .. aku udah bilang gak ada ttp maksa buat bayar … di kasih no rekening tapi bukan nama perusahaan.. gimana ini ??? aku sampe pusing gara” kepikiran terus

  • Rina Susanti 22 Februari 2024

    Saya sedang dikirim hadiah dari Amerika dan itu berupa uang dollar AS,emas,tas, sepatu, tangan,dan lain-lainnya tapi saya disuruh bayar terlebih dahulu oleh pihak pengirim dari pihak luar negeri apakah itu termasuk penipuan?

  • Talita Wafiyatull 21 Februari 2024

    Kalau Sy Di Janjikan Melalui Wa Dia bilang mau krim Pket untuk sy,tapi dia bilang biyaya Kirim Dri luar negri Dia Udh Bayar smua,Tinggal nanti Klo udh smpe Indonesia baru kita yg bayar,itu bener ga ya

  • Yuli 21 Februari 2024

    Saya sedang mengalami hal yg sama, dan kurir nya sedang mendesak saya saat ini untuk membayar uang 5 JT. Bagaimana mengecek akun pembayaran itu palsu atau tidak? Atau bagaimana cara mengecek resi itu palsu? Tolong arahannya teman2

  • Dillah 18 Februari 2024

    Saya juga mengalami hal yg sama, saya baru berkenalan dengan orang Vietnam bernama Nguyen Lee dia bilang ingin mengirimkan saya hadiah, dan benar dia sudah mengirimkan bukti Invoice pengiriman barang dengan nomor dan ema il serta ke alamat saya, namun dia bilang saya harus bayar pajak senilai 5Jt, apa ini benar atau sama penipuan ya

  • Nunik 12 Februari 2024

    Ini yg lagi ak alamin dpt kenalan org Malaysia ngakunya kerja di london sebagai dokter spesialis br knl brp hr sdh mengirimkan brg2 sepatu sendal baju perhiasan dan uang 18000 dolar tp sy ditlp ekspedisi dminta membayar 2jt sy blg tdk ada uang sbyk itu lalu ekspedisi bertnya sy ada uang brp sy blg hnya ada uang 100rb mereka minta 500rb saja kl ada koq bs gt ya biaya ekspedisi tawar menawar bkn kl sdh kebijakan tdk bs dtawar ya sy jd ragu tkt modus penipuan lalu sy buka google dsini byk yg kasusnya ky aku jg aku udh WA si prngirim dia blg sy byr aja biayanya krna paketnya sdh dkirim dan ada duit ddlmnya bs buat ganti biaya pengiriman iy kl bnr kl nipu hilang duit 500 ak minta foto paketnya dr ekspedisi tdk mau ktnya private aneh khan makin curiga

    • Nila 17 Februari 2024

      Hallo kak nunik , sepertinya saya juga sedang mengalami hal ini , untuk crosceck kebenarannya , bolehkah saya minta nomor kakak ?

    • Sv 29 Februari 2024

      Halo kak, boleh tau nama ig atau kontak kakak untuk sharing, seperti nya ini orang yang sama 🙏🏻

      • syarina26052021@gmail.com 16 Maret 2024

        Kak… Aku juga butuh pencerahan ni .

    • Indra 12 Maret 2024

      Saya juga barusan di wa mau dikirim hadiah dari London. Dia ngaku orang Malaysia, duda anak 1. Sebelum dikirim katanya harus bayar 1 juta dari Indonesia. Jangan-jangan orang yang sama atau dari komplotan sama

    • Indra 12 Maret 2024

      Saya juga barusan dikasitau mau dikirim hadiah dari London, dia ngaku orang Malaysia, duda anak 1. Harus bayar 1 juta supaya barang bisa dikirim. Jangan2 orang yang sama

  • Zainab 8 Februari 2024

    Untung aku menemukan google ini, dan untung saya tidak jadi transfer, kirain kenal sama orang luar negeri itu enak, ternyata ada modus yang terselubung, semua komentar yang aku baca hampir semua sama seperti yang aku alami saat ini,

    • Muna Gunata 26 Februari 2024

      Saya baru saja dikirm paket oleh kenalan yang baru sya kenal di Instagram,Dy bilang mengirim beberapa barang dan uang $18k dari Brigham, Inggris,,katanya Dy hanya diizinkan untuk membayar shippingmentnya saja,selebihnya saya yg harus bayar,apakah ni juga penipuan?mohon bantuannya

  • Neha 6 Februari 2024

    Saya pun sama akan dikirim hadiah hp, jam dan perhiasan, apakah nanti akan ada biaya pajak juga

  • Rika 4 Februari 2024

    Waduuh harus hati² nih..saya lg di incer nih ada orang yg pura² kirim barang hp sepatu tas dan biaya nya minta 1 juta tp saya cek d goegle dlu . Alhamdulillah baca ini jd saya akan hati² ketika kurir ini meminta uang nya

    • Komariah 10 Februari 2024

      Saya saat ini ada yang mengirim paket TPI minta menyelesaikan 1 juta apa benar paket itu ada pengirim atas nama a Johan tedjo

    • Vinz 21 Februari 2024

      Ceritanya sy hampir sama dg yg lain,blm lama sy berkenalan dg seorng cwe A.S berprofesi sbgai tentara us.army dan bertugas di ukraina,gk lama berhubgan lwt messenger,,sy kaget dia mau kirim paket berisi uang dolar hasil rampasan dr pihak teroris di ukraina sana..dan stlh tugasnya selesai di ukraina dia akan kembali ke A.S dan berniat utk tgl di indonesia dan membeli rmh dsni serta memulai hidup baru dg saya..apakah ini bisa dipercaya tmn2 dunia maya??mohon berbagi pengalamannya..🙏

      • Abna Mufid 4 Maret 2024

        Wah… ni saya sama juga nih dengan mas Vinz, juga orangAmerika, kerja sebagai army US di Syiria. dia akan mengirimi uang yang sangat fantastis. bukti pengiriman pun sudah di wa kan. tapi pagi ini ada tel[pon masuk mengabari kl paketnya tidak bisa keluar bandara karena harus dibayar pajak dulu sebesar 8 juta. Dulu juga saya pernah meladeni orang seperti ini. mengirimkan paket uang dalam dolar dengan jumlah sangat signifikan. dan setelah sampai di Indonesia, saya ditelpon juga dengan harus membayar biaya pengiriman sebesar 8 jt juga. Tapi dulu ga saya ladenin karena khawatir ini penipuan. bedanya sama sekarang, semua biaya pengiriman sudah ditanggung, namun sampai dibandar di Indonesia harus membayar pajak.

        Pertanyaannya, apakah pajak harus dibayar terlebih dahulu, baru bisa keluar bandara?
        Bukankah seharusnya, sampai di kantor pos, dan kita harus bayar di kantor pos?
        Apakah ini termasuk motif penipuankah?

        Mohon masukan dan saran dari teman2 semua diseluruh Indonesia.
        Terima kasih.

  • Tata 2 Februari 2024

    Ya allah. Kenapa ceritanya sama semua dengan saya tahun lalu saya juga kenak tipu seperti ini. Mengirim barang tas sepatu farfum baju HP dan uang sebesar $15.000.dan saya harus membayarnya. Pertama 1 jta dan naik menjadi 5juta.itupun masih di minta sampek 10jta.dan ini ada kenal dengan orang luar mau ngirim sepatu. Tau sayanya jadi takut. Padahal orangnya jujur

    • Fh Megarhm 2 Februari 2024

      Ppp saya juga sekarang lagi d minta uang 2 juta sama kenalan di luar negri buat bayar pajak paketnya,apa yang harus saya lakukan,itu penipuan atu benar mohon d Jawab,

    • Yeni 22 Februari 2024

      Kak say mau bertanya,saya sekarang sedang mengalami hal yang sama,dia mengirimkan saya barang” dari luar negri,trus td dia wa katanya setelah sampai Indonesia ternyata saya harus bayar pajak sebesar 5 juta,itu benar atau tidak ya kak,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *