Logistik

4 Alasan Mengapa Paket Gagal Di Pick Up dan Cara Mengatasinya

paket gagal di pick up

Ada kalanya kita mengirim paket, namun paket gagal di pick up. Hal ini tentunya dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Anda sebagai pebisnis online perlu aware atas apa yang bisa menyebabkan paket gagal di pick up. Sebab, pelanggan biasanya tidak sabar paketnya datang dengan selalu cek status pengiriman secara berkala. Nah, untuk itu Anda tidak boleh mengecewakan pelanggan dengan cara cek setiap pengiriman, apakah sudah sesuai atau belum. 

Lantas, apa saja penyebab paket gagal di pick up? Berikut adalah ulasan selengkapnya, yuk simak!

Apa yang dimaksud dengan Pick Up Paket?

Mungkin Anda penasaran dengan apa sih pick up paket itu? Pick up paket adalah proses dimana jasa pengiriman datang ke lokasi Anda untuk menjemput paket, lalu selanjutnya akan dilakukan pengiriman. Layanan ini biasanya terdapat pada e-commerce untuk mempermudah pengiriman paket Anda. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot-repot pergi ke jasa pengiriman, Anda tinggal menunggu kurir paket datang ke lokasi untuk menjemput paket. 

Seperti salah satu layanan dari SAP Express, yaitu Last Mile Delivery, yang memungkinkan kurir untuk mengambil barang Anda di toko secara gratis. Namun, perhatikan waktu pengiriman ya. Pasalnya, melansir dari website SAP Express, pengambilan yang dilakukan setelah waktu cut off akan dilakukan pada esok harinya. 

Baca Juga: 4 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Paket Tidak Sampai

Penyebab Paket Gagal Di Pick Up

Lantas, apa penyebab dari paket yang gagal di pick up? Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui alasannya, yaitu antara lain;

1. Alamat Paket Kurang Jelas

Penyebab pertama dari paket yang gagal di pick up adalah karena alamat paket yang kurang jelas. Agar paket Anda bisa di pick up, pastikan Anda sudah mengisi nama lengkap, alamat yang jelas, dan nomor penerima dengan tepat. Tanpa adanya data-data tersebut di amplop paket, nantinya jasa pengiriman akan kesulitan untuk mengirimkan paket Anda ke penerima. 

2. Kirim Barang Menjelang Waktu Tutup

Alasan berikutnya mengapa paket gagal di pick up adalah karena Anda meminta pick up barang menjelang waktu tutup jasa pengiriman. Oleh sebab itu, Anda perlu cek jam operasional jasa pengiriman yang ingin Anda tuju, sebab setiap ekspedisi pastinya memiliki jam buka yang berbeda-beda. Alhasil, pengiriman terhambat dan Anda perlu menunggu esok hari untuk pick up barang. 

COD

3. Penjual Tidak Ada Saat Kurir Datang

Penyebab selanjutnya mengapa paket gagal di pick up adalah karena Anda sebagai penjual tidak ada di tempat saat kurir datang. Untuk itu, pastikan Anda tetap di tempat atau toko saat kurir akan datang. Sebab, pada saat pick up, mungkin Anda perlu menandatangani dokumen untuk syarat pengiriman pick up paket-paket Anda.

4. Operasional Sedang Overload

Alasan selanjutnya kenapa paket gagal di pick up adalah karena operasional jasa pengiriman sedang overload. Seperti yang telah kita ketahui, banyak dari e-commerce yang mengadakan event tertentu seperti diskon tanggal cantik 7.7 atau diskon hari besar contohnya hari kemerdekaan. Di saat inilah, operasional jasa pengiriman dapat membludak dan mungkin saja paket Anda ketika itu gagal di pick up. 

Baca Juga: 5 Cara Agar Paket Cepat Sampai Dengan Aman

Cara Mengatasi Paket Gagal Di Pick Up

Lantas cara apa yang harus Anda lakukan untuk mengatasi paket gagal di pick up? Nah solusinya adalah melakukan permintaan pick up lagi sampai Anda menemukan kurir yang mampu menjemput paket Anda. Apabila request Anda dilakukan saat jam operasional jasa pengiriman sudah tutup, Anda bisa melakukannya pada esok hari. Pasalnya, apabila Anda tidak melakukan pick up ulang, maka pesanan Anda bisa saja dibatalkan pada e-commerce tertentu. Contohnya adalah Grab Express atau Go Send instant yang terdapat batas waktunya. 

Demikianlah ulasan mengenai 4 alasan mengapa paket gagal di pick up dan cara mengatasinya. Semoga artikel di atas dapat menambah wawasan Anda mengenai pengiriman paket. Untuk pengiriman paket dan barang, Anda bisa memanfaatkan layanan Corporate dari SAP Express yang memiliki fitur gratis pick up untuk pengiriman paket Anda. Hubungi sales kami untuk layanan Corporate yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda. Semoga bermanfaat ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *