Logistik

Macam-macam Simbol pada Kardus serta Tujuannya

simbol pada kardus

Pada saat membeli barang secara online, pernahkah Anda memperhatikan simbol-simbol pada kardus packing?

Simbol pada kardus memiliki artinya masing-masing tergantung pada tulisan atau gambar yang tertera. Oleh karena itu, Anda jangan sampai salah untuk mengartikannya.

Di ulasan kali ini, mari kita bahas tujuan dan arti yang terkandung pada simbol-simbol di kardus.

Tujuan Simbol pada Kardus

Simbol pada kardus ditempel bukan sebagai hiasan atau untuk memperindah kardus, melainkan memiliki tujuan penting, baik untuk produsen maupun konsumen.  

Tujuan utama adanya simbol pada kardus adalah memberikan informasi bagaimana memperlakukan barang tersebut. Hal tersebut penting dilakukan agar produk tetap dalam keadaan bagus, baik saat sedang disimpan di gudang maupun didistribusikan.

Arti Simbol pada Kardus

Sebagai produsen maupun konsumen, Anda diwajibkan untuk mengetahui arti dari simbol yang ada pada kardus. 

Banyak simbol pada kardus yang mungkin Anda tahu artinya dan ada juga yang belum. Oleh sebab itu, mari kita bahas arti simbol pada kardus yang sering Anda jumpai berikut ini.

1. Fragile

Simbol yang sudah tidak asing Anda jumpai pada packaging yang pertama adalah fragile atau pecah belah. Produk yang menggunakan simbol tersebut, merupakan barang yang mudah pecah , sehingga beresiko rusak saat penyimpanan dan pengiriman, seperti barang berbahan kaca. Fragile biasanya ditandai dengan gambar gelas anggur yang retak atau pecah pada satu sisi.   

Baca Juga : 5 Tujuan Promosi Produk, Simak Strategi Memulai Bisnis ini!

2. Food Grade

Simbol pada kardus food grade bisa Anda temukan pada kemasan makanan dan minuman dan memiliki ilustrasi gelas dan garpu. Tanda tersebut memiliki arti bahwa kemasan makanan atau minuman itu sudah teruji kelayakan dan aman untuk dijadikan wadah konsumsi.

3. Handle with Care

Simbol pada kardus selanjutnya adalah handle with care atau kemasan harus ditangani dengan hati-hati. Handle with care dan fragile mirip dalam hal arti. Oleh karena itu, Anda akan menemukan salah satu simbol tersebut saja yang tertempel di kardus. Stiker simbol tersebut yang akan Anda lihat adalah dua tangan dan satu kardus di tengahnya. 

4. Do Not Drop

Simbol lainnya yang umum dipakai pada kemasan pengiriman adalah do not drop. Ilustrasi yang ada pada simbol tersebut adalah kardus yang jatuh. Sesuai namanya, simbol do not drop pada kardus berarti bahwa kemasan tidak boleh jatuh saat ditangani sehingga harus ekstra hati-hati dalam penanganannya.

5. Trolley Lifting

List simbol selanjutnya yang ada pada kardus adalah trolley lifting. Anda dapat melihat troli dengan kotak di atasnya sebagai ilustrasi pada kardus. Trolley lifting menandakan bahwa kardus harus diangkat menggunakan troli dan rentan untuk diangkat secara langsung karena bagian bawah kardus mudah jebol. Setelah diangkat, kardus juga harus diletakkan dengan baik dan pelan, tidak dilempar dan ditaruh sembarangan.

Baca Juga : 5 Tips Promosi Produk yang Ampuh Menarik Konsumen

6. Do Not Open with Knife

Simbol pada kardus do not open with knife berarti Anda tidak boleh membuka kardus menggunakan pisau atau benda tajam lainnya. Hal tersebut bertujuan menjaga kemasan dan barang didalamnya agar tetap dalam kondisi yang baik. Simbol tersebut ditandai dengan ilustrasi gambar pisau atau benda tajam lain yang diberi tanda silang.

7. Flammable

Simbol lainnya yang mudah ditemui pada sebuah kemasan adalah flammable atau mudah terbakar. Barang yang mudah terbakar, seperti bahan kimia, berbahan kertas, dan lain sebagainya perlu Anda tangani dengan ekstra hati-hati. Selain hal di atas, kemasan dengan tanda flammable menginformasikan baik produsen maupun konsumen untuk tidak meletakkan kemasan di dekat api, permukaan panas, dan sumber asap lainnya.

8. Avoid Sun Beam

Simbol selanjutnya pada list ini adalah avoid sun beam yang mengharuskan packing untuk tidak dijemur di bawah sinar matahari secara langsung atau sumber panas lain. Tanda pada kardus tersebut memiliki tujuan untuk menjaga produk tetap terjaga kualitasnya. Umumnya, produk yang menggunakan simbol itu adalah produk yang mudah meleleh, seperti mentega atau coklat. Ilustrasi yang bisa Anda lihat pada simbol di atas adalah kemasan yang disinari matahari secara tidak langsung.

9. Contain Poison

Simbol contain poison pada kemasan kardus memiliki arti bahwa produk mengandung bahan-bahan beracun jika terkonsumsi. Beberapa produk yang menggunakan simbol contain poison adalah obat nyamuk, pestisida, dan berbagai bahan kimia berbahaya lainnya. Anda dapat melihat tengkorak dan tanda silang sebagai ilustrasi yang menggambarkan simbol tersebut.

Baca Juga : Begini Cara Menarik Konsumen Agar Membeli Produk Anda!

10. Recycle

Simbol ada pada kardus berikutnya adalah recycle yang berarti bahwa kemasan produk bisa Anda gunakan kembali atau bisa didaur ulang. Anda dapat menggunakan produk dengan simbol tersebut sekalian berpartisipasi dalam mengurangi sampah di bumi, seperti sampah kantong plastik. Recycle memiliki simbol tiga panah yang saling mengejar satu dengan yang lainnya.

11. Keep Dry

Simbol keep dry umum Anda temukan di kemasan sebuah produk dengan ilustrasi payung. Arti simbol payung pada kemasan tersebut menandakan bahwa produk harus disimpan di lingkungan yang kering dan produk akan mudah rusak jika terkena air.

12. Halal

Simbol pada kardus terakhir yang dibahas adalah logo yang sering muncul di kemasan sebuah produk, yakni halal. Halal bertujuan untuk menunjukkan bahwa produk yang dijual dapat dikonsumsi menurut ajaran agama Islam. Simbol tersebut sering digunakan untuk produk makanan dan minuman. Logo halal memiliki gambar dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Selain logonya, MUI jugalah yang mengeluarkan dan mengizinkan sebuah produk menggunakan logo halal untuk dipakai.

Setelah mengetahui simbol-simbol pada kardus di atas, Anda akan dengan mudah menggunakan dan menangani produk tersebut. Jangan lupa untuk selalu mempercayakan paket Anda dengan jasa pengiriman yang berpengalaman dalam menangani produk apapun simbolnya, yakni SAP Express.

Karena telah beroperasi sejak 2014, SAP Express akan lebih waspada dan berhati-hati memperlakukan paket Anda dengan simbol-simbol pada kardus yang tertera. Oleh karena itu, jadikan SAP Express sebagai #SahabatPengiriman produk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *