Logistik

Apakah Penerima Paket dari Luar Negeri Harus Bayar?

pekerja gudang sedang mengelola paket dari luar negeri

Perkembangan teknologi yang semakin canggih memungkinkan Anda untuk dapat mengirim atau menerima barang dari luar negeri dengan lebih mudah. Saat ini telah banyak jasa ekspedisi yang menawarkan jasa pengiriman baik dari maupun ke luar negeri dengan proses yang mudah dan waktu yang tidak terlalu lama. Meskipun barang dan ongkos kirim telah dibayar, apakah menerima paket dari luar negeri harus bayar?

Tidak sedikit orang Indonesia yang menerima paket dari China baik dari keluarga yang bekerja dari sana maupun karena membeli barang secara online. Saat ini melakukan pengiriman barang baik dari maupun ke luar negeri memang bisa dilakukan dengan lebih mudah. Hal ini juga yang membuat banyak orang mulai tertarik untuk berbelanja dari toko online di luar negeri.

Berbelanja online dari luar negeri secara langsung memang bisa memberikan banyak keuntungan. Selain harga yang lebih murah, kualitas barang yang dijual biasanya juga lebih terjamin. Meskipun begitu, Anda perlu mempertimbangkan biaya pengiriman barang dari luar negeri ke Indonesia dan biaya lain yang mungkin akan dibebankan nantinya.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apakah ada biaya yang harus dibayar jika menerima paket dari luar negeri, yuk simak ulasan berikut ini!

Penerima Paket dari Luar Negeri Harus Bayar Pajak

Tidak sedikit orang yang masih bingung jika menerima paket dari luar negeri apakah harus ada biaya yang perlu dibayar atau tidak. Sebenarnya menerima paket dari luar negeri memang ada beberapa biaya yang perlu Anda keluarkan. Akan tetapi biaya tersebut sebenarnya termasuk dalam pajak. Jadi jika ada pertanyaan apakah paket dari luar negeri kena pajak, maka jawabannya adalah IYA.

Sebelum  membahas tentang pajak untuk paket dari luar negeri, perlu Anda ketahui, bahwa saat ini semakin marak modus penipuan dengan berkedok mendapatkan paket hadiah dari luar negeri.  Biasanya  seseorang akan menawarkan Anda hadiah yang berasal dari luar negeri namun sebelumnya Anda harus membayar sejumlah uang terlebih dahulu. Jika menemukan hal bisa jadi Anda tengah mengalami ciri-ciri penipuan paket luar negeri.

Baca juga: Ternyata Begini Cara Kirim Paket ke Luar Negeri, Gampang!

Pengiriman barang dari luar negeri berarti termasuk dalam import. Itu artinya jika Anda menerima paket dari luar negeri maka akan ada biaya bea cukai yang perlu dibayar. Hal ini juga telah dijelaskan dalam Peraturan Menteri Keuangan No. PMK 199/PMK.10/2019 tentang aturan pajak dan bea masuk barang impor. Dalam aturan tersebut dijelaskan bahwa barang kiriman dari luar negeri dengan harga lebih dari $3 akan dikenakan pungutan pajak.

Untuk menghindari penipuan pengiriman paket dari luar negeri, Anda juga perlu tahu besaran pajak yang dikenakan untuk barang import. Berikut rinciannya:

  • Kategori barang umum dikenakan pajak 17.5% dari nilai barang dan ongkos kirim ke Indonesia
  • Kategori tas dikenakan pajak 32.2% – 42% dari nilai barang dan ongkos kirim
  • Kategori sepatu dikenakan pajak 42.5% – 50% dari nilai total barang dan ongkos kirim
  • Kategori pakaian dikenakan pajak 32.5% – 45% dari nilai barang dan ongkos kirim

Cara Membayar Pajak Paket dari Luar Negeri

Selain harus tahu cara melacak paket dari luar negeri agar selamat sampai tujuan, Anda juga perlu tahu bagaimana cara membayar pajak untuk barang yang diterima dari luar negeri. Secara umum, untuk di Indonesia sendiri cara membayar pajak paket adalah melalui kantor pos Indonesia

jasa pengiriman barang internasional termurah

Untuk  membayar pajak barang impor adalah melalui Kantor Pos. Untuk jenis ini, sebelum paket masuk ke Indonesia bea cukai telah menetapkan biaya cukai terlebih dahulu. Selanjutnya paket dikirim ke kantor Pos untuk disampaikan ke penerima barang.

Pada tahap ini, biasanya petugas pos akan mengirimkan contoh bukti pengiriman paket dari luar negeri atau surat penagihan kepada penerima paket. Selanjutnya penerima paket tinggal datang ke kantor pos terdekat untuk melakukan pembayaran dan sekaligus pengambilan paket yang telah diterima.

Sebenarnya ada cara lain untuk membayar pajak pengiriman barang dari luar negeri yaitu dengan melalui ekspedisi luar negeri. Akan tetapi cara ini biasanya hanya digunakan oleh perusahaan yang melakukan import dalam jumlah cukup besar.

Modus Penipuan Pengiriman Paket dari Luar Negeri

Beberapa waktu belakangan ini sepertinya semakin marak modus penipuan pengiriman paket dari luar negeri. Biasanya modus ini menyasar untuk orang-orang yang kerap menggunakan media sosial. 

Baca juga: Berapa Lama Paket dari China ke Indonesia? Yuk, Cari Tahu!

Pelaku penipuan akan berpura-pura bahwa target mendapatkan hadiah berupa barang mewah dengan harga cukup mahal yang dikirim dari luar negeri. Untuk menyakinkan korban, pelaku bekerja sama dengan orang lain yang bertugas sebagai kurir dan meminta korban untuk meminta membayar pajak barang mewah dari luar negeri yang telah Anda menangkan tersebut.

Pastikan Anda jangan sampai tergoda dengan penawaran tersebut. Karena jika sampai tergoda dan mentransfer uang, maka sudah pasti pelaku akan langsung menghilang dan Anda juga kehilangan uang tersebut. Jadi sebelum percaya pastikan dulu pelaku dapat menunjukkan bukti barang keluar dari gudang bea cukai dengan surat penagihan pajak yang resmi. Jika tidak bisa menunjukkan, sudah pasti itu merupakan modus penipuan.

Modus Penipuan dengan Menggunakan APK Melalui WhatsApp

Saat ini, siapa yang tidak menggunakan WhatsApp untuk komunikasi sehari-hari? Nah, ternyata penipu juga memanfaatkan platform ini untuk menipu para korbannya. Caranya adalah dengan berpura-pura menjadi kurir paket. Dalam pesan WhatsApp, pelaku akan mengirim aplikasi, dan jika Anda berhasil mendownloadnya, maka seluruh data penting Anda terkait dengan perbankan akan bocor. Modus penipuan ini dinamakan dengan sniffling, yang bertujuan untuk mencuri data serta informasi perbankan, kartu kredit, maupun password email Anda. Agar Anda terhindar dari modus penipuan berkedok kurir ini, apabila Anda menemukan ada kiriman file dengan ekstensi apk. dari nomor tidak dikenal, sebaiknya Anda abaikan atau sekalian blok jika perlu. Anda bisa cek apakah nomor tersebut penipu atau bukan melalui aplikasi seperti Get Contact dan True Caller.

1,463 Comments

  • Imme 28 April 2023

    Saya juga mengalaminya😀😀kurir memaksa untuk segera mentransfer jika tidak melakukannya maka paket tidak akan di kirim

  • Tetap waspada 28 April 2023

    buat kakak2 sekalian yang sudah terlanjur menjadi korban, kalau dari sata sih banyak2 bersabar aja, habis mau gimana lagi ya kan udah ada yg terlanjur transfer pula. buat yg belum sempat transfer dan kemungkinan sedang di teror, saya sarankan tegas kak jangan terlihat takut, jangan terdeteksi kalau kita takut kak, semakin kita gemetar mereka akan semakin gencar untuk menekan kita kak. tegas tolak jika tidak mau, dan katakan dengan tegas kalau saya juga bisa laporkan kamu balik dengan tuduhan spam, kekerasan verbal serta pemerasan. bilang kalau saya bisa rekam panggilan telepon kamu, bilang kalau saya bisa dan sudah screenshot semua chat2an kamu. kalau mau tahu cara lapor nomor penipuan busa searching di google kak, banyak situs yang bisa bantu atau dari kominfo juga bisa lapor, dari provider seluler juga bisa kak ada banyak cara, tapi cara yg paling mudah ya di blokir kak hehe. lain kali hati2 ya kak jangan mudah percaya sama orang random di sosmed, makasih buat yg udah mau berbaik hati sharing pengalamannya di sini, mudah2an gada lagi yg tertipu dengan modus serupa & kita semua bisa menjadi pengguna social media yang bijak aaammiinn.

  • daissy 27 April 2023

    Hai teman-teman, jika ada orang luar negri yg ingin memberikan hadiah dan meminta kita utk membayar biaya pajak ataupun ongkos kirim, tolong jangan di terima atau dibayar ya.

    Itu fix penipuan, teman saya sudah mengalaminya.
    Awal disuruh bayar sekian juta, makin lama makin banyak permintaan trf agar brg bisa di antarkan ke alamat.

    NB. Jika org tsb memang berniat utk mengirimkan hadiah utk kita, mereka bisa menggunakan Incoterms terkait yg memudahkan kita sbg penerima sehingga terbebas dari biaya beacukai tsb.

  • Tima 27 April 2023

    apakah kita wajibembayar uang 2 jt

  • Indah 26 April 2023

    Nama dokternya siapa kak kalau boleh tau? Alex kah?

    • Andrea 12 Mei 2023

      Saya di iming imingi barang oleh seorang tentara, dan pas di wa dia seorang dokter . Dia mengirimkan sejumlah uang dan barang pensiun dia sebelum datang ke Indonesia. Saya memberikan alamat dll saya heran nya bagaimana mungkin barang sehari sampai . Dan pihak bandara mengatakan bahwa ada paket atas nama saya dari Alex dan saya harus membayar pajak 10 juta. Saya mencoba untuk menghubungi Alex dan dia beralasan tidak tau kalau hari bgtu . Dia bilang kamu bayar saja nanti setelah paket nya datang ambil lah uang dalam paketan itu. Makin kesini dia seolah memaksa saya untuk membayar pajak itu dengan alasan itu uang hasil kerja keras dia. Saya masa bodo , logika nya pihak bandara tidak ada mengirimkan foto barang atau bukti pembayaran dan sudah pasti itu penipuan kan ?

      Saran saya pura-pura aja alasan sudah mencari pinjaman dll kota test dia kalau dia semakin memaksa brarti penipuan, jika dia benar maka tidak mungkin dia mengirimkan barang kita harus membayar uang sebanyak itu.

      Dan pihak bandara bilang kalau tidak tf barang tidak di kirim, gpp ambil saja . Alhamdulillah saja tidak langsung tf, setelah saya baca disini kebanyakan setelah tf masih harus tf dll lagi. Jangan percaya sama orang luar jaman sekarang .

  • Una 26 April 2023

    Assalamualaikum saya juga sedang dekat dengan seorang dia bilang orang Korea kerja di Romania dan kami bbaru kenal beberapa minggu lalu. Dia mengirimkan saya tas, iPhone, jam, sepatu dan kalung berlian namun saya diminta untuk membayar pajak pengiriman sebesar 5 JT. Adakah saran kk saya harus bagaimana ?

    • Andrea 12 Mei 2023

      Biarin aja kak, jangan di tanggapi lagi. Karena jelas itu penipuan . Awalnya saya mikir barang sampai di bandara dan di suruh tf 10 juta untuk pajak. Awalnya saya mau pinjam uang ke siapa tp hati saya terketuk untuk coba membuka google terkait pengiriman barang . Dan membaca komentar disini bahwa jika kita tf pasti akan di minta tf lagi dengan alasan agar barang bisa segera di kirim. Logika nya kita awal diminta untuk membayar sekian juta kenapa setelah tf di minta lagi membayar kan? Kenapa tidak sekalian total ? Dan jangan percaya kalau tidak ada bukti biasa nya mereka hanya mengkonfirmasi bahwa barang kita telah sampai tidak ada foto nya. Mengirim alamat palsu dan setelah cek digoogle tidak ada alamat itu .

  • Tri 26 April 2023

    Ya allah untuk baca ini…saya juga ga yakin krn kenal org poland tiba2 dia mnta alamat dan mau kirim hadiah berupa tas,laptop ,kqlung dan uang…tp saya curiga dr tiap foto yg dia kirim seperti editan..dan pas dia bilang brqng sudah dkirim,saya blg aku bayar setelah brg di depan saya dan di dampingi org teman saya org pajak dan polisi..dia seperti lgs marah dan bilang tinggalkan saja..

  • Jamiatul lailiyah 26 April 2023

    Saya juga sudah ketipu,kemarin saya kenalan dari Ig orang Korea bekerja di Inggris terus dia minta no wa saya karena katanya ingin mengenal lebih lanjut,dan saya kasih kami sudah hubungan lewat wa 3 Minggu,lalu dia bilang apa anda suka kejutan saya bilang suka terus tiba-tiba dia bilang besok dia akan belanja sekalian belikan barang untuk saya,tanya ukuran cincin, sepatu dan pakaian seolah itu memang benar ada,lalu dia bilang besok barangnya sudah sampai Indonesia tapi harus membayar bea cukai 2jt dan dia juga sudah menyimpan uang di dalam paket untuk ganti ongkos kirim,lalu besoknya ada kurir yg mengaku dari sky net mau mengirim paket tapi harus bayar bodohnya saya langsung transfer dan mereka bilang di dalam paket ada uang itu melanggar hukum jadi kena denda 5 jt,kalau tidak bisa di penjara saya takut kan,dan saya bilang saya tidak punya uang sebanyak itu lalu kurir bilang ibu punyanya berapa saya bilang 1 juta,terus kurir bilang ya sudah 1 juta tidak apa-apa saya akan antar paketnya tetapi tidak di antar malah minta tambah lagi,saya curiga lalu saya hubungi kantor sky net langsung dan itu katanya penipuan karena dari pihak sky net tidak pernah minta tranfer ke no rekening perorang harus ke perusahaan langsung

    • Mia 27 April 2023

      Apakah nama penipu itu Mohammed Andi?

    • Sinta 29 April 2023

      Nama akunnya siapa kak?

    • Siti Nurhasanah 1 Mei 2023

      Sy jg sama kejadinnya pesis sy mh di fb

    • Niswatun nikma 1 Mei 2023

      Terus gimana kak? Apakah barangnya sesuai

  • Nura 24 April 2023

    Saya juga kenalan dengan laki laki di sosmed, mengaku orang malaysia yg kuliah di italy, tetapi tiap saya suruh kirim foto terbaru selalu tidak mau, awalnua kenal dari ig, stelah itu lanjut ngbrol di telegram, dy meminta alamat saya dan email, katanya mau ngirim hadiah, dan ada email masuk atas nama kurir yg diinfokan, tapi saya jadi takut kalau nanti nerima barang dan harus bayar pajaknya padahal saya tidak pnya uang, apa yg harus saya lakukan ya ? Tlg beri saya saran, jujur saya takut kalau ini penipuan

  • Rika 24 April 2023

    Aku juga baru kenalan di ig dia tinggal di cyprus, dia bilang dia akan berulang tahun dan ingin memberikan hadiah spesial buat saya, dan katanya semua biaya akan ditanggung dia tapi saya belum memberikan alamat saya karna saya takut ini modus penipuan, apakah yang saya lakukan sudah benar? Oiya nama panggilannya seong dia keturunan china korea yang skrng tinggal di cyprus

    • Sumu 30 April 2023

      Saya juga barusan kenal sama orang thailand, dan skrng tinggal di scotlandia, katanya dia akanengirimkan saya paket tetapi sya harus membayar pajak, katanya 2 jt biayanya, dan sya harus apa karena sya tidak memiliki uang sama sekali, apakah sya menolak paket tersebut

      • Siwi 28 Mei 2023

        Maaf kak apakah dia duda beranak 1 cowok umur 5thn,,??🙏

  • Irma fitriani 23 April 2023

    Fix ini penipuan temen temen mari istigfar,aku hampir percaya dengan orang itu untung cari tahu dan menemukan ini ternyata banyak yang sama

    • Tika 29 April 2023

      Aku hampir tertipu dia berasal dari Australia dan akan mengirim ku sejumlah barang dan memasukkan uang $10.000 didalam paketnya tetapi dia ngotot untuk tidak bilang siapa” dengan paket itu tapi dia meyakinkan ak kalau dia mengirim karena dia sayang padaku

  • Lina Nurzanah 20 April 2023

    Saya hari ini juga mengenal org asing dari ig dia mengirimkan paket dan berupa uang didalamnya tapi dia meminta saya untuk membayar 1 juta rupiah kepada kurirnya saya merasa ini modus penipuan kira kira bener ga sih dan dia mengatakan paket akan datang besok

  • Mirnawati 20 April 2023

    Saya mau dikirim hadiah dan dia memasukan uang juga katanya untuk biaya nanti pas barang sampai. dari luar negeri dari Philipina, karena barang pengiriman udah overload beliau bilang saya yg akan bayar ongkos pengirimannya, mohon info apakah ini penipuan

  • Helda 20 April 2023

    Saya rasa saya juga mengalaminya, dia seorang master chef di Amerika.kami cuman berteman biasa, tidak bilang dia suka. Tapi sebelum dia mau ngasih hadiah dia mau liat aku bahagia katanya, dan saya percaya saja.dia mengajukan mau membelikan saya hadiah, dibelinya jam tangan, kalung, kerudung. Setelah dikirim, dari pihak cargo SMS saya harus menyelesaikan paketnya dengan membayar 5juta, katanya paketnya sudah sampai Indonesia.saya jadi bingung, apa sebaiknya saya blokir nomor ny. Bagaimana ya ka?..

    • Camay 8 Mei 2023

      Sama seperti yg saya alami , baru kenal beberapa hari , sudah mau membelikan hadiah kata nya untuk saya . Dia bilang ini akhir pekan mau sekalian belanja keperluan nya dan saya pun di tawarkan beberapa barang branded ,sepatu ,tas,perhiasan ,iphone dll karena dia kirim video sedang dimall saya sedikit percaya . Bodoh nya saya kasih tau alamat rumah saya lengkap , terus langsung di packing ke kantor pos dia bilang, dan dia kirim video lg , saya masih belum curiga , saya curiga pas dia bilang mesti bayar bea cukai klo barang nya sampai di indonesia, sebesar 5jt, dan dia meninggalkan uang sebesar 20.000 dolar , untuk membayar bea cukai dan sisa nya untuk keperluan saya , makin curiga dong ,gak mungkin uang sebanyak itu dikasih cuma” dan hanya kenal lewat ig ,trus dm dan dia minta wa saya ,ok saya cari” info ternyata benar ya modus 🤣😂cuma saya agak takut karena mengirim alamat lengkap ke penipu. Si penipu ig nya Azlan ryan dia asli indonesia tinggal di london dan kerja disana kata nya ,karena saya tertarik liat foto” nya ganteng ,ternyata itu akun palsu 😂harap berhati hati.

  • Sinta Nurhayati 20 April 2023

    Wkwkwk.. jir ampir aja gue kena tipu 😂🤣🤣

  • Nisa 19 April 2023

    Assalamualaikum saya juga sedang dekat dengan seorang dokter dia bilang dri jerman dan kami bbaru kenal beberapa hari lalu dya mengirimkan saya tas, iPhone, baju dan kalung berlian namun saya diminta untuk membayar pajak pengiriman sebesar 2 JT. Adakah saran kk itu penipuan atau tidak🙏🙏

    • Nurdiana 1 Mei 2023

      Apakah namanya dokter Frederick Raymond?

  • Fenando 19 April 2023

    Halo kak ,sepertinya sayapun dijanjikan mendapatkan paket dari luar negri dalam bentuk uang, lalu saya nanti diminta untuk membayar pajak sebulum barang nya datang katanya, terus dia dengan meyakinkan saya dengan mengirimkan foto pengiriman dan bukti kirim yg ditunjukan kealamat saya, jadi tolong saran nya apa yang harus saya lakukan,dan apakah itu termasuk tanda penipuan..mohon bantuan nya terimakasih

  • Agustina 19 April 2023

    Mohon ijin komentar ,saya juga kena tipu kayaknya ini ,dari seorang pilot yang bekrja di london dan dia melamar saya padahal kami baru berkenalan 2 hari
    Dan dia mau mengirimi saya paket dan isinya cicin berlian ,jam dan hp iphone dan katanya sudah dikirim hari ini ,dan saya baru tau dari komentar2 disini bahwa semua itu penipuan. Terima kasih atas komen yang membenarkan bahwa semuanya itu penipuan🙏🙏🙏

  • Sugeng 18 April 2023

    Hati” penipu..berkedok biyaya cukai +62 882-2002-1605
    Name : RAMDANI
    Number account : 086901050624531
    Bank: BRI
    Code: 002

    • rimha wahyuni 27 Mei 2023

      saya juga seperti…kenalan di ig beberapa hari lalu minta no wa…….kemrin dya bilang mau mengirimkan barang mewah…dya juga mengirimkan link serta no resi paket itu untuk di lacak sama saya…..dya jga bilang saya nanti yg membayar jika paket itu sudah sampai d indonesia…tapi dya belum bilang berapa yang harus saya bayarkan….apakah ini termasuk penipuan juga..mohon informasi nya dri kakak2 semua….

  • Risa 17 April 2023

    Ya allah ini yang sedang aku alami sekarang dia orang Amerika baru 1 hari kenal udah ngirim pket katanya dia bilang pket ya udah dia kirim dan udah mengirim bukti nya. Bahkan dia udah byar katnya 1200$ buat biaya kirim nya.. Dan katanya kalo sudah nympe aku harus bayar biaya izin nya sekitar 50$-100$ dan aku sudah panik sudah pusing untung aku segera cari tau di sini.. Ternyata semua penipuan..

    • Rny_M 1 Mei 2023

      Saya juga sepertinya mengalami hal yang sama, dia katanya berasal dari malaysia namun sudah tinggal di inggrish, baru kenal 1 hari dia mau saya menjadi istrinya dan dia juga bertanya apa saya suka kejutan dan saya bilang iya. Lalu dia bilang dia mau pergi belanja sekaligus mau membelikan saya hadiah berupa iphone, tas, perhiasan dan parfum. Bahkan dia mengirimkan saya foto barangnya dan video dia di tempat pengiriman paket. Dia juga bilang kalau saya harus membayar biaya untuk menerima paket tersebut di Indonesia. Saya sudah menduga ini adalah penipuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *