Logistik

Mengenal Lebih Dekat Pengiriman One Day Service Solusi dalam Pengiriman Barang

pengiriman one day service

Pengiriman One Day Service merupakan layanan ekspedisi yang memudahkan konsumen untuk mendatangkan pesanan dalam satu waktu sesuai kebutuhan. Salah satunya melalui driver aplikasi ojek online yang bekerja sama dengan e-commerce atau marketplace pemesanan barang tersebut. Berdasarkan pemilihan jenis pengiriman yang telah dipilih oleh konsumen.

Jenis pengiriman jasa ekspedisi yang tentunya menyediakan layanan one day service (layanan satu hari). Dimana pesanan atau paket konsumen memiliki estimasi waktu sampai di tempatnya dalam hari yang sama dengan rentang waktu tertentu. Setelah konsumen benar-benar menyelesaikan dan membayar pesanan.

Baca Juga : Inilah Layanan Pengiriman Cepat SAPX Express, Bisa COD!

Apa yang Dimaksud dengan Pengiriman One Day Service?

Pengiriman one day service adalah layanan kirim paket cepat sehari sampai dengan estimasi proses perjalanan waktu maksimal selama 8 jam. Bagi barang pesanan yang dibeli secara online melalui marketplace dengan menggunakan kurir jasa pengiriman tertentu. Sementara dikutip dari laman web Flash Box estimasi pengiriman juga bisa terjadi setelah kurir mengambil barang pesanan selama kurun waktu 4-8 jam.

Kemungkinan kurir akan mengambil barang langsung jika Anda melakukan pemesanan saat jam operasional jasa ekspedisi beroperasi. Namun, berbeda ketika Anda melakukan pemesanan barang saat malam hari atau di luar jam kerja. Kurir biasanya akan mengambil barang keesokan hari sebagai opsi teraman untuk pemesanan yang sensitif terhadap waktu.

Adapun jenis one day service pengiriman sendiri terbagi ke dalam dua kategori yang dapat Anda pahami. Pertama, layanan same day yang merupakan ekspedisi antar kirim paket dengan proses tercepat selama 8 jam. Kedua, jenis Instant Courier yang berarti pengiriman kilat dengan maksimal waktu 4 jam barang pesanan bisa sampai.

Jenis Layanan Pengiriman One Day 

 Pada umumnya jenis layanan kirim paket yang sehari sampai tersebut menurut laman web Everpro memiliki perbedaan diantaranya :

1. Layanan kirim paket jenis same day

●     Pengiriman jenis same day memiliki ketentuan jarak maksimal 40 Kilometer

●     Pick Up Time atau pengambilan barang dilakukan oleh driver sebelum pukul 16.00 dengan ketentuan jika lolos baru akan diproses keesokan harinya

●     Ketentuan dimensi barang sebesar 40X40X17cm

●     Ketentuan berat barang 5 Kilogram

●     Biaya ongkos kirim disesuaikan rules marketplace dan penyedia jasa layanan pengiriman

2. Layanan kirim paket jenis instant courier

●     Pengiriman jenis instant courier memiliki ketentuan jarak maksimal 40 Kilometer sama seperti same day

●     Pick Up Time atau pengambilan barang oleh driver sebelum pukul 16.00 jika lolos baru akan diproses keesokan hari

●     Ketentuan dimensi barang sebesar 70X50X50cm

●     Ketentuan berat barang 20 Kilogram

●     Biaya ongkos kirim dihitung berdasarkan satu per kilometer jarak dari pengambilan barang ke lokasi pengiriman

Perbedaan pengiriman Same Day dan Instant Courier ini secara umum dapat Anda lihat dari waktu kedatangan, tarif pengiriman, dimensi dan berat barang. Namun, untuk keseluruhan rules atau ketentuan dari dua jenis jasa kirim paket sehari sampai itu semuanya hampir sama.

Oleh karena itu, jika Anda ingin menggunakan salah-satu dari dua jenis layanan pengiriman one day sebaiknya lakukan dan selesaikan pemesanan paket sebelum pukul 14:00. Pasalnya toko membutuhkan waktu untuk menyiapkan barang sebelum antrian pesanan hingga proses request driver. Sehingga pesanan yang Anda tunggu melalui layanan ekspedisi one bisa lebih cepat sampai.

Biaya Kirim Paket One Day Service

Biaya kirim paket sehari sampai atau ongkir ekspedisi one day service dapat Anda ketahui melalui pengecekan resi SAPX. Dengan memasukan nomor resi pada kolom yang tersedia di website pengecekan beserta alamat lengkap tujuan penerima. Mulai dari kota dan kecamatan asal maupun tujuan serta berat fisik barang 1 Kilogram.

Perhitungan berat barang didasarkan pada perbandingan nilai berat fisik dan berat metrik (volume) paling besar. Perhitungan berat volumetrik meliputi rumus Panjang x Lebar x Tinggi yang dibagi 6000 untuk setiap layanan pengiriman menggunakan transportasi darat. Masing-masing tarif penghitungan ini berbeda menyesuaikan kategori jenis pengiriman yang berdasarkan pada berat barang dan jarak pemesanan.

Termasuk one day service yang dihitung berdasarkan berat barang per kilogram. Harga kirim paket 1 hari sampai ini untuk perhitungannya sesuai jarak terdekat kurang lebih Rp 4.500-8.000/kilogram dengan pengiriman area Jakarta. Sementara untuk jarak terjauh sebesar Rp 55.500-128.000/kilogram pengiriman Sabang sampai Merauke. Untuk mengetahui harga pastinya, silahkan cek langsung

Jasa Pengiriman One Day Service

Jasa one day service melalui SAPX merupakan salah-satu penyedia layanan same day atau instant courier yang ada di Indonesia. Bagian dari pilihan pengiriman paket tercepat antar pulau yang dapat sampai di tangan penerima sekurang-kurangnya tidak lebih dari 1 hari.

 Dimana layanan ini cocok digunakan untuk pengiriman barang berupa obat-obatan, sayuran, daging, dan sejenisnya. Untuk rules pengiriman pun sama seperti yang telah diulas sebelumnya dalam perbedaan jenis one day service antara ekspedisi same day dan Instant Courier.

Tips Mengirimkan Barang One Day Service

Adapun cara untuk memastikan jasa pengiriman one day service dapat sesuai dengan ekspektasi coba perhatikan tips berikut. Tips kirim barang untuk layanan paket one day service antara lain :

1. Pastikan Berat dan Volume Pesanan Sesuai

Perkirakan kondisi barang yang Anda pesan cocok atau tidak jika dikirim menggunakan layanan pengiriman Instan 3 jam atau Same Day 8 jam. Apabila jenis barang justru diperkirakan memiliki volume atau berat yang melebihi 7 kg alangkah baiknya gunakan layanan pengiriman kargo. Selain lebih terjamin dapat menghindari risiko kerusakan yang bisa menyebabkan ketidakpuasan.

2. Pengemasan Barang Sesuai

Tips kedua yang harus Anda perhatikan dalam menggunakan jasa one day service adalah pengemasan barang. Pastikan Anda mengecek pengemasan yang sesuai sehingga produk dalam keadaan baik jika menggunakan kurir Instant maupun same day. Khususnya untuk paket 1 hari sampai luar kota yang berisi alat elektronik, bahan makanan dan lainnya.

3. Mengaktifkan Layanan Asuransi

Berdasarkan syarat dan ketentuan yang ada, konsumen dapat mengaktifkan layanan asuransi. Sehingga dapat memberikan jaminan keamanan pada barang pesanan. Apabila paket dinyatakan hilang atau rusak, jika telah mengaktifkan asuransi maka akan ada kompensasi untuk pesanan tersebut yang berlaku bagi konsumen.

Baca Juga : Kenali Jenis Pengiriman Same Day, Serta Kelebihan dan Kekurangannya!

4. Memastikan Data Driver

Memastikan data driver merupakan tips selanjutnya yang harus Anda pahami ketika memilih jasa one day service. Pastikan data driver sesuai dengan yang tertera pada aplikasi e-commerce atau marketplace konsumen.

5. Memenuhi Syarat dan Ketentuan Pengiriman Pesanan

Tips terakhir untuk memastikan produk Anda dapat menggunakan jasa one day service adalah memenuhi syarat dan ketentuan pengiriman pesanan. Sebagaimana kriteria pengiriman layanan instant dan same day agar menghindari barang ditolak kurir.

Syarat dan ketentuan cara kirim paket sehari sampai tersebut meliputi kriteria tertentu. Meliputi aturan khusus bagi pesanan yang diberi lambang (*). Selain itu,  konsumen disarankan mengaktifkan layanan asuransi pengiriman. Pengiriman One Day Service ini termasuk layanan yang tentu memudahkan Anda untuk antar kirim paket segera. Anda hanya perlu memahami syarat dan ketentuan yang terlampir pada laman pemilihan jenis ekspedisi di e-commerce tersebut. Meliputi pemahaman tips kirim barang untuk layanan one day service seperti ulasan di atas. Semoga bermanfaat!.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *