Bisnis

Cara Menentukan Target Penjualan yang Tepat bagi Bisnis Anda

cara menentukan target penjualan

Ada beberapa cara menentukan target penjualan sehingga perhitungan tepat dan dapat membawa keuntungan bagi entrepreneur atau perusahan. Selain itu, bisnis tidak dapat berjalan lancar apabila Anda tidak mengetahui siapa yang menjadi targetnya. Dengan demikian, pentuan ini menjadi hal yang penting untuk dilakukan.

Sementara target penjualan adalah  sesuatu yang perlu dicapai oleh perusahaan maupun pengusaha dalam penjualannya. Selain itu, Anda pun perlu mengenali siapa yang menjadi target pasarnya dengan baik. Pasalnya, dengan mengenalnya, maka Anda pun dapat mengetahui kebutuhan seperti apa yang memang dibutuhkannya.

Pentingnya Menentukan Target Penjualan

Cara membuat target penjualan dapat Anda mulai dengan membuat target yang spesifik sehingga nantinya dapat memudahkan dalam marketing maupun pembuatan produk. Lalu seberapa pentingkah penentuan target market?

Baca Juga : Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Target Pasar

Dapat dikatakan sangat penting karena dengan mengetahui penjualan dapat membantu perusahaan atau pemilik bisnis untuk dapat diupayakan jawaban atas masalah yang dihadapi oleh target. Selain itu, hal tersebut pun dapat memfokuskan upaya untuk dapat mengoptimalkan  SDM dengan cara yang lebih efisien.  

Tidak hanya itu saja, perusahaan pun dapat mengevaluasi pencapaian penjualan, mengetahui sejauh mana hasil dari usaha yang dilakukan, dan target dapat terukur dengan baik. Bahkan penentuan target market dapat emmerpahuni hal-hal yang sangat berpengaruh. Maka, cobalah untuk mempelajari cara menentukan target penjualan yang produktif sehingga hal tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik.

Faktor yang Harus Diperhatikan Sebelum Menentukan Target Penjualan

Sebelum menentukan target penjualan, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sehingga tepat sasaran. Selain itu target baik merupakan target yang dapat dicapai secara realitas. Dimana Anda dapat mengetahui besaran angka dari target tersebut. Sehingga dapat terukur dengan baik.

Selain itu, target yang baik akan sejalan dengan prediksi pengembangan maupun pertumbuhan pasar bisnis kedepannya. Dengan begitu, cara menentukan target penjualan per bulan penting untuk memperhatikan tren yang sedang berkembang.

Cara Menentukan Target Penjualan Metode SMART

Cara menentukan target penjualan per hari, per bulan, maupun per tahun dapat menggunakan beberapa metode ini. Sehingga nantinya diharapkan hasil yang diterima adalah optimal. Untuk lebih lengkapnya simak informasi dibawah ini!

1.      Specific (Spesifik)

Cara menentukan target penjualan perbulan maupun lainnya yang pertama yaitu menentukannya secara spesifik. Selain itu, target pun perlu memiliki dasar pencapaian yang pasti dan jelas sehingga tidak boleh mengambang.

Misalnya, saat Anda memiliki usaha dalam bidang homewear anak, maka perusahaan perlu menentukan jumlah spesifik yang perlu terjual dalam satu tahun yaitu 12 juta pcs. Maka setiap bulannya, perusahan tersebut harus mampu menjual dengan minimal 1 juta pcs untuk mencapai target penjualan yang telah ditentukan sebelumnya.

Akan tetapi, jika mengalami kegagalan atau tidak mencapai target, maka perusahaan tetap perlu untuk menghitung nilai atau persentase keberhasilan dalam mencapai target. Hal tersebut dilakukan untuk bahan evaluasi sehingga nantinya dapat membuat sistem kerja atau strategi yang jauh lebih baik lagi. Supaya target penjualan dapat tercapai dengan baik.

2.      Measurable (Dapat Terukur)

Cara menghitung target penjualan per bulan selanjutnya yaitu nilai yang ditetapkan dapat diukur dengan baik dengan begitu, perusahaan dapat memiliki sebuah ukuran yang khusus untuk dapat mencapai target penjualan yang perusahaan terapkan.

Misalnya, perusahaan A bergerak dalam bidang fashion perempuan muslim dan menargetkan penjualan agen sebanyak 100% daripada periode yang sebelumnya. Dengan begitu, perusahaan dapat mengukur seberapa tinggi tingkat penjualan dalam periode tertentu.

3.      Attainable (Dapat Diraih)

Target penjualan memang menjadi salah satu pemicu perusahaan untuk mendapatkan keuntungan. Meskipun begitu, target perlu ditentukan sesuai dengan kemampuan perusahan tersebut. Dengan begitu, secara tidak langsung menunjukan bahwa target tersebut memang dapat dicapai oleh tim penjualan dan perusahan.

Bisnis online

Selain itu, setiap anggota memiliki peranan yang pribadi dalam mencapai target yang telah ditentukan tersebut.  Nantinya perusahaan perlu mempertimbangkan jumlah anggota dalam tim tersebut untuk dapat memastikan berapa target yang perlu diraih. Apabila nantinya, telah mencapai target yang telah tentukan, bisa saja meningkatkan jumlah target yang telah ditentukan diawal.

Misalnya, cara menentukan target penjualan perbulan  untuk produk kerudung langsung melihat terlebih dahulu pendapatan perusahaan dalam dua tahun terakhir ini. Jika mengalami peningkatan, maka target penjualan yang awalnya hanya 1 M dalam perbulan maka dapat meningkatkan menjadi 1,5 M dalam perbulannya.

 Angka tersebut dinilai rasional melihat pencapaian yang telah dicapai oleh perusahaan selama dua tahun terakhir. Dengan begitu, bagaimana cara menentukan target penjualan yaitu dengan menentukan pencapaian yang memungkinkan dapat diraih oleh perusahan.

4.      Realistic (Wajar)

Cara membuat target penjualan di excel dapat kamu lakukan dengan mencatat target per hari sampai dengan per bulan. Sehingga jumlah tersebut dapat memenuhi target tahunan yang telah ditentukan oleh pihak perusahaan.

Adapun dalam penentuan target, Anda perlu mempertimbangkan kemampuan dari sebuah perusahaan maupun SDM yang dimiliki. Sehingga nantinya pendapatan tersebut dapat diimbangi dengan baik.

Pasalnya, jika target yang ditentukan tidaklah realistis, itu hanya akan membuat tim sales sulit karena target tersebut susah untuk tercapai. Dengan begitu, penting untuk menetapkan target yang realistis. Hal tersebut pun dapat mendorong pihak sales untuk dapat optimis untuk dapat mencapainya.

Misalnya, berdasarkan pendapatan tahunan, perusahan Anda mendapatkan laba sebesar 1 M selama kurang lebih 3 tahun. Jika ingin menaikan menjadi 50 M itu rasanya kurang realistis, tetapi jika ingin menaikan menjadi 1,5 M atau 2 M itu bisa saja memungkinkan.

5.      Time bounded (Terbatas oleh Waktu)

Cara menentukan target penjualan per bulan salah satunya yaitu dengan menetapkan Batasan waktu. Namun, setiap perusahaan memiliki waktunya tersendiri dalam mencapai target penjualan. Hingga waktunya pun dapat berbeda.

Meskipun begitu, biasanya setelah masa target berakhir akan diadakan evaluasi untuk menindaklanjuti atau mereview kinerja selama pekerjaan tersebut dilakukan. Jika memang target tidak tercapai, maka akan dicari kendalanya dimana sekaligus menemukan solusi untuk mengatasi hal tersebut.

Sehingga diharapkan nantinya, target dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Nantinya, Anda pun dapat membuat file yang berisikan target penjualan perusahaan sehingga lebih terperinci. Namun, jika merasa belum ada gambaran, maka dapat memperhatikan contoh tabel target penjualan yang terdapat pada buku maupun internet.

Baca Juga : Ini Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Perbedaan Target Audiens dan Target Konsumen

Contoh Target Penjualan

Apabila Anda masih merasa bingung, dalam menetapkan sebuah target untuk bisnis yang dikelola, maka dapat melihat contoh menentukan target penjualan berikut ini!

  1. Berdasarkan jumlah unit

Perusahaan menetapkan target penjualan selama satu tahun dengan 12.000 unit produk terjual. Dengan begitu, target penjualan per bulannya minimal perlu tembus sebanyak 1000 unit.

  1. Berdasarkan Pendapatan

Bisnis yang Anda kelola menetapkan penjualan dengan laba sebesar 12 M dalam setahun. Dengan begitu, untuk menembus nominal tersebut, maka laba per bulannya harus tembus 1 M.

  1. Berdasarkan Pangsa Pasar

Pengusaha dapat menetapkan pangsa pasar sesuai dengan industri maupun wilayah yang dituju. Misalnya, Anda menargetkan produk harus tersebar ke pulau Jawa di 2 tahun ke depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *