Logistik

Apakah Penerima Paket dari Luar Negeri Harus Bayar?

pekerja gudang sedang mengelola paket dari luar negeri

Perkembangan teknologi yang semakin canggih memungkinkan Anda untuk dapat mengirim atau menerima barang dari luar negeri dengan lebih mudah. Saat ini telah banyak jasa ekspedisi yang menawarkan jasa pengiriman baik dari maupun ke luar negeri dengan proses yang mudah dan waktu yang tidak terlalu lama. Meskipun barang dan ongkos kirim telah dibayar, apakah menerima paket dari luar negeri harus bayar?

Tidak sedikit orang Indonesia yang menerima paket dari China baik dari keluarga yang bekerja dari sana maupun karena membeli barang secara online. Saat ini melakukan pengiriman barang baik dari maupun ke luar negeri memang bisa dilakukan dengan lebih mudah. Hal ini juga yang membuat banyak orang mulai tertarik untuk berbelanja dari toko online di luar negeri.

Berbelanja online dari luar negeri secara langsung memang bisa memberikan banyak keuntungan. Selain harga yang lebih murah, kualitas barang yang dijual biasanya juga lebih terjamin. Meskipun begitu, Anda perlu mempertimbangkan biaya pengiriman barang dari luar negeri ke Indonesia dan biaya lain yang mungkin akan dibebankan nantinya.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apakah ada biaya yang harus dibayar jika menerima paket dari luar negeri, yuk simak ulasan berikut ini!

Penerima Paket dari Luar Negeri Harus Bayar Pajak

Tidak sedikit orang yang masih bingung jika menerima paket dari luar negeri apakah harus ada biaya yang perlu dibayar atau tidak. Sebenarnya menerima paket dari luar negeri memang ada beberapa biaya yang perlu Anda keluarkan. Akan tetapi biaya tersebut sebenarnya termasuk dalam pajak. Jadi jika ada pertanyaan apakah paket dari luar negeri kena pajak, maka jawabannya adalah IYA.

Sebelum  membahas tentang pajak untuk paket dari luar negeri, perlu Anda ketahui, bahwa saat ini semakin marak modus penipuan dengan berkedok mendapatkan paket hadiah dari luar negeri.  Biasanya  seseorang akan menawarkan Anda hadiah yang berasal dari luar negeri namun sebelumnya Anda harus membayar sejumlah uang terlebih dahulu. Jika menemukan hal bisa jadi Anda tengah mengalami ciri-ciri penipuan paket luar negeri.

Baca juga: Ternyata Begini Cara Kirim Paket ke Luar Negeri, Gampang!

Pengiriman barang dari luar negeri berarti termasuk dalam import. Itu artinya jika Anda menerima paket dari luar negeri maka akan ada biaya bea cukai yang perlu dibayar. Hal ini juga telah dijelaskan dalam Peraturan Menteri Keuangan No. PMK 199/PMK.10/2019 tentang aturan pajak dan bea masuk barang impor. Dalam aturan tersebut dijelaskan bahwa barang kiriman dari luar negeri dengan harga lebih dari $3 akan dikenakan pungutan pajak.

Untuk menghindari penipuan pengiriman paket dari luar negeri, Anda juga perlu tahu besaran pajak yang dikenakan untuk barang import. Berikut rinciannya:

  • Kategori barang umum dikenakan pajak 17.5% dari nilai barang dan ongkos kirim ke Indonesia
  • Kategori tas dikenakan pajak 32.2% – 42% dari nilai barang dan ongkos kirim
  • Kategori sepatu dikenakan pajak 42.5% – 50% dari nilai total barang dan ongkos kirim
  • Kategori pakaian dikenakan pajak 32.5% – 45% dari nilai barang dan ongkos kirim

Cara Membayar Pajak Paket dari Luar Negeri

Selain harus tahu cara melacak paket dari luar negeri agar selamat sampai tujuan, Anda juga perlu tahu bagaimana cara membayar pajak untuk barang yang diterima dari luar negeri. Secara umum, untuk di Indonesia sendiri cara membayar pajak paket adalah melalui kantor pos Indonesia

jasa pengiriman barang internasional termurah

Untuk  membayar pajak barang impor adalah melalui Kantor Pos. Untuk jenis ini, sebelum paket masuk ke Indonesia bea cukai telah menetapkan biaya cukai terlebih dahulu. Selanjutnya paket dikirim ke kantor Pos untuk disampaikan ke penerima barang.

Pada tahap ini, biasanya petugas pos akan mengirimkan contoh bukti pengiriman paket dari luar negeri atau surat penagihan kepada penerima paket. Selanjutnya penerima paket tinggal datang ke kantor pos terdekat untuk melakukan pembayaran dan sekaligus pengambilan paket yang telah diterima.

Sebenarnya ada cara lain untuk membayar pajak pengiriman barang dari luar negeri yaitu dengan melalui ekspedisi luar negeri. Akan tetapi cara ini biasanya hanya digunakan oleh perusahaan yang melakukan import dalam jumlah cukup besar.

Modus Penipuan Pengiriman Paket dari Luar Negeri

Beberapa waktu belakangan ini sepertinya semakin marak modus penipuan pengiriman paket dari luar negeri. Biasanya modus ini menyasar untuk orang-orang yang kerap menggunakan media sosial. 

Baca juga: Berapa Lama Paket dari China ke Indonesia? Yuk, Cari Tahu!

Pelaku penipuan akan berpura-pura bahwa target mendapatkan hadiah berupa barang mewah dengan harga cukup mahal yang dikirim dari luar negeri. Untuk menyakinkan korban, pelaku bekerja sama dengan orang lain yang bertugas sebagai kurir dan meminta korban untuk meminta membayar pajak barang mewah dari luar negeri yang telah Anda menangkan tersebut.

Pastikan Anda jangan sampai tergoda dengan penawaran tersebut. Karena jika sampai tergoda dan mentransfer uang, maka sudah pasti pelaku akan langsung menghilang dan Anda juga kehilangan uang tersebut. Jadi sebelum percaya pastikan dulu pelaku dapat menunjukkan bukti barang keluar dari gudang bea cukai dengan surat penagihan pajak yang resmi. Jika tidak bisa menunjukkan, sudah pasti itu merupakan modus penipuan.

Modus Penipuan dengan Menggunakan APK Melalui WhatsApp

Saat ini, siapa yang tidak menggunakan WhatsApp untuk komunikasi sehari-hari? Nah, ternyata penipu juga memanfaatkan platform ini untuk menipu para korbannya. Caranya adalah dengan berpura-pura menjadi kurir paket. Dalam pesan WhatsApp, pelaku akan mengirim aplikasi, dan jika Anda berhasil mendownloadnya, maka seluruh data penting Anda terkait dengan perbankan akan bocor. Modus penipuan ini dinamakan dengan sniffling, yang bertujuan untuk mencuri data serta informasi perbankan, kartu kredit, maupun password email Anda. Agar Anda terhindar dari modus penipuan berkedok kurir ini, apabila Anda menemukan ada kiriman file dengan ekstensi apk. dari nomor tidak dikenal, sebaiknya Anda abaikan atau sekalian blok jika perlu. Anda bisa cek apakah nomor tersebut penipu atau bukan melalui aplikasi seperti Get Contact dan True Caller.

1,522 Comments

  • Sit 5 September 2023

    Saya mengalaminya di hari ini. Saya dapat kenalan dari IG dan dia mengaku sebagai pria Malaysia yang bekerja di London sebagai pilot. Kata Dia, dia mau mengirim saya sepatu, tas, perhiasan dan uang, dan saya suda memeberikan alamat rumah, emaill, dan no HP saya, dia memberitahu ke Aku kalau barang itu suda sampai baru bayar tapi kalau perusahaan pengirim menghubungiku Aku ikuti saja apa kata orang itu, jadi sekarang perusahaan pengiriman internasional nya suda menghubungi saya untuk membayar biaya pengiriman sebanyak 5 juta dan di situ saya sadar kalau saya di tipu, tapi sekarang saya harus bagaimana soalnya perusahaan pengiriman barang hubungi Aku terus katanya ini alamat rumah saya jadi aku harus membayar nya kalau tidak dia akan melaporkan aku ke polisi
    Dan nama penipu
    Yuna zachary

    • Raci 15 September 2023

      Ih kak sama banget kejadiannya tapi dia ngakunya orang thailand tapi tinggal di birmingham, uk. Jadi aku juga dsuruh bayar 6jt sebelum paket sampe kerumah. Kira2 harus gimana iya ka?

    • Weny 1 Oktober 2023

      Kasus yg sama yg hari2 ini aku alami kak,, mengaku asli orang Jakarta dan tinggal di London. Trus mnta alamat dan no hp, dan SDH aku kirim. Katanya akan mengirim hadiah yg sama dg kakak. Untuk masalah kakak ini kelanjutannya gmn? Knp aku sekarang merasa takut dan was was,, apa yg nanti harus aku lakukan kak? Mohon jawabannya. Trimakasih

  • Agista 4 September 2023

    Ka mohon bantuannya jadi saya ada kenalan dari Prancis dia mau ngirim hp,uang buat saya tapi dia tidak meminta bayaran apapun hanya saya harus membayar ongkir ketika barang sampai apa itu penipuan atau gimana mohon penjelasanya ka🙏

    • Ayu 18 September 2023

      Apa barang kakak udah sampai atau belum ?

  • Herlia 4 September 2023

    Yang mau berbagi pengalaman yuk follow ig aku di herlia.ia

    • Delinda 10 September 2023

      Kak aku mau curhat

  • Halimah 1 September 2023

    Apakah saya juga kena tipu,, saya udah tranfer ,, dan minta lagi tranfer 30 juta saya abaikan,, trus dia sekarang minta saya buka rekening bank baru trus dia minta aplikasi nya untuk login,, katanya biar dia bisa tranfer ke saya
    Saya udah sering ketipu,, makasih buat semua yang komen dsini,, ini untuk pelajaran saya kedepan nya

  • Retno Wulan 1 September 2023

    Saya juga merasakan hal yang sama, bahkan baru saja terjadi.
    Saya dapet kenalan dari ig dan dia mengatakan seorang pilot di Korea dan dia asli Indonesia. Dia sudah 11th berada di Korea dan berumur 32 tahun namanya Ahmed muhammad.
    Dia berjanji akan mengirimkan saya uang, sepatu, HP, dan perhiasan.

    Saya sudah memberinya alamat dan kurir nya sudah chat saya, tetapi meminta uang untuk biaya pengiriman 2jt rupiah. Dan meminta uang lagi sebesar 2jt rupiah untuk menukarkan uang yang dikirimkan sebesar $25000USD, setelahnya dia meminta uang kembali karna dari pihak Penukaran uang ada biaya sebesar 5.7jt rupiah, setelahnya paket saya dalam perjalanan dan setelah saya tanya katanya paket saya ditahan polisi karna didalamnya terdapat uang yang sangat banyak. Dan saya harus membayar 3jt rupiah agar paket tersebut bisa sampai ke rumah saya.
    Tapi saya tidak mengirimkannya uang.

    Saya kasih nomer whatsapp orang yang ngirim dan kurir paketnya.

    Ahmed muhammad: +62853-6780-9982
    Kurir paket: +62821-8198-5424
    No rekening: KARTIKA ESTI WULANDA
    BRI BANK
    NO.6487 0101 9708 532
    BANK CODE:002

    • Dinda 10 September 2023

      Kak aku mau nnya boleh?

  • Astri 31 Agustus 2023

    Hallo ka apakah kaka kena modus penipuan atau tidak?krn saya mengalami hal ini sekarang

  • Dnme 30 Agustus 2023

    Terimakasih infonya teman2 onlen, saat ini saya sedang mengalaminya, dia ngajak kenalan seminggu ini lewat ig (dav*dc*rlos) mengaku asal malasyia dan bekerja di california, dia menanyakan banyak pertanyaan, selalu kirim foto tanpa diminta dan menyakinkan saya untuk datang ke negara ini, wkwkw
    Katanya dia ngirim tas dan hp, dia minta nama,alamat, no.hp, email sudah itu dikirimnya tempat kirim paket paket dan sudah dikirim resinya terus meminta biaya 5 juta pakai alamat emailnya aramexshippinglimitedwrd@gmail.com.
    Lebih hati2 ya temen2, maaf jika ada pihak yang dirugikan🙏

  • Widi 30 Agustus 2023

    Aku lagi nglmin hal yang sma dr org malaysia yg ktnya tinggal di london dia sedang mengirim paket utk saya dan dia minta aku untuk membayar bea cukainya sebesar 5juta harus gmn donk ????apa aku sedang di tipu

    • Raci 15 September 2023

      Ih kak aku juga lagi ngalamin sekarang. Terus tindakan kaka kemaren gimana ka? Tetep kaka bayar atau paketnya kakak tolak

    • chica 11 Oktober 2023

      namanya RYAN MUHAMAD bukan kak? itu juga saya alamin soalnya… malahan saya sudah keluar uang buat menerima paket hadiah darinya.. saya juga kena tipu

  • El 27 Agustus 2023

    Bagaimana cara mencocokkan fotonya kak,dia ada ignya ga?
    Biar bisa dicocokkan

  • Lala nurhasanah 26 Agustus 2023

    Saya juga sedang mengalami nya chat de Ig ke wa ngobrong dia bilang mo kirim hadiah iPhone tas sepatu dan ada uang saya ragu pas di potoin bukti dr expedisi harus byr pas datang barang. Apa yang harus saya lakukan.

    • Herlia 4 September 2023

      Jangan oernah mengirimkan uang dengan alasan apapun.
      Modus sekarang kalo gak dapet uang, minimal dia minta dibelikan kartu perdana SIM CARD dengan alasan hp nya hilang dan beli hp baru tapi belum sempat beli sim card.
      Itulah alasan kenapa kontak wa nya bisa berasal dari negara mana saja melalui kode negara di awal nomer. Tujuannya hanya satu agar keberadaannya tidak terlacak melalui sim card.
      Sy beberapa kali ada yang seperti ini tapi alhamdulillah gak kena jebakan betmen.
      Semoga para pengguna sosmed lebih sadar keberadaan scamer dan modusnya.
      Semoga membantu.

  • Fransiscaevant 26 Agustus 2023

    Kalau misalnya dia udah kirim paket sama kita? Tapi sebelumnya dia ga ada minta uang utk transfer, cuman dia bilang kek gini setelah barang sampai di Indonesia aku harus membayar nya, apakah ini termasuk modus penipuan, karna saya juga mengalami nya

    • Astri 31 Agustus 2023

      Hallo ka ini kaka pernah kejadian seperti ini?apakah ini modus penipuan?krn saya juga sedang mengalami ini

    • Ayu 18 September 2023

      Apa barangnya yang dia kirim udah nyampe ?

  • Mince Bosu 👏 23 Agustus 2023

    Saya sedang mengalami ini,, cuman dia tidak minta bayarnya melalui transfer.. dia minta nanti paket sampai tolong siapkan bea cukainya. Aku harus gimana? Apakah ini termasuk modus penipuan?

  • Imeng Sholihah 22 Agustus 2023

    Saya Harini mengalami nya , namanya William chong dia orang kore kerjanya di Canada , trs di minta kenalan sama aku lewat Ig okelah akhirnya saya kenalan sama dia eh baru beberapa hari dia tiba² bilang kirim paket kesaya , cman anehnya dia saya ajak vidio call gak pernah mau saya curiga makanya saya ajak dia vidio call ,tapi selalu menolak , dan hari ini kata perusahaan paketnya , paket udah sampai di Indonesia tapi syaratnya bisa Sampek rumah saya di suruh bayar 500 ribu , saya ya kaget katanya barang datang dirumah disitu kita bayar ternyata dianya nyuruh transfer uang , mana orng perusahaannya maksa sekali katanya klo ga mau Nerima saya sama paketnya mau di laporin ke pihak perusahaan , saya merasa takut dan terancam , kasih saya solusi dong gimana caranya agar mereka tidak bisa menghubungi saya lagi ,

    • Mega 24 Agustus 2023

      Kakak…apa yang kita alami sama..
      Kenalan sama orang di luar negeri & mau mengirim hadiah..
      Tpi saya sudah terlanjur transfer 500rb lagi..
      Jadi gimana ya kak

  • Laras 21 Agustus 2023

    Sama aku juga mengalami nya barusan tapi aku sudah terlanjur mentransfer nya dikarenakan terlalu percaya akan paket hadiah nya dia berasal dari Bolivia Amerika Serikat namanya Daniel Chun . Ini jadi pengalaman saya supaya tidak boleh terlalu percaya sama orang yang tidak dikenal apalagi kenalnya hanya melalui sosial media jahat kali mereka melakukan penipuan seperti itu 😭😭

    • El 27 Agustus 2023

      Kak,aku coba cek Ig yang kakak bilang.ternyata foto2 dia sama dengan foto2 1cowo
      Ig yg namanya berbeda.dia ngefollow aku di Ig,dan minta wa
      Aku ga kasih wa ke dia karna terlalu privasi kalau wa.

  • Umar 21 Agustus 2023

    Cara mengenali rekening pribadi bukan rekening perusahaan gmn say

  • Kristin 20 Agustus 2023

    Saya juga namanya Derec prince katanya tinggal d Brazilia dia punya anak satu cewe dia beli aku sepatu gaun pokonya bermacam pakaian dan perhiasan dan jg jam tangan dan jg uang ia bilng nanti penerima harus mbayar biayaya local apa ini penipuan 🙄

  • DESY SAPUTRI 19 Agustus 2023

    Aku juga sekarang lagi dapat pengiriman barang dari luar negeri dan barang itu lagi di proses hanya saja saya harus bayar 3jutaan ,tetapi si pria bilang bahwa barang itu semuanya asli ,dan dia juga mengirim bukti pengiriman kepada saya ,apakah itu palsu atau asli ,kak tolong kasih tahu saya ,karena saya benar-benar tidak mau kalau uang yang selama ini saya kumpul harus di tipu oleh orang yang tidak baik niat nya

    • Yanti 28 Agustus 2023

      Kak apa barangnya sudah datang? Saya jg senilai 3jt

  • Tere 19 Agustus 2023

    Guys ini juga terjadi hal yang serupa kepada teman sya, kenalannya orang vietnam bekerja jadi dokter gigi di roma, dia bilang mau ngirim hadiah berupa, kalung, tas, gelang, dsb, dan menaruh beberapa uang di dalam paket untuk mengganti uangnya temanku untuk membayar pajaknya, yg diinfokan dalam 1 atau 2 hari lewat pesan ataupun telpon
    Brang nya akan datang dalam 2 hari

    Bisa kita kirim foto pelakunya, buat saling mencocokkan orangnya

    • Desna 2 September 2023

      Gimana ka, apakah menerima paket tersebut? Soalnya saya lagi mengalami hal yang sama

  • Marrdvy 19 Agustus 2023

    Seperti nya saya mengalami juga , kenalan dari Instagram lalu pindah ke line , bberapa hari Masi santai kenalan dan topik keseharian tapi hari setelah nya dia mengirimi paket dan saya mengasikan alamat saya, email, nomor telp dan telpon .. dan setelah itu dari ekspedisi menghubungi saya lewat line harus membayar bea cukai 3jt , dan saya tidak punya uang sebanyak itu tapi orang yang ngirim maksa untuk meminjam dlu karena dipaket itu ada isi uang juga untuk mengembalikan uang yang sy pinjam , apa yang saya lakukan agar tidak kejadian ?? Mohon bantuan nya

  • Nina 19 Agustus 2023

    Hai semua . Yg mengalami ini aku pun mengalami nya . Untuk semua jgn takut ya . Ga usah di ladenin . Kalo bisa blok aja semua nomer yg menghubungi kamu lewat telepon wa atau yg lain nya . Mereka ga akan datang kerumah atau lapor polisi. Aku ngalamin juga . 2 Minggu yg lalu Dy lewat ig minta kenalan .nama hakkem kalian kalo ada yg cari deh Hakeem Mohd yusuf yg fto profil nya sama anak kecil cowo , Dy bilang Dy asal Malaysia tapi tinggal dan kerja di London,Dy duda punya anak 1 namanya Kelvin . followers nya lebih dari seribu dah gtu akun nya di private. Nah Dy minta nomor wa aku . Aku kasih kebetulan aku punya 2 wa yg 1 wa bisnis. Nah aku kasih wa bisnis dan wa bisnis itu ga jarang ke pake . Dy chat aku nanya aku umur berapa apa hobinya makanan apa yg aku suka aku tinggal dimana . Tapi masalah tempat tinggal aku ga bilang yg aslinya aku dimana . Dy minta fto aku kasih tapi setelah itu aku hapus aku juga minta fto Dy . Dy kasih . Dan aku minta video call sama sih mukanya sama foto yg Dy kirim. Seminggu chatting sama Dy . Dy katanya mau belanja sama anaknya trus aku juga dibelanjain .Dy minta alamat ku . Cuma dalam waktu 1 jam kurang Dy udah selesai belanja. Aneh ya pikirku. Tapi dari awal aku ga percaya memang sama ini orang. Cuma iseng aja aku mau kenalan . Dy bilang mau ke pos kirim barang buat aku . Dy fto tuh kardus2 Dy fto kalo lagi di kantor pos Dy fotoin barang yg Dy kirim ke aku ada tas jam tangan gelang cincin dan katanya ada fto Dy sama uang di amplop.tru WhatsApp Dy itu yg terakhir kata2nya gini ‘ semoga kamu suka pemberian dariku dan putraku , didalam box itu ada uang untuk mu untuk membeli apapun yg kamu mau dan untuk merawat diri, jaga dirimu baik-baik ya ‘ . Aku sih oke oke aja jawabnya. Abis itu aku blok nomernya aku cabut kartu udah seminggu ini . Aku cari di google paket dari luar negeri,eh ternyata ada artikel ini . Lho kok bnyak ya yg ngalamin.kok aku malah ga tau . Untung aja aku ga kena transfer segala. Buat kalian jgn mau transfer ya karena barang itu tidak ada . Tidak akan pernah ada dan tidak dikirim.

    • Marrdvy 19 Agustus 2023

      Kaa boleh minta wa , karena sy seperti nya kena juga tapi belm trf karena dia minta sy untuk pinjam ke temen atau siapapun bayar bea cukai nya dan sebagai ganti nya dia sudah isi uang di paket nya untuk mengganti uang yang sy pinjam kan , sy kenalan nya lewat ige dan terus berlanjut di line .. dan untuk ekspedisi luar menghubungi saya lewat line juga dan saya takut berbuat apa..

      • Dinda 10 September 2023

        Kak aku mau nnya boleh? Aku kayaknya kena tipu juga

    • Devi marbun 19 Agustus 2023

      Kalau misalnya dia udah kirim paket sama kita? Tapi sebelumnya dia ga ada minta uang utk transfer, cuman dia bilang kek gini setelah barang sampai di Indonesia aku harus membayar nya, apakah ini termasuk modus penipuan?

    • Cekel 5 September 2023

      Permisi kak, cerita kita kebetulan sama kak

      Kalau di saya dia bernama Yusuf Adam, dan anaknya sama dengan kakak, namanya Kelvin

      Dia juga bilang kalau ingin mengirimi sesuatu dan di box.nya dia menaruh uang sebagai gantinya

      Untuk saat ini masih saya pantau

    • Dinda 10 September 2023

      Kak aku mau nnya boleh? Aku kayaknya kena tipu juga, aku takut banget

    • Ayu 27 September 2023

      Makasih kak saran,, jadi buat tenang soalnya panik karna di suruh transfer untuk biaya pengiriman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *