Logistik

Apakah Penerima Paket dari Luar Negeri Harus Bayar?

pekerja gudang sedang mengelola paket dari luar negeri

Perkembangan teknologi yang semakin canggih memungkinkan Anda untuk dapat mengirim atau menerima barang dari luar negeri dengan lebih mudah. Saat ini telah banyak jasa ekspedisi yang menawarkan jasa pengiriman baik dari maupun ke luar negeri dengan proses yang mudah dan waktu yang tidak terlalu lama. Meskipun barang dan ongkos kirim telah dibayar, apakah menerima paket dari luar negeri harus bayar?

Tidak sedikit orang Indonesia yang menerima paket dari China baik dari keluarga yang bekerja dari sana maupun karena membeli barang secara online. Saat ini melakukan pengiriman barang baik dari maupun ke luar negeri memang bisa dilakukan dengan lebih mudah. Hal ini juga yang membuat banyak orang mulai tertarik untuk berbelanja dari toko online di luar negeri.

Berbelanja online dari luar negeri secara langsung memang bisa memberikan banyak keuntungan. Selain harga yang lebih murah, kualitas barang yang dijual biasanya juga lebih terjamin. Meskipun begitu, Anda perlu mempertimbangkan biaya pengiriman barang dari luar negeri ke Indonesia dan biaya lain yang mungkin akan dibebankan nantinya.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apakah ada biaya yang harus dibayar jika menerima paket dari luar negeri, yuk simak ulasan berikut ini!

Penerima Paket dari Luar Negeri Harus Bayar Pajak

Tidak sedikit orang yang masih bingung jika menerima paket dari luar negeri apakah harus ada biaya yang perlu dibayar atau tidak. Sebenarnya menerima paket dari luar negeri memang ada beberapa biaya yang perlu Anda keluarkan. Akan tetapi biaya tersebut sebenarnya termasuk dalam pajak. Jadi jika ada pertanyaan apakah paket dari luar negeri kena pajak, maka jawabannya adalah IYA.

Sebelum  membahas tentang pajak untuk paket dari luar negeri, perlu Anda ketahui, bahwa saat ini semakin marak modus penipuan dengan berkedok mendapatkan paket hadiah dari luar negeri.  Biasanya  seseorang akan menawarkan Anda hadiah yang berasal dari luar negeri namun sebelumnya Anda harus membayar sejumlah uang terlebih dahulu. Jika menemukan hal bisa jadi Anda tengah mengalami ciri-ciri penipuan paket luar negeri.

Baca juga: Ternyata Begini Cara Kirim Paket ke Luar Negeri, Gampang!

Pengiriman barang dari luar negeri berarti termasuk dalam import. Itu artinya jika Anda menerima paket dari luar negeri maka akan ada biaya bea cukai yang perlu dibayar. Hal ini juga telah dijelaskan dalam Peraturan Menteri Keuangan No. PMK 199/PMK.10/2019 tentang aturan pajak dan bea masuk barang impor. Dalam aturan tersebut dijelaskan bahwa barang kiriman dari luar negeri dengan harga lebih dari $3 akan dikenakan pungutan pajak.

Untuk menghindari penipuan pengiriman paket dari luar negeri, Anda juga perlu tahu besaran pajak yang dikenakan untuk barang import. Berikut rinciannya:

  • Kategori barang umum dikenakan pajak 17.5% dari nilai barang dan ongkos kirim ke Indonesia
  • Kategori tas dikenakan pajak 32.2% – 42% dari nilai barang dan ongkos kirim
  • Kategori sepatu dikenakan pajak 42.5% – 50% dari nilai total barang dan ongkos kirim
  • Kategori pakaian dikenakan pajak 32.5% – 45% dari nilai barang dan ongkos kirim

Cara Membayar Pajak Paket dari Luar Negeri

Selain harus tahu cara melacak paket dari luar negeri agar selamat sampai tujuan, Anda juga perlu tahu bagaimana cara membayar pajak untuk barang yang diterima dari luar negeri. Secara umum, untuk di Indonesia sendiri cara membayar pajak paket adalah melalui kantor pos Indonesia

jasa pengiriman barang internasional termurah

Untuk  membayar pajak barang impor adalah melalui Kantor Pos. Untuk jenis ini, sebelum paket masuk ke Indonesia bea cukai telah menetapkan biaya cukai terlebih dahulu. Selanjutnya paket dikirim ke kantor Pos untuk disampaikan ke penerima barang.

Pada tahap ini, biasanya petugas pos akan mengirimkan contoh bukti pengiriman paket dari luar negeri atau surat penagihan kepada penerima paket. Selanjutnya penerima paket tinggal datang ke kantor pos terdekat untuk melakukan pembayaran dan sekaligus pengambilan paket yang telah diterima.

Sebenarnya ada cara lain untuk membayar pajak pengiriman barang dari luar negeri yaitu dengan melalui ekspedisi luar negeri. Akan tetapi cara ini biasanya hanya digunakan oleh perusahaan yang melakukan import dalam jumlah cukup besar.

Modus Penipuan Pengiriman Paket dari Luar Negeri

Beberapa waktu belakangan ini sepertinya semakin marak modus penipuan pengiriman paket dari luar negeri. Biasanya modus ini menyasar untuk orang-orang yang kerap menggunakan media sosial. 

Baca juga: Berapa Lama Paket dari China ke Indonesia? Yuk, Cari Tahu!

Pelaku penipuan akan berpura-pura bahwa target mendapatkan hadiah berupa barang mewah dengan harga cukup mahal yang dikirim dari luar negeri. Untuk menyakinkan korban, pelaku bekerja sama dengan orang lain yang bertugas sebagai kurir dan meminta korban untuk meminta membayar pajak barang mewah dari luar negeri yang telah Anda menangkan tersebut.

Pastikan Anda jangan sampai tergoda dengan penawaran tersebut. Karena jika sampai tergoda dan mentransfer uang, maka sudah pasti pelaku akan langsung menghilang dan Anda juga kehilangan uang tersebut. Jadi sebelum percaya pastikan dulu pelaku dapat menunjukkan bukti barang keluar dari gudang bea cukai dengan surat penagihan pajak yang resmi. Jika tidak bisa menunjukkan, sudah pasti itu merupakan modus penipuan.

Modus Penipuan dengan Menggunakan APK Melalui WhatsApp

Saat ini, siapa yang tidak menggunakan WhatsApp untuk komunikasi sehari-hari? Nah, ternyata penipu juga memanfaatkan platform ini untuk menipu para korbannya. Caranya adalah dengan berpura-pura menjadi kurir paket. Dalam pesan WhatsApp, pelaku akan mengirim aplikasi, dan jika Anda berhasil mendownloadnya, maka seluruh data penting Anda terkait dengan perbankan akan bocor. Modus penipuan ini dinamakan dengan sniffling, yang bertujuan untuk mencuri data serta informasi perbankan, kartu kredit, maupun password email Anda. Agar Anda terhindar dari modus penipuan berkedok kurir ini, apabila Anda menemukan ada kiriman file dengan ekstensi apk. dari nomor tidak dikenal, sebaiknya Anda abaikan atau sekalian blok jika perlu. Anda bisa cek apakah nomor tersebut penipu atau bukan melalui aplikasi seperti Get Contact dan True Caller.

1,463 Comments

  • Murniati yahya 5 Juni 2023

    Saya juga mengalami hal yang sama saya dikirimi hadiah dati london atas nama muhammad austin dia kirim video barang yang mau dia kirim aipon perhiasan sepatu parfum dan uang 50.000 dollar dan sudah mengirimkan bukti pengiriman besok tanggal 06 juni barang akan tiba tapi saya harus membayar 10 juta sudah saya bilang saya tidak punya uang malah dia suruh saya pinjam dulu karena setelah terima hadiah ada uang didalamnya tapi saya menolak membayar.tolong saya apa yang harus aku lakukan alamat tertlanjut saya kasih.apakah aku harus matikan saja nomor hp aku

  • Arman j hodam 4 Juni 2023

    Trimakasih atas segala inpormasinya karna saya besok akan ada yang ngirim paket isi nya 1,5 dolar AS kkarna saya tidak yakin saya buka ini ternyata ada penjelasan seperti ini terimakasih nama yang mengirim uang itu. jessy susan dari militer AS yang ada di afganistan katanyaa

  • Shelly kasrun 4 Juni 2023

    Saya pun begitu, nama nya leo, umue 27 tahun dia orang thailand, yang bekerja di turky, dia ingin mengirimkan hadiah, dan pihak perusahaan menyuruh saya membayar 1.000.000.00 rupih agar saya meperoleh barang yang sudah iya kirim, dan saya sudah melengkapi alamatnya, tapi saya tidak mentrasfer uang itu, pihak swift express cargo mengancam, jika barang itu mau di kembalikan kepada pemiliknya maka saya akan membayar lebih banyak lagi. Apa barang itu tetap di kirim walau kita belum trasfer ke mereka?

    • Asty 6 Juni 2023

      Sama aku juga dapet paket uang katanya ribuan dollar melalui jasa kirim swift counter,tp aku disiruh bayar dulu baru paketnya akan dikirim kerumahku ,trust kamu bagaimana apa kelanjutannya,apa kamu bayar atau kamu cuekin aja

    • taufik 7 Juni 2023

      bagaimana sekarang?apakah kamu tetap membayar?

  • Nur Aisyah 3 Juni 2023

    Aduh tolong dong saya barusan dikirim kan barang kemana ya diterima atau macamana…di kirim dari Jerman tapi aku di suruh bayar uang sebesar 1.500 aku tidak punya uang sebanyak itu 1000 perak pun aku tidak punya kasih solusi nya dong

  • Ratna Anjali 2 Juni 2023

    Saat ini yng sedang saya alami saya berkenalan di IG katanya orang london dia bekerja sebagai pilot selang 5hari dia memberikan saya hadiah berupa tas baju perhiasan dan uang lalu mengirimkannya ke saya paketan box nya di kirimke saya beri alamat saya dan saya harus bayar 4jta karna biaya pajak bea cukai dan pengiriman nyaa sampe sekarang saya masih takut dan gk punya uang juga gimana ya itu sampe tidur pun ke inget mulu mana alamat saya sudah tertera di situ😭

    • taufik 7 Juni 2023

      bagaimana sekarang?apakah paket nya sampai dirumah kamu?saya mengalami hal yang sama

  • Ritha 2 Juni 2023

    Aku juga sama dapat kiriman seperti itu dengan dalih pertemanan dengan memberikan tas,iPhone,emas,jam tangan rolex ,baju uang 50.000 dolar dia memgirimkan bukti pengiriman dan tempat da memaketkan barang tsb lewat paket DHL , tetapi saya harus membayar 5 juta singkat cerita bsknya orang DHL menghubungi saya dengan mmaksa saya untuk membayar paket tsb agar sampai pada saya ktnya ketik saya bilang kbalikan saja paket itu pada yg memgirimnya orang DHL itu malah marah marah pada saya dibilang saya jangn main2 saya disuruh mengirimkan uang kepada
    Rio Lefrando Siregar
    Bank DBS Indonesia
    Number 1706795580
    Bank kode 046

    • Sarinah 8 Juli 2023

      Hy kk

  • Santi 1 Juni 2023

    Saya kenal cowok dari fb baru beberapa hari saat ini dia sedang mengirimi saya barang barang mewah terus saya di suruh bayar pajaknya sebesar 2j, apakah ini penipuan kak?

  • Nurlaila dandel 31 Mei 2023

    Saya juga hari inj saya dikirimkan hadiah dari orang luar negeri dan saya sudah pernah mengalaminya bberpa kali dan ini yg ketiga kalinya dia minta alamt saya katanya dia akan mengirim kan saya hadiah berupa barang”mewah dan apa kalian tau saya pura pura mengikutinya saya mengirim alamt tmpt tinggal saya semua yng dia minta ttng alamt tmpt tnggl saya semuanya saya ikuti smpe dia blng saya harus membayr pembayaran katanya disitu saya langsng cht dia dan saya mengatKan padanya apa kamu mengenal saya sya bilng sperti itu dan saya menolak hadiah nya dan dia marah dia blng jika dia kehilangan paket nya dia akan datang ke indonesia dan langsng ke alamt saya distu saya langsng blng bahwa saya menunggu dia datang eh dia langsng bls cht aku dan blng bahwa dia sibuk saya tidak pernh percya dengan orang luar negeri yang sok berbahasa indonesia yang ingin mengirim hadia apa segala dan saya sudah pernh menghadapi orang sprti itu jadi saya akan menghdpi nya saat ini untuk yg ketiga kalinya biar kapok dia

  • Ferari anisa 30 Mei 2023

    Saya juga baru mengalami
    Ad laki2 kenalan di ig dan meminta no wa..dia mengaku seorang pilot asal malaysia tp stay d us..dan baru 2 hari chat dia blg dia mau megirimi saya kado isi ny tas,baju,jam tangan,hp
    Dia mnta almt dan dia krm video dia sedang d kantor expedisi dan dia kirim resi pengirimanny
    Karena agak curiga saya lacak resi tp hasilny zonk
    Keesokan hariny dpt chat dr kurir expedisiny dan saya d mnta 3 juta
    Dan si cow ini nyuruh saya bayar karena d dlm paket dia ad msukan 30 rb dolar katanya untk gnti uang yg sdh sy bayar td it
    Untg sy gk tergiur sy lgsg blg klo sy gk bisa lakukan pembayaran karna tidak ad uang
    Setelah baca chat saya dia ngilang😂😂😂😂

  • Nina 29 Mei 2023

    Boleh di spill akun sosmednya yang pernah dimintai bayar pajak

  • shinta 28 Mei 2023

    aku sedang mengalami nya aku sudah mengirim 8 juta dan aku sangat kebingungan harus berbuat apa sampai sampai uang tabunganku sudah saya ambil untuk dikirimkan mereka menggunakan no rekening pribadi tidka melalui kantor pos

  • Dina 27 Mei 2023

    26 mei 2023
    Saya juga mau membagi pengalaman saya yang baru saja saya alami,saya kenalan dengan seorang cowok lewat media sosial juga dia ngakunya seorang pengusaha.dia tinggal di London saya Ama dia baru kenal 2 Minggu terus dia ngomong ke saya mau memberi saya hadiah emang benar dia kirim foto hadiah yang mau dia kasih ke saya.selang seminggu dia wa saya ngomong kalau hadiah yang mau di kasih ke saya sudah dia kirim terus dia kirim juga surat bukti pengirimannya ke saya,tapi dia ngomong barang yang dia kirim katanya kelebihan jadi saya harus membayarnya lagi tapi saya udah bilang ke dia kalau saya tidak punya uang maka ya saya bingung,saya harus bagaimana sekarang

  • Tha 26 Mei 2023

    Saya juga dalam posisi ini sekarang bingung mau ngapain lagi baru kenal lelaki di ig udah mau ngirim barang trus gitu pajak nya sampai 1000 ringgit dong kalo di rupiahin berapa tu 4 juta lebih njir gila

  • E.y 21 Mei 2023

    Untuk menghadapi hal yang serupa hatus bagaimana?

  • Fitri 21 Mei 2023

    Asalamualaikum
    Maaf adik saya kemarin dapat kenalan di IG dr singapoera dia seorang pramuniaga dia memberi hadiah berupa hp ipone 13 promax, cincin emas, cokelat, tas, jam tangan dia lalu mengirim paketannya tetapi pas di bandara Indonesia katanya pihak DML mengabarkan untuk mengirim barang sampai rumah harus bayar pajak 6 juta, dan alhasil adik saya percaya dia baru mengirim uang 3 juta dia bahkan mengirim foto box paketan tetapi pihak DML meminta 3 juta lagi krna harusnya 6 juta itu gimana min adik saya kena tipu??

    • Meey 31 Mei 2023

      Terus gimana kelanjutannya ?

    • Leni anggraini 1 Juni 2023

      Y gimana itu jika kita tidak bisa membayar paketnya

  • Deastie 21 Mei 2023

    Ya ampun saya juga mengalami.. paket dri inggris baru kemarin paketnya kan di kirimi di kantor pos nya disan.. saya bahkan di kasi no resinya .. katanya saya nanti di suruh bayar pas di bea cukai.. kalo dia yang bayar katanya harus pake mata uang penerima.. apakah itu benar?? Apa penipuan?? Untungnya saya melihat ini.. saya di kirimi barang² mewah..

    • taya 27 Mei 2023

      wah masa kak, aku ada kenalan dr inggris..ngotot mau kasih gift brng2 mewah…di photo satu2 ma dia barang nya.
      katanya nanti barang sampai jkt di claim ya karna sayang itu harang mahal2.
      biaya claim gak mahal kata doi..uang ganti claim di simpan jg dlm packing brng.
      Tadinya aku nolak2 gak mau..tp uda dibeliin katanya.
      baiknya gmn ya ?

    • Meey 31 Mei 2023

      Terus bagaimana kelanjutannya ?

  • Mega 19 Mei 2023

    Iya saat ini saya juga sedang alami,,mengenal lelaki di fb mngaku dri manchester bru bebrapa hari sudah mau kirim hadiah dn uang,,dan sekarang sya dsruh untuk bayar pajak sebesar 2 jt rupiah dn terus menerus menagih sampai saat ini juga ,,,gimna yah

    • Sartika 28 Mei 2023

      Saya juga mengalami kejadian seperti ini.Dia mengaku berasal dari Korea dan bekerja di Swedia.Nah..baru 2 hari kenal di IG ,tb2 dia mau kirim hadiah dengan alasan mau serius sama saya.di krim foto dan Vidio barang yg mau dikirim.Nah, disini jg Dy infokan bhwa nnti akan bayar pajak dan ongkir nya sebelum barang dari bea cukai dikirim ke alamt tujuan .Nah. Saya respon saya tidak ada uang untuk membayar pajak nya..lalu Dy jawab saya harus cri duitnya.Karena infonya dia sekalian titip uang yang ada di dalam packingan barang tersebut.Krena Senin pagi tgl 29 mei barang akan tiba di Indonesia .
      Alhamdulillah setelah saya baca pengalaman yg ada disini, saya gak ada rencana mau bayar pajak nya.

  • Hervina 17 Mei 2023

    Saya baru saja kenal dengan seorang pria yang ngakunya berasal dari london,kami baru kenal beberapa hari dan dia ingin mengirimin saya paket hadiah,pertama kalinya ada kenalan yang mau kirimin paket
    Ya saya kirim alamat saya,eh setelah 1 hari ada pemberi tahuan kalo paketnya sudah tiba di bandara tapi saya harus bayar terlebih dahulu yang biayanya itu 5 juta rupiah,saya bingung harus bagaimana dan akhirnya saya bertanya pada teman saya yang seorang agen penjual onllne dia bilang itu modus penipuan jangan percaya,
    Jangan mudah percaya sama kenalan yang baru kenal apalagi ngakunya dari luar negri

  • Mifta 16 Mei 2023

    Aduh. Gimn ni. Ak baru saja kedpatan seperti yg dicritakan. Tpi belum ada disuruh kirim uang. Tapi aku takut. Mn gk punya uang lagi tolong dong saranny.

    • Dini Alvino 1 Juni 2023

      Aku jg punya kenalan dari IG …dia tinggal dilondon,,,, dan dia besok ultah tp kenapa dia yg mau kirim hadiah utkku ,dia minta alamat rmh tp blm aku kasih ..aku takut ini jg penipuan

  • Kya 15 Mei 2023

    Aku mau membagi pengalaman juga biar bisa dijadiin pelajaran.aku hari ini juga bakal dapet hadian dari orang yg tinggal dilondon.kami baru 4 hari berkenalan.tapi dia uda berniat membelikanku hadiah dengan alasan dia keterima kerja.dia juga uda kirim foto hadiahnya.surat surat pengirim nya dia juga uda liatin ke aku.sampe packing ya juga fotonya dikirim ke aku.karna aku uda tau bakal bayar pajak.aku pura pura nanta sama dia tentang pajak barang yang harus ku terima ternyata aku harus bayar 2 juta.aku bilang kalo aku ngga punya uang.tapi ngga tau sih ini penipuan ato nggak.kalian hati hati siapapun yang banya komenanku ini

    • Mey 31 Mei 2023

      Terus gimana kelanjutannya ?

    • Rain 25 Juni 2023

      Aku juga hari ini mengalami hal yang serupa, agennya terus mengancampu. Aku benar-benar bingung untung saja aku membaca banyak pengalaman dari kalian, mungkin saja itu penipuan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *